Pantai Sigandu

Pantai Sigandu

Desa Klidang Lor, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah 51216, Indonesia.

23 Ulasan

Jalur Pantura memang terkenal dengan wisata pantainya yang tersebar. Kabupaten Batang memang salah satu wilayah di Jawa tengah yang termasuk dalam jalur Pantura (Pantai Utara Jawa).

Banyak destinasi wisata pantai yang tersebar di wilayah Batang ini. Salah satu wisata pantai yang berada di jalur Pantura adalah pantai Sigandu di Kabupaten Batang.

Pantai Sigandu termasuk pantai yang landai, dengan ombak yang tidak begitu besar. Lokasinya berjarak sekitar 4 km dari alun-alun kota Batang.

Pantai ini menjadi salah satu pantai yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan sekitar Batang, Pekalongan dan Kendal.

Pantai Sigandu Batang

Harga Tiket Masuk Pantai Sigandu

Untuk harga tiket masuk ke area wisata pantai cukup dengan membayar tiket sebesar Rp 5.000 per orang.

Selain biaya masuk ini, para pengunjung dikenakan biaya tambahan buat parkir sebsar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Anda dapat berkunjung ke Pantai Sigandu ini kapan saja, karena obyek wisata pantai ini dibuka setiap hari.

Untuk waktu operasional wisata Pantai Sigandu Batang dibuka mulai jam 08.00 – 18.00 WIB.

Rute Menuju Lokasi Pantai Sigandu

Alamat pantai Sigandu berada di Desa Klidang Lor, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Jarak antara pantai Sigandu dari kota Batang sekitar 5 km. Jalan menuju pantai ini juga sudah aspal dan mudah di akses.

Jika ditempuh menggunakan kendaraan bermotor atau mobil waktu yang dibutuhkan sekitar 10 menit perjalanan dari alun-alun kota Batang.

Akses jalan juga mudah ditemukan dengan menggunakan google map. Karena memang pantai ini berada dekat dengan kota Batang.

Obyek Wisata Pantai Sigandu

Selama berlibur dan berwisata di pantai Sigandu ini, Anda dapat melakukan hal-hal menarik diantaranya.

1. Menikmati Panorama Pantai Sigandu

Pantai Sigandu Kota Batang

Bagi pengunjung pantai, hal menarik yang paling disukai adalah dengan menyusuri bibir pantai tanpa alas kaki. Perjalanan menyusuri bibir pantai diiringi hembusan angin laut membuat nyaman pikiran.

Sambil menyusuri bibir pantai sambil menikmati keindahan alam pantai dan pandangan ke laut lepas yang sangat memukau.

2. Menikmati Sunrise dan Sunset

Sunset Di Pantai Sigandu

Bagi pengunjung, pantai adalah tempat yang pas buat menikmati suasana indahnya saat-saat sunrise dan sunset.

Bagi pengunjung yang ingin melihat sunrise dan sunset bisa duduk di shelter yang sudah ada di pantai Sigandu ini.

Anda juga dapat menikmati sunrise dan sunset ini sambil duduk santai di cafe-cafe yang ada di pinggiran pantai.

3. Naik ATV

Jika Anda berlibur bersama anak-anak, jangan lewatkan untuk menyewa ATV dan naik bersama-sama anak-anak menjelajahi pantai.

ATV ini dapat Anda sewa dengan harga yang tidak mahal. Cukup dengan Rp 20.000 saja, anak-anak sudah sangat senang berkeliling kawasan pantai.

4. Kuliner di Cafe

Cafe Di Pantai Sigandu

Di sekitar kawasan pantai Sigandu terdapat beberapa cafe yang menyajikan makanan olahan dari hasil laut (sea foods) yang dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Anda dapat menikmati makanan khas laut sambil bersantai di cafe pinggir pantai sambil melihat pemandangan laut lepas.

5. Upacara Nyadran

Setiap hari raya Idul Fitri, di pantai Sigandu diadakan upacara Nyadran yang sudah menjadi acara tradisional bagi Warga Batang.

Uoacara ini akan dimeriahkan dengan pawai dan lomba perahu dayung tradisional yang diikuti oleh seluruh nelayan di Batang.

6. Batang Dolphins Center

Pemerintah Batang sudah menjalian kerjasama dengan Taman Safari Indonesia dengan membangun kolam lumba-lumba sebagai tempat rekreasi modern.

