Pantai Hukurila

Alamat: Banda Sea, Kota Ambon, Maluku, Indonesia

(4.6/5) Baca ulasan

Pantai merupakan salah satu destinasi wisata yang tidak pernah membosankan meskipun anda berkali kali mengunjunginya. Apabila anda berkunjung ke Pulau Ambon, sempatkan untuk berkunjung ke salah satu pantai disana. Ambon merupakan pulau yang dikelilingi oleh Laut Banda. Dengan posisi geografis tersebut, pulau ini memiliki banyak pantai sangat mengagumkan.

Pantai Hukurila merupakan salah satu pantai yang membatasi Pulau Ambon dengan Laut Banda. Pantai ini membentang menghadap ke arah Timur dengan pasir yang berwarna coklat dengan batu batu yang menghiasi bibir pantai, terdapat endapan pasir hitam yang diduga merupakan hasil dari aktivitas vulkanisme daerah setempat. Pantai ini memiliki beberapa objek yang menarik di bawah laut dengan perpaduan kehidupan laut serta batu batuan yang terbentuk di laut tersebut.

Harga Tiket Masuk di Pantai Hukurila

Biaya retribusi yang harus anda bayarkan tidak seberapa dibandingkan keindahan yang akan anda dapatkan di bawah laut Pantai Hukurila. Pesona alamnya dapat anda nikmati dengan melakukan diving atau snorkeling dengan biaya Rp 15.000 –  Rp 25.000, dengan harga tersebut anda akan mendapatkan pelatihan singkat diving di laut belum termasuk alat alat menyelamnya. Alat penyelam dapat anda dapatkan dengan menyewa pada pengelola pantai.

Rute Menuju Lokasi Pantai Hukurila

Pantai Hukurila dapat anda temukan di Kecamatan Leitimur. Anda dapat mengakses jalan menuju pantai dengan menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Jarak 15 km dari pusat kota sampai ke pantai hanya diperlukan biaya Rp 5.000 menggunakan angkutan umum dari Terminal Mardika. Anda juga dapat mengakses jalan melalui Batu Meja yang berjarak 12 km dari Dusun Hukurila. Jalan lain yang dapat ditempuh melalui Batu Gong yang berjarak 18 km ke Dusun Hukurila.

Obyek Wisata di Pantai Hukurila

1. Landscape Terumbu Karang

Saat tiba di pantai, anda dapat langsung menikmati debaran ombak dari Laut Banda yang menghantam batu-batu terumbu. Pantai Hukurila tersusun oleh batu karang yang membentang di pinggir pantai, pasir yang berwarna coklat bercampur dengan bongkah-bongkah membundar menghempas mengisi bibir pantai. Apabila anda berjalan sedikit lebih jauh ke arah laut, anda akan menemukan batu karang dengan ikan-ikan kecil.

2. Goa Bawah Laut

Salah satu hal menarik yang ada di Pantai Hukurila adalah pesona goa bawah laut yang terbentuk oleh batu karang, di dalam goa tersebut dapat dinikmati keindahan ekosistem terumbu dengan ikan kecil berwarna warni. Untuk dapat mencapai goa tersebut, anda harus menaiki speedboat atau perahu nelayan kemudian anda harus menyelam kedalam.

Goa sedalam 20 meter di bawah muka ini memiliki beberapa pintu masuk salah satunya berupa celah kecil dengan lebar 3 meter sehingga tampak menyeramkan dari luar, namun setelah anda memasuki goa tersebut anda akan langsung disambut oleh terumbu yang indah.

3. Diving dan Snorkeling

Goa bawah laut yang indah menjadi objek yang harus anda temukan saat anda berkunjung, untuk mengakses jalan menuju goa, anda dapat menyewa pelatih untuk diving dan snorkeling sehingga anda paham dengan cara diving saat menuju ke goa bawah laut.

4. Speed Boat Mengelilingi Pulau

Selain digunakan untuk mengantar wisatawan mengakses jalan ke goa bawah laut, anda juga dapat meminta pengelola pantai untuk membawa anda menyusuri pulau menggunakan speedboat. Anda dapat melihat pesona alam di sekitar pantai yang berbeda dengan pantai yang lain.

5. Sunrise

Letak Pantai Hukurila yang menghadap ke Timur menjadi salah satu keuntungan bagi Anda yang menyukai pemandangan terbitnya matahari. Anda dapat melakukan beach camp atau dapat meyewa vila di sekitar pantai untuk menunggu datangnya sang matahari. Setelah matahari muncul, anda dapat berjemur untuk mendapatkan asupan vitamin D.

6. Fotografi

Semakin canggihnya teknologi telah mempermudah kita untuk memenuhi hasrat untuk mengekspos pesona alam bawah laut. Anda dapat melakukan pemotretan di bawah laut untuk menunjukkan ekosistem yang ada dalam goa. Selain itu keindahan diatas permukaan berupa batukarang dengan debaran ombak juga dapat menjadi view menarik untuk diabadikan.

Banyak orang memanfaatkan tempat-tempat ini untuk pemotretan prewedding atau endorse suatu produk.

7. Kuliner

Wisata yang selalu dicari ciri khas dari suatu daerah adalah wisata kuliner. Anda dapat mencari makanan khas Pulau Ambon di sekitar Pantai Hukurila. Banyak ikan bakar, ikan asap, ikan kuning dan papeda, serta kopi khas ambon yaitu kopi sibu sibu dan kopi rarobang. Kopi rarobang merupakan kopi dengan campuran jahe yang nikmat disantap dengan pulut siram, koyabu dan embal kacang.

Pantai Hukurila merupakan salah satu destinasi wisata yang harus anda kunjungi ketika berada di Pulau Ambon. Selain pesona pantai berupa goa bawah laut, makanan khasnya juga tidak akan mengecewakan. Saat berkunjung ke pantai, anda harus memperhatikan keselamatan karena batuan di pantai adalah batu gamping maka pada waktu musim hujan akan menjadi sangat licin dan dapat membuat anda tergeincir saat melintas.

7 Ulasan dari Pengunjung Pantai Hukurila

  1. Sebenernya pantainya biasa aja sih… tp ada satu tempat pas perjalanan kesana bagus pemandangan nya

    16 Februari 2018, 22:55 WIB

  2. Pantainya bagus, walaupun susah dapet ketersediaan air untuk bilas. Tapi untuk snorkeling cukup menyenangkan. Byk karang di bagian tanjung nya. Ada slope bagus buat foto2 snorkeling terkesan laut dalam. Dan kalau untuk diving, superrrrrrr awesomeee!!!#

    17 Maret 2018, 06:08 WIB

  3. Bagus, sangat indah dan bersih, masih jauh dari kata ramai sehingga masih alami.

    14 April 2018, 21:11 WIB

  4. Jangan dikunjungi antara bulan Juni – Agustus karena musim ombak

    1 Mei 2018, 06:10 WIB

  5. Salah satu pantai terbaik, Di Ambon, pasir hitam dengan ombak yang cukup dalam

    23 Mei 2018, 01:09 WIB

  6. Jauh dari Ambon, mekewaty hutan dengan jalur jalan yg terjal dan berliku, namun terbayar dengan view yg indah

    7 September 2018, 04:08 WIB

  7. Pantai hukurila sangat indah, datang dan nikmati

    17 September 2018, 15:36 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Hukurila

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *