Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga

Desa Ie Meulee, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam 23521, Indonesia.

16 Ulasan

Indonesia dikenal memiliki banyak keindahan alam hingga dikenal sampai luar negeri. Keanekaragaman telah menjadi keunikan dan daya tarik bagi wisatawan mancanegara untuk mengunjungi Indonesia.

Keindahan alam Indonesia seakan tidak ada habisnya jika dibahas, tersebar di seluruh bumi nusantara dari Sabang hingga Merauke. Dari mulai wisata gunung, taman hingga pantainya yang bahkan tak diragukan lagi keindahannya.

Dan kali Anda akan dibawa ke sebuah pulau yang terletak di ujung barat dimana pulau tersebut banyak sekali menyimpan keindahan alam yang menakjubkan. Pulau tersebut adalah Pulau Weh yang memang dikenal memiliki wisata alam yang menakjubkan.

Salah satu keindahan yang ada di Pulau Weh adalah wisata Pantai Sumur Tiga yang merupakan wisata favorit bagi wisatawan.

Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga merupakan sebuah obyek wisata yang berada di Desa Gampong di Pulau Weh, Provinsi Aceh. Wisata pantai ini dikenal memiliki pemandangan indah dimana berpasir putih yang dipadukan dengan warna air laut-nya yang biru kehijauan.

Pantai ini diberi nama Pantai Sumur Tiga karena konon  di pantai tersebut terdapat 3 sumur yang berada di dekat pantai. Konon sumur tersebut dulunya mengeluarkan air tawar walaupun letaknya dekat dengan laut.

Namun sekarang sumur tersebut sudah tak berfungsi lagi dan telah dianggap sebagai peninggalan sejarah di pantai tersebut.

Suasana di Pantai Sumur Tiga sangat menenangkan jiwa, nyiur pohon kelapa yang dihembuskan oleh angin laut akan membuat Anda terbius saat bersantai di pasir putihnya.

Terdapat sebuah situs peninggalan Jepang berupa benteng-benteng bekas bangunan pertahanan Jepang meskipun keadaannya kurang terawat.

Harga Tiket Masuk Pantai Sumur Tiga

Untuk mendapatkan wisata yang bagus Anda tidak selalu mengeluarkan budget yang mahal, seperti wisata Pantai Sumur Tiga ini. Anda tidak akan dikenakan biaya masuk alias gratis untuk dapat menikmati keindahan alam Pantai Sumur Tiga.

Anda dapat mengakses Pantai Sumur Tiga kapanpun Anda mau. Karena  pengelola pantai tidak menetapkan jam batasan buka tutup pantai yang berarti wisata Pantai Sumur Tiga buka selama 24 jam.

Rute Menuju Pantai Sumur Tiga

Rute Pantai Sumur Tiga

Alamat Pantai Sumur Tiga tepatnya berada di Desa Ie Meulee, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam.

Dari Kota Sabang menuju ke lokasi Pantai Sumur Tiga berjarak kurang lebih 2,4 kilometer. Anda dapat mengambil jalur terbaik dengan dengan melalui Jalan Cik Ditiro dan Jalan Agus Salim.

Waktu yang diperlukan dari Kota Sabang menuju Pantai Sumur Tiga kurang lebih 15 menit lamanya. Dari Kota Sabang, Anda hanya tinggal berjalan ke arah Sukajaya dan kemudian menuju Desa Le Mulee.

Apabila Anda berada di bundaran depan The Sago yaitu sebuah warung kopi maka Anda tinggal menjalankan kendaraan Anda ke arah kanan. Namun jika Anda tidak membawa kendaraan maka Anda bisa menggunakan jasa tukang becak.

Obyek Wisata Pantai Sumur Tiga

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa nama Pantai Sumur Tiga berasal dari beberapa sumur yang berada di sepanjang garis pantai ini.

Sumur-sumur yang berada di pantai ini menyimpan keunikan tersendiri karena memiliki air yang tawar walaupun posisinya berdekatan dengan air laut.

Hal tersebutlah yang membuat warga sekitar pantai mengandalkan kebutuhan air minum mereka dari sumur-sumur tersebut. Bahkan sumur yang ada di pantai ini bukan hanya tiga namun lima.

Mitos-nya sumur-sumur tersebut terhubung langsung dengan Danau Aneuk Laot yang merupakan sumber utama air tawar untuk masyarakat yang berada di Pulau Weh.

