Pantai Ujong Kareung

Pantai Ujong Kareung

Desa Ujong Kareung, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam 23521, Indonesia.

9 Ulasan

Salah satu wilayah yang memiliki wisata bahari yang indah adalah Pulau Weh. Pulau ini terletak di ujung barat Indonesia yang menyimpan banyak panorama wisata pantai yang indah.

Sebuah pulau vulkanik yang berada di Laut Andaman ini memiliki banyak sekali destinasi wisata yang mengagumkan diantaranya adalah Pantai Ujong Kareung.

Pantai Ujong Kareung

Pantai Ujung Kareung

Pantai Ujong Kareung atau disebut juga Pantai Ujung Karang adalah sebuah destinasi wisata yang terletak di Aceh. Wisata alam yang satu ini menawarkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

Pantai Ujung Kareung ini merupakan salah satu wisata favorit yang banyak dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun dari luar Aceh.

Pantai Ujong Kareung ini biasa dipenuhi oleh pengunjung saat weekend tiba atau saat hari libur nasional. Salah satu daya tarik yang membuat wisatawan mengunjungi pantai ini adalah keindahan batu cadas yang dibalut dengan air laut yang berwarna hijau tosca.

Pantai ini terletak di pesisir selatan Pulau Sumatera dan menghadap ke arah timur, sedangkan posisi pantai yang di selatan berhadapan langsung ke arah Samudera Hindia.

Nama Pantai Ujong Kareung mengambil dari bahasa Aceh yang memiliki arti ujung karang. Nama pantai ini sesuai dengan lokasi pantai yaitu di ujung Kota Sabang dimana pantai ini dipenuhi dengan batu karang.

Konon sejarah Pantai Ujong Kareung pada zaman dahulu merupakan wilayah yang dijadikan tempat pertahanan oleh pemerintah Kolonial Belanda.

Sejarah ini dibuktikan dengan adanya bangunan peninggalan pada masa tersebut yaitu Benteng Jepang yang hingga saat ini masih kokoh berdiri.

Keadaan di sekitar pantai merupakan sebuah jalan umum dimana terdapat beberapa bangunan seperti kafe, perumahan warga dan juga sebuah kantor polisi.

Di sebelah utara pantai tersebut merupakan Dermaga Perintis yang berfungsi sebagai tempat bersandar-nya kapal.

Harga Tiket Masuk Pantai Ujong Kareung

Untuk dapat masuk ke kawasan wisata di Aceh Barat ini Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 10.000.

Tarif ini berlaku saat hari biasa atau saat wekeend. Namun harga bisa berubah kapan saja mengikuti kebijakan pengelola atau pemerintah setempat.

Pantai Ujong Kareung juga membuka akses selama 24 jam, dimana Anda dapat berkunjung ke kawasan wisata ini kapanpun yang Anda mau.

Rute Menuju Pantai Ujong Kareung

Pantai Ujung Kareung Aceh

Alamat Pantai Ujong Kareung tepatnya berada di Desa Ujong Kareung, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam.

Pantai Ujong Kareung  berada di Kecamatan Sukajaya yang berjarak cukup dekat dari pusat pemerintahan Sabang yaitu kurang lebih 3 kilometer jauhnya dimana Anda dapat menjangkau-nya dengan waktu sekitar 10 menit.

Anda bisa memulai perjalanan dari pusat kota dengan mengambil rute jalan Teuku Umar untuk bisa mencapai lokasi Pantai Ujong Kareung. Akses yang dilalui selama perjalanan ke arah pantai sudah cukup bagus dan juga lebar.

Jalan ini cukup luas karena dapat dilalui oleh roda empat atau roda dua. Jalan menuju ke arah Pantai Kareung masih satu jalur menuju Pantai Lhok Gaudong, sehingga Anda dapat mengunjungi dua wisata pantai sekaligus dengan jarak yang cukup berdekatan.

Obyek Wisata Pantai Ujong Kareung

Selama berada di pantai ini, ada banyak aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan. Aktivitas-aktivitas itu diantaranya:

1. Melihat Pemandangan Pantai

Wisata Pantai Ujung Kareung

Pantai Ujong Kareung memiliki pemandangan alam yang luar biasa dimana Anda akan disuguhi biru-nya air laut dibalut dengan pepohonan yang berderet di tepian pantainya. Hal tersebut membuat suasana di pantai ini terasa sejuk dan juga teduh.

Dan sesuai dengan namanya ke-eksotisan pantai ini disempurnakan oleh susunan batuan karang yang menghiasi tepian pantainya. Pesisir Pantai Ujong Kareung memang tidak memiliki pasir dimana dibangun struktur beton Tatrapod yang mana berfungsi untuk melindungi wilayah daratan dari erosi terjangan gelombang laut.

Ukuran batu karang di kawasan wisata ini lumayan cukup besar dan membentuk cekungan yang unik, kondisi alam yang berbeda inilah yang menjadikan Pantai Ujong Kareung memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

2. Berenang

Pantai Ujung Kareung Sabang

Pantai Ujong Kareung memiliki ombak yang tidak terlalu besar sehingga cukup aman untuk Anda melakukan aktivitas bermain air dan juga berenang.

Jernihnya air laut Pantai Ujong Kareung tentu akan menjadi godaan tersendiri untuk segera merasakan kesegaran airnya dengan menceburkan diri ke laut.

Namun bagi Anda yang tidak terlalu pandai berenang maka Anda bisa menggunakan pelampung. Atau Anda dapat melakukan manuver yang cukup memacu adrenalin dengan cara berdiri dibatuan karangnya dan kemudian melompat ke air.

Hal ini tentu sangat menyenangkan yang akan menjadi sebuah pengalaman menarik tersendiri untuk Anda saat berkunjung di Pantai Ujong Kareung.

