Pantai Kalaki

Pantai Kalaki

Desa Panda, Kecamatan Palibelo, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat 84173, Indonesia.

11 Ulasan

Kondisi geografis kota Bima Nusa Tenggara Barat memang terletak di pinggir Teluk Bima. Oleh sebab itu, kondisi ini yang memang menyebabkan adanya pemandangan alam yang luar biasa indah.

Pemandangan tersebut menjadi favorit bagi warga Bima dan lainnya yang berupa wisata pantai. Nah bagi Anda yang sedang mencari objek wisata pantai di Bima, mungkin adanya ulasan berikut ini dapat membantu menambah informasi tujuan wisata Anda.

Dikarenakan, kami akan memberikan informasi mengenai Pantai Kalaki yang terletak di DesaPanda, Kecamatan Palibelo, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat. Apa saja sih yang dimiliki pantai ini? Mari simak ulasannya di bawah ini.

Sejarah Pantai Kalaki

Pantai Kalaki Bima

Pantai Kalaki merupakan pantai yang memiliki pasir berwarna coklat dan memiliki dasar laut yang sangat landai. Pantai ini terletak di ujung Teluk Bima.

Di sisi pantai ini, tepatnya di bibir pantai yang tidak jauh dari jalan utama lintas kabupaten,  masyarakat sekitar memanfaatkan pantai sebagai tempat untuk budidaya ikan dengan keramba.

Masyarakat setempat biasa menyebut ikan yang dipelihara mereka dalam keramba ini dengan sebutan uta karamba atau bisa diartikan dengan ikan keramba. Masyarakat berharap ikan yang mereka budidaya ini dapat menjadi tambahan bagi perekonomian penduduk sekitar pantai.

Selain itu, Pantai Kalaki juga memiliki potensi sumber daya alam yang begitu alami dan sudah mengalami pembangunan oleh pemerintah sekitar untuk dibentuk suatu objek wisata.

Adanya pembangunan ini diharapkan dapat menjadi suatu objek wisata pantai yang menjadi destinasi wisata yang cukup laris dikunjungi oleh wisatawan. Pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah setempat tersebut meliputi beberapa fasilitas umum untuk mendukung kemajuan pariwisata.

Harga Tiket Masuk Pantai Kalaki

Ternyata tidak semua objek wisata yang menyenangkan itu mahal. Meskipun sudah memiliki pengelolaan yang cukup baik, bukan tidak mungkin jika suatu wisata bisa dimasuki dengan cuma-cuma atau gratis.

Salah satunya yaitu Pantai Kalaki. Anda bisa mengunjungi kawasan wisata ini secara cuma-cuma alias gratis. Meskipun demikian, bukan berarti juga wisatawan dapat berkunjung dengan semena-mena dan tidak menaati peraturan objek wisata ya. 

Rute Menuju Pantai Kalaki

Pantai Kalaki Bima Ntb

Pantai Kalaki berada di jalan raya lintas utama, yang khusus dilewati kendaraan dari Pelabuhan Poto Tano menuju Kabupaten Dompu, hingga ke Bima. Tepatnya ke arah selatan dari pusat kota Bima.

Untuk menuju ke Pantai Kalaki, kami merekomendasikan agar Anda menggunakan transportasi pribadi seperti motor atau mobil karena dengan begitu, liburan Anda lebih terasa nyaman dan cukup leluasa.

Kalaupun jika tidak ada, Anda bisa menyewa tukang ojek yang siap mengantar liburan Anda atau bisa juga menyewa mikrolet.

Waktu yang dibutuhkan untuk menuju objek wisata Pantai Kalaki bila menggunakan kendaraan pribadi yang ditempuh dari Kota Bima yaitu sekitar 20 menit. Aksesnya pun cukup mudah dikarenakan kondisi jalan yang sangat baik.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps sebagai penunjuk jalan dengan pemilihan rute tercepat ke Pantai Kalaki.

Obyek Wisata Pantai Kalaki

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Pantai ini menurut para wisatawan yang pernah berkunjung yaitu sekitar siang sampai sore hari karena pada pagi hari, airnya laut Pantai Kalaki akan surut. Meskipun demikian pantai ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan, dengan adanya :

1. Pemandangan Pantai yang Mempesona

Wisata Pantai Kalaki

Pemandangan yang dimiliki Pantai Kalaki ini begitu indah. Ketika sesampainya di sana, saat cuaca cerah, Anda bisa melihat pegunungan yang berjajar di sisi selatan hingga sisi timur pantai. Sedangkan di sisi barat terdapat pegunungan Donggo yang terlihat tinggi menjulang.

