Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga

Desa Mon Ikeun, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Nanggroe Aceh Darussalam 23353, Indonesia.

21 Ulasan

Indonesia merupakan negara kepulauan bahari yang banyak menyimpan keindahan pantai di wilayah pesisir-nya. Pantai-pantai dengan pemandangan indah tersebut tersebar di seluruh penjuru nusantara dari Sabang hingga Merauke.

Dan salah satu wilayah yang memiliki keindahan alam yang luar biasa adalah provinsi yang terletak di ujung utara Pulau Sumatera yakni Aceh. Provinsi yang dikenal dengan Serambi Mekah ini  merupakan provinsi yang menyimpan banyak wisata alam yang indah.

Salah satu wisata yang cukup diminati di provinsi Aceh ini adalah wisata bahari dimana wilayah ujung Sumatra ini memiliki pantai dengan pemandangan yang indah. Salah satu pantai itu adalah Pantai Lhoknga.

Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga

Aceh adalah salah satu provinsi yang ada di Sumatra yang memiliki garis pantai yang sangat panjang. Tidak mengherankan apabila daerah ini mempunyai deretan pantai yang berjajar indah.

Meskipun telah diterjang tsunami pada tahun 2004 silam, sebagian wisata pantai di Aceh kini telah berbenah. dSalah satu pantai tersebut adalah Pantai Lhoknga yang merupakan salah satu tempat surfing paling favorit yang ada di Aceh.

Pantai Lhoknga sendiri secara administratif berada di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh, Aceh. Lokasi pantai yang sangat dekat Pantai Lampuuk sehingga banyak yang mengira bahwa pantai ini adalah Pantai Lampuuk.

Namun demikian meskipun hampir mirip Pantai Lampuuk dan Pantai Lhoknga memiliki keunikan dan keindahan tersendiri.  Pantai Lhoknga sendiri mempunyai panorama alam yang sangat cantik serta beberapa spot surfing yang menantang dan telah dikenal di mancanegara.

Harga Tiket Masuk Pantai Lhoknga

Untuk dapat memasuki obyek wisata Pantai Lhoknga ini, Anda diharuskan membeli tiket sebesar Rp 15.000 per orang.

Seperti halnya wisata pantai lainnya di Aceh, obyek wisata Pantai Lhoknga juga menentukan pembatasan jam buka dan tutup pantai. Ini adalah bentuk penghormatan terhadap ketaatan masyarakat setempat pada nilai syariah yang berlaku di Aceh

Pantai Lhoknga sendiri beroperasi mulai pukul 07.00 sampai pukul 17.00 waktu setempat.

Rute Menuju Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga Aceh

Alamat pantai Lokhnga ini tepatnya berada di Desa Mon Ikeun, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, propinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Untuk sampai di kawasan wisata Pantai Lhoknga ini Anda setidaknya harus menempuh jarak sekitar 20 kilometer. Jika Anda memulai perjalanan dari Banda Aceh maka akan menghabiskan waktu kurang lebih setengah jam.

Jarak Pantai Lhoknga yang tidak terlalu jauh dari ibukota Provinsi Aceh mengakibatkan akses yang digunakan untuk menuju Pantai Lhoknga ini menjadi mudah. Anda dapat menggunakan angkutan umum seperti bus, taksi, atau labi-labi yang merupakan salah satu kendaraan unik di Aceh.

Apabila Anda menggunakan labi-labi maka Anda harus mengambil rute Aceh โ€“ Lhoknga dimana Anda akan menempuh perjalanan sekitar 35 menit lamanya. Atau jika Anda memakai kendaraan pribadi maka Anda hanya cukup mengikuti penunjuk arah dari google maps.

Bukan hanya mudah dicapai namun kondisi jalan menuju Pantai Lhoknga ini juga dalam kondisi yang cukup baik untuk dilewati.

Obyek Wisata Pantai Lhoknga

Seperti yang telah dijelaskan di ulasan sebelumnya bahwa tata letak Pantai Lampuuk berada di kecamatan Lhoknga sehingga cukup ambigu membedakan Pantai Lhoknga dengan Pantai Lampuuk.

Namun masyarakat setempat biasanya menyebut Pantai Lhoknga untuk area yang berada di belakang lapangan golf Lhoknga sampai ke taman tepi laut setelah area pabrik Semen Andalas.

Karakteristik wisata yang ada di wilayah Aceh sendiri tak lepas dari status Aceh yang berstatus sebagai Daerah Istimewa yang berotonomi khusus di Indonesia.

Dan salah satu kelebihan dari status Daerah Istimewa adalah penyelenggaraan  kehidupan beragama dimana di Aceh sendiri menetapkan syariat Islam yang telah ditetapkan di semua sektor kehidupan termasuk peraturan saat berwisata.

