Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk

Desa Meunasah Masjid, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Nanggroe Aceh Darussalam 23353, Indonesia.

16 Ulasan

Aceh yang merupakan daerah istimewa yang memiliki otonomi khusus wajib Anda masukkan ke dalam daftar liburan Anda. Karena wilayah yang juga disebut sebagai Serambi Mekah ini memiliki bentang alam yang sangat menakjubkan.

Wilayah Aceh yang terhubung langsung dengan samudera Hindia, memiliki banyak tempat wisata bahari dengan pasir putih yang menawan. Salah satu wisata bahari yang terkenal di Aceh adalah wisata Pantai Lampuuk.

Pantai Lampuuk ini berada di kabupaten Aceh Besar. Silahkan simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk

Aceh merupakan salah satu wilayah yang memiliki banyak destinasi wisata pantai terutama di daerah Lhoknga, Aceh Besar. Di Kecamatan Lhoknga ini terdapat bayak destinasi wisata alam favorit salah satunya adalah Pantai Lampuuk.

Pantai Lampuuk adalah salah satu primadona wisata pantai yang ada di Aceh Besar sebelum tsunami melanda pada tahun 2004 silam.

Tidak mengherankan karena wisata pantai yang satu ini menyajikan pemandangan alam yang indah dengan hamparan pasir putihnya dan laut yang berwarna biru.

Wisatawan yang datang bukan hanya wisatawan lokal namun banyak juga turis asing yang berlibur ke Pantai Lampuuk ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Lampuuk

Untuk dapat menikmati liburan yang menyenangkan dengan pemandangan yang indah tidak harus dengan harga yang mahal, seperti halnya dengan Pantai Lampuuk.

Anda tidak perlu membayar mahal untuk bisa masuk dan menikmati semua keindahan yang ada, karena harga yang tiket masuk yang dikenakan di pantai ini cukup murah.

Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000 saja untuk bisa masuk ke kawasan Pantai Lampuuk. Hal ini bisa dibilang sangatlah murah dibanding dengan segala keindahan dan juga kepuasan yang akan Anda dapatkan di Pantai Lampuuk.

Namun Anda mungkin akan dikenakan lagi biaya parkir juga biaya-biaya saat menggunakan fasilitas yang disediakan atau disewakan di kawasan wisata ini.

Rute Menuju Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk Aceh

Pantai Lampuuk sendiri berada di Jalan Raya Lampuuk di Desa Meunasah Masjid, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam.

Saat ini Pantai Lampuuk berintegrasi dengan dengan sejumlah obyek  wisata lainnya seperti Pulau Weh, Dataran Tinggi Takengon serta Danau Laut Tawar.

Apabila Anda berangkat dari Banda Aceh dengan memakai kendaraan pribadi maka waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 20 menit untuk sampai ke Pantai Lampuuk.

Namun jika menggunakan labi-labi yaitu sebutan untuk angkutan umum yang ada di Aceh jurusan Lhoknga-Pantai Lampuuk maka waktu yang dibutuhkan sekitar 40 menit.

Terdapat  empat jalur yang bisa Anda lalui di kawasan Pantai Lampuuk ini. Jalur-jalur tersebut adalah Jalur Babah Satu, Jalur Babah Dua, Jalur Babah Tiga dan juga Jalur Babah Empat, dimana kata Babah sendiri berarti jalan dalam bahasa Aceh.

Masing-masing jalur pada rute menuju Pantai Lampuuk tersebut dinamai sesuai dengan porsi masing-masing ruas pantai. Semisal Jalur Babah Satu dan Jalur Babah Dua kebanyakan yang melaluinya adalah wisatawan lokal.

Sedangkan untuk Jalur Babah Tiga kebanyakan yang melaluinya adalah para wisatawan asing. Dan satu hal yang terpenting adalah kondisi jalan untuk menuju ke Pantai Lampuuk sudah cukup bagus.

Obyek Wisata Pantai Lampuuk

Obyek Wisata Pantai Lampuuk merupakan salah satu obyek wisata unggulan yang ada di Aceh. Wisata pantai ini sangat direkomendasikan ketika Anda berada di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Keindahan alam wisata Pantai Lampuuk bahkan tidak akan mengecewakan Anda saat berkunjung ke sini, karena pesona alamnya tidak kalah dengan pantai-pantai populer lainnya di Indonesia.

Banyak sekali aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan di Pantai Lampuuk ini. Simak beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan di pantai ini:

1. Menikmati Keindahan Pantai

Wisata Pantai Lampuuk Aceh Besar

Pantai Lampuuk memiliki garis pantai sepanjang sejauh 5 kilometer dimana garis pantai ini membentuk sebuah teluk kecil yang mebuat pantai ini terlihat unik dan cantik.

