Pantai Balongan Indah

Pantai Balongan Indah

Jalan Raya Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45217, Indonesia.

20 Ulasan

Indonesia memiliki banyak kekayaan alam yang sangat beragam. Bahkan kekayaan yang dimiliki Indonesia bukan hanya akan hasil alamnya, namun Indonesia juga memiliki kekayaan akan kebudayaan serta  keindahan alamnya.

Keindahan alam yang dimiliki Indonesia bahkan tersebar di seluruh penjuru nusantara, dari Sabang hingga Merauke. Dari keindahan candi-candi yang dimiliki Indonesia hingga pegunungan hingga perairan yang dipenuhi oleh pantai-pantai yang cantik.

Ada banyak pantai-pantai yang ada di perairan nusantara ini yang memiliki panorama keindahan alamnya serta keunikan-nya masing-masing. Diantara pantai-pantai  tersebut yang tersebar di Pulau Jawa sendiri terbagi dua yakni pantai selatan dan pantai utara.

Dan dibawah ini adalah ulasan salah satu pantai yang berada diperairan utara Pulau Jawa yaitu Pantai Balongan Indah yang berada di Indramayu, Jawa Barat.

Pantai Balongan Indah Indramayu

Pantai Balongan Indah

Pantai Balongan Indah merupakan salah satu obyek wisata yang ada di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Pantai ini direkomendasikan untuk Anda yang sedang mencari destinasi wisata untuk liburan.

Kawasan wisata Pantai Balongan Indah ini biasanya ramai dikunjungi di hari biasa maupun hari-hari libur lainnya. Sangat disayangkan apabila Anda sedang berada di Kota Indramayu tidak mengunjungi pantai yang memiliki keindahan pantai yang tidak ada duanya tersebut.

Dan tahukah Anda bahwa Pantai ini juga dikenal dengan sebutan pantai Bali. Dimana keberadaan wisata pantai ini telah menguatkan citra Indramayu sebagai Kota Wisata.

Kenapa disebut Pantai Bali karena singkatan dari Balongan Indah, dimana pantai ini terletak di Desa Balongan II, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Pantai Balongan Indah sendiri merupakan pantai yang terbentuk dari tanah timbul atau pasir yang terpengaruh karena adanya bangunan breakwater yang dibangun sejak tahun 2010. Sebelum adanya breakwater atau pemecah ombak, pantai ini merupakan daerah yang terkena abrasi.

Terkikis-nya daratan akibat abrasi membuat khawatir masyarakat setempat , banyak yang dari mereka mengkhawatirkan akan banjir rob. Kecemasan mereka ini merupakan hal yang wajar karena dari hari ke hari daratan yang ada di Pantai Balongan semakin terkikis habis.

Hal ini menyebabkan bibir pantai yang semakin mendekati pemukiman warga yang bermukim di dekat pantai.

Dan berawal dari masyarakat tersebut, akhirnya masyarakat Balongan menuntut pihak-pihak yang terkait dengan masalah abrasi ini agar segera melakukan penanggulangan yang terjadi di sepanjang pantai Balongan.

Wisata Pantai Balongan Indah

Membutuhkan waktu yang lama untuk mewujudkan tuntutan warga, dimana berulang kali warga melakukan demo dengan pihak yang terkait yakni Pertamina yang beroperasi di wilayah Balongan dan juga pemerintah daerah setempat.

Dan akhirnya tuntutan tersebut tercapai berkat kerjasama yang baik dengan pihak-pihak yang terkait. Pihak Pertamina bersama dengan pemerintah mengalokasikan dana untuk penanganan masalah tersebut dan direalisasikan dalam pembentukan pemecah gelombang atau break water.

Kondisi Pantai Balongan sendiri pada tahun 2010 sebelum dipasang atau di bangun pemecah gelombang hanyalah lautan dengan kedalaman hingga satu meter.

Dan setelah adanya pembangunan pemecah ombak muncullah deretan tanah baru yang timbul yang sekarang ini dijadikan kawasan wisata Pantai Balongan Indah. Dan proses pembentukan daratan baru ini memerlukan waktu yang relatif lama.

Dari tahun ke tahun pun penambahan daratan semakin terlihat signifikan dan kawasan wisata Pantai Balongan Indah semakin luas.

Dan pantai ini akhirnya dikenal secara baik dan dijadikan obyek wisata seperti sekarang ini yang disebut dengan Pantai Balongan Indah.

Pantai ini menambah destinasi wisata yang ada di Kota Indramayu selain pantai Karang Song yang sudah sangat terkenal dengan hutan Mangrove-nya.

Harga Tiket Masuk Pantai Balongan Indah

Pantai Balongan Indah Indramayu

Untuk harga yang ditetapkan oleh pengelola di Pantai Balongan Indah ini sangatlah beragam yakni Rp 7500 untuk usia dewasa dan Rp 5000 untuk usia anak-anak.