Pegunungan-pegunungan ini ditumbuhi dengan hijaunya rerumputan khas daerah sabana. Selain pegunungan tersebut, kita juga bisa melihat pandangan lain berupa pulau, pulau itu bernama kambing yang berada di tengah-tengah Teluk Bima.

2. Bermain Air dan Berenang

Ketika hari mulai siang dan air laut mulai menuju ke permukaan, Anda bisa melakukan aktivitas berenang maupun sekedar bermain air. Namun bagi yang ingin berenang tetapi belum mahir berenang, Anda juga bisa menyewa pelampung yang disediakan di kawasan pantai ini.

Selain itu, di Pantai Kalaki ini terdapat juga kolam renang yang disediakan bagi wisatawan. Adanya kolam renang ini lebih aman untuk berenang anak-anak agar terhindar dari kemungkinan bahaya dari ombak laut.

3. Taman Wisata

Wisata Pantai Kalaki Bima

Untuk menambah daya tarik pariwisata di Pantai Kalaki, pemerintah setempat beserta pengelola juga membangun sebuah Taman Wisata. Taman wisata ini dikelilingi pepohonan rindang dan dilengkapi dengan beberapa sarana prasarana dan terdapat juga beberapa contoh rumah adat.

Hingga saat ini, berbagai acara dan budaya Kabupaten Bima sering digelar di taman wisata ini, seperti Festival Teluk Bima, dan pertunjukan budaya lainnya. Selain itu, di taman ini juga bisa dijadikan sebagai teman bersantai atau bermain bersama anak-anak.

4. Sunset

Sunset Di Pantai Kalaki

Ketika sore hari, daya tarik wisata ini pun tetap memikat hati para wisatawan, yaitu dengan hadirnya sunset yang begitu menawan. Anda dapat melihat panorama alam yang begitu natural dengan awan yang berubah warna dan mentari yang tenggelam.

Hal ini menjadi salah satu spot yang paling ditunggu oleh masyarakat sekitar dan wisatawan yang berkunjung hingga sore hari. Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen ini dengan menggunakan jepretan lensa kamera ya. Pasti hasilnya akan begitu menakjubkan.

5. Naik Perahu

Selama berada di pantai ini, Anda dapat naik perahu yang disewakan oleh para nelayan. Anda dapat mengelilingi pantai ramai-ramai bersama keluarga.

Anda dapat naik perahu menuju ke pulau yang dekat dengan pantai Kalaki ini. Liburan Anda kan tambah menyenangkan.

Fasilitas Pantai Kalaki 2

Fasilitas di Pantai Kalaki

Mengingat Pantai Kalaki merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang cukup laris dikunjungi oleh turis lokal. Pengelola pun sudah membangun beberapa fasilitas pendukung bagi pengunjung. Nah fasilitas yang sudah tersedia di Pantai Kalaki adalah :

1. Area Parkir

Tempat parkir yang cukup luas sudah tersedia di pantai ini, dengan begitu, Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda. Di area ini juga dijaga oleh petugas parkir.

Jadi, Anda tak perlu ragu dalam hal keamanan kendaraan Anda jika diparkirkan di tempat ini. Oleh karena itu, jangan lupa juga ya untuk memberikan imbalan jasa parkir kepada petugas parkir, dengan biaya berkisar Rp 2000 untuk motor dan Rp 5000 untuk mobil.

2. Gazebo

Bagi Anda yang mengunjungi Pantai Kalaki untuk berlibur bersama keluarga maupun teman-teman, pun tak perlu ragu mencari tempat untuk berkumpul. Dikarenakan Pantai Kalaki sudah dilengkapi dengan berdirinya beberapa gazebo bagi wisatawan.

Gazebo ini bergubuk di pinggir pantai. Dengan begitu, Anda bisa bersantai ataupun sekedar bercerita bersama keluarga atau teman untuk menghabiskan waktu berlibur Anda. Pastinya dengan menikmati hembusan angin laut dan pemandangan yang indah.

3. Kamar Mandi dan Toilet

Selain objek wisata pantai yang menjadi daya tarik wisata ini, Pantai Kalaki juga menjadi suatu tempat terselenggaranya beberapa acara dan event yang sudah pernah digelar. Oleh karena itu, Pantai Kalaki juga sudah dilengkapi dengan fasilitas berupa toilet.

Toilet ini bisa dipergunakan oleh wisatawan maupun pengunjung event tersebut. Untuk kondisi toiletnya pun cukup baik dan tersedia juga air tawar yang cukup bersih.

4. Warung Makan

Tersedia beberapa ruko untuk penjaja makanan-minuman. Penjual makanan ini merupakan penduduk setempat, sehingga manfaat lain yang diberikan Pantai Kalaki adalah membangun ekonomi masyarakat sekitar.

5. Musholla

Bagi wisatawan yang beragama muslim pun tak perlu ragu untuk mengunjungi Pantai Kalaki ini. Sebab, di pantai ini sudah dibangun juga fasilitas berupa mushola yang bisa digunakan untuk beribadah.

6. Pos Penjaga

Pemerintah setempat juga telah memberikan kenyamanan berwisata dengan adanya proteksi tingkat keamanan objek wisata Pantai Kalaki yang cukup tinggi. Oleh karena itu, ketika Anda berada di wilayah pantai terdapat pos penjagaan.

Pos ini merupakan induk bagi anggota SAR bagi para wisatawan, apalagi jika pantai ini sedang ramai.  Anggota SAR tersebut selalu siap siaga membantu para pengunjung bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi Pantai Kalaki ini, kami menyarankan agar sebaiknya siapkan dulu beberapa perbekalan dan perlengkapan liburan dari rumah ya seperti baju ganti dan obat-obatan lain.

Selain itu, menurut kami, waktu yang tepat untuk berkunjung ke Pantai Kalaki yaitu pada siang hingga sore hari, mengingat pada pagi hari, air lautnya akan surut.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Kalaki yang berada di Bima, Nusa Tenggara Barat. Jika Anda akan mengunjungi Pantai Kalaki ini, jangan lupa pula untuk berkunjung ke pantai sekitarnya.

Pantai itu seperti Pantai Buntu, Pantai So Ati, Pantai Lawata, Pantai Kolo dan beberapa pantai di wilayah Desa Kolo lainnya, tentunya dengan tetap menjaga kebersihan dan keindahan pantai ya!

11 Ulasan untuk Pantai Kalaki, Bima, Nusa Tenggara Barat

  1. Pantai yg tenang,utk temani pagi ini.. dgn ombak yg tak terlalu besar.. lebih cocok bila ditemani secangkir kopi,utk mengusir hawa dingin… Hanya sayangnya,sampah2 terlihat berserakan di tepian pantai..

  2. Gampang trjangkau tersedia taman yg sejuk tanpa polusi

  3. Tempat yg pas untuk jalan sore! 😚

  4. tempat strategis di pinggira jalan lintas Bima. sayang kurang bersih dan fasilitas umum seperti kamar mandi dan toilet tidak ada

  5. Salah satu objek wisata yang cukup populer di bima, dan dan menjadi pilihan utama bagi keluarga untuk menghabiskan libur akhir pekan. Hanya saja, seperti beberapa pantai di bima, pinggiran pantai yang kotor membuat pemandangan agak tak sedap.

  6. Fasilitas dan kebersihan yg masih harus dibenahi dan diperhatikan

  7. Paling enak menikmati es kelapa muda susu sambil menikmati ombak pantai. Murah cuman 10 ribu aja. Sayang pantainya agak kotor. Banyak sampah

  8. Sore² enaknya santaii di pantai kalaki 😍. #thisismyteam. #ASTRAMOTORBIMA

  9. Pantainya cantik, cocok buat berkumpul bersama keluarga. Bagus juga buat melihat matahari terbenam. Tapi sayang disini sampahnya banyak, Untuk pengunjung mohon kesadarannya untuk membuang atau mengumpulkan sampah pada tempatnya. Sayang jika tempat yang seindah ini dibima dipenuhi dan dikotori dengan banyaknya sampah πŸ™

  10. Sebenarnya untuk wisata bagus sekali, sayangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan sangat kurang. Sampah berserahkan disepanjang bibir pantai

  11. Pantainya bagus sih buat kumpul dengan keluarga. Tapi kecewa dengan kesadaran masyarakatnya yang masih kurang tentang kebersihan lingkungan

Tinggalkan Balasan