Selama di pantai ini, Anda juga bisa melakukan banyak aktivitas pantai yang menyenangkan, banyak keunikan yang bisa Anda jelajahi di pantai ini, diantaranya:

1. Menikmati Keindahan Alam

Pantai Sumur Tiga Sabang

Pantai Sumur Tiga disebut juga Hawai-nya Indonesia dimana keindahannya memang begitu memukau. Karakteristik pantainya juga berbeda dengan pantai lainnya dimana Pantai Sumur Tiga ini memiliki tekstur pantai yang lebih putih dan juga berkilau namun lembut.

Pantai dengan airnya yang jernih serta berwarna biru kehijauan membuat siapapun terpesona akan keindahannya yang menenangkan jiwa. Belum lagi nyiur pepohonan kelapa yang terkena hembusan angin laut seakan membuat kita semakin betah berlama-lama di pantai Sumur Tiga ini.

2. Diving dan Snorkeling

Diving Di Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga memiliki warna air laut yang biru kehijauan yang menunjukkan bahwa kehidupan alam bawah laut-nya masih terjaga dengan sangat baik.

Tentu saja bagi Anda yang menyukai keindahan alam bawah laut tidak akan melewatkan momen diving dan snorkeling di Pantai Sumur Tiga yang menakjubkan.

Anda dapat menjelajah kehidupan bawah laut-nya dimana Anda akan menemukan terumbu karang yang sangat indah. Ekosistem Pantai Sumur Tiga juga masih terjaga sehingga Anda akan dapat melihat ikan-ikan juga penghuni lainnya yang berenang kian kemari.

3. Bermain Pasir

Wisata Pantai Sumur Tiga

Hamparan pasir-nya yang bersih dan putih akan membuat siapapun tergoda untuk menjelajah pasir-nya. Anda dapat melakukan kegiatan menyenangkan seperti bermain istana pasir atau permainan pasir lainnya.

Bahkan saking cantik dan lembutnya pasir Pantai Sumur Tiga ini menjadi salah satu tempat favorit untuk tempat bersandar atau tempat mengistirahatkan punggung. Aktivitas seperti berjemur adalah hal menyenangkan yang bisa Anda lakukan di Pantai Sumur Tiga ini.

4. Benteng Sejarah

Wisata Pantai Sumur Tiga Aceh

Menurut sejarah Kota Sabang merupakan lokasi persinggahan pertama kali Jepang saat tiba di Indonesia. Jepang tercatat tiba di Pulau Weh pada tanggal 11-12 Maret, tahun 1942 pada saat Perang Dunia II sedang berlangsung.

Saat Jepang datang, benteng-benteng mulai dibangun untuk pertahanan menghadapi Perang Pasifik di seluruh pesisir pantai. Hal ini dikarenakan Sabang merupakan kota yang strategis untuk digunakan sebagai wilayah pertahanan.

Dan di Pantai Sumur Tiga inilah Anda dapat melihat lebih dekat benteng pertahanan yang dibangun oleh Jepang, walaupun bangunannya tidak utuh lagi.

5. Kuliner

Obyek wisata Pantai Sumur Tiga juga menwarkan banyak sekali menu kuliner yang siap untuk menggoyang lidah Anda. Anda bisa memilih berbagai jenis hidangan kuliner yang tersedia sambil menikmati keindahan alam Pantai Sumur Tiga.

Fasilitas di Pantai Sumur Tiga

Fasilitas Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga menawarkan keindahan alam dengan habitat yang masih alami. Rimbun-nya pepohonan kelapa yang berada di bibir pantai membuat suasana pantai ini terlihat teduh dan menyejukkan pemandangan mata.

Perhatian pemerintah sendiri kepada obyek wisata Pantai Sumur Tiga sudah cukup baik. Hal ini diwujudkan dengan dibangunnya sarana dan juga prasarana yang cukup lengkap sehingga Anda tak perlu khawatir mengenai fasilitas pendukung saat berada di kawasan wisata ini.

Hal ini juga senada dengan apa yang dilakukan masyarakat setempat, dimana mereka turut menjaga sarana dan prasarana tersebut agar tetap berfungsi dengan baik.

Sarana dan prasarana tersebut antara lain adalah lahan parkir yang cukup luas sehingga bisa menampung hingga puluhan mobil wisatawan yang berkunjung ke area ini.

Anda juga tidak perlu khawatir akan kelaparan ketika berkunjung ke pantai ini. Di tempat ini Anda dapat dengan mudah menemukan warung-warung makan yang menjual makanan dan minuman yang siap memanjakan lidah Anda.

