Pantai Karang Song

Pantai Karang Song

Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45219, Indonesia.

15 Ulasan

Pantai merupakan salah satu destinasi yang saat ini sangat di gemari wisatawan. Disamping merupakan wisata alam dengan biaya murah yang dapat di jangkau semua kalangan masyarakat. Berlibur ke pantai juga banyak memberikan manfaat bagi tubuh.

Pantai sendiri identik dengan kaya akan sinar matahari yang otomatis banyak mengandung vitamin D pada pagi hari. Vitamin D sendiri sangat penting peranannya bagi kesehatan tulang, selain itu vitamin D dapat menciptakan kulit lebih sehat.

Liburan juga dipercaya menurunkan tingkat stress  yang kerap ditimbulkan saat bekerja sehari-hari. Apalagi berlibur ke pantai dengan iringan suara deburan ombak dan semilir-nya angin laut dianggap mampu memberikan rasa rileks di otak.

Ada banyak pantai tujuan wisata pantai yang dapat dijadikan rujukan saat akhir pekan nanti, diantaranya adalah Pantai Karang Song yang ada di Indramayu, Jawa Barat.

Pantai Karang Song Indramayu

Pantai Karangsong Indramayu

Kota Indramayu menawarkan destinasi wisata yang indah dan asri, hal itu tak lepas dari nuansa alam sekitar yang masih terjaga dengan baik. Dan salah satu wisata yang wajib Anda kunjungi di Indramayu adalah kawasan wisata Pantai Karangsong.

Pantai Karangsong terletak di Kecamatan Indramayu utara tepatnya di Desa Karangsong, Kabupaten Indramayu. Pantai ini bukan saja menyuguhkan pemandangan laut yang indah namun juga menawarkan pemandangan hutan bakau yang tumbuh subur di sekitar pantainya.

Bukan itu saja, pantai ini terkenal dengan pantai nelayan, dari tempat nelayan mencari ikan, tempat pembuatan kapal, pelelangan ikan hingga tempat berlabuh-nya kapal nelayan untuk menurunkan hasil tangkapan laut-nya.

Saat memasuki akhir pekan atau musim liburan, suasana di kawasan wisata Pantai Karangsong akan sedikit lebih ramai. Selain suasana yang terbilang cukup eksotik, di kawasan ini juga terdapat Eco Wisata Pantai Karang Song yakni berupa hutan mangrove atau bakau.

Eco Wisata Hutan Mangrove Karangsong sendiri merupakan kawasan konservasi yang diproyeksikan untuk bisa memberikan edukasi bagi wisatawan pentingnya hutan mangrove untuk kelestarian lingkungan.

Selain bisa menikmati indahnya kawasan hutan bakau-nya, wisatawan yang mengunjungi Eco Wisata Hutan Mangrove ini juga bisa mengamati ragam kehidupan satwa liar yang biasa hidup di daerah sekitar pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Karang Song

Wisata Pantai Karangsong Indramayu

Harga tiket yang dibebankan kepada para pengunjung Pantai Karang Song adalah berdasarkan kendaraan yang masuk bukan per orang. Untuk kendaraan bermotor dikenai biaya Rp 5000 dan untuk kendaraan mobil dikenai biaya Rp 10.000.

Untuk jam pengoperasian pantai ini dibuka pada puku 10.00 WIB dan ditutup pada pukul 18.00 WIB.

Rute Menuju Lokasi Pantai Karang Song

Obyek Wisata Pantai Karangsong terletak di Desa Karangsong, Indramayu, dimana Anda dapat menempuh perjalanan kurang lebih  sejauh 8 kilometer dari pusat Kota Indramayu. Anda dapat  menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum ke kawasan wisata ini.

Akses jalan yang ditempuh-pun tergantung dari mana Anda berasal. Apabila Anda datang dari arah Cirebon maka Anda tinggal mengambil arah dari bundaran Kijang belok ke kanan menuju ke arah Jalan Pahlawan.

