Pantai Tirtamaya

Pantai Tirtamaya

Desa Juntikedokan, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45282, Indonesia.

16 Ulasan

Indonesia dikenal sebagai negara dengan ribuan pulaunya yang tersebar di seluruh penjuru negeri. Diantara pulau-pulau tersebut tersimpan berjuta keindahan alamnya, gunung, hutan bahkan pantainya.

Keindahan pantai di  Indonesia bahkan tidak diragukan lagi dikalangan masyarakat lokal bahkan mancanegara. Dan Pulau Bali adalah salah satu pulau yang dikenal dunia dengan pantai-pantai indahnya.

Namun apakah Anda tahu bahwa masih banyak pantai-pantai di Indonesia yang juga memiliki keindahan yang tak kalah dari pantai-pantai yang ada di Bali. Salah  satunya adalah pantai Tirtamaya yang ada di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Pantai Tirtamaya Indramayu

Pantai Tirtamaya

Indramayu adalah sebuah kabupaten yang ada di sebuah provinsi yang ada di Jawa Barat yang bertetangga dengan Kota Cirebon tepatnya di bagian pesisir utara Jawa. Indramayu sendiri terkenal sebagai penghasil buah mangga yang menjadi icon di kota ini.

Selain terkenal akan penghasil buah mangga, Indramayu juga dikenal memiliki deretan pantai yang cantik di bagian utara Pulau Jawa atau yang dikenal dengan Pantura.

Pantai yang terkenal itu seperti pantai Glayem yang pernah viral di dunia maya. Ada salah satu pantai di Kabupaten Indramayu yang cukup dikenal dikalangan masyarakat setempat adalah Pantai Tirtamaya.

Pantai Tirtamaya terletak di Kecamatan Jantinyuat, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Pantai Tirtamaya sendiri sangat dikenal bagi masyarakat Indramayu dan daerah sekitarnya, bahkan disebut-sebut sebagai pantai legendaris dan selalu dipenuhi pengunjung terutama saat liburan.

Pantai kebanggaan masyarakat Indramayu ini masuk kedalam kawasan pantai utara Jawa yang boleh dibilang fenomenal apalagi sebelum pantai mengalami abrasi pada tahun 90-an. Dimana saat kejadian tersebut lahan pertanian petani  banyak mengalami kerusakan.

Hingga pada penyelenggaraan acara PON yang ke-10 dilakukan banyak perbaikan di Pantai Tirtamaya ini. Dan hingga sekarang tidak terjadi abrasi lagi karena telah dibangun penahan ombak di sekitar bibir pantai.

Pantai ini juga memiliki legenda yang menceritakan bahwa jika Pantai Tirtamaya menjadi tempat berlabuh-nya satu tokoh legenda yang bernama Ki Buyut Tuban.

Ki Buyut Tuban sendiri diketahui merupakan murid dari Sunan Bonang yang memang di utus untuk menyebarkan agama Islam di Jawa Barat bagian barat.

Masyarakat meyakini bahwa saat Ki Buyut Tuban saat datang ke pantai ini, beliau menggunakan perahu tradisional. Pernyataan ini didukung dengan adanya sebuah perahu kuno yang berada dekat makam Ki Buyut Tuban yang letaknya tidak jauh dari pantai.

Sementara perahunya disimpan pada sebuah museum yang dibuka pada hari minggu, dimana pengunjung pantai ini memang sangat banyak. Banyak juga pengunjung pantai selain untuk menikmati keindahan pantai tapi juga sekalian ziarah ke makam Ki Buyut Tuban.

Selain sejarahnya Pantai Tirtamaya ini memiliki keindahan yang tidak diragukan lagi, dimana Anda dapat melakukan beragam aktivitas yang menarik sekaligus menikmati pemandangan alam pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Tirtamaya

Pantai Tirtamaya Indramayu

Untuk dapat memasuki kawasan wisata ini, Anda diharuskan membeli  tiket dengan harga sebesar Rp 10.000 untuk orang dewasa, dan Rp 6000 untuk usia anak-anak.

