Pantai Dunu

Pantai Dunu

Desa Dunu ,Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo 96525, Indonesia.

11 Ulasan

Seperti halnya dengan Pulau lain seperti Pulau Bali dan Jawa yang kaya akan indahnya wisata bahari. Kota Gorontalo juga menyimpan suatu pantai yang begitu indah dan menarik untuk dikunjungi dan bahkan masih dalam kondisi alami.

Nah, jika Anda akan mengunjungi kota Gorontalo atau sedang berada di kota ini, tak ada salahnya jika Anda meluangkan waktu untuk mengunjungi Gorontalo bagian Utara, tepatnya ke Pantai Dunu.

Di pantai tersebut,  Anda dapat bersantai yang tentunya akan ditemani dengan pemandangan indah pantai serta pegunungan yang berada di pinggirnya.

Pantai Dunu Gorontalo

Objek Wisata Pantai Dunu

Pantai Dunu merupakan sebuah objek wisata bahari yang terletak di Gorontalo Utara. Nama pantai ini diambil dari nama desa tersebut yaitu Desa Dunu.

Ketika akan mengunjungi pantai ini maka dapat ditemukan dengan mudah dan pasti nya menjadi mudah diingat oleh masyarakat maupun wisatawan.

Sejak tahun 2011 pantai ini sudah menjadi wisata unggulan di Gorontalo Utara. Oleh sebab itu, pantai ini ramai dikunjungi saat akhir pekan atau libur panjang.

Harga Tiket Masuk Pantai Dunu

Meskipun pantai ini menjadi sebuah objek wisata unggulan bahari, namun karena masih kurangnya pengelolaan dan kurang penjagaan yang baik.

Jadi jika Anda akan memasuki kawasan ini tidak akan ditarik retribusi atau harga tiket masuk. Sehingga Anda dapat dengan bebas memasukinya tanpa biaya dengan gratis.

Karena tidak ada penarikan biaya tiket masuk, mengingat pantai ini juga kurang pengelolaan, maka sebaiknya jika berkunjung dan berada di pantai ini tetap menjaga kebersihan dan keindahan pantai ya!

Hal ini penting sekali agar pantai ini tetap nyaman dan bersih saat dikunjungi oleh wisatawan lain.

Rute Menuju Lokasi Pantai Dunu

Pantai Dunu

Alamat Pantai Dunu ini tepatnya berada di Desa Desa Dunu ,Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo.

Lokasi pantai ini berjarak sekitar 90 kilometer dari pusat kota dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih  2 jam 22 menit. Agar bisa sampai di lokasi pantai ini, Anda dapat menggunakan transportasi darat berupa  kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jalan yang Anda tempuh pun dalam kondisi baik dan sudah beraspal. Akses yang bisa Anda lalu dari pusat Kota Gorontalo yaitu dapat mengikuti rute yang ditunjukkan oleh google maps.

Akses yang akan Anda lalui yaitu dari jalan Prof. Dr. H.B. Jassin menuju jalan Ahmad A. Wahab, dipersimpangan maka arahkan saja ke jalan Kyai Hj. Saleh Kadir. Kemudian belok ke jalan Reformas dan masuk ke jalan Trans Sulawesi.

Terus ikuti saja jalan tersebut hingga ke Tugu Ketupat Yosonegoro belok ke kiri.

Setelah mengikuti jalan Trans Sulawesi, arahkan menuju jalan Buol-Gorontalo, ikutilah jalan tersebut sekitar 44 kilometer. Kemudian belok kanan dengan berjalan 30 meter dan sampailah di lokasi objek wisata Pantai Dunu. 

Objek Wisata Pantai Dunu

Berbeda dengan Pantai  Olele yang terkenal dengan olahraga air berupa diving atau snorkeling. Di Pantai Dunu ini, Anda bisa melakukan kegiatan:

1. Bermain Pasir Putih

Pantai Dunu

Ciri khas dari Pantai Dunu salah satunya dengan mempunyai garis pantai yang panjang. Garis pantai ini terdiri dengan hamparan pasir yang berwarna putih dan lembut.

Adanya pasir tersebut, menjadikan pantai dapat dipergunakan dengan melakukan berbagai aktivitas ketika berlibur. Anda bisa menggunakannya untuk bermain pasir dengan mendirikan istana pasir, bermain voli pasir, bahkan juga bermain bola.

Namun, jika akan melakukan permainan yang menggunakan bola, sebaiknya Anda membawa perlengkapan sendiri ya. Dikarenakan, kawasan pantai ini tidak menyediakan penyewaan alat bermain dan juga tidak ditemui penjual peralatan bermain.

Dengan membawa peralatan yang bisa dipergunakan bermain, maka Anda bisa dengan leluasa menggunakannya bersama teman-teman atau keluarga Anda jika sedang berlibur di pantai ini.

Hal ini menjadi sebuah aktivitas untuk mengisi kegiatan berlibur Anda di Pantai Dunu terasa lebih asik dan menyenangkan. 

2. Berenang

Wisata Pantai Dunu

Mengunjungi sebuah pantai maka rasanya kurang lengkap jika belum merasakan dingin-nya dan asinnya air laut. Untuk dapat merasakan hal tersebut, Anda bisa dengan bermain air dan berenang di Pantai Dunu.