Namun jika  Anda berasal dari arah Jakarta, Anda dapat melalui Jatibarang dan kemudian sampai ke Indramayu kota, setelah itu Anda tinggal mengikuti petunjuk arah yang ada.

Jarak Pantai Karangsong yang tidak terlalu jauh dari pusat kota akan memudahkan para wisatawan untuk sampai ke kawasan wisata ini. Anda tidak perlu takut akan tersesat karena rute yang dilewati cukup mudah untuk diikuti.

Akses jalan juga masih bagus sehingga Anda akan merasa nyaman di sepanjang perjalanan.

Obyek Wisata Pantai Karang Song

Selama di pantai ini, Anda dapat melakukan kegiatan menarik dan menikmati obyek wisata yang ada di pantai Karang Song ini.

1. Ekowisata Mangrove

Hutan Mangrove Pantai Karang Song

Pantai yang resmi dibuka pada tahun 2015 ini menawarkan wisata keliling hutan mangrove yang indah. Anda diizinkan membawa kamera sehingga dapat mengambil foto dengan latar belakang hutan mangrove yang eksotis.

Sebenarnya ada dua cara untuk berkeliling di hutan mangrove ini, yang pertama adalah berjalan kaki melewati jembatan bambu yang telah disediakan. Cara ini tentu saja menyehatkan, tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Namun bila Anda ingin mengelilingi hutan mangrove dengan cara lain, maka Anda dapat menyewa perahu dengan biaya Rp 15.000.

Anda akan mendapatkan pengalaman yang berbeda, bukan saja keindahan hutan-nya namun juga edukasi yang akan Anda dapatkan ketika berkeliling di hutan mengrove ini.

Luas hutan mangrove ini adalah kurang lebih 20 hektar. Hutan ini berfungsi sebagai pelindung dari ganas-nya ombak laut yang tentu saja bisa mengikis daratan yang ada di bibir pantai.

 Hutan mangrove yang ada di kawasan Pantai Karangsong ini dikabarkan merupakan hutan terbesar khususnya untuk wilayah lokal Kabupaten Indramayu.

2. Aktivitas Kapal di Pantai Karang Song

Kapal Di Pantai Karang Song

Pantai Karang Song ini memiliki keunikan tersendiri dimana hampir setiap hari terdapat kapal pengangkut BBM bersandar di sekitar hutan mangrove Karangsong ini. Karena kapal-kapal tersebut tidak bisa bersandar ke Pertamina Balongan.

Selain menikmati pemandangan alam Pantai Karang Song, Anda juga dapat menikmati keindahan Kilang Minyak Pertamina Balongan dati atas menara pandang yang ada di dekat Pantai KarangSong.

Jika Anda datang dari arah Jalan Siliwangi Indramayu menuju ke hutan mangrove Karang Song, Anda dapat menikmati pembuatan kapal di sepanjang pinggir jalan menuju hutan mangrove Karang Song.

3. Memancing

Mancing Di Pantai Karang Song

Anda dapat melakukan kegiatan memancing di pantai ini, dimana Pantai Karangsong merupakan pantai yang memiliki karakteristik ombak landai tetapi berpasir cokelat dan juga bercampur lumpur.

Jenis pantai seperti ini kurang cocok untuk bermain snorkeling maupun menyelam walaupun terlihat tenang.

Jika Anda menginginkan bermain seperti diving atau snorkeling maka Anda harus menuju ke Pulau Biawak yang berjarak 40 kilometer dari bibir Pantai Karangsong.

4. Wisata Kuliner

Berwisata ke pantai kurang lengkap jika belum mencicipi sajian khas daerah tersebut. Anda wajib mencicipi menu lezat yang ada di Pantai Karangsong ini.

Disekitar Pantai Karangsong terdapat banyak ikan bakar yang memiliki cita rasa manis dan juga gurih. Selain ikan bakar, Anda juga wajib mencicipi sajian kerang hijau dan juga tahu gejrot.

Harga yang di banderol  untuk dapat menikmati  kuliner ini cukup terjangkau. Nah demikianlah ulasan seputar Pantai Karangsong  di Indramayu Jawa Tengah ini, semoga bisa menjadi referensi untuk liburan akhir pekan Anda.

