Pantai Trisik

Pantai Trisik

Alamat: Pantai Trisik, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

(4.1/5) Baca ulasan

Pantai Trisik terletak di Desa Karangsewu, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, sekitar 20 km dari Wates dan 30 km dari Kota Yogyakarta dengan  memakan waktu perjalanan kurang lebih sekitar 2 jam. Area pantai ini cukup luas yang terbentang dari sisi barat muara Sungai Progo (timur) hingga ke arah barat sepanjang 1 km.

Di tepi pantainya banyak di tumbuhi pohon cemara udang, yang berfungsi untuk mencegah abrasi yang disebabkan oleh angin laut dan juga dapat di gunakan oleh para pengunjung untuk berteduh sambil memandangi lautan dan merasakan semilir angin. Pantai ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga dan teman-teman yang ingin menghilangkan penat di kota, karena tidak jauh dari pantai juga terdapat sawah-sawah dan perkebunan kelapa yang terhampar luas.

Harga Tiket Masuk Pantai Trisik

Jika belum ada kenaikan harga, Retribusi tiket masuk hanya Rp. 3000,-/orang. Di pantai ini juga sudah ada beberapa fasilitas, walaupun fasilitas di pantai ini masih minim, setidaknya fasilitas utama sudah tersedia seperti kamar mandi/toilet umum , salah satu fasilitas yang wajib ada, karena hampir setiap pengunjung yang datang mencari toilet umum saat baru sampai di pantai, sehabis beraktivitas di pantai ataupun ketika akan meninggalkan pantai.

Rute Menuju Lokasi Pantai Trisik

Memilih tujuan wisata di akhir pekan maupun ketika liburan panjang memang perlu memikirkan dan mempertimbangkan banyak hal, salah satunya akses dan rute menuju tempat wisata. Untuk menuju ke pantai Trisik, akses wisata sangat mudah dan lancar. Rutenya pun tidak terlalu rumit dan jauh. Berikut ini rute yang bisa anda pilih.

Anda bisa mengambil rute dari Kota Yogyakarta ke arah jalan yang menuju Bantul. Kemudian di perempatan Palbapang menuju ke arah jembatan Srandakan Kulon Progo, setelah melewati jembatan, anda tinggal terus mengikuti jalan sampai ada papan petunjuk jalan yang menuju ke arah Pantai Trisik. Ikuti saja terus petunjuknya. Akses menuju pantai ini hanya dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi, karena belum tersedia transportasi umum bagi para pengunjung yang ingin ke Trisik.

Setelah melakukan perjalanan anda akan tiba di area parkir kendaraan. Bagi para pengunjung yang membawa kendaraan pribadi bisa memarkiran kendaraannya di sekitar rerimbunan pohon cemara atau di tanah kosong dekat pemukiman warga dan tempat istirahat, di sediakan juga tempat untuk beristirahat sejenak sambil menikmati pemandangan laut dan pantai.

Obyek Wisata di Pantai Trisik

Melakukan wisata di pantai Trisik akan sangat menyenangkan jika dilakukan sambil mencoba dan menikmati suguhan obyek wisata di sana. Pantai yang masih alami ini memiliki beberapa obyek wisata dengan nuansa yang berbeda. Apa saja obyek wisata tersebut?

1. Keindahan langit pantai Trisik

Keindahan Pantai Trisik

Selain keindahan pantai dan lautnya, masih ada lagi keindahan yang tak boleh anda dilewatkan. Yaitu, banyak terdapat berbagai macam jenis burung yang akan jarang sekali kita temui di Pantai-pantai lainnya. Pada saat musim migrasi tiba, banyak burung-burung yang datang ke daerah pantai ini yang berasal dari berbagai belahan dunia, yang bisa kita jumpai disini. Salah satunya burung kedidi leher merah yang mayoritas hidup dan berkembang biak di Siberia dan Alaska.

2. Wisata Seru Penangkaran Penyu

Sebagai daya tarik utama di Pantai ini tak lain dan tak bukan adalah dengan keberadaan Penangkaran Penyu, yang dikelola oleh warga sekitar dengan sebutan Konservasi Penyu Abadi. Masyarakat Trisik sudah sangat menyadari pentingnya upaya konservasi untuk menjaga kelestarian semua penyu yang ada di sana. Saat musim bertelur, Penyu-penyu itu akan jarang terlihat atau bahkan tidak ada di penangkaran, karena Penyu hanya datang ke tepi pantai saat malam hari dan bertelur di darat.

