Pantai Anoi Itam

Pantai Anoi Itam

Desa Anoi Itam, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam 23524, Indonesia.

12 Ulasan

Aceh adalah sebuah provinsi yang berada di ujung barat Indonesia yang mempunyai potensi kekayaan wisata yang melimpah. Kekayaan wisata tersebut mulai dari wisata edukasi, wisata alam, kuliner hingga kekayaan leluhur yang masih dijunjung tinggi hingga saat ini.

Provinsi yang juga dikenal dengan julukan serambi mekah ini memiliki banyak wisata pantai dengan panorama yang indah hingga dikenal di mancanegara. Bahkan di Kota Sabang yakni kota yang berada di ujung Provinsi Aceh tersebut memiliki beberapa pantai yang dengan keunikan tersendiri.

Pantai-pantai tersebut terdapat di Pulau Weh seperti Pantai Ujong Kareung dengan pesona cadas karang-nya. Pantai Jaboi yang terkenal pemandian air panasnya, serta ada satu lagi wisata pantai yang memiliki pesona unik lainnya yaitu Pantai Anoi Itam.

Pantai Anoi Itam

Pantai Anoi Itam

Dari semua pantai-pantai indah yang berada di Kota Sabang, mungkin Pantai Anoi Itam adalah pantai yang paling unik. Pantai ini memiliki tekstur pasir yang tak biasanya yakni berwarna hitam.

Keeksotisan Pantai Anoi Itam inilah yang membuatnya meraih predikat sebagai salah satu pantai tercantik di Indonesia versi majalah Garuda Indonesia.

Pantai yang dijuluki oleh masyarakat sekitar dengan ‘Hitam Manis’ ini merupakan salah satu wisata pantai unggulan di Provinsi Aceh.

Banyak wisatawan yang datang karena penasaran dengan keunikan tekstur pasir pantai yang dimiliki oleh Pantai Anoi Itam. Keindahan Pantai ini bahkan disempurnakan oleh pemandangan di sekitar pantai yang kehijauan dan juga air laut-nya yang terlihat bening.

Harga Tiket Masuk

Anda dapat menikmati keindahan Pantai Anoi Itam dengan hanya membayar harga tiket seharga Rp 10.000. Tiket yang Anda dapatkan tersebut bisa Anda tukarkan dengan air mineral saat berada di pintu keluar resort.

Rute Menuju Pantai Anoi Itam

Wisata Pantai Anoi Itam

Alamat Pantai Anoi Itam tempatnya berada di Desa Anoi Itam, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam.

Akses menuju Pantai Anoi Itam sudah cukup bagus dan mudah dilalui. Jarak dari Kota Sabang sendiri ke lokasi wisata adalah sekitar 13 kilometer jauhnya.  Anda hanya tinggal mengikuti jalur timur, sampai kemudian tiba di Pantai Sumur Tiga dan sampai di lokasi wisata.

Disini Anda dapat menyewa kendaraan seperti motor atau mobil untuk sampai ke lokasi tujuan. Harga sewa kendaraan terbilang murah namun harga tersebut berdasarkan jenis mobil atau motor yang dipilih.

Dari Banda Aceh Anda dapat memakai kapal ferry atau speed boat dari Pelabuhan Ulee Lheue sampai Lokasi Pantai Anoi Itam.

Obyek Wisata Pantai Anoi Itam

Keunikan yang dimiliki Pantai Anoi Itam pastinya menjadi daya tarik tersendiri untuk para traveller baik lokal maupun turis asing.

Selain berbagai fasilitas yang bisa Anda nikmati, ada berbagai aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan bersama orang terkasih di Pantai Anoi Itam ini.

1. Menikmati Pemandangan Alam

Obyek Wisata Pantai Anoi Itam

Pantai Anoi Itam ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan juga menawan, dimana pasir-nya berwarna hitam berkilau dan juga memiliki air yang jernih dan biru kehijauan.

Perpaduan warna biru-nya air laut dan juga pasir yang seakan kontras dengan batu kapur yang berwarna putih. Ditambah dengan hijau-nya pepohonan yang menghiasi tepian pantai.