Namun perubahan harga tiket berlaku saat hari libur seperti hari Minggu atau hari libur nasional dimana besaran harga tiket adalah Rp 12.000 untuk orang dewasa dan Rp 7000 untuk anak-anak.

Pengelola juga menetapkan jam kunjung wisata Pantai Tirtamaya dimana pantai ini dibuka mulai jam 08.00 dan di tutup pada pukul 17.00.

Rute Menuju Lokasi Pantai Tirtamaya

Pantai Tirtamaya berjarak kurang lebih 20 kilometer dari pusat Kota Indramayu Jawa Barat. Apabila kalian berangkat dari Kota Indramayu maka Anda akan membutuhkan waktu kira-kira 40 menit untuk sampai ke kawasan ini.

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi saat menuju ke kawasan ini, akses jalan menuju ke arah pantai juga terbilang mudah untuk dilalui. Anda juga bisa dengan mudah menemukan petunjuk jalan untuk bisa sampai ke kawasan wisata ini.

Alternatif lainnya jika Anda hendak mudik atau sedang melewati jalur Pantura, secara otomatis Anda akan melewati kawasan Pantai Tirtamaya. Namun apabila Anda masih bingung maka Anda bisa menggunakan maps sebagai petunjuk jalan.

Obyek Wisata Pantai Tirtamaya

Ada banyak kegiatan lainnya yang dapat Anda lakukan sketika berada di Pantai Tirtamaya ini. Simak aktivitas-aktivutas apa saja yang dapat Anda lakukan di pantai ini.

1. Bermain air

Wisata Pantai Tirtamaya

Pantai Tirtamaya sesungguhnya memiliki karakter ombak yang besar, sehingga wisatawan tidak akan bisa menikmati panaroma bawah laut karena terlalu membahayakan. Namun itu bukan alasan untuk tidak melakukan kegiatan menyenangkan di pantai ini.

Anda dan juga keluarga dapat bermain air, bermain pasir juga berenang di tepian pantainya, dimana disediakan penyewaan ban ataupun perahu karet untuk berenang. Tidak sedikit para orang tua dan anaknya bermain dengan menggunakan perahu karet di kawasan wisata ini.

Penyewaan ban sendiri di bandrol dengan harga Rp 10.000 perpaket, dan untuk perahu karet adalah Rp 15.000.

2. Hunting Foto

Obyek Wisata Pantai Tirtamaya

Dan momen untuk mendapatkan gambar terbaik adalah saat pagi dan juga sore hari karena perpaduan panorama alam yang dihasilkan sangatlah menarik.

Tak kalah cantiknya Anda juga dapat mengabadikan pemandangan pantai pada malam hari dimana pantai terlihat cantik karena hiasan lampu yang ada di sekitar pantai.

3. Menikmati Sunrise dan Sunset

Sunset Di Pantai Tirtamaya

Keindahan alam di Pantai Indramayu ini tidak perlu diragukan lagi, Anda bahkan dapat menikmati keindahan sunrise dan juga sunset di Pantai Tirtamaya ini. Warna langit yang kuning keemasan ketika matahari terbenam sangat indah dan mempesona.

Hal ini adalah hal terpenting bagi para pengunjung dalam mendapatkan panorama yang bagus saat mengambil gambar.

4. Naik Perahu

Anda dapat menikmati suasana pantai sambil berkeliling mennyusuri lautnya di atas perahu di Pantai Tirtamaya ini. Nikmati pemandangan laut lepas dengan deburan ombak serta hempasan angin saat Anda berada di atas perairan pantai Tirtamaya

Anda dapat menyewa perahu di kawasan ini dengan harga sebesar Rp 10.000 per orangnya.

Fasilitas di Pantai Tirtamaya

Tidak perlu khawatir soal fasilitas pendukung saat mengunjungi Pantai Tirtamaya ini, karena obyek wisata pantai ini telah didukung dengan fasilitas yang cukup lengkap untuk memanjakan wisatawan.

