Pantai Tapak Gajah

Pantai Tapak Gajah

Desa Ie Meulee, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam 23511, Indonesia.

9 Ulasan

Tak dipungkiri Indonesia memiliki banyak kekayaan alam yang juga menyimpan sejuta keindahan di bumi nusantara ini. Keindahan alam Indonesia bahkan telah mendapat pengakuan dari dunia internasional.

Keindahan alam Indonesia ini tersebar di seluruh penjuru negeri dari ujung barat hingga ujung timur pulau Indonesia. Diantara sekian banyak wisata alam yang ada di Indonesia, wisata pantai adalah salah satu wisata favorit yang ada di Indonesia.

Salah satu pulau yang memiliki wisata pantai yang indah adalah Pulau Weh yang merupakan satu pulau paling ujung di wilayah barat Indonesia. Salah satunya adalah Pantai Tapak Gajah.

Pantai Tapak Gajah

Pantai Tapak Gajah

Walau bisa dikatakan sebuah pulau yang terbilang kecil namun wisata yang ada di Pulau Weh tidak bisa dipandang sebelah mata. Pantai Tapak Gajah adalah salah satu wisata pantai dengan pemandangan menakjubkan yang ada di Pulau Weh.

Pantai ini hanya berjarak 1.5 kilometer dari pusat Kota Sabang. Di pantai ini Anda akan disuguhi dengan pemandangan yang luar biasa indahnya.

Menurut cerita, nama Desa Tapak Gajah diambil karena telah ditemukan prasasti yang berbentuk jejak kaki hewan yang tak lain adalah kaki gajah. Karena temuan tersebut maka desa ini dinamakan Desa Tapak Gajah.

Karena pantai ini berada di desa Tapak Gajah. maka pantai yang berada di lokasi ini juga dinamai Pantai Tapak Gajah.

Pantai Tapak Gajah sendiri memiliki karakter seperti pantai lainnya yang ada di Pulau Weh yakni berpasir putih dengan tekstur yang lembut. Disini Anda akan dapat melakukan banyak kegiatan menyenangkan seperti fotografi, bertamasya, hingga kegiatan menarik lainnya.

Obyek wisata Pantai Tapak Gajah ini baiknya masuk ke dalam daftar salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat berada di Kota Sabang. Hal ini dikarenakan Pantai Tapak Gajah benar-benar menyuguhkan keindahan alam yang menakjubkan.

Harga Tiket Masuk Pantai Tapak Gajah

Belum ada kisaran harga yang di tetapkan untuk bisa masuk ke kawasan wisata Pantai Tapak Gajah, yang berarti Anda bisa masuk secara gratis. Tentu saja hal ini merupakan kabar baik untuk Anda yang menginginkan wisata murah namun dengan sajian pemandangan yang indah dan menenangkan.

Walaupun tidak dikenakan tiket masuk namun Anda akan tetap dikenakan untuk biaya parkir untuk kendaraan roda dua atau roda empat.

Selain itu obyek wisata Pantai Tapak Gajah juga membuka kawasan ini selama 24 jam, jadi Anda bisa datang kapanpun yang Anda mau.

Rute Menuju Pantai Tapak Gajah

Rute Pantai Tapak Gajah

Alamat Pantai Tapal Gajah berada di Tepatnya di Desa Le Maulee, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Berada di Desa Tapak Gajah, Kota Sabang, letak pantai ini sangat dekat dengan lokasi Pantai Kasih yakni sekitar 2 kilometer jauhnya. Untuk tiba di Pulau Weh, Anda dapat menyeberang dari Kota Banda Aceh  untuk menuju ke Pelabuhan Balohan.

Setelah Anda mencapai di Pelabuhan Balohan Kota Sabang maka Anda bisa memilih salah satu angkutan umum. Angkutan umum yang dapat digunakan diantaranya  taksi, becak motor atau gojek untuk mengantarkan Anda sampai di lokasi tujuan.

Untuk mencapai lokasi wisata dari Kota Sabang, Anda hanya membutuhkan waktu 5 menit. Jarak pantai dari Kota Sabang hanya sekitar 1 kilometer sehingga Anda dapat dengan mudah mencapai lokasi wisata apapun pilihan transportasi Anda.

Sedangkan rute terbaik yang bisa Anda tempuh adalah Jalan Tengku Cik Ditiro.

Obyek Wisata Pantai Tapak Gajah

Pantai Tapak Gajah menawarkan suasana yang tenang dan juga memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Ditambah garis pantainya yang dipenuhi dengan hamparan pasir putih membuat kesempurnaan keindahan wisata Pantai Tapak Gajah ini.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di Pantai Tapak Gajah ini selain hanya bersantai menikmati pemandangan, apa saja itu, silahkan simak ulasannya berikut ini.

1. Pemandangan Pantai yang Indah

Wisata Pantai Tapak Gajah

Pemandangan yang dimiliki oleh Pantai Tapak Gajah sangatlah indah. Dengan bentangan pasir putih dipadukan dengan jernihnya air yang biru menambah pantai ini semakin menarik sebagai tempat liburan.

Ditambah dengan tumbuhnya pohon-pohon kelapa yang ada di sepanjang pantai seakan membuat pemandangan pantai bertambah menarik.

Anda bisa menikmati keindahan pantai ini dengan duduk santai di pinggir pantai atau jalan-jalan menyusuri hamparan pasir putih di Pantai tapak Gajah ini.

2. Hamparan Pasir Pantai

Wisata Pantai Tapak Gajah Aceh

Pantai Tapak Gajah  ini memiliki pasir pantai yang berwarna putih bersih dan juga disertai dengan tekstur-nya yang lembut. Kondisi ini membuat Anda bebas melakukan aktivitas tanpa takut akan terluka.

