Pantai Kadilangu

41x dibaca

Pantai Kalidangu
Nama Pantai Kadilangu
Lokasi Jangkaran, Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55654, Indonesia
Ulasan (4.1 / 5)

Sebagai kota wisata Yogyakarta memang sangat terkenal dengan beragam keindahan panorama alamnya, baik perbukitan hingga pantainya. Hampir seluruh kabupaten di Yogyakarta mempunyai icon wisatanya masing-masing. Jika kabupaten Gunungkidul amat terkenal dengan jajaran pantai selatannya, Kulonprogo pun tidak mau kalah karena kabupaten ini memiliki pantai Kadilangu.

Seiring berjalannya waktu, popularitas pantai Kadilangu semakin melejit. Akibatnya, setiap weekday maupun weekend destinasi wisata ini selalu ramai dikunjungi. Populernya pantai Kadilangu sebagai destinasi wisata tidak terlepas dari ciri khasnya. Tidak seperti pantai pada umumnya yang dihiasi pasir putih dan bebatuan karang, pantai Kadilangu justru banyak ditanami tumbuhan mangrove.

Bagi Anda yang mengadakan kunjungan wisata ke Jogja, maka pantai Kadilangu wajib masuk ke dalam daftar itenerary. Pantai ini terletak di dusun Pasir Kadilangu, desa Jangkaran, kecamatan Temon, kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Waktu tempuh yang Anda butuhkan untuk menuju lokasi ini adalah 1 jam 26 menit dengan jarak kurang lebih 55,2 km.

Harga tiket masuk

Lokasi wisata pantai Kadilangu memiliki harga tiket masuk yang cukup bersahabat bagi kantong Anda. Ketika datang kesini, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 3.000,-/orang pada hari-hari biasa. Sementara itu, jika Anda datang bertepatan dengan libur nasional, maka tiket masuk yang harus dibayar adalah Rp 4.000,-/orang.

Pantai Kadilangu sangat mudah untuk diakses kendaraan pribadi seperti motor dan mobil. Dengan demikian, area parkir di destinasi wisata ini pun cukup memadai. Pengelola membanderol tarif parkir dengan nominal Rp 2.000,-/ motor dan Rp 5.000,-/ mobil. Jadi, total biaya kunjungan ke pantai Kadilangu yang akan Anda keluarkan hanya sekitar Rp 5.000-Rp 10.000,-/orang.

Akses dan rute

Anda dapat mengunjungi pantai Kadilangu dari kota Yogyakarta melalui Bantul dan Wates. Jika melalui jalan wates, Anda harus menyusuri ringroad selatan hingga tiba di kecamatan Temon. Setelah sampai di kecamatan Temon yang merupakan wilayah perbatasan Yogyakarta-Purworejo carilah pangkalan TNI. Selanjutnya, perhatikan rumah makan Candisari lalu ambil arah kiri dan lurus terus hingga tujuan.

Rute yang akan Anda tempuh melalui Bantul pun tidak jauh berbeda dengan via Wates. Anda dapat mengikuti rute sepanjang pantai Glagah selepas jembatan Srandakan. Kemudian, Anda akan melalui jalan Daendles hingga menuju ke arah kecamatan Temon, perbatas Jogja-Purworejo. Lalu, cari markas TNI dan rumah makan Candisari kemudian belok kiri, tak lama kemudian lurus terus sampai lokasi.

Objek wisata

1. Hutan mangrove

Mangrove merupakan tumbuhan utama yang menghiasi lokasi wisata pantai Kadilangu. Tumbuhan ini memang sengaja dibudidayakan secara pribadi oleh masyarakat karena banyak manfaat yang dapat diambil. Pertama, mangrove dapat menahan abrasi dan penyaring air laut. Dengan demikian, garis pantai akan tetap stabil dan kelangkaan air tawar dapat diantisipasi.

Kedua, rerimbunan hutan mangrove ini adalah tempat yang ideal untuk berkembang biaknya satwa terutama jenis burung. Ketiga, keberadaan hutan mangrove sangat efektif untuk menjaring limbah sebelum menuju lautan dan mengurangi karbon dioksida. Keempat, kayu tumbuhan mangrove dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan furniture.