Di bagian ujung utara Pantai Sumur Tiga adalah pantai terbuka dimana oleh pemerintah setempat membangun gerbang masuk untuk para wisatawan yang berkunjung.

Sementara itu di sepanjang sisi pantai sebelah utara telah disediakan gubuk-gubuk kecil seperti saung dimana Anda dapat memanfaatkannya untuk bersantai.

Apabila Anda ingin menginap di kawasan wisata ini maka Anda tak perlu bingung mencari penginapan, karena ada banyak penginapan yang tersedia di sekitas obyek wisata Pantai Sumur Tiga.

Jika Anda sedang berkunjung ke pulau Sabang ini, jangan lupa untuk singgah ke pantai Sumur Tiga ini. Anda juga dapat mengunjungi pantai-pantai lainnya seperti Pantai Anoi Itam atau Pantai Tapak Gajah.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Sumur Tiga di Sabang ini. Bukan hanya keindahan alam saja yang bisa Anda dapatkan saat mengunjungi tempat ini, namun juga wisata sejarah dimana Anda bisa mengenang dan juga belajar sejarah di obyek wisata Pantai Sumur Tiga ini.

16 Ulasan untuk Pantai Sumur Tiga, Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam

  1. Finally,… Love this place ♥️ sayangnya penginapan di fredi suka terbatas tempatnya waktu liburan, untuk pantainya cakep banget!

  2. Keindahan pemandangan disini sangat bagus, hamparan laut yang luas disertai dengan jernihnya perairan disekitar pulau membuat mata betah untuk menatapnya berlama-lama, terdapat karang – karang hitam kering yang berada di tebing laut, sangat indah namun anda harus berhati-hati jangan tergelincir atau pun jatuh karena sangat tajam, airnya sangat jernih, anda bahkan dapat melihat karang-karang yang besar dan ikan-ikan yang sedang berenang disekitarnya.

  3. Pemandangan nan indah dg pantai yg bersih ditunjang dg air laut yg bening bak mutiara….Urusan nginap, The Point menjadi pilihan yg sangat cocok…

  4. Ini pantainya bagus banget, airnya masih jernih, warna pasirnya putih bersih. Saat itu, tidak banyak pengunjung yang datang ke pantai ini jadi cocok banget untuk mencari ketenangan. Disini cuacanya panas terik sekali, ada 1 pendopo untuk tempat berteduh jika hanya ingin menikmati pantai dari kejauhan.

  5. Hampir semua orang yang memutuskan untuk datang ke Sabang karena mendengar cerita tentang keindahan pantainya. Sumur Tiga merupakan salah satu pantai terindah dan terpanjang yang terletak di timur Pulau Weh. Pantai berpasir putih ini telah menjadi lokasi bersantai favorit warga lokal sejak dahulu. Akan tetapi baru setelah tsunami 2004 para pengusaha penginapan melirik daerah ini sebagai salah satu objek wisata yang menjanjikan selain Iboih dan Gapang. Saat ini telah banyak usaha yang bergerak di bidang wisata di sini seperti penginapan, tempat makan, persewaan alat snorkelling dan banana boat. Bahkan beberapa penginapan terbaik di Sabang ada di sini.. . Pantai ini dinamakan Sumur Tiga karena di sepanjang pantai ini terdapat tiga sumur yang terpisah beberapa ratus meter satu sama lain. Sumur-sumur ini sejak dahulu sudah digunakan oleh masyarakat setempat sebagai sumber air bersih atau sekedar membasuh badan dari asinnya air laut. Walaupun berjarak hanya beberapa meter dari pantai, sumur-sumur ini memiliki air yang sangat tawar dan segar.. . Karena terletak di sisi timur Pulau Weh, di pagi hari pantai ini langsung terpapar dengan sinar matahari. Jika anda menikmati suasana pantai di bawah sinar mentari, maka pagi hingga siang hari adalah saat yang tepat bagi anda berada di pantai ini. Akan tetapi jika anda ingin menghindari kontak langsung dengan sinar matahari, maka waktu terbaik untuk berada di pantai adalah setelah pukul 3 sore karena matahari telah berada di belakang bukit yang menjulang setelah garis pantai.. . Sebagaimana pantai berpasir putih lainnya, pemandangan bawah laut di Sumur Tiga tidak seindah pantai lain di Sabang. Akan tetapi, jika anda berenang sekitar 20 meter dari pantai atau ke arah batu karang di sebelah selatan pantai, anda dapat menyaksikan lebih banyak koral, ikan dan biota laut lainnya yang berwarna-warni.. . Pemandangan tersebut dapat anda nikmati dengan bersnorkeling. Jika anda tidak membawa alat snorkelling sendiri, di ujung utara pantai terdapat dua tempat penyewaan alat snorkelling dan banana boat yang biasa beroperasi setiap Sabtu dan Minggu. Aktivitas lainnya yang cocok dilakukan di pantai ini adalah olah raga pantai seperti volley, sepak bola, laying-layang dan lainnya. Hal ini memungkinkan karena didukung oleh pantai yang luas dan berpasir halus. Tetapi saat air pasang mencapai titik tertinggi, aktivitas-aktivitas ini mejadi agak terbatas. Namun situasi ini sangat jarang terjadi hanya 1-2 hari dalam sebulan.

