Pantai Kolo

Pantai Kolo

Desa Kolo, Kecamatan Asakota, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat 84119, Indonesia.

12 Ulasan

Keragaman budaya dan keindahan alam Kota Bima memang harus diberi acungan jempol, dikarenakan ternyata wilayah ini memiliki alam dan juga objek wisata yang menarik para wisatawan untuk berkunjung lagi.

Ya, Kota Bima ternyata menyembunyikan permata yang begitu indah. Yaitu objek wisata pantai. Pantai mana saja yang Anda ketahui di kota Bima?

Salah satu pantai yang kami rekomendasi-kan dari Bima yaitu Pantai Kolo. Bagi Anda yang masih bingung dan mencari objek wisata untuk mengisi akhir pekan, Anda bisa menyimak ulasan berikut untuk mengetahui apa saja keindahan yang ditawarkan objek wisata ini.

Sejarah Pantai Kolo

Pantai Kolo Bima

Salah satu objek wisata pantai yang berada di dalam wilayah kota adalah Pantai Kolo. Tahukah Anda kenapa dinamakan Pantai Kolo?

Yap terjawab, kenapa pantai ini dinamakan dengan Pantai Kolo yaitu karena memang terletak berada di Kelurahan Kolo, Kecamatan Asakota, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat. oleh karena itu, masyarakat  terbiasa menyebutnya dengan Pantai Kolo.

Dahulu, Pantai ini masih berbentuk hutan yang sunyi. Untuk jalan akses masih berupa jalan tanah dengan banyak gundukan dan lubang. Namun seiring berjalannya waktu, pantai ini mulai di lirik oleh masyarakat dan dijadikan sebagai tempat wisata.

Dikarenakan, pantai ini dinilai memiliki eksotisme laut yang bagus, dan masih dalam kategori pantai yang baru ditemukan dibanding pantai di Bima lainnya. Hal inilah yang membuat para wisatawan penasaran dengan keindahannya, terutama pada saat akhir pekan dan libur panjang.

Harga Tiket Masuk Pantai Kolo

Pantai Kolo merupakan salah satu objek wisata Kota Bima yang bisa dikunjungi tanpa menggunakan harga tiket masuk atau bisa dikatakan dengan objek wisata gratis.

Anda juga bisa menikmati pantai ini bebas kapanpun, karena pantai ini dibuka setiap harinya.

Rute Menuju Pantai Kolo

Wisata Pantai Kolo

Pantai Kolo ini berlokasi dengan jarak 12 kilometer jika dari pusat kota Bima ini. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja untuk sampai di lokasi objek wisata Pantai Kolo.

Untuk akses-nya pun sudah cukup mudah, namun memang melewati beberapa tanjakan dan belokan. Walau mudah, ketika melakukan perjalanan ini diharapkan Anda tetap hati-hati dan waspada.

Dengan menempuh perjalanan menggunakan aplikasi google maps untuk menuju lokasi, Anda sudah dapat menikmati suasana pantai bahkan deburan ombak Pantai Kolo.

Obyek Wisata Pantai Kolo

Pantai Kolo merupakan pantai dengan pasir yang dipenuhi dengan kerikil atau batuan kecil, meskipun demikian daya tarik dari objek wisata Pantai Kolo yaitu :

1. Suasana yang Asri

Pantai Kolo Bima Ntb

Ketika sesampainya di kawasan Pantai, Anda akan disambut dengan pohon-pohon kelapa yang tumbuh tinggi. Hal inilah yang menghadirkan suasana pantai yang asri.

Selain menjadikan tempat terasa asri dan nyaman, pohon kelapa ini juga bisa menjadi spot foto yang menarik bagi wisatawan lho.

2. Bermain Air

Wisata Pantai Kolo Bima

Jika Anda berjalan di atas batuan atau kerikil pantai, maka Anda bisa memandang air laut yang begitu jernih dan bersih. Ombak Pantai Kolo pun tidaklah besar.

Oleh karena itu, dengan karakteristik tersebut, Pantai Kolo bisa dijadikan sebagai tempat bermain air bagi para wisatawan yang datang. Anda bisa sekedar berendam menikmati air laut Pantai Kolo atau juga bisa berenang. 

Namun kami menyarankan agar Anda tetap berhati-hati ya meskipun ombak pantai ini cukup landai, supaya tidak terjadi hal-hal yang kita inginkan.

3. Snorkeling

Snorkeling Di Pantai Kolo

Untuk menarik destinasi wisata di objek Pantai Kolo, pengelola bekerjasama dengan pemerintah setempat dan dinas terkait untuk menambah daya tarik dari pantai ini. Salah satunya yaitu dengan membuka wahana snorkeling bagi wisatawan.

Hal ini dilakukan tidak hanya sekedar mengenalkan wisata daerah yang tersembunyi saja namun juga menambah pemanfaatan sumber daya manusia dengan dibukanya wisata snorkeling yang nantinya akan bisa meningkatkan perekonomian warga setempat.

Untuk wisata snorkeling, wisatawan bisa menghubungi bagian informasi yang ada di Pantai Kolo ini. Meskipun sudah bekerjasama dengan pihak terkait namun karena keterbatasan alat, wisata snorkeling masih dibatasi.

Yang menarik dari adanya kegiatan ini yaitu titik spot snorkeling hanya berjarak kurang lebih 100 meter saja dari bibir pantai. Selain itu, pengelola juga membuka wisata edukasi bagi pelajar maupun mahasiswa yang ingin mempelajari dan mengetahui tentang jenis coral dan ikan karang yang ada di spot ini.

Tak perlu ragu, karena wisata edukasi ini akan didampingi secara langsung oleh pengurus yang sesuai yaitu dari sarjana kelautan dan sarjana perikanan.

4. Sunset

Sunset Di Pantai Kolo

Daya tarik lain yang selalu dinanti oleh wisatawan di pantai ini yaitu saat sore hari. Dikarenakan pemandangan pantai saat hari mulai petang pun tetap menakjubkan.

Anda bisa menikmati dan menjadi saksi sekolah mentari masuk dan tenggelam kedalam lautan. Ditambah lagi diikuti dengan pancaran perubahan sinar yang berwarna oranye yang tampak begitu indah.

5. Spot Foto

Objek Wisata Pantai Kolo 2

Pantai Kolo pun kini semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh wisatawan. Selain karena pemandangan bahari-nya yang memang eksotis, juga karena sudah adanya beberapa spot foto yang didirikan.

Dengan adanya spot foto ini menjadikan sarana atau tempat favorit para wisatawan untuk mengabadikan momen ketika berlibur di Pantai Kolo. Setelah mengabadikan dalam lensa kamera mereka biasanya mengupload-nya ke media sosial.

Nah, karena itulah maka Pantai Kolo semakin dikenal dan diketahui oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Jadi, dengan adanya spot foto tersebut dapat menambah promosi objek wisata pantai.

6. Memancing

Bagi Anda yang memiliki hobi memancing sebaiknya juga membawa alat pancing ya ketika berlibur di Pantai Kolo. Karena Anda pun bisa memancing di kawasan pantai ini.

Biasanya, mereka memancing di sekitar dermaga pantai ini. Karena dermaga ini mengarah menjorok ke laut.

Fasilitas di Pantai Kolo

Untuk mendukung objek wisata Pantai Kolo, pengelola juga sudah membangun fasilitas pendukung seperti :

1. Tempat Penyewaan Alat

Bagi Anda yang ingin berenang namun tidak membawa pelampung atau ban, Anda bisa menyewa berbagai ban dengan bentuk yang beragam di tempat penyewaan alat yang tersedia di bagian informasi Pantai Kolo.

Tempat penyewaan alat ini juga dipergunakan bagi wisatawan yang akan menggunakan alat snorkeling untuk menyelam ke dasar laut melihat keindahan terumbu karang Pantai Kolo.

2. Gazebo

Gazebo-gazebo yang terbuat dari kayu berdiri di bibir pantai yang disediakan pengelola untuk para wisatawan. Anda dapat menggunakan gazebo ini untuk melihat pemandangan ataupun bisa juga untuk malas-malasan sambil menikmati camilan. 

3. Warung

Nah bagi Anda yang lupa membawa cemilan dan merasakan perut keroncongan tak perlu bingung dikarenakan pantai ini juga terdapat warung makan yang menjual makanan dan minuman.

Menu yang menjadi andalan yaitu Ikan bakar dengan sambal khas Bima yang begitu mantap. Untuk minumannya, Anda bisa memesan kelapa muda yang begitu menyegarkan.

4. Kamar Mandi dan Toilet

Jika Anda bermain air dengan berbasah-basahan atau malah melakukan aktivitas snorkeling menyebabkan Anda harus bilas atau mandi. Itupun tak perlu khawatir, karena di pantai ini sudah ada toilet yang bisa Anda pergunakan dan bisa juga sebagai tempat bilas atau mandi.

Jika Anda sedang berada di kota Bima, jangan lupa juga untuk mengunjungi objek wisata pantai yang berada di sekitar Pantai Kolo seperti Pantai Lariti, Pantai Bonto dan Pantai So Ati.

Demikian gambaran dan ulasan mengenai wisata Pantai Kolo yang berada di Bima, Nusa Tenggara Barat.

Mengingat bibir pantai ini terdapat hamparan batuan dan terumbu karang, maka kami merekomendasikan Anda untuk memakai alas kaki. Hal ini agar jika Anda tidak terbiasa berjalan di atas batuan-batuan kecil tersebut tidak melukai kaki Anda.

12 Ulasan untuk Pantai Kolo, Bima, Nusa Tenggara Barat

  1. Sangat bagus buat liburan bersama keluarga makan bareng dan mandi di tepian laut, cuman pesisirnya harus di tata rapi dan di sediakan tong sampah

  2. Tempat yg nyaman,asri,tenang,cocok buat liburan bersama jeluarga n teman

  3. indah dan tenang

  4. Sayang pantainya indah tapi belum bisa dikelola dengan baik

  5. Buat santai santai sambil makan ikan bakar cihuy

  6. Lumayan untuk sekedar duduk malas. Ada ikan bakar juga yg bisa kita tebus kurang lebih 80.000 per kg. Berugak (tempat duduk) disewakan dg rata2 20.000. Tempat bilas setelah mandi laut belum dikelola dg baik.

  7. Tempat wisata pantai bersama keluarga dengan pemandangan laut dan bukit meski banyak yang gundul karena ditanami jagung

  8. Wisata gratis untuk rakyat Bima dengan pantai yang lumayan indah. Semoga yang berkunjung disini dapat menjaga kebersihan

  9. Tempat umum pantai untuk rekreasi keluarga, terdapat warung-warung penjual ikan dan ayam dengan pilihan disajikan oleh warung atau diolah sendiri oleh pembeli, bisnis yang unik. Kekurangan tidak tersedia parkir khusus dan kebersihan pantai kurang dijaga.

  10. Pantai sedikit berbatu. Sayangnya kebersihan di pantai ini kurang sekali untuk di perhatikan.

  11. Suatu ketika kami mampir disini. Bagus banget sunsetnya 😍

  12. Tempat rekreasi cocok tuk keluarga, ada baberpa penjual ikan bakar, jadi tidak perlu bawa bekal makanan

Tinggalkan Balasan