Pantai Lange

Pantai Lange

Desa Lam Lhom, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh 23353, Indonesia.

1 Ulasan

Pantai Lange adalah salah satu pantai yang memiliki pemandangan yang sangat indah. Di pantai ini Anda bisa menyegarkan pikiran Anda setelah penat melakukan akyivitas sehari-hari.

Di Pantai ini terdapat salah satu lokasi menarik yaitu adanya dua air mancur yang menyembur celah tebing. Tempat ini dikenal oleh masyarakat sekitar dengan nama Pantai Ie Rah yang berada di desa Gampong, Lam Lhom, Aceh Besar, provinsi Aceh.

Keindahan pemandangan yang tersembunyi  dimana dalamnya mencerminkan keindahan alami yang tak tersentuh. Banyak para wisatawan lokal maupun wisatawan dari daerah lain penasaran untuk menikmati indahnya pesona pemandangan di pantai Lange ini.

Pantai Lange Aceh

Dengan pemandangan persawahan yang hijau serta perbukitan hijau di sepanjang jalan menuju pantai. Hal ini membuat perjalanan tidak terasa melelahkan.

Pemandangan dan penampakan pohon-pohon pandan besar ikut mempercantik pemandangan alam di sekitar Pantai Lange. Pemandangan samudera Hindia membentang sejauh mata memandang.

Ketika sunset matahari bulat sempurna dengan anggun dengan warna jingga keemasan terlihat cantik dan menawan. Garis pantai di siraman sinar sunset matahari yang bersih dan alami, menjadi pemandangan indah pada waktu sore hari.

Pantai Lange Aceh Besar ini menjadi sebuah lukisan panjang yang menarik dan menawan setiap sore hari tiba. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan sunset yang sangat indah.

Biaya Tiket Masuk Pantai Lange

Karena pantai Lange ini masih alami dan masih jauh dari perkampungan warga, untuk masuk ke pantai Lange ini tidak dipungut biaya sepeserpun. Anda dapat dengan gratis masuk ke lokasi pantai Lange ini.

Dan pantai ini dapat Anda kunjungi selama 24 jam. Anda dapat kapan saja mengunjungi pantai Lange ini. Karena memang lokasinya masih tersembunyi, jadi aksesnya hanya bisa dilalui dengan jalan kaki untuk menuju ke pantai ini.

Rute Menuju Lokasi Pantai Lange

Pantai Lange Aceh Besar

Alamat pantai Lange berada di Desa Lam Lhom, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

Untuk menuju pantai Lange ini Anda dapat memulai dari ibukota Aceh yaitu di Banda Aceh. Dari Banda Aceh menuju ke wisata pantai Lampuuk yang membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk jarak tempuh 20 kilometer.

Atau jika Anda mulai dari jalan utama Banda Aceh, silahkan dari jalan utama ini menuju ke Lhok Nga membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

Ketika Anda melewati pintu gerbang masuk Pantai Lampuuk, Anda dapat mengambil melalui jalan desa sampai Anda tiba di persimpangan Gampong Meunasah Lamgirek.

Dari sini, Anda akan menemukan rambu pantai Lange dan Pengunungan Lampuuk. Anda akan menyusuri hutan yang sepi dan yang jalannya masih berbatu.

Fase ini adalah perjalanan terberat ketika menuju ke pantai Lange. Perjalanan menanjak dengan kemiringan 45 derajat akan memakan waktu sekitar satu jam. Tapi karena pemandangan sekitar sangat indah, perjalanan Anda tidak terasa melelahkan.

Apalagi dalam perjalanan ini, Anda akan menemukan pondok-pondok sebagai tempat untuk istirahat sejenak memulihkan energi sambil menikmati pemandangan.

Setelah itu Anda akan menyusuri jalan berkelok-kelok dengan pemandangan yang sangat memukau pandangan. Kemudian Anda akan menemukan jalan dengan batu-batu kecil yang rapi antara hutan hujan tropis sampai akhirnya Anda tiba di Pantai Lange.

Lebih kurang sekitar dua jam waktu yang dibutuhkan untuk mendaki pegunungan Lange ini. Banyak terdapat pohon pinang, ketapang, cengkeh, durian, melinjo dan mahoni menjadi pelindung Anda dari panasnya sinar matahari.

Namun setelah Anda tiba di pantai Lange, rasa lelah Anda terbayar dengan keundahan panirama dna pemandangan pantai Lange yang sangat memukau.

Obyek Wisata di Pantai Lange

Ketika Anda berada di pantai Lange ini, banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan. Simak beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan di pantai ini.

1. Menyusuri Pantai Lange

Pantai Lange Aceh Besar

Ketika berada di pantai ini Anda dapat menyusuri pinggiran pantai untuk menikmati indahnya pemandangan pantai. Anda juga dapat menikmati deburan ombak yang memberikan suara-suara berulang-ulang yang membuat hati tenang dan nyaman.

Pantai ini masih perawan, jadi masih sangat nyaman untuk menenangkan pikiran dan menyegarkan badan Anda. Pemandangan samudera Hindia yang sangat luas juga membuat perasaan nyaman dan tenang.

2. Menyaksikan Air Mancur

Air Mancur Di Pantai Lange

Di dekat Pantai Lange ini, Anda dapat menjelajahi Pantai Ie Rah. Pantai ini letaknya berada kurang lebih 500 meter sisi kanan Pantai Lange. Anda akan menuruni bukit dan menyeberangi tebing setinggi 4 meter untuk mencapai Ie Rah.

Anda harus dengan hati-hati ketika memanjat tebing yang berada di pantai ini. Atau Anda dapat mengambil sisi lain pantai untuk melewati celah batu.

Setelah sampai di garis pantai, Anda seolah-olah berjalan melewati padang pasir dengan tanpa ada deburan dan suara ombak. Namun setelah sampai di Pantai Ie Rah, Anda akan melihat air mancur yang menyembur dari tebing di garis pantai.

Pemandangan yang sangat indah dengan air mancur yang menuju pantai. Ketinggian air mancur ini bisa mencapai 5 meter.

3. Berkemah di Pantai

Gerkemah Di Pantai Lange

Perjalanan yang melelahkan ini akan semakin indah jika Anda berkemah di sekitar pantai Lange ini. Anda dapat menyiapkan tenda untuk bermalam Anda dan menyiapkan kayu bakar untuk api unggun ketika malam tiba.

Karena pemandangan malam hari di pantai ini sangat indah dan memukau. Pada malam hari, Anda akan menikmati pemandangan bintang berkelap-kelip di langit, ombak menghantam terumbu karang dengan suara yang menenangkan.

Momen ini adalah momen yang indah dan sangat pas untuk mengambil foto-foto keindahan alam di pantai Lange ini.

4. Melihat Sunset

Sunset Di Pantai Lange

Salah satu keindahan di pantai Lange ini adalah saat-saat menikmati pemandangan terbenam-nya matahari di ufuk barat. Matahari yang masuk ke peraduan-nya akan memberikan pemandangan yang sangat indah.

Dari pantai ini sunset akan terlihat indah dan memukau dengan warna kuning, jingga dan ungu di langit yang membuat suasana semakin adem dan nyaman.

Dengan diiringi hembusan angin laut dan deburan ombak, menambah suasana semakin indah. Sangat tepat untuk mengabadikan momen ini melalui foto-foto atau selfie menggunakan kamera ponsel Anda.

Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah sebagai wujud kebesaran Allah SWT. lelah Anda terbayarkan dengan menikmati pemandangan ini.

Fasilitas di Pantai Lange

Lelah selama perjalanan seakan terobati dengan hamparan laut biru yang terbentang didepan mata Anda. Sekilas pantai ini tak jauh beda dengan pesisir pantai lain yang ada di Aceh dimana memiliki pantai yang berpasir putih dan warna air laut yang kebiruan.

Pantai Lange merupakan obyek wisata pantai yang masih perawan dengan kondisi alam yang cukup terjaga hingga saat ini dan memiliki pasir pantai yang halus.

Kondisi ombak di pantai ini juga berbeda-beda, dimana di beberapa titik memiliki ombak yang cukup rendah namun di titik lain memiliki gelombang ombak yang cukup besar.

Keindahan Pantai Lange bertambah dengan adanya padang rumput nan hijau sejauh mata memandang, diiringi rumput laut yang terlihat berwarna kecoklatan.

Jangan berharap akan lengkapnya fasilitas di Pantai Lange ini, karena memang kondisi pantainya yang masih benar-benar alami dan jarang tersentuh oleh manusia.

Demikian ulasan mengenai keindahan wisata pantai Lange di Aceh Besar yang sangat indah dan mempesona. Silahkan Anda pantai ini jika Anda berkunjung ke Aceh.

1 Ulasan untuk Pantai Lange, Aceh Besar, Nanggroe Aceh Darussalam

  1. Pantai yang masih alami dan sangat Indah. Sangat pas buat menyegarkan pikiran.

Tinggalkan Balasan