Pantai Liang

Alamat: Jalan Propinsi, Liang, Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Indonesia

(4.7/5) Baca ulasan

Belakangan ini, nama Pantai Liang di Kepulauan Maluku kembali mencuat setelah foto-fotonya tersebar dan viral di internet. Sebenarnya, keindahan pantai yang satu ini sudah terkenal sejak lama, namun kemudian meredup karena lokasinya yang bisa dikatakan jauh dari jangkauan. Padahal, pesona Pantai Liang ini tidak kalah jika dibadingkan dengan pantai di Bali atau Lombok.

Karena memiliki panorama alam yang menakjubkan, pantai yang memiliki nama asli lokal “Hanimua” ini bahkan pernah dinobatkan sebagai pantai paling indah di Indonesia pada tahun 1990 oleh UNDP PBB. Hal tersebut seharusnya membuat warga Indonesia merasa bangga dan merasa lebih termotivasi lagi untuk berkunjung kesini.

Harga Tiket Masuk Pantai Liang

Untuk harga tiket masuk ke objek wisata Pantai Liang bervariasi, tergantung kapan Anda datang. Pada hari kerja, biaya masuk hanya Rp 10.000 /orang, sedangkan akhir pekan dan liburan sebesar Rp 15.000 /orang. Sedangkan jika datang bersama rombongan, maka akan dikenakan tarif sebesar Rp 200.000 /10 orang (All include).

Sebagai tips tambahan untuk wisatawan yang baru pertama kali akan berkunjung, sebaiknya sediakan uang pas untuk membayar tiket. Sebab kalau tidak, mungkin Anda harus merelakan uang lebihan dari yang dibayarkan.

Rute Menuju Pantai Liang

Pantai Liang terletak di Jl. Provinsi Liang, Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah. Atau untuk lebih mudahnya dapat ditemukan pada titik kordinat F8WV+24 menggunakan Gps. Jaraknya kurang lebih 31 km dari Kota Ambon, atau sekitar 30 menit apabila ditempuh dengan kendaraan bermotor. Sedagkan dari Bandara Pattimura, Ambon maka memakan waktu sekitar 40 menit.

Untuk menuju Pantai Liang, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau pun angkutan umum. Tidak perlu khawatir karena transportasi publik di tempat ini sangat lengkap sekali. Ada taksi, ojek, dan juga Trans Amboina dengan tarif hanya Rp. 10.000 untuk membawa Anda ke Pantai Liang. Dijamin Anda bisa menerapkan prinsip jalan-jalan asyik tapi tetap low budget.

Objek Wisata di Pantai Liang

1. Berenang

Ombak yang tenang, air pantai yang berwarna hijau tosca dengan gradasi semakin gelap dikejauhan. Pastinya akan membuat kaki siapa saja yang berkunjung ke Pantai Liang langsung terasa gatal dan ingin segera terjun. Pantai ini memang sangat mempesona dan recommend untuk berenang, sekali masuk ke dalam air Anda dijamin tidak mau naik.

2. Naik Banana Boat

Pihak pengelola Pantai Liang juga menyewakan wahana permainan air berupa banana boat yang bisa Anda sewa untuk berkeliling di perairan. Tidak perlu khawatir mengenai tarif sewanya, karena dijamin tidak akan membuat kantong bocor. Namun sayang sekali, banana boat disini jumlahnya sangat terbatas, jadi kalau sedang ramai terpaksa antri.

3. Sun Bathing

Anda mendambakan memiliki kulit kecoklatan yang cantik? Pantai Liang sangat direkomendasikan untuk melakukan aktivitas santai seperti sun bathing atau mandi matahari. Selain tempatnya yang cukup sepi, tekstur pasir disini juga sangat lembut. Jadi tidak perlu membawa alas lagi karena bisa langsung berbaring di atas pasir.

4. Hunting Foto

Jernihnya air laut dengan warna gradasi mengagumkan memang menjadi sebuah objek foto yang sangat menggiurkan. Ditambah lagi dengan hamparan pasir putih, dermaga kayu, pemandangan perahu kayu, dan juga bebukitan yang berdiri kokoh dikejauhan. Para penikmat photografi sudah pasti harus menyambangi Pantai Liang yang indah ini.

5. Cliff Jump

Dilengkapi dengan sebuah dermaga kayu, Pantai Liang bisa menjadi alternatif solusi melakukan kegiatan mini cliff jump bagi siapapun yang merasa bosan berenang dengan gaya biasa saja. Tentunya aktivitas ini akan menjadi lebih menarik apabila dilakukan bersama pasangan, meskipun tidak ada larangan bagi para jomblo untuk melompat sendirian.

6. Diving

Pantai Liang dikenal sebagai salah satu pantai yang memiliki spot diving atau menyelam paling menakjubkan di Ambon. Bukan hanya akan disuguhi pemandangan biota bawah laut yang menakjubkan. Pada kedalaman 15 meter Anda juga akan menemukan surga yang membuat tercengang, yaitu goa bawah laut yang tentunya sangat menggelitik.

7. Kencan

Keindahan dan ketenangan Pantai Liang merupakan sebuah kombinasi yang pas untuk siapapun yang ingin menghabiskan waktu dengan orang tercinta. Jika kebetulan sedang liburan dengan pacar atau istri, maka bisa mencoba romantisme di tempat ini.