Fasilitas di Pantai Karangsong

Wisata Pantai Karangsong

Kawasan Eco Wisata Karangsong telah ditata rapi dan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas untuk berwisata oleh warga sekitar dan juga Perhutani. Bahkan ekowisata ini juga didukung oleh Pertamina dan beberapa kegiatan CSR dari berbagai kalangan.

Beberapa fasilitas umum untuk kenyamanan pengunjung di pantai ini seperti:

  • Kamar Mandi
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat Parkir yang Luas

Selain itu ada beberapa hal seperti penyewaan saung dan juga perahu yang dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Apabila Anda ingin berwisata kuliner maka Anda juga tak perlu untuk khawatir karena ada beragam olahan segar dan lezat yang dapat memanjakan lidah Anda.

Ada banyak kedai-kedai yang menjual makanan serta minuman bahkan Anda juga dapat membeli langsung ikan segar hasil tangkapan para nelayan.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai karangsong Indramayu yang memiliki panorama yang indah. Jika Anda berkunjung ke kota Indramayu, jangan lupa singgah di pantai ini.

15 Ulasan untuk Pantai Karang Song, Indramayu, Jawa Barat

  1. Pantai yang sangat indah dengan deburan ombak yang relatif tenang, hanya saja masih terdapat sampah di pinggir pantai yang berserakan. . Biaya yang dibayarkan hanya tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah dan uang untuk parkir kendaraan.. Di pantai ini terdapat banyak jasa penyewaan perahu sampan dan ban untuk anak anda, tempat makan yang menyediakan ikan bakar, para pedagang baso bakar, tahu gejrot, jagung manis dan lainnya.

  2. Tempat penuh kenangan bersama keluargaku dulu.hanya berharap semoga kedepannya semoga pantai ini benar2 dijaga oleh pengunjung.dan untuk pihak pengelolanya untuk lebih memperhatikan soal kebersihan pantainya,karna dipinggiran pantai suka terdapat sampah yg terdampar/tersangkut dipinggiran.kalo bisa untuk parq pedagangnya untuk lebih ditertibkan lagu biar ga terlihat kumuh/mengganggu pemandangan,terutama yg dijalan sebelah utara.

  3. Bagus baget ini, terutama di hutan mangrovenya. Tiket masuknya 15rb per orang. Keren nih buat foto”, tapi sayang banget terakhir kesini tuh banyak sampah. Tolong banget ikut bantu jaga kelestariannya dong. Di sepanjang trek bambu kan udah disediain tempat sampah.

  4. Ini pantai nelayang yang disatukan dengan pantai wisata,akhirnya lokasi nya tidak terlalu menyenangkan selain kurang rapi sering tercium bau amis ikan,mungkin kalau tidak ada wisata mangrove akan sepi pengunjung di sini

  5. Pantainya indah , tiketnya murah & harga makanan serta jajanan disini lumayan murah & sangat terjangkau… Recommended banget buat wisata keluarga & sekolah… Cuma satu kekurangannya yaitu sampah yg agak mengganggu pemandangan dipantai karangsong yg mengitari taman mangrove… Tapi diluar itu pantainya indah kok 😉👍

  6. udaranya adem, walau dipantai. kalau ada wahana. pasti lebih rame lg…
    untuk pihak pengelola. semangat y..
    semoga wisata karangsong tambah maju. tambah rame pengunjung.