Pantai ini juga dibalut oleh hamparan pasir yang lembut yang juga bersih. Belum lagi warna air laut-nya yang biru kehijauan yang membuat panorama pantai ini semakin indah.

Keindahan Pantai Lampuuk disempurnakan dengan deretan hutan pinus yang rimbun yang membuat suasana menjadi teduh dan juga sejuk. Dengan background pegunungan yang tampak hijau menambah suasana menjadi bertambah syahdu.

2. Menikmati Hamparan Pasir Putih

Wisata Pantai Lampuuk

Sebagaimana layaknya pantai yang memiliki hamparan pasir putih seperti halnya Pantai Lampuuk. Apalagi dengan garis pantainya yang cukup luas akan membuat Anda dapat dengan leluasa melakukan banyak aktivitas dan kegiatan menarik.

Aktivitas itu misalnya seperti bermain pasir, olah raga pantai bola voli atau sekedar duduk bersantai berjemur di bawah sinar matahari sembari menikmati pemandangan alamnya.

Anda juga dapat menyusuri pantai Lampuuk ini dengan berjalan kaki dari ujung ke ujung. Hal tersebut merupakan kegiatan menyenangkan yang bisa Anda lakukan di Pantai Lampuuk ini.

3. Berenang

Wisata Pantai Lampuuk Aceh

Anda dapat melakukan aktivitas menyenangkan seperti bermain air atau berenang di obyek wisata Pantai Lampuuk ini.

Terdapat juga penyewaan pelampung yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah sensasi saat Anda mengapung di atas laut sembari menikmati keindahan alam Pantai Lampuuk.

3. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Lampuuk

Dengan keindahan alam yang dimiliki Pantai Lampuuk ini akan sangat menarik untuk dijadikan background untuk berswa foto. Jangan lewatkan untuk mengabadikan momen terbaik Anda  untuk kemudian di upload ke media sosial.

Salah satu momen terbaik untuk mengambil foto adalah saat sunset. Saat-saat waktu akan tenggelam-nya matahari di ujung laut, akan menjadi panorama yang indah.

warna langit yang kuning keemasan dipadukan dengan warna jingga, akan membuat suasana di senja itu sangat indah.

4. Naik Banana Boat

Banana Boat Di Pantai Lampuuk

Untuk Anda yang memiliki keberanian tinggi, Anda bisa mencoba wahana banana boat yang tersedia di obyek wisata Pantai Lampuuk ini. Wahana yang satu ini tentu akan sangat menyenangkan jika Anda melakukannya bersama dengan teman-teman Anda.

Namun jangan lupa untuk tetap menjadikan keselamatan untuk hal yang utama. Seperti memakai kelengkapan pengamanan seperti pelampung dan lainnya adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

5. Surga Peselancar

Surfing Di Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk merupakan salah satu pantai favorit dimana banyak wisatawan lokal atau mancanegara yang memanfaatkan ombak di pantai ini untuk berselancar.

Memiliki ombak yang besar namun bersahabat, Pantai Lampuuk menjadi surga bagi para pecinta aktivitas surfing.

Maka tidak mengherankan apabila warga lokal menyebut Pantai Lampuuk sebagai Kuta-nya Aceh karena selain memiliki pemandangan yang indah, pantai ini merupakan tempat favorit bagi para peselancar.

Dan di sinilah Anda bisa menggunakan rute Babah Tiga saat memasuki kawasan ini, dimana rute ini biasa digunakan oleh wisatawan yang ingin berselancar.

6. Naik Jet Sky

Pengelola pantai juga menyediakan jet sky yang bisa Anda sewa untuk berkeliling kawasan Laut Lampuuk.

Menikmati pemandangan alam diatas jet sky yang melaju kencang dengan ditemani deburan ombak Pantai Lampuuk akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan untuk Anda.

7. Penangkaran Penyu

Penangkaran Penyu Di Pantai Lampuuk Aceh

Ada kegiatan menarik yang bisa Anda kunjungi di kawasan obyek wisata Pantai Lampuuk ini, dan kegiatan ini termasuk ke dalam wisata edukasi yang terdapat di Pantai Lampuuk. Kegiatan tersebut adalah konservasi penyu yang terletak di Jalur Babah Dua.

Wisata edukasi ini sangat bermanfaat untuk wisatawan yang berkunjung terutama untuk anak-anak sebagai bahan edukasi pentingnya pelestarian lingkungan.

Walaupun konservasi penyu ini tidak dilakukan setiap hari atau hanya pada waktu-waktu tertentu namun Anda dapat menemukan sejumlah tukik atau anak penyu yang sedang ditampung disebuah kolam kecil pada salah satu sisi area  ini.

Anak penyu ini kemudian akan dilepaskan ke laut lepas saat mereka dianggap telah dewasa atau sudah cukup mampu bertahan hidup di alam lepas.

Fasilitas di Pantai Lampuuk

Obyek wisata Pantai Lampuuk seakan tetap mempertahankan keindahannya bahkan setelah bencana tsunami yang melanda Aceh pada tahun 2004. Karena pada waktu itu Pantai Lampuuk adalah salah satu obyek wisata yang memiliki kerusakan yang cukup parah.

Banyak penginapan, gedung-gedung, hotel dan juga pemukiman penduduk yang berada di sekitar Pantai Lampuuk ini rusak diterjang gelombang besar pada saat itu. Bencana tersebut memakan korban jiwa yang sangat banyak salah satunya terdapat di kawasan Pantai Lampuuk.

Namun sekarang masyarakat Aceh telah bangkit dan sedikit demi sedikit membangun dan memulai aktivitas di Pantai Lampuuk. Hal tersebut bertujuan untuk menghidupkan kembali kesan positif destinasi pariwata di Provinsi Aceh.

Seiring dengan segala perbaikan yang telah dilakukan oleh pengelola Pantai Lampuuk. Obyek wisata ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti wahana permainan dan juga beberapa fasilitas pendukung lainnya.

Anda bahkan bisa bermalam di kawasan wisata ini yang menyediakan berbagai penginapan. Penginapan seperti losmen hingga cottage yang bisa Anda sewa dengan biaya yang bervariasi sesuai dengan pelayanan serta fasilitas yang ditawarkan.

Banyak juga tersedia warung-warung makanan hingga cafe yang tersedia yang menawarkan berbagai menu makanan. Misalnya menu seafood hingga makanan ringan bisa Anda temukan dengan mudah di Pantai Lampuuk.

Berbagai menu khas makanan laut seperti sajian ikan bakar seperti ikan kerapu, bawal, rambe, cumi, udang dan berbagai jenis seafood lainnya. Menu hidangan laut ini sangat cocok untuk dinikmati saat bersantai menikmati pemandangan laut bersama dengan keluarga.

Jika Anda di Aceh, jangan lupa untuk singgah di pantai L:ampuuk ini. Anda juga bisa berkunjung ke pantai lainnya seperti Pantai Jaboi dan Pantai Lhoknga.

Demikian ulasan dari obyek wisata Pantai lampuuk yang sangat layak untuk dijadikan rekomendasi wisata Anda selanjutnya. Jangan lewatkan liburan bersama keluarga dan juga mendapatkan momen terbaik Anda bersama orang terdekat.

16 Ulasan untuk Pantai Lampuuk, Aceh Besar, Nanggroe Aceh Darussalam

  1. Berkunjunglah disaat cuaca nya bagus. Jika kamu ke Banda Aceh, usahakan singgah sebentar ke pantai ini, Pantai Lampuuk, pasir putih dan air laut yang indah berwarna biru tosca. Bersantai sejenak di pondokan, menikmati seafood dan kelapa muda. Tolong jangan membuang sampahnya sembarangan. Ini pantai dengan garis pantai yang panjang harus di jaga kebersihan nya. Di ujung garis pantai ini ada bukit, ada karang. Semakin sore ombak nya semakin besar. Cocok untuk liburan keluarga. Bisa juga untuk spot prewedding.

  2. BAGI YANG SUKA SURFING WAJIB KESINI!. Pantai yang sangat indah di Banda Aceh πŸ‘. Lokasi pantai Lampuuk lumayan jauh dari kota sekitar 20menit dan kondisi jalan menuju ke pantai ini sangat bagus.. Pantai ini sangat direkomendasikan untuk para surfer karena ombaknya mantap jiwa tinggi bergulung gulung, saya jatuh cinta sama ombak pantai Lampuuk. Pantai ini memiliki pasir putih yang cantik.. Di sekitar pantai banyak yg menjual makanan dan minuman namun agak sulit untuk mencari air bersih apalagi saya datang pada saat bulan ramadhan tetapi positifnya tempat ini bagaikan pantai pribadi karena tidak ada orang.. Ada sebuah sumur di bagian sebelah kanan pantai kalau ingin mandi bersih saat tidak ada warung yg buka. Oke bangetlah pokoknya jadi pengen main kesini lagiπŸ˜πŸ’•

  3. Pantai nya bagus , cocok buat foto2 . Liburan keluarga . Dan pasti nya sunset nya itu bikin betah lama2 sampe matahari tenggelam 😎

  4. Pantai ini terkenal dengan keindahan sunsetnya. Cukup dekat dari kota kurang lebih 30-45menit

  5. Klw bt ft keren bngt view ny

  6. Lokasi yang cukup indah. Dengan tebingnya yang menawan dan pasir pantainya yang putih, lokasi ini sangat cocok untuk tempat pengambilan foto kenangan. Tebing itu terbentuk dari terumbu karang melalui proses yang berlangsung konstan dalam kurun beberapa juta tahun. Mempelajari tebing Lampuuk ini sama dengan mempelajari riwayat evolusi muka bumi yang terjadi di ujung Aceh ini. Apalagi jika kita mempelajari dinamika pasir pantai di sini. Anyway, enjoy your time at Pasi Lampuuk. Have a nice day.

  7. Tidak hanya untuk berwisata dipantai ini dengan semua keindahannya kita juga bisa buat sebuah acara seperti outbond dan hal asik lainnya yang sangat seru untuk dilakukan bersama sahabat maupun keluarga

  8. Memang kalo tempat bagus terasa sempit, karena ramai akan pengunjung

  9. Rekomendasi sebagai tempat berkumpul keluarga maupun bersama teman dengan menyediakan pemandangan hamparan laut dan pasir yang indah juga disertai pemandagan tebing yang menjulang tinggi disisi kanannya. Tetapi tidak disarankan untuk berenang terlalu jauh dari bibir pantai mengingat maraknya kasus orang tenggelam.

  10. Tempat nya Bagus dan Lumayan padat pengunjung

  11. Pantai nya bagus banget bisa deh untuk foto foto aku sampai mandi sama adek sepupu aku yah gitu lah kk aku foto2 aja ada juga celupin kaki nya

  12. Pantai Lampuuk berlokasi di Desa Meunasah Masjid. Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Lokasi Pantai Lampuuk persisnya di wilayah barat Aceh, sekitar 15 kilometer dari Banda Aceh. Terlepas dari kejadian berupa bencana tsunami yang pernah melanda wilayah Aceh pada tahun 2004, Wisata Pantai Lampuuk pada akhirnya tetap menjadi primadona para penggemar wisata bahari. Tak hanya bisa bermain air atau sekedar berfoto-foto, bagi Anda penggemar kegiatan yang memacu adrenalin, bisa mencoba melakukan panjat tebing di Pantai Lampuuk ini. Alam bawah laut Pantai Lampuuk ini diketahui juga menjadi rumah bagi satwa dilindungi seperti penyu lekang dan penyu belimbing.

  13. Pantai favourite kalau di banda, kenapa?
    1. Deket dari kota (cuma sekitar 15km an dari daerah setui)
    2. Pasir nya putih dan lembut, anak2 pasti suka kayak gini
    3. Pemandangannya bagus, air nya biru-hijau
    4. Di beberapa spot bisa mandi2an
    5. Di pantai babah dua nya ada permainan banana boat, yang kalau naik cuma 15k/orang. Ada juga permainan paintball
    6. Kalau di pantai tebing lampuuk view nya laut+tebing
    7. Banyak pondok2 untuk rebahan, dan penjual kelapa muda/mie
    8. Ada seafood segar juga
    9. Toilet udah banyak dan cukup bersih, biasa ada mushola nya juga

    sebanyak itu?? Iyaa, dan masih banyak lagi alasan2 untuk pergi ke lampuuk. Luuvvv. Jangan ketinggalan mampir ke sini kalau sedang di Banda Aceh

  14. Senin-Jum’at Boleh bawa makanan sendiri, Sabtu-Minggu harus beli disana minimal es kelapa muda yg harganya 13k

  15. Lokasi nya bagus bersih nyaman dan bersih air nya jernih. Bagi yang wisata ke aceh bisa bukti kan

  16. Jika anda ingin berlibur bersama keluarga tercinta dengan suasana pantai, maka lokasi tempat wisata pantai lampuuk aceh besar lah tempat lokasi yang tepat anda pilih. Disini terdapat pandangan pantai yg begitu indah dengan ditemani tebing gunung dan pasir pantai yg luas serta dapat di jadikan areal bermain pasir anak, begitu juga dengan menu hidangan makanan yg disuguhkan oleh pondok-pondok Cafee yang ada ditempat ini membuat anda tidak perlu khawatir kelaparan dan dahaga karena menu laut siap di santap. Saya senang pernah berlibur di pantai lampuuk dan saya merasa ingin kembali menjadikan tempat tersebut sebagai tujuan liburan saya kembali bersama keluarga. Warga ditempat lokasi wisata lampuuk juga sangat ramah kepada pelancong/pendatang dan sehingga kita dapat merasa nyaman berada di lokasi wisata tersebut. ACEH punya beribu tempat lokasi wisata yang masih asri,,,, jadi mengapa kita harus memilih yg lain?? I LOVE ACEH

Tinggalkan Balasan