3. Menikmati Sunset dan Sunrise

Sunset Di Pantai Ujung Kareung

Tata letak Pantai Ujong Kareung yang strategis membuat Anda bisa menyaksikan dua panorama keindahan pantai sekaligus. Dikarenakan pantai ini menghadap ke timur maka Anda bisa menyaksikan keindahan terbitnya matahari saat pagi hari

Namun saat senja hari Anda bisa bergeser ke sisi barat pantai  untuk menyaksikan fenomena sunset yang tentu akan menjadi momen favorit yang ditunggu para traveller pecinta pantai.

Jangan lupa mengabadikan momen terbaik Anda ke dalam jepretan kamera yang kemudian di ungggah ke akun sosial media Anda.

4. Snorkeling

Snorkeling Di Pantai Ujung Kareung

Selain keindahan alam kawasan pantainya, Pantai Ujong Kareung juga memiliki keindahan bawah laut yang mempesona.

Anda dapat melakukan aktivitas snorkeling di Pantai Ujong Kareung dan menyaksikan keindahan karang bawah laut serta keanekaragaman biota laut Ujong Kareung.

5. Memancing

Memancing adalah salah satu kegiatan yang dilakukan wisatawan di Pantai Ujong Kareung. Anda tidak perlu risau akan kelengkapan untuk memancing karena di kawasan wisata pantai ini juga menyewakan peralatan untuk aktivitas memancing Anda.

Fasilitas di Pantai Ujung Kareung

Seperti yang telah diungkapkan bahwa Pantai Ujong Kareung merupakan pantai favorit dan cukup populer di wilayah Kabupaten Sabang.

Kondisi pantai Ujong Kareung yang berdekatan dengan  Pantai Lhok Geudong membuat kedua pantai ini terhubung satu sama lain disisi sebelah utara.

Keadaan  alam di Pantai inipun cukup indah, dimana disekitar pantai terdapat pepohonan yang berderet indah dan juga tersedia gubug yang bisa Anda manfaatkan untuk beristirahat dan juga bersantai sambil menikmati panorama pantai.

Terdapat juga beberapa fasilitas pendukung di kawasan Pantai Ujong Kareung, diantaranya tersedianya kafe dan juga warung-warung penjual makanan dan minuman yang siap menggoda lidah Anda.

Makanan yang disediakan juga cukup beragam seperti menu seafood dan juga berbagai makanan khas daerah Kabupaten Sabang ini.

Jika Anda berkunjung ke pulau Sabang, silahkan kunjungi Pantai Ujung Kareung ini. Anda juga dapat mengunjungi pantai lainnya yang berada di Sabang ini, seperti Pantai Sumur Tiga atau Pantai Anoi Itam.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Ujung Kareung di Sabang, Naggroe Aceh Darussalam. Bagaimanapun juga Pantai Ujong Kareung ini adalah sebuah obyek wisata yang layak untuk dimasukkan ke dalam daftar destinasi liburan Anda selanjutnya.

9 Ulasan untuk Pantai Ujong Kareung, Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam

  1. Pantai yang indah

  2. asri dan indah

  3. Pantai

  4. gradasi warna biru yg masyaa Allah indaaaah bangettt

  5. Spot foto yang bagus, tempat yang asik. Tapi àda sampah yang berserakan. Spertinya pelaku yang buang sampah sembarangan masi butuh sekolah karena masih kurang ajar. Hehehe. . Smoga kita sama-sama bisa menjaga keindahan alam aceh tercinta.. . Sangat mudah menjaga kebersihan. . Setelah makan dan minum, tapi tidak menemukan tempat sampah, simpan diplastik lalu kantongi, nanti kalo dah ada tempat sampahnya, barulah dibuang ke tempat sampah yang disediakan.. . Kalo sampahnya basah, simpan di plastik dulu, sangkut di kendaraan atau biarkan dalam mobil dulu. Ntàr dibuang ke tempatnya kalo dah nemu tempat sampah.. . Simpel kan? Kita pasti bisa.

  6. Salah satu wisata di Gampong Ujong Kareung adalah Pantai Ujung Kareung, pantai ini dikatakan sangat berbeda dengan pantai lainnya yang menyajikan pasir putih yang panjang, namun di pantai ini justru banyak sekali bebatuan di sekitar bibir pantai yang ukurannya cukup besar. Sehingga banyak sekali cekungan-cekungan unik di pinggiran pantai. Kebiasaan orang berkunjung ke Pantai Ujung Kareung biasanya untuk menyalurkan hobi mereka seperti memancing karena Ujong Kareung memiliki pantai yang strategis untuk memancing. Hal ini dikarenakan memancing sambil menikmati panorama alam yang tak pernah terlintas sebelumnya, tentu saja ini akan menjadi aktivitas paling menyenangkan sepanjang liburan berlangsung. Selain pantai yang indah, kita juga bisa menikmati wisata lainnya seperti Batu Daun dan Taman Laut serta masih banyak wisata lainnya yang sangat menarik di gampong yang satu ini.

  7. “View nya kece abis 😊
    Tapi kalau mau foto2 harus hati hati ya jangan terlalu kepinggir karangnya tajam2 dan ombak nya besar

  8. Pantai yang indah, bersih, jernih dengan degradasi biru dan hijau toska serta balutan nyiur pohon kelapa di pinggir pantai, tampak lebih mempesona memanjakan mata, letaknya sebelah timur kota Sabang, dan berdekatan dengan pantai Anoi itam, sehingga cukup ramai pengunjung, apalagi disini banyak fasilitas pendukung yang cukup lengkap, resort dan bungalow, pokokknya sayang kalau terlewatkan ketika berkunjung ke Sabang

  9. Bagus, Asri Banyak Batu Karang

Tinggalkan Balasan