Tempat ini terkenal dengan sebutan Batang Dolphins Center yang menjadi daya tarik wisata wilayah Kabupaten Batang.

Fasilitas Pantai Sigandu

Di Pantai Sigandu sudah terdapat fasilitas-fasilitas yang tersedia untuk kenyamanan para pengunjung.

Fasilitas-fasilitas itu diantaranya:

  • Tempat parkir yang luas
  • Mushola
  • Tempat Bilas dan Toilet
  • Warung makan dan minuman
  • Playground untuk anak-anak
  • Lapangan voli
  • Penyewaan ATV

Jika Anda sedang berkunjung ke Kota Batang, silahkan kunjungi pantai Sigandu ini. Anda juga dapat mengunjungi pantai Jodo dan pantai Ujungnegoro yang juga terkenal di Batang.

Demikian ulasan mengenai wisata pantai Sigandu Batang Jawa Tengah. Selamat berlibur bersama keluarga.

23 Ulasan untuk Pantai Sigandu, Batang, Jawa Tengah

  1. Pantai sudah tercemar dengan manusia. Air pada pantai sudah menjadi coklat sepanjang pantai hingga 1 – 2 km ke arah laut jawa.. Sudah banyak tempat yang terkena abrasi.. Bagus untuk orang yang merindukan suara pantai karena suaranya tidak berubah. Tapi untuk yang senang bermain di pantai sangat tidak recommended karena kekumuhan airnya yang jelas tidak layak untuk kesehatan kulit terutama yang alergi.

  2. Wahana wisata pantai di kab Batang. Bagus untuk liburan keluarga. Masih bisa menikmati permainan pasir. Ada beberapa wahana bermain lainnya, seperti dolphin show, renang anak, dll. Bagus juga untuk spot foto. Rumah makan yg recommended adalah Aloha seafood.

  3. Pantai yang ada di wilayah pantura kabupaten Batang. Salah satu pangai yg ramai dikunjungi oleh warga Batang dan sekitarnya. Pasir nya berwarna hitam. Terdapat banyak fasilitas hiburan disana seperti taman bermain anak, mini kebun binatang dan ada pertunjukkan lumba-lumba. Terdapat juga musholla dan tempat untuk berwisata kuliner. Cocok untuk berwisata bersama keluarga. Apabila datang di pagi hari jam 5 bisa melihat sunrise dan belum ada petugas loket sehingga Gratis 😂😂😂

  4. Nyesel kemarin ke pantai sigandu,tempat nya kumuh,pantainya gk terawat.yg bikin saya kaget…duduk aja bayar..8000.di pantai buntu kec Gringsing mau tiduran seharian jg gratis.biaya masuk 5000.pantainya bersih terawat.sigandu malu2in

  5. Sebenarnya bagus pantainya, agak kecewa juga sudah bayar 10000 tapi pantai tidak terawat.. mohon dong dinas terkait untuk perawatan pantainya… mungkin2 di kasih spot2 foto yang lekinian..gtuuuu

  6. Abrasii.. huhu. Aku inget sekitar 10 tahun lalu pantai sigandu masih cakep, jarak dr rumah makan Aloha ke bibir pantai masih lumayan jauh. Sekarang jadi dekat sekali ya. Pasirnya juga mulai menghitam. Apakah semua akibat proyek pembangunan PLTU? Jengjengjengjeng~

  7. Gak sesuai ekspektasi, bayarnya lumayan ya walaupun bisa main daerah pantai tapi harga yg di tawarkan kurang sesuai. But overall I think was enough. Rekomended for you guys. Jangan lupa berdoa sebelumnya

  8. Pantai sigandu batang. 3km arah utara dari pusat kab batang. Perjalanan dr pusat kota sekitar 20menit saja. Pantai ini dikelola oleh pemda kab batang. Ada mushola dan tempat duduk santai utk berjemur spenjang pantai. Ombaknya lebih besar dibanding dengan pantai utara di pesisir semarang. Perjalanan menuju pantai melewati galangan kapal nelayan yg membuat kapal tangkap ikan 3GT. Juga melewati tambak2 dan tempat resto+pemancingan ikan yg indah dan bagus. Salah satu yg sering ramai dikunjungi adalah resto aloha karena terletK persis di pinggir dan pintu mSuk pantai. Suasana pantai dan gubuk khas pantai diterpa angin pantai membuay tempat ini menjDi favorit suasana pantai yg top di batang.

