Pantai Kuripan

Pantai Kuripan

Desa Kuripan, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, Jawa Tengah 51262, Indonesia.

14 Ulasan

Pantai Utara Jawa juga memiliki beberapa panorama yang indah. Seperti pantai Kuripan yang ada di kota Batang ini. Pantai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Batang san sekitarnya.

Pantai yang tenang, sejuk, bersih dan masih teduh. Anda akan merasakan ketenangan dan kenyamanan ketika berkunjung atau berlibur ke pantai Kuripan ini.

Walau pantai ini tidak sepopuler pantai yang ada di Batang lainnya seperti pantai Jodo dan pantai Sigandu, namun pantai Kuripan ini juga mulai populer di kalangan warga Batang.

hal ini dikarenakan baru warga sekitar Batang yang berkunjung untuk wisata ke pantai ini. Menyenangkannya ketika berkunjung ke pantai Kuripan ini adalah adanya rimbunan pohon disekitar pantai.

Pantai Kuripan Batang

Hal ini membuat para pengunjung tidak khawatir kepanasan pada saat cuaca terik. Pengunjung dapat berteduh di rerimbunan pohon yang ada di sekitar pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Kuripan

Bagi setiap pengunjung ke kawasan pantai Kuripan akan dikenalan harga tiket masuk sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor. Sedangkan untuk mobil akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000.

Pantai Kuripan ini dibuka selama 24 jam atau sehari penuh. Setiap hari pantai ini juga di buka untuk para wisatawan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Kuripan

Alamat pantai Kuripan ini berada di Desa Kuripan, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Untuk dapat sampai ke wilayah pantai akan menumpuh jarak sekitar 10 km dari kota Batang. Dari jalur Pantura, akses masuk melalui perempatan pasar Subah ke arah utara melewati jalan aspal yang sudah mulus.

Perjalanan ini akan dilanjutkan dengan melewati jalur perkampungan. Akhirnya akan sampai di ujung kampung yang kemudian masuk ke kawasan hutan milik Perhutani sekitar 7 km.

Perjalanan ini akan menyusuri jalan aspal yang sudah mulus, namun tetap hati-hati karena adanya tanjakan dan tikungan tajam selama perjalanan menuju pantai Kuripan.

Kemudian akan menjumpai pos sebagai tanda sudah sampai ke kawasan pantai. Di pos inilah Anda akan dikenakan biaya masuk.

Ketika mau masuk ke area pantai Kuripan, akan melalui perlintasan rel kereta api. Untuk itu jika mengendarai mobil, harus hati-hati, karena terdapat celah yang sempit diantara pagar tembok.

Obyek Wisata Pantai Kuripan

Selama berkunjung ke pantai Kuripan ini, Anda dapat menikmati berbagai obyek menarik lainnya seperti:

1. Pemandangan Pantai

Pantai Kuripan Kota Batang

Anda dan rombongan dapat menikmati pemandangan pantai utara Jawa yang terbentang indah. Walau tidak seindah pantai-pantai di Bali, namun lokasi pantai Kuripan ini juga sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga.

Anda adapat berenang dan bermain pasir bersama keluarga dan rombongan. Pemandangan pantai diiringi dengan angin sepoi-sepoi membuat suasana tambah indah.

2. Adanya Stasiun di Dekat Pantai

Di dekat kawasan pantai terdapat stasiun Kereta Api peninggalan kolonial Belanda yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Sampai saat ini stasiun masih beroperasi sebagai perlintasan kereta api.

Walaupun stasiun ini tidak digunakan sebagai stasiun untuk menaikkan dan menurunkan penumpang, namun dipakai untuk pemberhentian kereta atau tempat kereta minggir, jika antri jalur dengan kereta cepat.

Para pengunjung akan memanfaatkan lokasi staisun ini sebagai lokasi untuk berfoto. Hal ini dikarenakan memang jarang ditemukan adanya stasiun di dekat kawasan pantai.

3. Spot Selfie

Terdapat spot-spot untuk berfoto sebagai kenang-kenangan untuk menghiasi akun media sosial Anda. Spot-spot foto ini sangat instragamable dan iconic sebagai ciri khas wistata pantai Kuripan Batang.