Pada intinya saat berwisata di suatu obyek wisata, wisatawan dilarang melanggar nilai-nilai keagamaan, budaya lokal yang diyakini oleh masyarakat setempat.

Begitupun saat Anda berada di obyek wisata Pantai Lhoknga ini. Anda harus mematuhi peraturan yang berlaku atau jika Anda melanggar, maka Anda akan dikenai sanksi atau hukuman.

Selama berada di Pantai ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas menarik di sekitar kawasan pantai ini. Aktivitas-aktivitas itu diantaranya:

1. Menikmati Keindahan Pantai

Wisata Pantai Lhoknga Aceh

Ketika Anda tiba di lokasi Pantai ini, Anda akan disambut dengan hamparan pasir putih yang membentang serta hamparan biru-nya lautan sejauh mata memandang.

Pantai Lhoknga sendiri memiliki karakteristik air yang jernih dan juga tak banyak batu-batuan karang ditemukan di bibir pantainya.

Keindahan Pantai Lhoknga ini dilengkapi dengan adanya padang rumput nan hijau di daerah pesisir-nya, bahkan wilayah bibir pantainya cukup rimbun dengan pepohonan yang bisa Anda manfaatkan untuk berlindung dari sengatan terik matahari.

 Di sisi lain banyak pengantin baru yang menjadikan Pantai Lhoknga menjadi tempat bulan madu, karena keindahan pantai ini memang sangat memukau dan juga terkesan romantis.

2. Berenang dan Bermain Pasir

Pantai Lhoknga Aceh Besar

Pantai Lhoknga yang cenderung memiliki perairan yang jernih yang akan membuat siapa saja tergoda untuk menceburkan diri merasakan kesegaran air laut-nya.

Tetap berhati-hati saat bermain air atau bermain di Pantai ini, karena ada beberapa titik dimana Laut Lhoknga ini bisa jadi sangat berbahaya untuk wisatawan.

Dengan memiliki hamparan pasir putih yang sangat luas dan kontur yang landai membuat lokasi bibir Pantai Lhoknga ini sangat cocok untuk Anda dan keluarga bermain pasir.

Sekedar berjemur di pinggiran pantainya, atau bermain permainan pasir seperti istana pasir, bermain bola voli atau berjalan menyusuri bibir pantai akan menjadi suatu pengalaman yang menyenangkan untuk Anda dan juga keluarga.

3. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Lhoknga Aceh

Obyek wisata Pantai Lhoknga juga menawarkan panorama tenggelam-nya matahari atau sunset ketika senja tiba. Jangan lewatkan menikmati suasana senja hari ketika sinar matahari berpadu dengan hamparan pasir putih Pantai Lhoknga ini.

Biasanya pantai ini akan lebih ramai apabila sore hari dimana para pengunjung sengaja datang hanya untuk menikmati sunset sambil menikmati jagung bakar di pesisir Pantai Lhoknga.

4. Surfing

Surfing Di Pantai Lhoknga

Sebenarnya daya tarik yang utama dari Pantai Lhoknga ini adalah karakter ombak-nya yang sangat cocok untuk olahraga surfing. Ditambah lagi dengan kondisi Pantai Lhoknga yang cukup bersih, membuat Pantai Lhoknga menjadi tempat yang cocok bagi mereka yang menyukai aktivitas surfing.

Ombak yang dimiliki Pantai Lhoknga ini cukup unik dimana memiliki karakteristik gelombang yang berbeda di beberapa titik. Setidaknya terdapat lima titik spot surfing yang menjadi favorit para peselancar lokal maupun internasional.

Dan apabila Anda seorang pemula yang baru ingin belajar surfing maka spot โ€œLeft Harder Pointโ€™โ€™ adalah spot yang cocok untuk Anda. Gelombang ombak di titik ini jaraknya kurang lebih 300 meter dari tepi pantai dan juga memiliki tingkat kesulitan yang cukup rendah.

Ada juga spot surfing favorit peselancar dari negeri Sakura yang disebut sebagai โ€œCamera Right Pointโ€ . Titik surfing yang lain adalah Suri Point, Peak Point dan juga Out Sight Right Harder, dan spot terakhir Out Sight Right Harder merupakan spot yang memiliki arus kuat dan juga berbahaya.

Nama spot surfing Suri di abadikan dari nama peselancar lokal yang meninggal  di titik tersebut, dimana pada masanya Suri merupakan peselancar yang mahir dan menguasai titik spot surfing tersebut.

Titik spot surfing ini memiliki jarak kurang lebih 200 meter dari bibir Pantai Lhoknga yang mana memiliki kesulitan yang cukup tinggi. Suri sendiri meninggal pada tahun 2004 ketika terjadi bencana tsunami yang saat itu menerjang Aceh.