  9. Lumayan bagus …. Hrus di kelola lg biar lebih bagus ….jug setiap mau msuk kita bayar hrus benar benar buat kelola wisatanya ….bukn buat kantong pribadi

  10. Sayang sekali pantainya tidak terawat..ada hutan mangrove yang tidak dibersihkan..jadi banyak sampah yg berserakan dan kurangnya fasilitas yg memadai..

  11. Abrasi membuat beberapa infrastuktur yang sudah ada seperti jalan pinggir pantai rusak, kamar mandi/ WC umum sepertinya butuh penambahan dibeberapa titik, dan tidak digembok supaya pengunjung dapat dengan mudah menggunakannya.

  12. Pantai alam yg kualitas air laut bebas limbah dan jalan mulus serta pemandangan yg indah, atraksi lomba- lomba yg luar biasa.

  13. Banyak sampah di sepanjang bibir pantai. MCK umum berbayar. Seperti persoalan tempat wisata pada umumnya di Indo, meski ada retribusi tapi sarana umum tidak ada. Ada beberapa warung makan. Lebih cocok disebut destinasi wisata kuliner pantai 👌

  14. Pantai pasirnya lbh luas drpd PantaiSari, parkiran memadai dgn retribusi HTM 5rb. Ada Aloha Seafood yg recommended. 400rb utk 8 pax, sangat2 enaak

  15. Dulunya terkikis ombak …tpi Alhamdulillah sekarang sudah di tanami mangrove lagi

  16. Pantai ini cocok untuk menghabiskan waktu untuk mengobrol suasana sore, tidak boleh berenang, tempat untuk jajan dipantai ini juga banyak, dan tergolong murah untuk tempat wisata

  17. Pantainya dulu indah. Tapi karena kurang diperhatikan oleh pemerintah kota, jd pantainya skrg jadi kotor. Terlebih lagi air pantainya sekarang sudah mulai meluap dan naik ke atas. Di sekitar ada taman safari dan dolphine center. Itu wajib dikunjungin apabila mengajak anak2.

  18. Menikmati semilir pantai, Alhamdulillah semakin kesini ada spot wisata lain yaitu hutan mangrove, disana pula ada tempat santuy buat team rebahan yg pengen mantai cuma sewa kursi panjang 8k. Dan banyak tempat makan yg nyaman dan enak cuman harga Taulah di tempat wisata ya agak melambung. Eitzz. . . Jangan galau disana juga ada pedagang yg keliling lho, bakso bisa d dapet seharga 7k per mangkuk dan seger beudt.. tapi sayang di bibir pantai ada beberapa spot yg penuh sampah. Dan semakin sore pantai seakan beralih fungsi jadi tempat pacaran muda mudi yg anggap pengunjung lain ngontrak…

  19. Pantai yang cukup bersih dan nyaman

    Tapi.yang namanya pantai utara…warna air coklat..pasir coklat…

    Yang bikin kangen tempat itu..di aloa seafoodnya…bumbu kerang nya…ga bisa lupa….kebetulan saya warga semarang…masakan di kampunglaut pun ga bisa nandingin bumbunya…

    D samping ad taman satwa..

    Lokasi mudah d capai dari jalan raya…ikutin petunjuk dengan mudah

    *review ini bersifat subyektif ya…lidah orang beda2…mood orang jg beda2….suwun

  20. kesini waktu musim libur lebaran 2019, banyak sampah, dan memang pantai utara airnya coklat, untuk harga makanan sangat murah, lumayan untuk mengisi waktu liburan

  21. Beraneka macam tempat makan disini, tp tetap waspada, hati-hati jikalau ke pantainya. Barangkali pas ombaknya pasang. Tetap jaga kebersihan dimanapun dan kapanpun 💙

  22. Pertama kali kesana, kesan pertama cukup bagus. Nasi begono nya murah, jus murah, tapi sayang tempat duduk pantai harus bayar 8rb & pantai nya terlalu pendek dan tidak bisa berenang terlalu tengah. Laut kurang jernih. Overall cukup

  23. Lokasi mudah dijangkau, jalan sudah halus beraspal. Cukup banyak pepohonan. Dekat dengan pelabuhan batang dan bersebelahan dengan taman mangrove. Rata-rata harga makanan serba 10 ribu.

Tinggalkan Balasan