Salah satu aktivitas favorit wisatawan adalah berjalan menyusuri pasir putih sembari menikmati suasana yang tenang melihat dahan pohon kelapa yang meliuk-liuk karena hembusan angin laut.

Angin di pantai ini tidak terlalu kencang, tiupan angin-nya cukup pelan dan serasa hanya menyejukkan suhu udara pantai yang hangat. Selain itu Anda bisa melakukan kegiatan bermain pasir seperti membuat istana pasir dan berbagai permainan pasir lainnya.

3. Menikmati Sunrise dan Sunset

Sunrise Di Pantai Tapak Gajah

Pantai Tapak Gajah di Sabang ini, memiliki pemandangan yang indah saat matahari terbit dan matahari tenggelam.

Suasana sunrise dan sunset di pantai ini menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh para pengunjung pantai. Warna langit yang kuning keemasan tepat untuk dijadikan latar belakang photo Anda.

4. Diving dan Snorkeling

Diving Di Pantai Tapak Gajah

Para pengunjung yang berwisata ke Pantai Tapak Gajah ini bukan semata-mata hanya ingin piknik saja. Namun untuk melakukan kegiatan olahraga air seperti diving dan juga snorkeling.

Jangan khawatir apabila Anda tidak memiliki perlengkapan untuk hobi Anda ini. Di kawasan obyek wisata Pantai Tapak Gajah ini tersedia toko alat selam.

Selain menjual alat selam, toko ini juga menyewakan perlengkapan selam seperti baju renang, peralatan selam, tabung oksigen-nya, pelampung dan juga lengkap dengan perahu boat-nya.

Jika Anda memiliki kamera yang tahan air maka bagusnya Anda membawa dan menggunakannya selama menyelam dimana Anda bisa mengabadikan keindahan dunia bahwa laut di kawasan wisata Pantai Tapak Gajah.

Dianjurkan saat Anda melakukan olahraga air snorkeling atau diving ditemani oleh seorang pemandu atau instruktur agar lebih aman.

Terumbu karang serta ikan-ikan yang berada di alam bawah laut kawasan wisata Pantai Tapak Gajah sangat menakjubkan, sayang sekali jika Anda melewatkan kegiatan yang satu ini.

5. Hunting Photo

Pantai Tapak Gajah Aceh

Anda juga jangan melewatkan kegiatan yang satu ini, berswa foto serta mengabadikan indahnya lukisan alam akan menjadi hal yang menyenangkan. Anda bisa menjelajah keindahan Pantai Tapak Gajah dengan kamera dan membagikannya ke media sosial Anda.

Saat berkunjung di wisata Pantai Tapak Gajah ini, Anda disarankan untuk membawa peralatan P3K seperti anti septic, obat merah dan lainnya.

Hal tersebut untuk mengantisipasi jika di pantai Anda mendapatkan luka seperti  terkena kulit kerang atau tersengat binatang laut atau hal tak terduga lainnya.

Hal ini berguna demi keamanan, keselamatan dan kenyamanan Anda, dimana liburan Anda akan terasa lebih aman dan menyenangkan.

Fasilitas di Pantai Tapak Gajah

Pantai Tapak Gajah meskipun memiliki pemandangan yang sangat indah namun sepi pengunjung terutama hari-hari biasa. Hal ini dikarenakan kurangnya promosi untuk mengenalkan lebih luas obyek wisata pantai ini.

Namun hal tersebut membuat pemandangan alam di Pantai Tapak gajah ini nampak masih asri dan juga mempesona.

Di Pantai ini sudah terdapat beberapa fasilitas umum untuk kenyamanan para pengunjung. Fasilitas-fasilitas itu seperti:

  • Tempat Parkir
  • Kamar Mandi dan Toilet
  • Mushola
  • Warung Makan
  • Penginapan

Fitur menarik lainnya di Pantai Tapak Gajah ini adalah keberadaan sebuah masjid yang bernama Masjid Gampong Jumpong Keramat yang berada di dekat pantai.

Terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman di obyek wisata Tapak gajah ini. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan saat berkunjung di kawasan wisata ini.

Tidak jauh dari lokasi pantai juga banyak terdapat penginapan yang bisa Anda sewa apabila Anda menghendaki untuk menginap di kawasan wisata Pantai Tapak Gajah.

Namun fasilitas yang ada di Pantai Tapak Gajah ini perlu adanya pembenahan mengingat potensi yang dimiliki obyek wisata ini sangat besar sekali.

Jika Anda sedang berkunjung ke Sabang, jangan lupa singgah di pantai Tapak Gajah ini. Anda juga bisa mengunjungi pantai-pantai lainnya seperti Pantai Jaboi atau Pantai Ujong Kareung.

Demikian ulasan mengenai obyek wisata Pantai Tapak Gajah di Sabang, Naggroe Aceh Darussalam ini. Jangan lupa selalu menyempatkan waktu untuk berlibur bersama dengan keluarga atau orang-orang terkasih Anda.

9 Ulasan untuk Pantai Tapak Gajah, Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam

  1. Bgus sngat

  2. Sangat menyenangkan

  3. Pantainya indah bro

  4. Kereenn laut nya

  5. Pantainya asli

  6. dua puluh tahun yang lalu pantai ini ramai dikunjungi warga, tapi kini sepi dan bahkan jalan aksesnya pun sudah ditutup

  7. Tempat yang nyaman untuk.bersantai.menikmati pemandangan.laut

  8. Bagus view-nya

Tinggalkan Balasan