  6. Pantainya bagus gaes, air laut yang bersih dan pasir putunya mantul kau lah. Klen kesana akan lebih sempurna dengan penikmatan garis pantai dengan berjalan kaki ayam. Siapkan kamera mu gaesss. . Temannya indahhh. I am recomended.

  7. Viewnya indah Tidak Jauh Dari kota Sabang nya .. tempat nya bersih…saya kasih 3 bintang ya.

  8. “cantik pantai nya. View nya indah banget klo kesabang .tidak kemari rugi bangettt

  9. Ombak besar, pasir putih panjang, banyak warga yang berjualan, salah satu spot utk pilihan istirahat ketika di sabang

  10. Pantai sumur tiga ini bagus pemandangannya, bersih juga.. cmn kurang pas kalau berniat untuk maen air pantai. Karena banyak bebatuan.. . Penginapan yang bisa tembus pantai adalah freddie sumur tiga.. . Penginapan lain jg banyak d sekitar situ

  11. Pantai ini adalah pantai favorit di Sabang selain Pantai Iboih. Pas kesini 2016 tidak ada tiket masuk dan bebas biaya parkir. Pas weekend kita dihibir dengan live musik. Pantai ini seolah olah ga ada ombak… karena dangkal hingga jauh maka banyak anak-anak berenang disini. Dipantainya banyak pohon-pohon kelapa tinggi menjulang. Di sini juga banyak penginapan…. cocok buat yang mencari suasana pantai tapi gak terlalu crowded

  12. Salah satu spot view yang menarik untuk dikunjungi. Tempat makanan & minuman tersedia, Musholla masyarakat dekat sekali. WC juga ada.

  13. akses masuk ke pantai ini gratis tapi kalian setidak nya harus membeli es kelapa muda jika ingin duduk bersantai di pantai ini,pantai nya cukup eksotis banyak orang bermain air di pagi dan sore hari,tempat ini juga bagus untuk melihat matahari terbit dan bermain pasir,jangan lupa pakai sunblock ya gaess..

  14. Gatau knp, pas kesana sepi bgt jadi dapet bgt vibes pantainya. enak, bersih, air biru. kayanya pantai yg paling bagus yg aku kunjungin di sabang.

  15. Ini tempat bener bener jadi tempat yg sangat saya dan istri favoritkan.. klo di kota sabang anda hanya ingin mendapatkan suasana menhinap di cottage dan menikmati makanan nikmat.. ini tempat terbaik nya.. coba fredies bungalow deh.. tempat nya asik.. restaurant nya luar biasa.. saya sudah rasa banyak menu.. dan ya cocok semua.. yang paling rekom itu marinara pizza dan fredies favorit pizza.. ini enak bangeetttt… See you next time sumur tiga..

  16. Pantai sumur tiga Sabang adalah salah satu tempat wisata yang ada di pulau SabangnYang harus dikunjunginPantai ini terletak di kampung ie meulee, Sukajaya, Sabang, AcehnPantai ini berlokasi tepatnya di pantai timur Pulau Weh, sekitar 15 menit dari kota SabangnMenurut sejarah asal-muasal penamaan pantai sumur tiga ini karena memiliki tiga sumur air tawar di sananPantai sumur tiga ini memiliki karakteristik dengan pantai yang lain seperti pantai Gapang, iboeh, karena pasir di pantai ini lebih putih berkilau bak kristal dan juga lembut meskipun air nya sedikit ber ombak,

Tinggalkan Balasan