Batu-batu karang yang terletak di ujung pantainya seakan menambah kesempurnaan keindahan yang dimiliki Pantai Anoi Itam ini.

Kecantikan Pantai Anoi Itam semakin terlihat indah dengan bentangan Samudra Hindia dan Gunung Seulawah yang berdiri kokoh di Pulau Weh. Tentu pemandangan indah ini akan membuat siapa saja terpesona saat melihatnya.

Belum habis sampai disitu Anda bisa menaiki bukit yang terletak di sekitar pantai. Anda akan dapat menyaksikan pemandangan dari atas bukit yang terlihat sangat mempesona.

Melihat pemandangan cantik dengan gradasi warna air laut Anoi Itam yang berwarna biru kehijauan dengan background Gunung Seulawah dari kejauhan.

2. Berenang

Berenang Di Pantai Anoi Itam

Saat angin musim barat, batu-batuan yang ada di bibir Pantai Anoi tersebut naik ke pantai yang menyebabkan pasir-nya berkurang. Sedangkan saat musim angin timur pasir akan terasa lebih tebal dan kehitaman dimana batu-batuan ikut menghilang.

Dan saat inilah waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas bermain air atau berenang di airnya yang jernih dan juga bersih menyegarkan.

Setelah selesai bermain air Anda bisa duduk- duduk bersantai menikmati semilir-nya angin di bawah pohon dan merasakan keteduhan dan kesejukan udara laut Anoi Itam.

3. Diving dan Snorkeling

Diving Di Pantai Anoi Itam

Anda dapat menikmati keindahan dunia bawah air laut Anoi Itam yang memang dikenal masih terjaga ekosistem-nya. Anda dapat menikmati beragam terumbu karang serta ikan-ikan yang cantik akan menjadi pengalaman yang menarik untuk Anda.

Tak perlu khawatir tentang perlengkapan diving atau snorkeling karena di Pantai Anoi Itam ini Anda dapat menyewa peralatan serta kelengkapannya mulai dari harga Rp 300.000 saja.

4. Menyusuri Pasir Hitam

Pantai Anoi Itam Sabang

Anda akan dapat merasakan sensasi yang menentramkan saat berjalan kaki menyusuri Pantai Anoi Itam yang berada di Pulau Weh ini.

Butiran pasir yang memang berukuran lebih besar ukuran pasir normal pada umumnya akan terasa hangat di kaki Anda sehingga akan membuat Anda betah menghabiskan waktu di Pantai Anoi Itam ini.

5. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Anoi Itam

Anda yang berburu fotografi bisa melakukan perburuan foto-foto dengan background yang menarik di Pantai Anoi Itam ini. Pantai yang merupakan salah satu pantai tercantik di Indonesia sehingga Anda bisa menjelajah keindahannya dari sudut mana saja.

Salah satu momen yang tepat untuk mengambil photo adalah saat-saat mau tenggelam-nya matahari di seberang lautan. Pemandangan langit saat itu sangat indah dan memukau. Momen ini sangat tepat untuk dijadikan background dari photo Anda.

6. Situs Sejarah

Peninggalan Sejarah Di Pantai Anoi Itam

Anda dapat menemukan situs peninggalan pada masa penjajahan Jepang berupa Benteng Pertahanan saat Perang Dunia kedua. benteng ini berada di bukit kawasan Pantai Anoi Itam.

Situs sejarah ini  saling berkaitan dan juga terhubung dengan bungker lainnya yang terdapat di Pulau Weh.

Benteng ini menyerupai bentuk tapal kuda 1.5 meter dan menghadap ke arah laut. Setengah dari bangunan tersebut terletak di bawah tanah yang mana dilengkapi dengan meriam sepanjang 3 meter.

Pada masa penjajahan Jepang, wilayah Pantai Anoi Itam ini dijadikan markas pangkalan militer Jepang serta gudang penyimpanan persenjataan Jepang.

Hal tersebut dikarenakan Pulau Weh adalah pulau paling luar yang ada di Indonesia dimana wilayah ini cocok sebagai tempat pertahanan

7. Kuliner

Selain pantainya yang memiliki keunikan tersendiri, Pantai Anoi Itam juga dikenal sebagai surga kuliner oleh para pecinta kopi.