2. Spot foto yang instagramable

Spot Foto Pantai Kalidangu

Salah satu alasan mengapa pantai Kadilangu menjadi destinasi wisata favorit khususnya bagi anak muda adalah karena keberadaan spot foto instagramable. Bagi Anda pecinta fotografi, lokasi ini menawarkan berbagai spot foto menarik mulai dari jembatan api-api, sangkar kepompong, jembatan cinta hingga kawasan cinta pertama. Selain itu, masih ada jembatan tempo dulu, kerang-kerangan raksasa hingga gardu pandang serupa Tokyo tower.

3. Menyusuri tepian pantai

Sebagian besar area pantai ini bukanlah pasir putih maupun bebatuan karang. Ketika berkunjung kesini sepanjang mata memandang, Anda akan melihat perairan dan rimbunnya hutan bakau. Kondisi ini jelas berbeda dengan panorama alam pantai pada umumnya, namun inilah daya tarik utama pantai Kadilangu. Anda dapat menyusuri eksotisme pantai ini dengan memanfaatkan jembatan bambu yang dibuat penduduk maupun menyusuri tepian pantai menggunakan perahu.

4. Wisata kuliner

Bagi Anda yang lelah menyusuri luasnya area pantai Kadilangu, maka dapat beristirahat sejenak. Anda dapat singgah di beberapa warung milik warga yang menyediakan beragam menu makanan seafood. Menu favorit yang populer di lokasi wisata ini adalah olahan ikan dengan bumbu pedas asam manis. Anda tidak perlu trauma dengan mahalnya menu makanan di lokasi wisata karena harganya cukup murah.

5. Sunset dan Sunrise

Sunset Pantai Kalidangu

Kurang rasanya jika mengunjungi suatu pantai tanpa mengamati matahari terbit dan matahari terbenam. Namun, tenang saja karena pada pantai ini anda akan disuguhi pemandangan indah matahari terbit di pagi hari dan matahari terbenam di malam hari. Pastikan untuk datang ke tempat ini ketika cuacanya cerah ya.

Pantai Kadilangu ini tentunya menjadi destinasi wisata favorit dan wajib anda kunjungi ketika merencanakan liburan ke Yogyakarta. Berlibur sejenak menghilangkan penat tentunya menjadi suatu hal yang menyenangkan dan merefresh otak. Jadi tunggu apalagi? segera ajak orang-orang tercintamu untuk berlibur ke Pantai Kadilangu!


Manarul Hakim Hai, saya Manarul. Saya suka melihat dan menikmati keindahan alam, salah satunya yaitu pantai. Melalui Pantainesia.com saya ingin berbagi mengenai pantai menarik yang ada di Indonesia

5 ulasan untuk Pantai Kadilangu

  1. Nah tempat wisata ini masih sederet ya guys dg jembatan siapi2 tadi,cuma klo disini papannya lebih safety karena masih kokoh dan ada pegangan kanan kirinya,dsni jg menyediakan tempat makan,ada kelapa muda juga yg bakal ngobatin dahaga kita habis jalan2 keliling hutan mangrove,toilet umum jg ada,parkiran cukup luas guys.

  2. Salah satu destinasi wisata yang layak dikunjungi.. Apalagi buat yang suka dengan fotografi atau foto selfie. Kenapa?. . Yahh… pastinya karena spot foto disini sangat menarik dan beraneka ragam.. . Suasananya tetap asri, dan sejuk pula.

  3. Tempat ini menarik utk dikunjungi, lokasinya di Kabupaten Kulon Progo. Banyak spot utk selfi. . Saran, jika datang ke sini sebaiknya sebelum jam 10 pagi atau menjelang sore, biar hasil foto selfi nya bagus…

  4. Pantai Pasir Kadilangu, meskipun namanya Pantai Pasir namun  di pantai ini kita tidak dapat bermain pasir layaknya pantai Parangtritis atau Pantai Gumuk Pasir. Pantai Pasir Kadilangu merupakan pantai dengan hamparan hutan mangrove di sepanjang tepi pantai, udaranya yang sejuk dengan hijaunya hutan mangrove menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata ini. Selain menikmati hutan di atas air laut, tersedia spot-spot untuk berteduh dan foto bersama teman atau keluarga.

  5. Tempatnya asiiik, banyak spot foto menarik, pilihan waktu yang saya suka adalah pagi hari, dimana kita enjoy saat foto2 tanpa lalu lalang pengunjung yang lain dan belum panas juga. Selamat menikmati liburan anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *