Pantai Wane

Pantai Wane

Desa Tolotangga, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat 84172, Indonesia.

15 Ulasan

Provinsi Nusa Tenggara Barat memang terkenal dengan keindahan alam yang luar biasa begitu indahnya. Salah satu objek wisata yang menakjubkan yaitu berada di Bima.

Jika Anda mencari objek wisata pantai dengan pemandangan yang tidak biasa, cobalah saja datang ke Pantai Wane yang berada di Bima. Di pantai ini, Anda akan menemukan banyak hal yang menjadi tempat favorit para wisatawan.

Anda tidak hanya akan menemukan hamparan pasir putih dan suara gemuruh ombak. Selain itu juga masih ada lagi daya tarik dari objek wisata Pantai Wane. Silahkan simak ulasan di bawah ini ya.

Sejarah Pantai Wane

Pantai Wane Bima

Pantai Wane berada di Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Dahulu, kawasan ini terkenal dengan sebutan zona merah begal. Aksi begal yang sering terjadi menjadikan sebutan itu melekat dan bahkan kejadian itu tidak mengenal waktu.

Seiring berjalannya waktu, saat ini justru wilayah tersebut menjadi kawasan yang aman terutama dari kejahatan. Hal ini dikarenakan adanya kesadaran masyarakat mengenai potensi alam berupa Pantai Wane, yang diprakarsai oleh Komunitas Sadar Wisata Pesona La Bibano.

komunitas tersebut mengkampanye-kan keamanan dan keindahan Pantai Wane. Meskipun demikian, komunitas tersebut tidak dipercaya dan bahkan mendapat cibiran oleh para wisatawan yang meragukan soal keamanan kawasan pantai.

Seiring berjalannya waktu, para pengunjung semakin penasaran dengan Pantai Wane dan mereka mulai membuktikan keindahan serta keamanan pantai.

Karena ternyata masyarakat sekitar sangat ramah. Lokasinya juga aman. Apalagi ditambah dengan pemandangan pantai yang menawan. Serta banyak lumba-lumba.

Harga Tiket Masuk Pantai Wane

Wisata Pantai Wane

Untuk memasuki kawasan Pantai Wane pun tidak ada harga tiket masuk. Anda bebas memasuki kawasan pantai.

Meskipun demikian, bila Anda parkir kendaraan, maka jangan lupa juga ya untuk memberi jasa parkir tukang parkir disana.

Selain itu, tetap menjaga kebersihan dan jangan membuang sampah sembarangan di kawasan pantai ya! Agar pantai ini tetap terjaga keindahan serta kebersihan-nya.

Rute Menuju Lokasi Pantai Wane

Untuk menuju objek wisata Pantai Wane, Anda akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan jika ditempuh dari pusat kota Bima.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi berupa Google Maps yang terdapat di ponsel yang Anda miliki untuk mencari rute akses jalan terbaik.

Meskipun membutuhkan waktu perjalanan yang lumayan, namun rasanya akan terbayar jika sesampainya di pantai. Dikarenakan pantai ini menyajikan pemandangan alam yang begitu luar biasa dan masih natural alami.

Obyek Wisata Pantai Wane

Pantai Wane memang memiliki potensi alam yang menyuguhkan pemandangan yang cukup mempesona, selain itu daya tarik dari objek wisata Pantai Wane antara lain: 

1. Bermain Pasir dan Air Laut

Fasilitas Pantai Wane

Pantai Wane memiliki hamparan pasir putih bersih dan halus yang terbentang luas. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan pasir pantai ini untuk sekedar berjemur, bermain-main atau bisa juga membuat istana pasir.

Selain itu, Pantai Wane juga memiliki air laut-nya yang jernih. Nah hal ini juga bisa untuk sekedar menikmati kesegaran airnya dengan berenang.

Namun perlu diingat, jika Anda belum terbiasa atau kurang terampil berenang, sebaiknya jangan bermain terlalu jauh ke dalam air. Berenang cukup di pinggir pantai saja, agar cukup di pinggir saja, hal ini menjaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

2. Menikmati Pemandangan Pantai

Objek Wisata Pantai Wane 2

Selain memiliki hamparan pasir putih yang indah dan bersih, di pantai Wane ini juga terdapat batu-batu karang yang menjulang di pinggir-pinggir pantai.

Kondisi ini membuat lebih menarik dan menjadi daya tarik tersendiri ketika berkunjung ke pantai ini. Suara deburan ombak yang menghantam karang akan membuat suasana semakin indah.

3. Surfing

Surfing Di Pantai Wane

Ketika semakin ke tengah, maka ombak di Pantai Wane ternyata terasa begitu deras dan kuat.

Hal ini terjadi karena pantai ini berada dan terhubung langsung dengan Samudera Hindia sehingga angin berhembus sedikit lebih kencang dan membawa ombak laut sedikit ke tengah.

Dengan demikian, bagi anda yang ingin memacu adrenalin di Pantai Wane, Anda bisa mencoba surfing menggunakan papan seluncur di pantai ini. Namun, tetap berhati-hati ya.

3. Atraksi Lumba-Lumba

Lumba Lumba Di Pantai Wane

Di pantai ini terdapat atraksi lumba-lumba yang lucu dan menarik para pengunjung, teruata ma anak-anak.

Karena memang salah satu daya tarik Pantai Wane ternyata terkenal dengan adanya atraksi lumba-lumba yang melompat di atas gelombang air.

Dahulu banyak orang-orang yang beranggapan bahwa keberadaan lumba-lumba di pantai tersebut tidak memungkinkan dan hanya isu semata. Mengingat kondisi pantai tersebut tidak cocok untuk menjadi tempat tinggal mamalia laut yaitu lumba-lumba.

Namun, seiring berjalannya waktu para wisatawan percaya karena telah membuktikan munculnya lumba-lumba tersebut dan jelas terlihat seolah mamalia tersebut sedang menyambut dan menari di atas air.

Hal ini menjadi suatu atraksi yang mengagumkan dan menambah membuat rasa penasaran para pengunjung.

Untuk bisa melihat dan bertemu dengan lumba-lumba tersebut, Anda harus menyewa kapal nelayan yang memang sudah tersedia dan lebih baik memesan satu hari sebelum berwisata ya karena kapal nelayan tersebut masih terbatas.

Anda akan membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke titik spot atraksi lumba-lumba dengan menggunakan kapal. Untuk waktu yang bisa Anda pilih jika ingin menonton atraksi Lumba-lumba tersebut yaitu pagi hari sekitar pukul 9 pagi.

4. Membeli Ikan ke Nelayan

Wisata Pantai Wane Bima

Selain menikmati pemandangan dan melakukan aktivitas seperti yang sudah dijelaskan di atas, aktivitas lain yang cukup asik di Pantai Wane yaitu Anda bisa melihat atau memilih ikan hasil tangkapan para nelayan setempat.

Dikarenakan pantai ini menjadi pusat hilir mudik para nelayan yang sedang pergi ke laut, maka Anda bisa membeli ikan secara langsung sewaktu nelayan pulang dari laut.

Anda juga bisa membeli sebagai oleh-oleh atau bisa juga membakarnya di pantai ini, namun jangan meninggalkan sampah ya!

Fasilitas di Pantai Wane

Fasilitas Pantai Wane 2

Meskipun berlokasi cukup jauh dari perkotaan, namun Pantai Wane ini sudah memiliki fasilitas penunjang bagi wisatawan. Fasilitas-fasilitas itu diantaranya:

1. Area parkir

Fasilitas bagi pengendara juga tersedia di kawasan pantai yaitu berupa area parkir kendaraan. Tempat parkir ini juga lumayan luas sehingga Anda bisa menempatkan kendaraan roda dua maupun roda empat di area ini.

2. Kamar Mandi dan Toilet

Bagi Anda yang basah-basahan dengan bermain air atau bermain pasir, Anda tak perlu bingung. Dikarenakan pantai ini juga sudah memiliki fasilitas berupa toilet yang juga bisa dipergunakan sebagai tempat bilas.

3. Penginapan

Nah bagi Anda yang ingin berlibur lebih panjang di Pantai Wane juga bisa lho, karena di kawasan ini juga sudah terdapat penginapan berupa villa.

Villa ini berada di sebelah barat pantai, dengan begitu Anda bisa menyewa sebagai tempat bermalam Anda bersama keluarga atau teman.

Itulah informasi singkat mengenai Pantai Wane yang ada di Bima Nusa Tenggara Barat. Jika ingin mencari pantai yang sepi namun unik, Pantai Wane bisa menjadi pilihan yang tepat.

Banyak pula yang mengatakan bawa Pantai Wane ini merupakan salah satu pantai terindah di Bima. Oleh karena itu, segera agenda-kan waktu liburan Anda untuk mengunjungi pantai ini.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Wane Bima, Nusa Teggara Barat. Jangan lupa juga sempat-kan waktu untuk mengunjungi pantai yang berada di sekitar pantai Wane.

Anda bisa mengunjungi Pantai Pero yang berada di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Nusa Tenggaramemang memiliki objek wisata pantai yang tak kalah mengagumkan.

15 Ulasan untuk Pantai Wane, Bima, Nusa Tenggara Barat

  1. Pantai wane adalah pantai dengan oasir putih dan warna biru laut yg jernih dgn ombak yang lumayan besar, cocok untuk berlibur melepas rasa penat dari suasana kota, terdapat villa juga di pantai tsb.

  2. Meski perjalanan yang ditempuh lumayan jauh tapi keindahan pasir putih dipantai wane membuat kenyamanan tersendiri. Bagus untuk bersantai bersama teman2.

  3. Salah satu pantai terindah dan terbaik di Bima

  4. Tempat yang indah untuk berkumpul atau pun reunian…

  5. Pantai yang indah untuk berakhir pekan, tapi harus hari2, karena tempatnya tersembunyi dan juga jauh dari perkampungan, harus hati2, karena disini rawan pembegalan serta jambret.

  6. Kereeeen, airnya sangat bersih, pantai berpasir putih, landscape yang sempurna

  7. Tempatnya keren bangat. Pasir putih dan ombak yang sangat besar, cocok untuk diving. Bersih dan dipenuhi oleh banyak spot foto menarik.

  8. pantai yg indah dan ombak yg sangat bagus

  9. Pantai yang cukup bagus, dengan garis pantai yang sangat luas dan panjang. Tapi sampah berserakan dimana-mana,. Larangan atau himbauan kurang di perhatikan . Atau hampir gak ada poster atau tanda larangan di sekitar pantai

  10. Pantai yg indah dengan pasir putih yg bagus ombaknya yg besar pantai ini salah satuh pilihan buat kita mengehabiskan waktu akhir pekan Dan libur bersama keluarga taupun tempat mengehilangkan rasa jenuh.yg suka jalan2 jagan lupa untuk datang ke pantai wane.

  11. Pantai yang indah, tapi sayang potensi wisata pantai ini tidak dikelolah dengan baik oleh Pemerintah Daerah kabupaten Bima. Pantai ini seharusnya bisa menjadi destinasi wisata yang memberikan inkam bagi pendapatan daerah

  12. Pantai wane adalah salah satu pantai yang terindah di Bima. Pantai dengan pasir putih dan ombak yang begitu mempesona kalau datang ke sini yakin dan percaya anda tidak akan merasakan kecewa. Dan disini adalah wisata halal.

  13. Pantai yg sangat indah dan bersih. Tapi sayang kalau mau kesana kita was was karna disana banyak kejadian jambret dan sejenisnya

  14. Suasana dan Pemandangan Pantai Yang Begitu Mempesona

  15. Karna Pemandangan alamx yg bagus

Tinggalkan Balasan