Ini terpisah dengan biaya retribusi parkir yang akan dibebankan pada pengunjung yakni Rp 5000 untuk mobil dan Rp 2000 untuk motor.

Pihak pantai sendiri tidak menentukan jam buka tutup, dimana pantai ini dibuka selama 24 jam selama sepekan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Balongan Indah

Ketika Anda ingin berkunjung ke Pantai Balongan Indah maka Anda tidak akan kesulitan, karena lokasinya yang mudah sekali di akses dengan kendaraan.

Pantai Balongan Indah sendiri berlamat di Jalan Raya Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Kawasan wisata ini berjarak kurang lebih 10 kilometer dari pusat Kota Indramayu. Anda dapat menggunakan kendaraan dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menitan.

Obyek Wisata Pantai Balongan Indah

Selama di pantai ini, banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengisi liburan Anda. Silahkan simak simak aktivitas apa saja yang dapat dilakukan di pantai ini.

1. Menikmati Pemandangan Alam

Sunset Di Pantai Balungan Indah

Suasana asri akan Anda dapatkan saat Anda berada di area Pantai Balongan Indah yang membuat kesan nyaman. Meski pasirnya berwarna hitam namun pasir di pantai ini sangat halus dan sangat aman jika dijadikan area bermain anak-anak.

Selayaknya menikmati suasana pantai pada umumnya, Anda juda bisa menikmati momen sunrise dan juga sunset di Pantai Balongan Indah ini.

Selain itu Anda juga dapat menikmati keindahan lainnya berupa pemandangan kapal-kapal nelayan yang sedang berlabuh di dermaga pantai.

2. Bermain Pasir dan Air

Pantai Balongan Indah Yang Menarik

Meski pantai ini memiliki warna pasir yang hitam, namun pasir di pesisir Pantai Balongan Indah ini sangatlah halus sehingga sangat cocok untuk bermain pasir dan juga bermain air.

3. Berenang

Bermain Di Pantai Balongan Indah

Bagi Anda yang suka berenang Anda dapat melakukan aktivitas tersebut di pantai ini tanpa dipungut biaya. Anda dapat menyewa ban ataupun pelampung di kawasan wisata ini.

Dan alat-alat tersebut biasanya di banderol dengan harga Rp 5.000 yang bisa di pakai sepuasnya.

4. Naik Banana Boat

Naik Banana Boat Di Pantai Balongan Indah

Tersedia wahana banana boat di pantai ini, dimana bagi Anda yang memiliki keberanian besar dapat mencobanya di Pantai Balongan Indah ini.

5. Ojek Perahu

Anda dapat menyewa perahu untuk berkeliling di sepanjang perairan Pantai balongan Indah. Menikmati deburan ombak dengan semilirnya angin sambil menikmati keindangan pemandangan di laut lepas Pantai Balongan Indah.

6. Arena Bermain

Arena bermain di tempat ini sangat banyak, selain yang disebutkan di atas seperti banana boat dan juga perahu ada juga wahana bermain anak-anak seperti odong-odong dan juga kereta mini.

Fasilitas di Pantai Balongan Indah

Menjadi obyek wisata yang populer di Kota Indramayu pastinya telah didukung oleh sarana dan prasarana yang cukup lengkap.

1. Area Parkir yang Luas

Pantai Balongan Indah ini menyediakan lahan parkir yang luas sehingga Anda tidak perlu bingung saat mencari tempat untuk parkir kendaraan Anda.

2. Mushola

Pengelola juga menyediakan tempat peribadatan berupa mushola untuk umat muslim yang ingin melakukan ibadah mereka secara tepat waktu.

3. Kamar Mandi dan Toilet

Terdapat juga kamar mandi bilas yang disediakan pengelola sehingga Anda tak perlu ragu untuk membilas diri atau mandi setelah bermain air dan pasir di tepian pantainya.

4. Penginapan

Dan  bila Anda datang dari luar kota dan ingin menginap di obyek kawasan pantai Balongan Indah ini, maka Anda dapat menginap di beberapa penginapan yang telah tersedia di kawasan wisata ini.

5. Warung Makan

Tersedia juga warung-warung penjual makanan dan minuman dimana Anda tidak perlu khawatir akan perbekalan saat berkunjung ke Pantai Balongan Indah ini.

Demikian ulasan seputar wisata Pantai Balongan Indah yang ada di Kabupaten Indramayu. Jangan lewatkan untuk berkunjung kesini bersama keluarga dan kerabat lainnya. Miliki momen yang indah dan berharga di Pantai Balongan Indah ini.

