Pantai Glagah

Pantai Glagah

Yogyakarta bukan hanya memiliki puluhan pantai di Gunungkidul dan Bantul saja, namun kota yang identic dengan gudegnya ini juga menyimpan kekayaan alam pantainya di Kulonprogo yang bernama Pantai Glagah. Nama tempat ini sudah sering didengar dari kalangan traveller karena sudah banyak wisatawan yang mengunggah fotonya di akun sosial media mereka.

Pantai Glagah dianggap menjadi pantai kebanggan Kabupaten Kulonprogo dan dianggap sebagai tempat wisata sedang nge-hits saat ini. Untuk menemukan fotonya pun tidak sulit, hanya cukup mencarinya di sosial media Instagram dengan hastag #PantaiGlagah , pasti akan sudah banyak foto yang muncul. Bukan hanya destinasi wisata yang murah meriah, namun di pantai ini Anda akan terasa sedang berada di luar Jogja atau bahkan luar negeri sekalipun.

Harga Tiket Masuk 

Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi pantai yang terkenal dengan laguna di pinggir pantai ini, tidak perlu membayar mahal, hanya cukup Rp 5.000,- setiap orang. Dengan membayar tiket atau biaya retribusi ini, Anda dapat sepuasnya mengelilingi dan mengeksplore Pantai Glagah dan sekitarnya tanpa batasan waktu.

Pantai ini akan terasa indah jika guyuran ombak kencang yang menghantam bebatuan laguna yang berada di pinggir pantai. Bahkan sesekali air pantai bisa terangkat hingga jalanan dan ini momen yang sangat baik untuk menikmati keindahan alam dan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Rute

Sunset Pantai Glagah

Perjalanan Anda menuju ke pantai di Kulonprogo ini bisa menggunakan jalur darat dengan kendaraan pribadi, karena jalanan untuk menuju kawasan ini sudah sangat lancar. Anda dapat melewati dua rute :

  1. Melewati Jalan Bantul : Jalan Bantul-Palbapang Bantul-ambil arah ke kanan-Jalan Srandakan via jembatan Srandakan-bertemu lampu merah ke kiri-Pantai Glagah
  2. Melewati Jalan Wates : Jalan Wates-Sentolo-Wates kota-Purworejo-ambil ke kiri-ikuti arah menuju Pantai Glagah.

Masing-masing rute tersebut dapat digunakan untuk acuan perjalanan Anda. Perjalanan yang dibutuhkan untuk sampai di lokasi ini kurang lebih satu jam dengan jalanan aspal yang sudah sangat bagus dan lancar. Namun kelebihannya jika memilih rute dari jalan Bantul, Anda akan melewati Pantai Trisik atau Pantai Bugel yang dapat dimanfaatkan sebagai destinasi wisata lainnya selain Pantai Glagah.

Objek Wisata 

Selain dapat dipilih menjadi destinasi wisata yang murah meriah, mudah dijangkau, Pantai Glagah juga bisa dimanfaatkan untuk menghabiskan akhir pekan dengan keluarga, kerabat, maupun teman-teman kantor untuk melepas penat dengan view yang sangat indah dan tidak bisa ditemukan di lokasi pantai lainnya.

wisata pantai glagah

Selain itu disana terdapat beberapa fasilitas yang dapat memanjakan wisatawan untuk berlama-lama di pantai pasir hitam tersebut, antara lain sebagai berikut :

1. Adanya kapal kecil atau sampan

Di dalam area pantai ini menyewakan kapal berbentuk bebek yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk menikmati pantai secara keseluruhan. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan bermacam-macam tergantung besar atau kecilnya ukuran sampan.

2. Persewaan ATV dan sepeda

Fasilitas yang diberikan disini hampir seperti Pantai Parangtritis yang juga menyewakan ATV atau motocross yang siap digunakan untuk menerjal medan terjal. Namun tips bagi Anda yang tidak memiliki keberanian untuk mengelilingi pantai dengan ATV, Anda dapat menyewa sepeda untuk mengelilingi pantai yang penuh dengan laguna ini.

3. Agrowisata Perkebunan Buah

Bukan hanya keindahan panoramanya saja, pantai yang memiliki julukan ‘pantai berpasir besi’  ini juga memiliki perkebunan buah yang berada di area pantai bernama ‘Kusuma Wanadri’. Beraneka buah ditanam seperti buah naga, melon, hingga semangka di lahan yang luasnya kurang lebih 3,5 hektar ini.

Namun sayangnya tidak setiap saat buah-buah ini dapat dipanen, jadi lebih baik jika Anda ingin berlibur di pantai ini sekaligus ingin membawa buah tangan buah, sebaiknya datang di waktu dan musim panen. Keunikannya jika Anda membeli dari petani buah disana selain harganya lebih murah, Anda dapat mencicipinya secara langsung secara gratis dan memetic buahnya sendiri.

4. Fasilitas di Area Pantai

Fasilitas adalah salah satu komponen yang wajib ada dan memuaskan bagi para wisatawan. Seperti di Pantai Glagah ini yang memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti toilet, mushola, kamar mandi, beraneka ragam warung makan, hingga kolam yang dapat digunakan bermain oleh anak-anak untuk mengusir kebosanan. Untuk fasilitas kolam anak ini dikenakan biaya tambahan, tentunya masih terbilang terjangkau. Tentunya walaupun dengan adanya fasilitas kolam anak ini, orangtua harus tetap memberikan pengawasan yang lebih terhadap anak.

Kuliner

kuliner pantai glagah

Kuliner yang ditawarkan di area pantai cukup beragam dari masakan laut hingga masakal lokal Indonesia. Selain itu pantai ini juga terkenal dengan oleh-oleh yang menjadi ciri khas sampai saat ini, seperti udang, kepiting, undur-undur yang digoreng menjadi rempeyek. Harga yang ditawarkan beragam, dari Rp 5.000,- hingga Rp 10.000,- setiap pack nya.

Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung ke pantai di pesisir Kulongprogo ini dapat mempersiapkan waktu yang tepat. Seperti tips yang disampaikan di atas, lebih baik Anda datang ketika bersamaan dengan masa panen buah di Agrowisata ‘Kusuma Winandri’, jadi selain dapat menikmati keindahan pantai beserta lagunanya, Anda juga dapat membawa pulang oleh-oleh buah yang masih segar dan tentunya dengan harga yang lebih miring.

Apabila ingin membawa buah tangan yang lebih unik lagi, disana juga menjual beraneka macam pong-pongan yang diolah menjadi berbagai macam kerajinan seperti tirai kamar, souvenir unik dan berbagai pilihan topi serta pakaian ada disana. Selamat berlibur dan memilih destinasi wisata terbaik Anda!

Ulasan Pengunjung

  • Nina Fiona P
    dalam minggu terakhir
    Saya berkunjung saat lebaran 2018, menuju ke arah pantai terdapat banyak sekali penjual, sampah berserakan di mana-mana, saya kurang tau itu khusus karena lebaran atau bagaimana tetapi saat saya berkunjung 2 tahun lalu saat bukan musim liburan pantai tidak terdapat penjual seperti pasarnya Di tempat ini terdapat tempat berfoto dengan bunga matahari dan beberapa bunga lainnya, pemandangan sunset sangat indah, terdapat banyak spot foto, untuk spot foto dalam pantai glagahnya membayar 5k/orang. Untuk tiket masuk 5k/orang. Dan untuk tiket mobil 10k/mobil Terdapat kolam khusus anak yang terletak terpisah dari pantai untuk tiketnya 7k/anak Di sekitar pantai banyak penjual topi, kacamata, makan sejenis lautan (udang, undur-undur, wader, dll), terdapat penjual bawang putih bawang merah, penjual mainan, sandal Dan terdapat tempat makan sejenis makannan laut, nasi goreng, indomie Parkiran di pantai glagah sudah luas Untuk toilet juga terdapat banyak Di tempat ini juga terdapat wisata menaiki kapal Dengan biaya 10k/orang Namun bila tidak ingin menunggu atau langsung berangkat harga cukup merogoh kocek seharga 100k
  • Dheny Setiaji
    sebulan yang lalu
    Bicara tentang Pantai Glagah, masyarakat Jogja pasti akan menyinggung tentang laguna yang dimiliki pantai ini. Umumnya, laguna pantai memiliki penghalang berupa pasir, batu karang, atau semacamnya. Meski dekat dengan laut, laguna biasanya berada di lokasi perairan yang relatif dangkal dan sepi. Berbeda dengan laguna Pantai Glagah. Laguna di pantai ini terbentuk dari bagian daratan berbentuk agak cekung yang berisi air laut pasang. Semakin lama, cekungan ini membentuk telaga luas berair tenang dengan tepian yang subur dan ditumbuhi rumput liar. Laguna Pantai Glagah pun dimanfaatkan sebagai tempat wisata air, seperti perahu kayuh, kano, hingga sampan kecil yang bisa kamu gunakan untuk berkeliling di laguna. Karena lokasinya yang tenang dan jauh dari debur ombak, laguna ini cukup ramai dikunjungi anak-anak. Untuk orang dewasa, tersedia tempat memancing di laguna ini. Dermaga panjang dengan tetrapod (Sumber: @incielow) Pantai Glagah dikenal sebagai salah satu pantai di Jogja yang memiliki ombak cukup besar. Oleh sebab itu, di kawasan pantai pun dibangun tetrapod. Terbuat dari struktur beton berkaki empat yang berfungsi sebagai pemecah ombak agar tidak masuk ke bibir pantai lebih jauh. Di tengah jajaran tetrapod tersebut dibangun jalan setapak panjang dari beton yang mengarah ke tengah laut. Jalan setapak ini juga berfungsi sebagai akses menuju dermaga. Banyak pengunjung yang memanfaatkan area tetrapod ini untuk memancing sambil menikmati angin laut dan debur ombak. Kehadiran jalan setapak yang dikelilingi tetrapod inilah yang menjadi ciri khas dari Pantai Glagah. Kebanyakan pengunjung di Pantai Glagah tak melewatkan momen berfoto, juga memotret lanskap ombak yang terpecah setelah menghantam tet
  • akhmad musyarif
    dalam minggu terakhir
    Mantap,,, lebaran 2018 naek perahu keliling laguna bayar 100rb satu rombongan sekali muter. Pantainya bisa buat berenang, ada toilet, tempat mandi/bebersih, jajan banyak, parkir, taman bunga Matahari. Minusnya disini banyak sampah dan tak ada tempat duduk atau gubukan buat beristirahat dan menyimpan barang bawaan.
  • Ulum Dewa
    seminggu yang lalu
    Pantai Glagah terkenal dengan tetrapod alias beton pemecah ombak. berlokasi di Kulonprogo atau 40 kilometer ke arah barat dari kota Jogja, lebih dekat dengan bandara baru NYIA. Pantai Glagah menawarkan view yang indah seperti: laguna, tumpukan tetrapod, kolam renang, pemancingan, dsb. disini wisatawan akan dimanjakan dengan aneka kuliner dan souvenir yang menarik.
  • Cahya Syahputra
    seminggu yang lalu
    Tempatnya memang bagus untuk mencari moment sunset dan para pemancing yang sangat berani. Cocok untuk wisata keluarga, perlu diingat pantai selatan bukan untuk berenang. Kepada pengelola, sediakan tong sampah di setiap jarak 10m agar tetap bersih.