Meskipun memiliki ombak yang tidak terlalu besar dan lautan yang cukup dangkal, namun sebaiknya Anda tetap harus berhati-hati ya! jika bermain air dan berenang janganlah ke tempat yang terlalu tengah, Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kondisi dan situasi alam saat akan berenang. Kami tidak merekomendasikan jika bermain air atau berenang pada saat cuaca mendung apalagi hujan. Dikarenakan pada saat cuaca tersebut, terkadang air laut Pantai Dunu akan pasang.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda berkunjung tidak pada saat musim hujan. Namun, apabila berkunjung pada saat musim kemarau disarankan agar tidak lupa memakai sunblock pelindung kulit. Mengingat pantai ini cukup panas dan terik di siang hari meskipun berada diantara pegunungan.

3. Memancing

Memancing Di Pantai Dunu

Jika Anda memiliki hobi memancing, tak ada salahnya kan untuk mencoba perairan Dunu ini. Oleh karena itu, jika berkunjung di pantai ini jangan lupa juga mempersiapkan peralatan memancing Anda.

Dengan demikian, Anda bisa menghabiskan waktu berlibur dengan kegiatan memancing yang tentunya menjadi pengalaman baru saat berada di Pantai Dunu ini.

Disela-sela menunggu hasil ikan yang menghampiri kail pancing, Anda juga bisa menikmati keindahan alam sekitar dengan adanya pegunungan dan juga hembusan angin laut.

4. Panorama Sunset

Rute Menuju Pantai Dunu

Tak hanya memiliki keindahan alam dan aktivitas yang berhubungan dengan pasir dan air laut-nya saja. Di Pantai Dunu ini, Anda dapat menyaksikan pemandangan lain yaitu panorama sunset.

Untuk bisa melihat panorama sunset, maka Anda harus menunggu hingga sore hari atau bisa juga mendatangi pantai ini ketika hari mulai sore.

Pastinya pada saat cuaca cerah ya. Karena pada waktu tersebut, Anda akan disuguhkan pemandangan berupa tenggelam-nya matahari.

Fasilitas Pantai Dunu

Sayangnya, objek wisata ini belum dikelola dengan baik dan bahkan masih sangat minim ditemukan fasilitas untuk wisata.

Oleh karena itu ketika berada di Pantai Dunu, Anda  akan disajikan dengan pemandangan saja, belum terdapat fasilitas pendukung bagi wisatawan.

Dikarenakan belum adanya fasilitas umum yang dapat dipergunakan oleh para wisatawan yang berkunjung di Pantai Dunu. Tetapi, Anda bisa menggunakan toilet di rumah warga yang memang sengaja dibuat untuk memudahkan para wisatawan yang akan mandi atau bilas.

Dengan demikian, maka jika Anda akan mengunjungi objek wisata Pantai Dunu, sebaiknya  persiapkan terlebih dahulu perbekalan ketika  berlibur yang cukup lengkap ya.

Mengingat pantai ini masih sangat minim fasilitas, selain itu jangan lupa juga ketika sebelum berangkat perjalanan untuk mengisi perut dan membawa bekal makanan ya, agar Anda bisa menikmati berlibur dengan melakukan aktivitas menarik di Pantai Dunu.

Jika Anda sedang di Gorontalo, jangan lupa untuk mengunjungi pantai Duni ini ya. Anda yang ingin mendapatkan suasana yang berbeda selain pantai ini, Anda juga bisa mengunjungi Pantai Botutonuo.

Begitulah informasi terkait dengan wisata Pantai Dunu yang memang memiliki keindahan serta ketenangan suasana yang cocok digunakan untuk menyegarkan pikiran Anda beserta keluarga atau teman-teman.

11 Ulasan untuk Pantai Dunu, Gorontalo Utara, Gorontalo

  1. I like pantai dunu. Tenang dan nyaman..,. Jauh dari kebisingan

  2. Pantai Dunu merupakan Objek Wisata yg terletak di Daerah Kabupaten Gorontalo, Pantai ini belum diolah secara maksimal oleh Dinas Pariwisata GORUT kendati pengunjungnya setiap minggu kian naik sangat signifikan

  3. Mantap pantai dunu

  4. Perlu penataan tempat, pantainya mantap tapi lokasi perlu di kelola lebih baik lagi

  5. Nice beach clean and white sand beach

  6. Pantai yg indah dan tenang.. Butuh perhatian pemerintah utk mengelola dan menjadikannya destinasi wisata di prov. Gorontalo.

  7. Pantai yg indah dan tenang.
    Butuh perhatian pemerintah utk mengelola dan menjadikannya destinasi wisata di prov. Gorontalo.

  8. 😊😊😊

  9. Masih sepi tapi mantap

  10. Waktu yg kurang tepat utk dtg kesini, krn dtg nya pas musim penghujan dan ombak nya terlalu menakutkan

  11. Kejauhan… Akses menuju pantainya cukup tertutup… Untuk luas areanya sendiri terlalu kecil jika dibandingkan pantai2 berpasir wisata lainnya. Kurang rekomen apalagi klo cuaca hujan.

Tinggalkan Balasan