Banyak sekali cafe atau kedai yang menyediakan kopi khas Aceh. Kopi Aceh memang memiliki cita rasa yang khas.

Fasilitas di Pantai Anoi Itam

Selain memiliki keunikan pada warna pasir-nya obyek wisata Pantai Anoi Itam juga memiliki pemandangan yang indah. Di Pantai ini juga terdapat benteng sejarah masa lalu di yang berada di dekat area lokasi wisata.

Nama Anoi Itam sendiri diambil dari bahasa Aceh yang mana artinya pasir atau tanah yang berwarna hitam. Kemungkinan asal pasir hitam ini dari sebuah gunung aktif yang berada di Pulau Weh.

Dimana kandungan pasir-nya memiliki berat jenis yang berbeda dengan pasir hitam lainnya yang ada di pantai pada umumnya.

Kandungan nikel yang dimiliki pasir hitam di Pantai Anoi Itam ini sangat tinggi. Komposisi mineral penyusun-nya membuat berat pasir ini lebih berat sekitar tiga kali lipat berat pasir hitam pada umumnya.

Mengenai fasilitas pendukung yang disediakan di tempat ini Anda tidak perlu khawatir. Banyak terdapat warung atau kafe yang menjual berbagai menu makanan atau minuman dengan harga yang tidak menguras kantong.

Jika Anda menginginkan untuk menginap di sekitar pantai di kawasan wisata ini terdapat banyak hotel atau resort yang tersedia. Anda dapat memilih penginapan sesuai dengan budget Anda, dan harga sewanya pun cukup beragam yang dimulai dengan harga Rp 100.000 per malam.

Selain terkenal akan kopi-nya, Anda juga bisa mencicipi Rujak Aceh yang juga dikenal dengan cita rasa yang khas. Pada rujak tersebut terdapat penambahan Buah Kawista dan juga Buah Rubiah yang merupakan buah lokal Aceh.

Demikian ulasan tentang keunikan wisata Pantai Anoi Itam di Sabang, Aceh ini. Jangan lupa menyiapkan segala sesuatunya demi keamanan dan juga kelancaran selama perjalanan wisata Anda.

12 Ulasan untuk Pantai Anoi Itam, Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam

  1. Tempat tinggal yang nyaman, lokasi, fasilitas dan pelayanan yang luar biasa. πŸ‘

  2. Pantai yang unik karna satu-satunya pantai dengan pasir di sabang cuma agak mengecewakan banyak sampah di bibir pantainya

  3. Mendengar namanya mungkin asal kata anoi itam adalah pasirnya yg berwarna hitam.. Hehehe.. Karakteristik pantai yg unik dan sangat instgaramable wajib anda datangi ketika mengunjungi ke kota sabang.. Dari pusat kota sekitar 20 menit..

  4. Pantai yang asik buat acara keluarga

  5. Kita bisa melihat lautan yg luas dr benteng ini

  6. Pantai yang indah

  7. Masya Allah sungguh indah ciptaan Allah, laut yang biru bersih dan pantai yg berpasirkan putih bersih

  8. bener benar hitam pasirnya bukan abu-abu πŸ‘ŒπŸΌ Anoi bahasa Acehnya pasir benar adanya πŸ˜†

  9. Bagus rekomen banget deh

  10. Sama seperti kebanyakan objek wisata di Sabang. Lokasi tidak susah dijangkau. Lokasi dapat dijangkau dengan bantuan Google maps. Pantai bagus, hamparan pasir putih yang bertemu dengan Samudera Hindia. Namun cukup sepi dibandingkan dengan pantai yang lain. Salah satu keistemewaan ini adalah kita dapat melihat bunker jepang disini. Spot foto juga cukup instagramable. batuan penyusun adalah batu gamping terumbu.

  11. Pemandangan bagus. Kurang penanganan pemerintah untuk pariwisata

  12. Tidak ada siapapun disini lagi… Tidak tau kenapa.

Tinggalkan Balasan