Fasilitas tersebut antara lain adalah lahan parkir yang luas sehingga Anda tidak akan pusing untuk mencari tempat parkir. Terdapat juga toilet serta kamar mandi bilas yang bisa Anda pergunakan setelah aktivitas berenang di pantai.

Fasilitas pendukung tempat peribadatan seperti musholla juga telah tersedia di kawasan Pantai Tirtamaya ini, sehingga Anda bisa beribadah tepat waktu saat berwisata di kawasan wisata ini.

Dan bagi Anda yang berminat untuk bermalam disini, maka tersedia penginapan yang ada di sekitar pantai. Pemandangan langit Pantai Tirtamaya dimalam hari merupakan nilai tambah yang dapat Anda nikmati bersama keluarga dan teman ketika bermalam di pantai ini.

Rute yang sangat mudah dan berbagai kelengkapan fasilitas pendukungnya telah menjadi kelebihan obyek wisata Pantai Tirtamaya ini. Dari sekian ulasan keistimewaan pantai ini, tidak salah kalau Pantai Tirtamaya disebut sebagai pantai terbaik di Indramayu.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Tirtamaya Indramayu yang sangat menggoda Anda untuk dijadikan destinasi wisata berikutnya. Segera ajak keluarga atau kerabat Anda untuk berwisata ke Pantai Tirtamaya ini.

16 Ulasan untuk Pantai Tirtamaya, Indramayu, Jawa Barat

  1. Karena ombaknya ga terlalu gede, jd aman buat anak2 meskipun ditinggal main sendiri. Pantainya ga terlalu dalem dan yang paling penting kamar mandi bilasnya banyak dan bersih…

  2. Pantai nya bersih dan tertata. apa lagi ada mainan anak sprti perahu kecil. cocok untuk main” mengisi waktu liburan dilaut. Mantap 👍 pas buat wisata kumpul keluarga di pantai tirtamaya pantai legenda

  3. Satu diantara sekian banyak pantai di Indramayu, pantai legenda Tirtamaya. Disini and bukan hanya diauguhkan pemandngan laut saja, disini anda dapat bersantai atau hanya sekedar ngopi ngopi di setiap warung warung kopi yang ada. Banyak hal yang anda dapatkan ketika berkunjung kesini. Anda juga bisa membeli oleh oleh khas pastai seperti kain pantai dan baju pantai yang dpat anda jadikan buah tangan untuk sanak saudara di rumah.

  4. Kecewa sama tiket masuknya, pantai sekecil itu tiket masuknya mahal, Pangandaran aja kurang dari 15 rb buat tiket masuknya, rancabuaya aja yang jauh lebih bagus 10 rb/motor… Tapi cukup lumayan lah buat foto” mah, asal tau teknik fotonya aja.. cuman kalo buat di nikmati rasanya kurang nyaman, gak bisa nikmatin gemuruh ombak nya… . Yang saya post adalah foto-foto teman dan ponakan saya..

  5. Terjangkau menggunakan motor dari daerah Jangga kecamatan terisi. Perjalanan sekitar 1.5 jam melewati pasar (lupa namanya) & mesjid besar yg menyerupai duplikat mesjid kubah emas Depok). Persis depannya ada logo mangga terbelah. Identik dgn kota Indramayu. Lurus terus melewati Pertamina. Pantai Tirtamaya ad di sisi kiri jalan. Saya datang h min 1 sebelum lebaran, kondisi msh sepi dengan harga tiket masuk senilai Rp.20.000 utk 1 motor & 2 dewasa + 2 anak kecil. Termasuk murah dibanding kan saat lebaran tiba.