Terdapat berbagai spot-spot selfie diantaranya:

  • Jembatan cinta menuju cafe apung
  • Replika kapal kayu
  • Taman bunga
  • Gapura dari botol-botol bekas

4. Palyground di Pantai Kuripan

Pantai Kuripan Batang Jawa Tengah

Jika Anda mengajak anak-anak ke pantai Kuripan ini, Anda dapat menaiki ATV mengelilingi pantai. banyak tempat penyewaan ATV ini. harga sewa ATV sekitar Rp 20.000.

Selain naik ATV, anak-anak bisa bermain di playground yang ada di kawasan pantai. Ada ayunan, prosotan, jungkat-jungkit dan masih banyak lagi.

Fasilitas Pantai Kuripan

Pantai Kuripan sudah memiliki banyak fasilitas untuk kenyamanan para pengunjung. Fasilitas-fasilitas itu diantaranya:

  • Area parkir yang luas
  • Kamar Bilas dan Toilet,
  • Mushola
  • Warung Makan dan Minuman
  • Cafe Apung
  • Gardu Pandang
  • Penyewaan Aula

Para pengunjung akan dimanjakan dengan berlibur ke pantai Kuripan ini. Selama di Batang Anda juga bisa mengunjungi pantai Ujungnegoro dan pantai Sigandu.

Demikian ulasan mengenai wisata pantai Kuripan Batang Jawa tengah. Selamat berlibur bersama keluarga.

14 Ulasan untuk Pantai Kuripan, Batang, Jawa Tengah

  1. Bagussss…..ada pohon cemara, tapi ga bisa berenang, memang semua pantai di utara jawa dilarang berenang, disisi pantai ada warung-warung, dan sepanjang jalan dipantai ini penuh quote quote kekinian

  2. Pantai kuripan adalah salah satu pantai yang berada di desa kuripan kecamatan subah kabupaten batang jawa tengah,pantai tersebut cukup indah nyaman dan aman, apabila kita ingin ke sana sebaikna ketika pagi hari atau sore hari biar dapat bisa menikmati sunrise maupun sunset

  3. D sini adalah tempat kelahiran ku… Pantai Kuripan kini mulai berbenah diri…. Supaya bnyak pengunjung atau wisatawan yg mau mampir ke Kuripan… Pantai nya yg bagus. .. nyaman. Ramah pe duduk nya… Tersedia jg makanan2 ringan…. Juga warung2 milik warga sekitar pantai…. Mari mampir d pantai Kuripan..

  4. Seperti pantai-pantai lokal lainnya masih banyak sampah berserakan di sepanjang pantai. Semoga pengunjung lebih sadar lagi akan kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. . O iya, cobalah untuk jalan-jalan ke bagian barat pantai, di sana ada peternakan kerbau.

  5. Pantai agak kotor. Sarana prasarana belum memadai. Tapi harga makanan muraaaahhh bingiiiitt. Xixixixixixixixi

  6. Destinasi wisata yg baru di benahi dan mnurut sya ini bkln jdi pngganti pntai yg trdampak pltu…bgus bnyk yg jualan rindang jdi gag bingung mnikmati pntai nya….

  7. Tempat asik utk kumpul bersama keluarga dan teman-teman

  8. Tempat nya bagus..enak u liburan

  9. Sebenarnya bagus tempat ini..kurang publikasi dan perawatan…

  10. Pantai Kuripan terletak di Desa Kuripan Subah. Wisatawan dapat mengakses pantai ini melalui Jalur Pantura, Pasar Subah sekitar 10 kilometer. Pantai ini merupakan salah satu destinasi yang masih asri dan alami. Ombaknya yang tenang dan landai bisa dinikmati dengan berenang, dan memancing ikan.

  11. Lebih bagus dari celong,pas banget buat anak2,main pasir prsotan,best

  12. Sekarang pantainya sudah membudaya ya.. Sangat indah.. Rindu.. Dulu tahun 2015 masih pantai lepas belum ada tiket masuknya.. Trs semakin kesini.. Udah diurus dan bagus bisa jadi tempat wisata banyak pengunjungnya lagi.. Warga desanya baik ramah2 aseli. Semoga bisa kesini lagi secepatnya.. Aamiin😍😍

  13. Cocok untuk liburan bersama keluarga,teman maupun pacar,udaranya masih asri dan segar,anda juga bisa mengambil banyak foto untuk kenangan πŸ˜πŸ‘

  14. Fasilitas mainan masih kurang, Ada bbrp titik ada tumpukan sampah berserakan, jalan akses ke pantai harus melewati perlintasan kereta api tanpa palang pintu

Tinggalkan Balasan