  7. Masih belum nemu yang lebih bagus dari karang song di indramayu.. Tapi tetep masih banyak yang perlu diperbaiki kalo ingin jadi objek wisata nasional.. Mulai dari perawatan barang/peralatan/tempat wisata hingga penataan dan tata letaknya perlu diperhatikan.. Tapi skrg pun sudah cukup bagus dan nyaman dijadikan objek wisata keluarga…. =>foto diambil saat kondisi laut sedang benar-benar pasang

  8. Untuk hiburan murah meriah okelah. Tapi kini kurang terawat, banyak sampah plastik walau disediakan tempat sampah tapi banyak pengunjung kurang Perduli terhadap kebersihan Hutan Mangrove yang merupakan aset pendidikan generasi masa depan.🙏

  9. Pantai Karangsong adalah salah satu pantai di wilayah indramayu yang cukup ramai, pantai ini bersebelahan dengan wisata hutan mangrove. Selain itu menuju pantai ini mata kita akan disajikan pemandangan kapal motor nelayan berbagai ukuran yang jumlahnya sangat banyak.

  10. Pantai yang cukup nyaman. Untuk di pakai berlibur. Air cukup bersih. Banyak juga Tempat yang di sediakan untuk sekadar mencicipi hidangan laut atau minum es kelapa.

  11. Saya sih suka krn ga terlalu banyak org, malah nyaman rada sepi gitu. Cm akses kesana mgkn perlu ditingkatkan. Jalan dilebarin lagi, dan petugas kebersihannya perlu ditambah. Pengalaman naik kapal kelotok ke hutan mangrove juga cukup menyenangkan karena bisa lihat banyak burung bangau, ikan, kura² dari perahu. Namun agak seram ketika lewat jalur bambu menuju ke pantai karena rasanya agak bergoyang² dan suaranya pun cukup keras, mgkn perlu diperkuat. Dan sayang sekali banyak sampah yg merusak pemandangan, padahal disana sudah disediakan banyak tempat sampah. Saya jg menilai kegiatan budidaya mangrove-nya patut diacungi jempol 👍 kemaren sempat bertemu petugas csr perusahaan tambang minyak nasional yg sedang mencari buah mangrove utk disemai. Tapi saya pribadi kurang rekomen utk mandi di laut, krn bagaimanapun lokasinya lumayan dekat dengan kilang minyak dan tempat pemrosesan ikan. Kalau hanya sekedar untuk piknik, jalan², foto², hiburan yg cukup seru dan menyenangkan untuk seluruh keluarga.

  12. salah satu pantai terbaik di daerah Indramayu
    fasilitas lengkap ada toilet tmpat parkir luas banyak yg jual makanan dan minuman, penjual aksesoris pendukung sperti topi kaca mata baju pantai dll
    terdapat hutan bakau yg jadi primadona wisata pantai ini
    air di pantainya bersih
    sedikit catatan untuk tmpat sampah nya di perbanyak lg karna kesadaran untuk buang sampah pada tempatnya masih kurang sekali
    over all recommended untuk wisata pantai di daerah Indramayu

  13. Tempatnya lumayan enak, banyak hutan magrove dan burung bango terbang di lain sisi dari ujung timur keliatan gunung ciremai menjulang walaupun terlihat kecil. Aksesnya pun mudah menuju kesana. Banyak orang jualan dan indahnga melihat ujung laut disana.

  14. Cukup indah, hari rama Sabtu dan Ahad dan hari hari besar, selain hari2 tsb sepi pengunjung.

    Masuk ke pantai dari bundaran kijang ke arah timur melewati TPI Karangsong dg harga tiket 5 000/kepala parkir motor 3 000 , masuk ke pantai disuguhi pemandangan kapal2 yg bersandar dan di sisi kanan warung warung makan dan tempat2 istirahat di tepi pantai.

    Pantai Karangsong termasuk bersih dari sampah.

    Pantai Karangsong masuk wilayah Indramayu timur. Yang merupakan kekayaan pemerintah Indramayu, dikelola dan ditata lagi tentu menjadi aset wisata yang menjanjikan.

  15. Tempat wisata favorit masyarakat Indramayu, tiket terjangkau termasuk naik perahu PP. Rute mengelilingi hutan bakau, Anda bisa mampir di pantai untuk berfoto, main air dan pasir.

    Pastikan mampir dengan keluarga dan membawa bekal untuk dimakan pinggir pantai. Untuk tempat perlu diperhatikan kebersihannya, pengunjung harus membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan.

Tinggalkan Balasan