  6. Kemaren sebelum bulan puasa saya sempat mau masuk kepantai tirtamaya kirain 10.000 atau 15000 eh pas saya mau masuk pake motor dengan isteri saya penjaga loket langsung menyobekkan karcis masuknya dan mengatakan 25000 …..
    Sontak saya kaget loh 25000 saya juga pribumi indramayu ….. seolah saya dianggap orang asing saja ….
    Enggan lah saya berkunjung ketirtamaya lebih baik buat maka di rm.perdut buang uang 200 ribu juga gak keberatan
    Jadi tolong lah buat yang mengelolanya jangan mahal2 tempat wisatanya .
    Terus itu luat harusnya bisa dinikmati bebas seprti pantai widuri tuh

  7. Untuk kaum muda mungkin lebih asyik menikmati pantai pada sore hari, sunsetnya indah pas untuk berbincang dengan teman. Bermain bersama si kecil ditepi pantai juga menyenangkan, seperti bisa bermain air dan membuat istana pasir. jangan takut kelaparan karna ada banyak penjual makanan disini. vasilitas umum seperti kamar kecil dan musholla juga ada. Untuk yg ingin menikmati suasana pantai yg tenang, saya sarankan datang pada saat hari kerja atau weekend biasa. karna pada saat libur nasional pengunjungnya sangat banyak.

  8. Air pantai keruh karena memang jenis pasir pantainya berbeda dengan kebanyakan pantai di selatan jawa. Lebih baik mengunjunginya di waktu pagi (jam 6-9) untuk menikmati ketenangan dan matahari belum terik. Banyak persewaan tikar 10rb, pelampung karakter (handmade).

  9. airnya keruh . tempat kurang enak buat rehat mungkin buat kaum muda yg sekedar main oke tp buat fmilly kurang pas

  10. Bintang 3 dulu aja nanti kalau berkunjung kesini lagi tak kasih bintang lagi

  11. Sekarang tempatnya sudah semakin bersih, ramai, dengan fasilitas umum yg memadai. Akses menuju pantainya juga sudah bagus. Dengan harga tiket 12 ribu perorang, pantai ini cocok untuk rekreasi keluarga atau untuk sekedar menikmati senja.

  12. Tempatnya lumayan luas, banyak tempat untuk memancing disini, akses jalan juga terbilang cukup baik hanya aja kualiatas air lautnya yg menurut sy kurang bagus

  13. pantai yang airlautnya tidak terlalu biru dan pasirnya tidak putih tapi ombaknya tenang dan diberi pemecah ombak sehingga aman untuk bermain anak anak.. lokasinya juga sangat dekat 100 meter dari jalan utama indramayu cirebon..

  14. Pantai Tirtamaya adalah salah satu pantai yang berada di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, pantai ini berada di Kecamatan Juntinyuat. Pantai ini sangat populer di wilayah Kabupaten Indramayu, untuk transportasi menuju pantai ini kita bisa menggunakan mobil, motor, dan kendaraan lainnya.
    Alhamdulillah di guide oleh Googlemap sampai juga.
    Masuk sedikit antri untuk hitungan jumlah penjunjung dan parkir mobil didepan pantai.
    Banyak jasa penyewaan tiker unyuk santai.
    Ada dermaga untuk keliling pantai dgn perahu layar dan boat.
    Mampir di warung tenda order kelapa muda dan cemilan.
    Cukup 1 jam san lanjut ke Cirebon.
    Salam wisata pantai.

  15. Destinasi wisata yg cukup murah…. Pasir pantainya tdk putih… Tp bnyk tmpt yg bs untuk berfito…. Bs sewa perahu untuk melihat indahnya batu karang n ikan d dalam aut…. Yuuuuk k pantai tirtamaya….

  16. Lokasinya lumayan dekat dan HTM nya juga cukup terjangkau cuma 15k/ dewasa dan 10k untuk anak-anak.
    Cuma minus di tempat pemandian dan toilet yang kurang memadai untuk pengunjung,dan yang paling jadi PR tentang kebersihan area pantai.
    Baik pengelolaan dan kita sebagai pengunjung harusnya lebih perduli terhadap kebersihan.

Tinggalkan Balasan