3. Pemandangan Selama Menuju Lokasi

Objek Wisata Pantai Trisik

Lokasi pantai yang indah ini berada di sebuah perkampungan warga yang bernuansa hijau dengan area persawahan. Selain itu ada juga kebun kelapa yang luas juga perkebunan buah-buahan seperti melon, buah naga dan semangka dan perkebunan sayuran dari pesisir Pantai Trisik sampai pesisir Pantai Bugel. Pemandangan ini menjadikan suasana perjalanan menjadi lebih menyenangkan dan menyegarkan.

4. Kegiatan Warga Sekitar

Pada saat anda melakukan perjalanan ke Pantai Trisik pada musim panas, anda akan menjumpai kegiatan warga sekitar yang sedang menjemur eceng gondok yang mereka dapatkan dari Ambarawa. Enceng gondok yang telah di keringkan akan mereka gunakan untuk membuat kerajinan tangan seperti tas, sandal dan kerajinan lain yang terbuat dari enceng gondok.

Pantai Trisik Jogja

Selain itu, karena ada banyak ikan-ikan di perairan Samudra Hindia yang belum di garap secara maksimal dan juga memiliki tanah yang subur untuk menanam buah dan sayuran, sebagian besar warga sekitar bermata pencarian sebagai petani dan nelayan. Di Pantai Trisik ini juga terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yaitu di sekitar Trisik dan Bugel.

Pemukiman warga nelayan berada di komplek transmigrasi local yang terletak di Karangsewu, Galur. Keunikan dan kesederhanaan kehidupan warga sekitar, bisa menjadi daya tarik wisata agar lebih banyak pengunjung yang berwisata ke sana.

Jika anda memang ingin menelusuri keindahan pantai-pantai yang ada di wilayah selatan, anda bisa mengunjungi Pantai Trisik ini sebagai daftar pantai yang wajib anda kunjungi. Karena setiap pantai punya keutamaanya tersendiri serta tiket masuk yang murah yang biasanya kita dapat membayar 1 tiket masuk yang berlaku untuk beberapa pantai terdekatnya.

20 Ulasan dari Pengunjung Pantai Trisik

  1. salah satu pantai yang ada di Kulon Progo. Bagi kalian yang menyukai wisata air, pantai trisik ini harus di coba. Selain bisa bermain air di pinggir pantai, ada pemandangan unik lain yaitu banyak pelelangan ikan di sekitar pantai ini. Untuk kalian yang ingin mencoba pantai ini terletak di Banaran-Galur, Kab. Kulon Progo wisata Kalibiru Jogja. . Untuk menuju ke pantai Trisik, rute yand dapat diambil adalah dari kota Jogja menuju ke arah Bantul, kemudian jalan ke arah pasar Mangiran. Jalan terus hingga pertigaan kecamatan Galur, selanjutnya belok kiri ke arah jalan pasir trisik. Harga tiketnya pun murah hanya Rp. 2.000 – 5000ribu per orang wisata Kalibiru kulon Progo Jogja

    13 April 2018, 18:08 WIB

  2. Mulai terkelola dengan baik. Terdapat beberapa atraksi yang dapat dinikmati oleh wisatawan yaitu lepas penyu, cangkok cemara, dan ada lagoona baru.

    21 April 2018, 07:05 WIB

  3. Salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di kawasan Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Terletak di paling ujung timur kabupaten Kulon Progo. Terdapat muara dari aliran sungai Kali Progo yang menuju Pantai Trisik dan Pandansimo yang ada di seberangnya. Pantai Trisik ini adalah salah satu Spot mancing Pasiran (Surf Fishing) bagi kalangan pemancing Jogja.

