Pantai Plentong

Pantai Plentong

Desa Ujunggebang, Kabupaten Indramayu

13 Ulasan

Liburan bersama keluarga adalah momen yang ditunggu setiap tahunnya. Mengunjungi berbagai tempat demi meluangkan waktu dengan orang terkasih adalah hal berharga yang tak boleh kita lewatkan.

Ada banyak destinasi tempat wisata yang dapat Anda jadikan sebagai tujuan Anda untuk berlibur diantaranya gunung, pantai, taman hingga pusat hiburan yang banyak dibangun guna memuaskan para wisatawan.

Pantai merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan untuk menghabiskan liburan. Nah, jika Anda sedang berkunjung ke Indramayu, jangan lupa untuk menikmati pemandangan pantai yang sangat indah di sini.

Salah satu pantai yang selalu ramai pengunjung adalah pantai Plentong yang sangat tepat untuk dijadikan destinasi wisata. Silahkan disimak info-info menarik tentang pantai ini di bawah ini.

Pantai Plentong

Pantai Plentong adalah sebuah tempat wisata yang populer yang terletak di Kabupaten Indramayu, Blok Pegagan, Desa Ujunggebang, Kecamatan Sukra. Berada di wilayah pesisir utara Indramayu, dimana lokasinya berdekatan dengan perbatasan Subang, dan hanya berjarak sekitar 7 km dari Jalan Pantura Sukra.

Pantai Plentong Indramayu

Rute menuju lokasi ke pantai ini sangat mudah di jangkau oleh pengunjung karena jalan yang sudah di beton dan di aspal.

Wilayah pesisir Pantai Pletong sendiri pada awalnya telah tergerus abrasi sejak puluhan tahun yang lalu, dan masyarakat sekitarpun mengabaikannya selama puluhan tahun juga.

Namun saat ini Pantai Plentong mulai menunjukkan pesona-nya, pantai yang dulu sama sekali tidak di lirik, kini menjadi andalan pendapatan bagi warga Ujunggebang.

Pelan namun pasti masyarakat mulai bergerak membenahi lingkungan disana, dengan bantuan dari berbagai pihak, kini wajah Pantai Plentong menjadi kawasan yang lebih indah dipandang.Hal itu telah menarik banyak wisatawan lokal maupun luar kota untuk mengunjungi pantai ini,

Harga Tiket Masuk ke Pantai Plentong

Untuk dapat memasuki kawasan ini, pengunjung akan di kenakan biaya restribusi yang cukup terjangkau yakni sebesar Rp 10.000 per orang. Dengan biaya murah tersebut,Anda dapat menikmati semua spot wisata yang di sajikan Pantai Plentong.

Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan bermotor dikenai tarif sebesar Rp. 3.000 dan untuk mobil sebesar Rp. 5.000. Namun biaya tiket masuk atau biaya parkir dapat berubah-ubah sewaktu-waktu menyesuaikan kebijakan pengelola Pantai Plentong.

Untuk jam operasional, pengelola tidak menetapkan jam batasan berkunjung yang berati Pantai Plentong dibuka selama 24 jam. Jadi Anda dapat dengan puas menikmati keindahan pantai, dan bisa datang kapan saja.

Rute Menuju Pantai Plentong

Pantai Plentong terletak di sebelah barat PLTU Sumur Adem Indramayu, sebelah timur Pantai Pelabuhan Patimban Subang, tepatnya di seberang TPI Terungtum di dekat muara Kali Sewo.

Cukup mudah untuk bisa mengakses wilayah ini,karena lokasi hanya berjarak beberapa kilometer ke arah utara perempatan Sukra Indramayu

Bagi Anda yang datang dari arah Cirebon, maka Anda tinggal belok kanan saat berada di Pasar Sukra. Namun bagi Anda yang datang dari arah Jakarta, maka Anda harus belok ke arah kiri saat berada di pasar Sukra Indramayu.

Sebelum tiba di Pantai Plentong, Anda akan melihat gapura besar dengan bahasa Arab yang bertuliskan:

‘Assalamualaikum warrohmatullahiwabarakatuh

Gapura Pantai Plentong

Dimana terdapat tulisan Ujunggebang dibagian bawahnya. Dari gapura tersebut Anda tinggal mengikuti petunjuk arah yang ada menuju ke Pantai Pletong.

Jalan menuju lokasi wisata juga bisa dibilang relatif bagus dan juga mulus, karena jalan yang sudah di beton dan di aspal. Sebelum memasuki area wisata Pantai Plentong, Anda akan disuguhi area persawahan dan area tambak yang dimiliki oleh warga.

Objek Wisata di Pantai Plentong

Pantai Pletong baru dibuka sebagai tempat wisata baru sekitar 3 tahun lamanya, terlihat dari plang yang terpasang pembangunannya dibantu oleh PT PJB. Pembangkit Jawa-Bali, PLN.

Dari prasasti disamping tulisan Pantai Plentong, terukir tanda tangan pejabat PJB dan Bupati Indramayu Anna Sophanah.

Pihak pengelola Pantai Plentong sendiri telah menyediakan beberapa fasilitas pendukung seperti area parkir kendaraan, kamar mandi bilas, musholla dan juga toilet. Jangan khawatir jika Anda merasa lapar karena tersedia juga warung-warung makan yang menjual berbagai makanan serta minuman di lokasi wisata.

Selain itu di Pantai Plentong juga telah tersedia berbagai macam wahana wisata yang dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan. Yuk kita intip berbagai kegiatan serta wahana yang bisa kita lakukan di Pantai Plentong ini.

1. Menikmati Pemandangan Alam

Sunset Di Pantai Plentong Indramayu

Pantai Plentong menyuguhkan panorama khas pesisir Pantai utara Laut Jawa yang berbentuk lanskape, dimana disekitar pantai di dominasi tambak ikan dan udang, rawa-rawa dan juga lahan persawahan milik warga yang membentang luas.

Jika Anda berjalan menuju ujung timur dan barat pantai maka Anda akan menemukan hamparan hijau pepohonan bakau yang berjumlah ribuan. Pohon-pohon bakau ini ditanam sejak tahun 2015 yang lalu untuk mengatasi abrasi dan masih terjaga dengan baik hingga saat ini.

Hal menarik lainnya yaitu Anda bisa menikmati momen terbaik pantai Plentong yakni saat pagi hari. Anda akan bisa melihat dengan jelas momen terbitnya matahari yang muncul di ufuk cakrawala dimana tampak seperti menyembul dari bawah laut.

2. Banana Boat

Main Banana Boat Di Pantai Plentong Indramayu

Banana boat sendiri adalah olahraga air yang menantang dimana Anda akan menaiki perahu karet yang berbentuk seperti pisang dan kemudian melaju dengan ditarik oleh perahu mesin.

Olahraga air satu ini sangat cocok untuk Anda yang hobi melakukan kegiatan memacu adrenalin.

2. Bermain ATV

Main Atv Di Pantai Plentong Indramayu

Anda dan keluarga bisa memuaskan diri menjelajah menyusuri bibir pantai dengan wahana ATV yang disediakan. Pengelola menyewakan ATV di pantai ini agar pengunjung merasa lebih betah lagi menikmati keseruan di Pantai Plentong ini.

3. Sepeda Air

Di Pantai Plentong ini juga telah dibangun danau atau waduk mini dimana Anda bisa bermain wahana sepeda air disini. Wahana  ini bisa dinikmati wisatawan dari usia anak hingga dewasa dimana biasa diisi oleh 4 orang penumpang dan di kayuh selama dua putaran sekali sewa.

4. Berenang

Pantai Plentong memiliki pasir yang lembut dan ombak yang cukup tenang sehingga jauh lebih aman jika Anda menghendaki untuk berenang atau sekedar bermain pasir.

Pengelola pantai juga telah mengadakan pengawasan dan penjagaan sehingga wisatawan akan merasa aman dan juga terpantau saat berenang di pantai ini.

5. Naik Perahu

Selain berkeliling di darat dengan ATV, Anda juga bisa mencoba mengelilingi area laut Pantai Plentong dengan menggunakan perahu motor. Anda bisa lebih menikmati sensasi ombak khas laut Jawa Pantai Plentong Indramayu.

6. Camping area

Pantai Plentong ini biasa di gunakan wisatawan untuk melakukan kegiatan berkemah, karena memiliki lapangan yang luas sehingga cocok dijadikan tempat untuk mendirikan tenda. Selain itu ketersediaan fasilitas MCK yang memadai, akan membuat Anda semakin betah berkemah di kawasan Pantai Plentong ini.

7. Permainan anak

Banyak sekali permainan anak yang tersedia disini, karena sejatinya Pantai Plentong di bangun dengan konsep wisata keluarga. Selain sepeda air yang telah disebutkan diatas juga ada permainan lainnya seperti otoped, motor mini dan juga bermacam stand permainan anak.

Ada juga manusia robot transformer di area masuk wisata untuk menyambut para pengunjung yang sekaligus bisa di ajak untuk foto bersama. Banyak juga pedagang yang menjual mainan anak-anak serta cinderamata.

Jangan lupa juga untuk mencicipi ikan bakar atau makanan seafood lainnya yang banyak dijual di pinggir pantai di warung-warung milik nelayan sekitar.

Anda juga bisa mendapatkan ikan segar atau hasil laut lainnya seperti cumi dan udang dengan harga yang cukup murah di kawasan ini.

Nah itulah beberapa ulasan tentang Pantai Plentong Indramayu ini. Selain menikmati keindahan pantainya, ada banyak hal menyenangkan yang dapat Anda lakukan di pantai ini.

Baca juga : Pantai Rembat

Pantai Plentong adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang mencari destinasi wisata dengan konsep keluarga. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi Pantai Plentong?

13 Ulasan untuk Pantai Plentong, Indramayu, Jawa Barat

  1. Pantai yg bisa dijadikan tempat wisata keluarga alternative disepanjang Pantai Pantura dan sekitarnya.

  2. Murah meriah hanya . 10 rbu anda bisa berwisata di pantai ini. . Yah setandar lah buat orang kita2 pedesaan

  3. Pantai ini masih terlihat pasirnya jadi anak anak bisa berenang dan main pasir juga.. Disini banyak yg jualan baju atau pun celana buat renang jadi yg gak bawa celana buat renang ada.. Dan ada ikan bakar nya juga… Smoga bermanfaat….

  4. Pantainya kotor banyak sampah.. meskipun air laut item setidaknya menjaga kebersihan pantai akan lebih baik.

  5. bisa jadi pilihan untuk liburan bersama keluarga, masih perlu pembenahan untuk tempat wisatanya baik secara fasilitas ataupun kebersihannya.

  6. indramayu punya suasana wisata pantai yang sangat indah dan apa bila kalian ke sana pasti happy dengan wisata pantai yg sangat indah di daerah indramayu.

  7. Prlu pmbnhan lgi dan renovasi tmpat berteduh pengunjung nya… spya 3k
    Sukses sllu buat pantay plentong
    smoga tmbh maju

  8. Tempatnya sdh cukup lumayan rapi tapi hrs terus di lakukan pembenahan agar bs semakin bagus.

  9. Hari ni pengunjungnya udh mulai pada datang, hari libur panjang n lbur lebaran, tempt, y sangat gersang

  10. murah,akses jalan mudah&bagus tp kotor,,air laut y jg…mdh2n kdpn y bisa jd bagus…indah terawat bersih juga…

  11. perlu banyak pembenahan dan inovasi yg lebih menarik agar para pengunjung tidak membosankan mainan untuk anak2 perlu diperbanyak penanaman pohon diperbanyak agar lima tahun kedepan ada buat berteduh,

  12. Kesana waktu hujan.BECEK,KOTOR,MACET.PARKIRAN MASIH TANAH,MOBIL GA BISA JALAN DIPARKIRAN,KARENA SELIP.Udah beberapa tahun masak ga dipikirkan utk membenahi parkiran.dikelola scara profesional apanya!!! Nyesel bgt udah kesini.nyaris ga bisa pulang,mobil ga bisa keluar dr parkiran.

  13. Pantai Plentong Ujunggebang kini sudah banyak perubahan, selain semakin tertata rapi, wahana yang tersedia juga lumayan, dari Banana Boat, Sepeda Air, Motor ATV dan selain itu desember nanti di Pantai Plentong Ujunggebang akan ada arena outbond, flying fox, serta sesuatu yang di namakan Negeri di Atas Air, Mantappp…. Untuk info terbaru baru bisa kunjungi Halaman Resmi Pantai Plentong di Facebook, search Pantai Plentong Ujunggebang. Terima kasih…

Tinggalkan Balasan