Bahkan Pantai Lhoknga sering dijadikan tempat untuk menggelar acara tahunan Aceng Surfing Championship. Pantai Lhoknga memang menawarkan spot menarik bagi peselancar lokal maupun mancanegara.

Jangan khawatir bagi Anda yang ingin surfing di Pantai Lhoknga namun tidak membawa atau memiliki perlegkapan surfing karena di Panai Lhoknga menyediakan penyewaan papan selancar, jadi Anda tidak perlu repot-repot membawa perlengkapan dari rumah.

5. Memancing

Selain surfing, Anda juga dapat melakukan aktivitas memancing di Pantai Lhoknga ini. Mendapatkan hasil laut dengan hasil tangkapan sendiri akan menjadi kepuasan tersendiri bagi Anda yang hobi memancing

Sebagai catatan yang harus diperhatikan bahwa Anda harus selalu berhati-hati saat mengunjungi wisata Pantai Lhoknga ini.

Meskipun pantai ini memiliki keindahan alam yang memukau dan menjadi spot surfing yang bahkan sudah dikenal di mancanegara, pantai ini cukup dikenal berbahaya dikalangan masyarakat.

Bahkan pantai ini sempat dikira angker karena beberapa wisatawan pernah hilang bahkan ditemukan tewas di pantai Lhoknga. Penyebabnya adalah pada bulan-bulan tertentu ketika terjadi pasang air laut dan angin bertiup sangat kencang menjadikan ombak di pantai ini sangat berbahaya.

Bukan hanya itu bahkan Pantai Pantai Lhoknga memiliki arus bawah air yang sangat kuat seperti karakteristik Pantai Parangtritis, Jogja. Kecelakaan sering terjadi ketika seseorang panik yang membuat tubuh mereka semakin terseret arus yang membawa mereka ke palung yang berada dibawah arus tersebut.

Maka dari itu wisatawan diharuskan berhati-hati saat mengunjungi Pantai Lhoknga ini. Hal ini juga disebabkan oleh minimnya fasilitas keamanan yang ada di Pantai. Keterbatasan seperti rambu-rambu serta penjaga pantai sangat diharapkan keberadaannya.

Kedepan-nya semoga Pantai Lhoknga dapat menjadi lebih baik dalam sarana dan prasarana untuk keselamatan. Pengelola diharapkan lebih baik lagi mengutamakan keselamatan para pengunjungnya.

Fasilitas di Pantai Lhoknga

Fasilitas Di Pantai Lhoknga Aceh

Fasilitas yang ada di obyek wisata Pantai Lhoknga-pun cukup lengkap dan juga memadai seperti tersedianya lahan parkir yang cukup luas dan juga toilet untuk Anda membersihkan diri. Tersedia juga sarana ibadah seperti mushola dan masjid untuk beribadah bagi yang beragama Islam

Di kawasan wisata ini juga telah tersedia warung-warung serta tempat berjualan bermacam menu kuliner ataupun minuman, jadi Anda tidak perlu takut akan kelaparan saat berwisata di Pantai Lhoknga ini.

Selain itu Anda juga memanfaatkan gazebo-gazebo sederhana juga tersedia beberapa cottage yang bisa Anda sewa untuk beristirahat sembari menikmati keindahan alam Pantai Lhoknga.

Dan apabila Anda menginginkan untuk bermalam di obyek wisata Pantai Lhoknga ini maka Anda dapat menginap di resort atau hotel yang tersedia di sekitar kawasan obyek wisata ini.

Pantai Lhoknga memiliki potensi yang luar biasa besar sebagai obyek wisata dan layak untuk dikunjungi.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Lhoknga di Aceh Besar. Bagi Anda yang sedang mencari destinasi berlibur untuk akhir pekan maka pantai ini bisa menjadi destinasi wisata Anda selanjutnya.

21 Ulasan untuk Pantai Lhoknga, Aceh Besar, Nanggroe Aceh Darussalam

  1. Pantainya bagus bersih dan indah..Cuma yang bikin saya malas kemari biaya pekirnya mahala banget.pernah saya makan minum di cafe2 pinggir jalan pantai lhoknga,,tiba2 datang beberapa anak muda dgn gaya premannya minta biaya parkir 20 ribu per mobil,akhirnya kapok.ngak mau mampir kemari lagi

  2. Salah satu pantai rekreasi favorit warga aceh.. bisa lihat sunset jika cuaca mendukung

  3. Terdapat pondok dan tepi untuk berendam di laut. Namun tempat kamar mandi bersih bersih yg kurang terawat

  4. ๐Ÿ˜Ž๐ŸŠ๐Ÿšฃ๐Ÿ„๐Ÿ‘ช๐Ÿ’‘๐Ÿ’๐Ÿ‘ญ๐Ÿ‘ฌ๐Ÿ‘ซ๐Ÿšต๐Ÿšด๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ

  5. Indah dan sejuk

  6. pantainya sangat indah, dengan latar belakang pelabuhan andalas menumbulkan kesan tersendiri bagi pengunjung, untuk makanan yang disediakan di wilayah lhoknga ini relatif murah meriah, tapi ada baiknya harganya ditanyakan dahulu sebelum memesan.. jangan sembarangan untuk berenang di pantai sekitar sini, berbatasan langsung dengan samudra hindia membuat arus di pantai ini sangat kuat.. ini pantai yang sangat indah tetapi harus berhati hati untuk mandi/berenang.. do not underestimate

  7. Tempat wisata populer di aceh… Banyak pilihan tempat duduk di pinggir pantai… Pemandangan sunsetnya juga selalu menyegarkan mata… Pilihan makanan beragam dari yang berat seperti nasi putih dan aneka ikan laut yg bisa dipilih mau dibakar, goreng dll ada mie atau pun cuma cemilan seperti jagung bakar dan kelapa muda

  8. Pantainya bagus, cuman kurang bersih agak ga kerawat. Tapi rujaknya enak parah.

  9. spot2@ bagus banget, makanan cukup, tempat mudah dijangkau

  10. Pantainya bersih dan lokasi sangat mudah dijangkau, tampat parkir luas dan nyaman. Untuk sekedar minum es kelapa muda satu gelas besar dibandrol 10ribu rupiah. Bagi yang pengen berlibur atau bersantai ria di pantai Lhoknga bisa sembari menikmati hidangan ikan bakar di sekitar lokasi, karena di sepanjang lokasi pantai lhoknga ada beberapa warung yang menjajakan ikan bakar serta aneka makanan lainnya… recomended buat liburan keluarga ๐Ÿ™

  11. Beautiful, tapi as always di Aceh Besar sejauh ini pariwisata masih sangat kurang diperhatikan sebagai potensi penarik kebaikan (kalau ga disebut pemasukan daerah). If only misalnya semua gazebo pinggir jalan dibikin warna-warni, ada viewing area yang gratis tapi tertata..best sunset here tapi “kudu” bayar buat masuk pantai buat ngeliat dengan jelas.. fenomena alam kaya gini should be free.. :”)

  12. Tempat aku mancing tiap ada waktu luang guys.. Kalo pagi masih sepi pas buat mancing,kalo sore udaa rame yg jualan.

  13. Pantai cantik yang indah.. . Masih alami dengan menikmati kelapa muda segar dan indomie khas Aceh yg super duper enak nya.. Yuk nikmati wisata murah dan sehat ke Pantai Lhoknga.. โค

  14. #Tempat terbaik diAceh – pesona alam๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ…

  15. Pantai Lhoknga memiliki pemandangan alam yang sungguh memanjakan mata. Birunya air laut, pantai yang bersih serta angin laut yang sejuk menambah nikmatnya berduduk santai bersama keluarga maupun teman. Dan disana juga menyediakan berbagai macam jajanan di pantai Lhoknga. Tidak hanya itu pemandangan alam pantai Lhoknga juga sangat bagus untuk berfoto foto.

  16. Salah satu pilihan tempat yang Instagramamble di Aceh. Kita bisa menikmati suasana pantai yang indah sambil ditemani segelas kopi khas Aceh. Dalam kondisi normal pantai ini memiliki ombak setinggi 1,5 sampai 2 meter yang cocok untuk mereka yang menyukai adrenalin. Dengan air laut yang biru, pasir putih, dan suasana yan bisa dibilang sunyi jelas akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pada wisatawan.

  17. Disini ada penjual mie aceh indomie yang uenak banget. Abis itu makan rujak. Cocok

  18. View pantai yang indah, memandang lautan samudra hindia.. rata2 lokasi disekitar sini berbayar atau agak mahal.. kalaupun ada yg tak berbayar, pondok2 disini lebih mahal harga makanan nya..

  19. Pantai Lhoknga terletak di kecamatan Lhoknga, kabupaten Aceh Besar, bersebelahan dengan pantai Lampuk. Untuk mencapai lokasi pantai Lhoknga perlu menempuh perjalanan dengan jarak 20 km atau dengan waktu tempuh kurang lebih selama 30 menit dari ibu kota Aceh, Banda Aceh.

  20. Pantai SIMEX Lhoknga . Wisata khusus keluarga . Sangat cocok untuk bertamasya bersama keluarga …. Ada kolom permandian buat anak-anak. Insya Allah Aman

  21. Pantai SIMEX Lhoknga
    Wisata khusus keluarga
    Sangat cocok untuk bertamasya bersama keluarga …
    Ada kolom permandian buat anak-anak
    Insya Allah Aman

Tinggalkan Balasan