    8 Juni 2018, 14:31 WIB

  4. Hadeeeh, ngecewain ga kaya yg digambarnya.. gitu doang..

    20 Juni 2018, 06:55 WIB

  5. boleh jg buat belanja ikan

    24 Juni 2018, 04:57 WIB

  6. Sekarang Pantai Trisik udah bagus. Udah ada fasilitas kolam renangnya juga. Terus kamar mandinya udah banyak. Sama parkirnya udah luas. Selain itu udah dibuka juga spot laguna. Di laguna ini ada jembatan dari bambu sama ada becak airnya. Tapi hati-hati kalau mau mainan air di pantai. Soalnya ombaknya tinggi. Selain itu udah di kasih semacam tempat duduk dari kayu di pantai, jadi bisa leyeh-leyeh gitu. Kalo minusnya sih masih masalah sampah. Soalnya di sini masih sulit buat nyari tempat sampah.

    2 Juli 2018, 02:21 WIB

  7. Pantai Trisik salah satu destinasi wisata dari Kulonprogo yang sudah cukup lama dikenal masyarakat, kita pernah kesana dalam giat bersih pantai yang wsktu itu banyak banget sampahnya. Pantai nya cukup indsh untuk dinikmati dengan fasilitas penunjang seperti Masjid/musholla yang tidak teralu jauh. Waktu kita kesana pengunjung tidak terlalu banyak entah sekarang, pingin main kesana lagi sebenarnya semoga keindahannya tetep terjaga dan pengelola semakin inovatif falam mengembangkan sehingga menjadi salh datu objek wisata ubggulan

    5 Agustus 2018, 10:10 WIB

  8. Sekarang Laguna pantai trisik jadi keren ditambah dengan properti” untuk berswafoto.

    22 September 2018, 20:29 WIB

  9. Sayang masih banyak sampah di sepanjang pantai

    11 Oktober 2018, 22:52 WIB

  10. Tiap Minggu pagi kesana.. buat beli bubur ayam

    19 Oktober 2018, 08:09 WIB

  11. Pesona nya sangat luar biasa dengan ombak yang besar akan mengingatkan kita kepada kuasa sang pencipta bahwa manusia tidak punya daya di banding dengan kuasa sang pencipta

    29 Juni 2019, 05:30 WIB

  12. Sekarang sudah lebih bagus.. Tiket masuk relatif murah

    2 Juli 2019, 19:19 WIB

  13. sejauh mata memandang.pasir ro laut

    14 Juli 2019, 02:40 WIB

  14. Tempatnya lumayan lah buat bersantai keluarga.. Tapi sampahnya berserakan dan ombak terlalu besar

    17 Agustus 2019, 22:27 WIB

  15. Gak terlalu rame.. jd bisa lebih menikmati pemandangan..

    25 Agustus 2019, 07:37 WIB

  16. Melihat akan pantai Trisik, tidak lah begitu istimewa. Pantainya tidak aman untuk langsung ke laut lepas dan tidak bengitu aman untuk renang, canoing atau hanya sekedar main air. Jalan tembus antara pantai yang menyatu dengan pakaibyang sekitarnya, Usaha yang keras dan niat yang menggelora. Lokasinya di Kabupaten Kulon Progo, dengan stuasi daerah dekat Bandara baru Yogyakarta

    11 September 2019, 23:41 WIB

  17. Pantai Trisik Kulon Progo adalah salah satu pantai yang merupakan wilayah konservasi penyu. Ada 6 jenis penyu yang biasa bertelur di pantai ini. Jadi, selain bisa untuk bertamasya juga bisa dipergunakan untuk belajar konservasi penyu. Di pantai trisik juga terdapat laguna serta deretan pohon cemara udang

    1 Oktober 2019, 04:42 WIB

  18. Salah satu potensi wisata di kulon progo, sayangnya banyak sampah dimana mana, pasti perlu waktu yg lama untuk membersihkannya. yuk… Jangan buang sampah di sungai yg membuat sungai dan lautan kotor. Yuk jaga kelestarian lingkungan di sekitar kita. Dimulai dari diri kita sendiri

    30 Oktober 2019, 13:11 WIB

  19. Trisik Beach Festival 2109 🥳🕺🌻

    2 Desember 2019, 03:04 WIB

  20. Tempat nya minim fas um … Kurang ada perawatan dari pem da stempat…. Lebih tingkatkan untuk pennghiiauan pantai…

    9 Desember 2019, 18:10 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Trisik

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *