Pantai Jaboi

Pantai Jaboi

Desa Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam 23526, Indonesia.

8 Ulasan

Indonesia merupakan negara agraris dan kepulauan yang menyimpan banyak kekayaan alam sekaligus keindahan alam yang melimpah. Bahkan keindahan alam Indonesia tersebar di seluruh penjuru negeri dari Sabang hingga Merauke.

Dan salah satu Kota yang memiliki keindahan pantai yang memukau terletak di ujung barat Indonesia yaitu Pulau Sabang, provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Pantai Jaboi adalah salah satu pantai yang ada di pulau Sabang, yang memiliki pemandangan yang indah. Silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Pantai Jaboi

Pantai Jaboi

Sabang diketahui merupakan sebuah kota yang terletak di ujung paling barat Indonesia. Siapa disangka bahwa kota ini ternyata menawarkan pantai-pantai yang indah dengan daya tarik dan karakteristik tersendiri bagi para wisatawan.

Secara administratif Pantai Jaboi terletak di  Desa Gampong Keuneukai dan merupakan bagian dari Kecamatan Sukajaya.

Pantai Jaboi sebenarnya sama layaknya seperti obyek wisata lokal lainnya dimana wisatawan di tempat ini bisa mendapatkan suasana yang hangat dan juga damai-nya pantai.

Hal yang unik dari Pantai Jaboi bukan hanya keindahan alamnya saja yang ditawarkan namun juga terdapat kolam air panas. Anda dapat bersantai dan di tempat ini setelah berkeliling dan menjelajahi kawasan wisata Pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Jaboi

Untuk mendapatkan liburan yang berkualitas serta menyenangkan tak selalu dengan biaya yang mahal. Contohnya di wisata Pantai Jaboi ini dimana Anda tidak perlu untuk membeli tiket masuk saat memasuki area kawasan wisata ini.

Anda dapat menikmati semua keindahan yang ada di Pantai Jaboi ini tanpa dipungut biaya sepeser-pun. Dengan segala panorama yang ada, pembebasan harga tiket adalah salah satu bentuk kemudahan untuk para wisatawan saat memasuki obyek wisata Pantai Jaboi.

Pantai Jaboi juga tidak menetapkan jam buka tutup, yang artinya Anda diperbolehkan datang setiap saat dan tanpa batasan waktu.

Rute Menuju Pantai Jaboi

Rute Pantai Jaboi Sabang

Alamat pantai Jaboi ini tepatnya berada di Desa Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam.

Apabila Anda memulai perjalanan dari Kota Sabang maka Anda bisa memakai layanan transportasi umum yang disediakan oleh lokal dan mengambil arah ke Kecamatan Sukajaya.

Dari Sukajaya kemudian Anda bisa melanjutkan ke arah selanjutnya yaitu Desa Gambong Keuneukei yang langsung mengarah Pantai Jaboi.

Seluruh perjalanan Anda dari kota hingga mencapai Pantai Jaboi kira-kira akan membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan jarak tempuh sejauh 14,8 kilometer. Bahkan Anda bisa menghemat waktu apabila mengambil Jalan Bypass.

Obyek Wisata Pantai Jaboi

Pantai Jaboi merupakan salah satu obyek wisata yang yang terletak di Kota Sabang yang memiliki garis pantai dengan hamparan pasir yang cantik dan juga perairan yang dangkal.

Uniknya ditempat ini juga  terdapat pemandian air  panas yang cukup dikenal bahkan bukan hanya masyarakat lokal saja namun juga turis asing.

Anda dapat bersantai sekedar menikmati pemandangan laut untuk melihat gelombang ombak-nya yang moderat dan juga warna air laut-nya yang biru muda di garis Pantai Jaboi.

Hembusan angin laut yang terasa kencang dan juga hangatnya udara laut akan menambah Anda betah saat berkunjung di pantai ini.

Tak hanya memiliki pemandangan indah, namun pantai Jaboi juga memiliki potensi yang besar. Anda bisa menjelajahi serta melakukan aktivitas menyenangkan di kawasan wisata ini:

1. Menikmati Pemandangan Alam

Pantai Jaboi Sabang

Tak dipungkiri pemandangan yang dimiliki Pantai Jaboi sangatlah indah. Dengan bentangan pasir putih dipadukan dengan jernihnya air dan warna airnya yang biru menambah pantai ini semakin eksotik.

Belum lagi deretan pepohonan yang berada di bibir pantai dan juga batu karang-nya yang tersebar di sepanjang pantai seakan membuat suasana bertambah syahdu.

Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan bersantai di pinggirnya sekedar menikmati semilir-nya angin dan hangatnya udara  Pantai Jaboi ini.

2. Hamparan Pasir Putih

Wisata Pantai Jaboi Sabang Aceh

Pasir putih yang dimiliki Pantai ini merupakan fitur utama yang disajikan di kawasan wisata yang satu ini. Tekstur pasir yang dimiliki Pantai Jaboi ini sangatlah lembut sehingga Anda bisa merasa aman saat melakukan berbagai aktivitas saat berkunjung ke kawasan ini.

Kegiatan menarik seperti bermain pasir dengan membuat istana atau permainan lainnya, Anda juga dapat melakukan kegiatan menarik lainnya seperti berjalan kaki menyusuri bibir pantainya sambil menikmati pemandangan dari ujung ke ujung.

3. Berenang

Wisata Pantai Jaboi Sabang

Pantai ini lumayan dangkal dan memiliki air yang cukup jernih. Obyek wisata Pantai Jaboi merupakan spot yang menarik untuk dijadikan tempat bermain air bagi anak-anak atau berenang.

Melihat kesegaran airnya pasti akan menggoda siapapun untuk menceburkan diri untuk bermain serta menikmati sensasi segarnya air Pantai Jaboi.

4. Snorkeling

Snorkeling Di Pantai Jaboi

Jangan lupa untuk menikmati pemandangan bawah laut yang dimiliki Pantai Jaboi ini. Terdapat banyak terumbu karang yang cantik dan juga biota laut-nya yang patut Anda nikmati dengan melakukan aktivitas snorkeling di Pantai Jaboi.

5. Pemandian Air Panas

Pemandian Air Panas Pantai Jaboi Sabang

Daya tarik utama selain pasir putih Pantai Jaboi adalah adanya fitur pemandian air panas yang terdapat di kawasan wisata ini.

Pemandian air panas Pantai Jaboi menjadi tempat singgah yang sempurna setelah seharian Anda melakukan aktivitas di pantai untuk mengembalikan stamina.

Air panas yang dihasilkan pemandian ini dihasilkan dari mata air yang berasal dari celah bebatuan yang ada di Gunung Api Jaboi. Gunung ini terletak di depan kawasan pemandian air panas yang memiliki jarak kurang lebih 5 kilometer jauhnya.

Oleh pengelola, air panas yang dipancarkan tersebut dialirkan menggunakan pipa khusus yang tetap menjaga kehangatan hingga air sampai ke kolam.

Warna air ini kecoklatan ketika keluar karena mengandung belerang. Namun akan menjadi kehijauan dikarenakan setelah beberapa menit kandungan belerang akan mengendap di dalam kolam.

Masyarakat mempercayai jika berendam di kolam air panas tersebut akan bermanfaat bagi tubuh karena kandungan belerang yang dimiliki. Air  tersebut dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti rematik serta penyakit-penyakit kulit lainnya.

Terdapat dua kolam yang disediakan di pemandian ini untuk wisatawan dan juga terdapat dua bak yang telah di pagar. Dua bak yang di pagar tersebut disediakan untuk kebutuhan warga sekitar.

Kolam pemandian air panas tersebut bahkan menyediakan berbagai fasilitas pendukung demi kenyamanan pengunjung. Fasilitas itu seperti toilet, kamar mandi dan juga kamar ganti.

Kolam ini bahkan menyajikan pemandangan yang menarik dan suasana yang segar. Anda dijamin akan merasa betah untuk berlama-lama untuk berendam di pemandian air panas Pantai Jaboi ini.

Fasilitas di Pantai Jaboi

Pantai Jaboi sudah menjadi salah satu pantai yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal atau mancanegara. Di pantai ini sudah terdapat beberapa fasilitas umum seperti:

  • Tempat Parkir
  • Kamar Mandi dan Toilet
  • Mushola
  • Warung Makan

Terdapat beberapa warung-warung penjual makanan dan minuman di obyek wisata Pantai Jaboi ini. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan saat berkunjung di kawasan wisata ini.

Namun mengenai fasilitas pendukung lainnya, Pantai Jaboi memang perlu adanya pembenahan mengingat potensi yang dimiliki obyek wisata ini sangat besar sekali.

Jika Anda sedang berkunjung ke kota Sabang, jangan lupa singgah ke pantai Jaboi ini. Anda juga dapat mengunjungi pantai lainnya di Aceh, seperti Pantai Anoi Hitam atau Pantai Kasih.

Demikian ulasan seputar wisata Pantai Jaboi di Sabang, Naggroe Aceh Darussalam. Jika Anda belum menentukan destinasi wisata untuk akhir pekan ini, maka Pantai Jaboi merupakan pilihan yang sempurna untuk destinasi Anda selanjutnya.