20 Ulasan untuk Pantai Balongan Indah, Indramayu, Jawa Barat

  1. Berlibur dengan keluarga, Teman dan komunitas cocok disini.. Pemandangan sunsetnya pun cukup bagus.. Lokasi dan tempat lumayan luas.. Untuk harga tiket per orang dikenakan biaya 5 Ribu rupiah, harga bisa berubah sesuai kebijakan pengelola.. . Jagalah kebersihan lingkungan sekitar agar kita semua bisa menikmati keindahannya bersama.

  2. Pantainya ombaknya besar ,biaya retibusi masuk mahal untuk tempat dengan fasilitas yg minim biaya per orang 7500, untuk air mandi bilas keluarnya sangat tidak layak sangat kecil kecewaaaa

  3. Masih belum terlalu rame pengunjungnya, masih bersih dan tempatnya lumayan enak untuk liburan sama keluarga dan hunting foto..

  4. Tempat yang sangat mengasikan buat liburan keluarga harga tiket masuk dan parkir tidak bikin kantong jebol

  5. Tempat nya cukup sejuk juga pasti nya pemandangan nya, ada perbedaan tersendiri 😄. Soo mari menikmati indah nya seisi alam raya ini dan cintai bumimu yang kau pijaki 😎💪👊

  6. Pantai yang anggun dan menawan hati…desir angin terasa menenangkan hati…tarian pohon kelapa pun ikut menemani bagi siapapun yang sedang bercinta diatas pasirnya…

  7. Ombaknya gede, terus ada pemecah gelombang, tapi ada bagian pantai buat berenang lebih aman. fasilitas lengkap,

  8. Pantainya si lumayan bagus tapi kotor banyak sampah kqmar mandinya juga kok di gembok banyak rumput liar pemandanganya juga tergangu oleh pabrik2 di sekitarnya dan jalan menuju pantainya juga banyak polusi udara mungkin karena banyak polusi karena keluar masuk mobil pabrik kali ya jadi jalannya juga rusak saran saya sih…. kebersihan pantainyanya di jaga dan meskipun sedikit penunjung wc jangan di gembok dan kebersihannya juga di jaga dqn begitu pula keadaan jalan kesana juga di perbaiki supaya gak menimbulkan polusi udara dqn masalah rumput liar tolong di bersihkan supaya gak menggangu pemandangan karena sangat menggangu pemandangan.

  9. Belum banyak wahana permainan nya dan tempat makan pun tidak ada padahal pantai nya lumayan bagus

  10. Murah meriah…kalau mau pagi pagi jadi ga puanasssss ya. Sayang tempat gantinya di campur laki perempuan…parahhhhhh. Ga rekomend

  11. Tempat lumayan bagus, perlu ada gerakan pembersihan sampah plastik untuk pantai disekitar nya plus perlu juga penghijauan serta penanaman Bakao nya. Karena pantai Balongan hampir tidak ada Bakao nya. Semoga kedepan lebih baik lagi.

  12. Tiket Parkir yg terbilang Lumayan Mahal karena ternyata klo dipasang dus bekas dikaca kita musti bayar biaya tambahan. Pantai Nya Masih Harus Dibenahi Lagi Jika Ingin Jadi Pantai Wisata.

  13. Terdapat berbagai gubuk yang sangat cocok untum bersantai , menikmati pemandangan, menikmati makanan, angin semilir yang tentunya menambah rasa nyaman untuk terus betah berada di tempat ini

  14. Bagus sih suasananya.ibadah nyaman.jga bersih.semoga tambah indah.nyaman tuk rekkreasi .

  15. Pantai yang ada di pesisir indramayu letaknya di Balongan, lebih tepatnya di depan Pertamina Balongan, pantainya cukup bersih dengan pemandangan yang cukup bagus dan indah. Ombak yang tenang dan didukung sarana dan prasarana yg memadai 👍👍👍 nice beach 🏝

  16. Alhamdulillah bersih ya pantainya. Walaupun aku dateng pas lagi surut, tapi tetap menikmati lautnya 🙂

  17. Rekomended banget buat kalian yang mau buat acara seperti reunian home sharing dan lain sebagainya karena di sediakan tempat nya .. pantai nya indah udara nya sejuk tapi jangan lupa bawa topi 😁😁 karena kalau siang panas

  18. Bisa digunakan untuk pertemuan. Misal arisan karena ada bangunan yg bisa dipakai. Disini pantainya pasir hitam. Ada pemecah ombaknya juga. Anak-anak yg bermain juga harus diawasi. Tiketnya murah. Tidak mencapai 10rb kalau ga salah. Saya agak lupa. Ada juga penjual makanan yg berada disekitaran pantai. Bagi yang lapar bisa pesan ke penjual tersebut.

  19. Lokasi ini merupakan wisata pantai, menurut saya kurang bagus dan butuh perhatian lagi.

  20. Untuk tempat sanagat nyaman dan enak disawang. Biaya masuk pun relatif sanagat muraha hanya 5000 rupiah. Pokoknya joss

Tinggalkan Balasan