Jika sedang berada di Kota Ambon, maka wajib mengunjungi Pantai Liang. Karena kalau sudah pulang, pasti akan menyesal. Selain itu lokasinya juga tidak jauh dari pusat kota, sehingga tidak ada alasan bagi Anda untuk melewatkan pantai yang satu ini.

13 Ulasan dari Pengunjung Pantai Liang

  1. Lantai ini benar benar indah dan biru. Pasir dan air lautnya bebas sampah, sangat wbrsih dan nyaman. Tersedia toilet dan parkiran yg Luas juga warung untuk memuaskan dahaga. Jangan lupa makan sukun gorengnya yg enak banget. DiSini Ada wahana banana boat dan kapal kecil yg Akan membawa kita mengitari pantai hanya dgn biaya 10.000/orang. Nah kira kira 100 m di sampingnya terpisahkan pepohonan Ada pantai juga yg agak sepi, tapi diSini Ada kafe diatas laut. Kafe itu memanjang di bibir pantai hingga kelaut. Makanannya ikan bakar, sayur terong, daun pepaya, ikan kuah pedas dan banyak Lagi. Pokoknya pantai liang is beautifuls

    6 Mei 2018, 20:44 WIB

  2. Pantai pasir putih dengan pantai berwarna toska yang indah dengan tingkat keramaian sedang. Cocok untuk liburan keluarga terutama untuk anak-anak. Ada banana boat, sewa sampan, pelampung dll. Makanan minuman ada rujak khas Ambon, goreng-gorengan, minuman, air kelapa muda, dll. Disini bisa juga bikin acara semacam gathering. Could be improved : penjaga pantai (pernah ada korban tenggelam yang sempet bikin down pengunjung), tambah fasilitas outbound dan ada puing-puing pasangan batu yang menurut saya mengganggu indahnya pantai ini.

    27 Mei 2018, 06:24 WIB

  3. Pantai Liang adalah salah satu pantai yg bisa dikunjungi di Kota Ambon. wisata pantai liang ini memiliki sebuah hamparan pasir putih yang di padukan dengan air yang cukup jernih kebiruan yang akan membuat kita tidak akan pernah merasa bosan untuk selalu menikmati keindahan di Pantai Liang.

    8 Juni 2018, 21:24 WIB

  4. Air nya jernih, pantainya bersih, belum lagi pemandangannya karena kita bisa melihat pulau seram diseberang. Indah bukan 😍

    19 Juli 2018, 07:10 WIB

  5. Bakalan betah dan gak mau pulang kalau liburan di pantai ini… gilaaa airnya bening banget gak salah kalau pantai ini merupakan pantai terbaik di pulau ambon.. kalau kesini gak mandi dan merasakan air lautnya pasti nyesel dehhh.. jaraknya cukup jauh dari kota ambon, tapi rasa cape bakalan kebayar dengan pemandangan pantai yang indah.. kereennn

    28 Juli 2018, 09:57 WIB

  6. Kalau ke Ambon,wajib kesiniiiii.. destinasi yang murah tapi tak terlupakan. Air lautnya sangat bagus sekali..

    2 September 2018, 01:08 WIB

  7. Salah satu objek wisata pantai di pulau Ambon…🏖🏖🏖. . Biasa hari libur ramai pengunjung..Kalau jarak ke pantai ini kurang lebih 1 jam dari pusat kota Ambon. Jalan kesini cukup mulus. Karena lewat jalan propinsi dan pantai ini sampingnya sudah pelabuhan ferri, jadi akses kesini cukup umum dilalui orang-orang yang akan menyeberang ke pulau-pulau lain.. . Saya suka pantai jadi kalau ke daerah yang ada pantai, rasanya mau cari..😁😁😁. . Memang pasirnya tidak halus karena banyak pecahan karang-karang halus. Tapi pasirnya putih. Untuk mandi masih ok lah..😁😁😁. . Disini jual rujak juga..🍍🍍🍍🍉🍉🍉. . Selamat berekreasi..😁😁👍👍👍

    16 September 2018, 22:28 WIB

  8. Jernih banget pantainya. Suka sekali kita liat nuansa pantai seperti ini. Semoga bisa berkunjung lagi ke daerah ambon manise. Amin yra 😍😍😍🤩🤩🤩😘😘😘

    19 September 2018, 02:03 WIB

  9. Pantainya bersih, pasirnya lembut, air lautnya jernih biru kehijauan, dan masih ada keong2 yang berkeliaran hidup (please jgn ditangkep yah). Terlihat juga Pulau Seram (sepertinya) dari pantai ini. Bersebelahan dgn dermaga jd bisa terlihat jg ferry yang lewat. Jaraknya cukup jaih dari kota ambon, tp worth it lah klo pantainya bagus. Fasilitas jg cukup lengkap.. Ps: klo weekday jadi seperti private beach krn sepi banget

    14 Januari 2019, 00:59 WIB

  10. Plus: Pantai Liang ini sudah jadi favorit keluarga kami setiap weekend. Pantai yg cukup beraih dengan pasir putih dan laut toska menarik untuk dijadikan objek fotografi ataupun jadi background selfi, but aerial photography work best. Area parkir kendaraan luas dinaungi pohon2 besar menjadikan suasana pantai yg sejuk.. . Minus: Pengunjung masih banyak yg buang sampah sembarangan entah karena tong sampah yg kurang atau lainnya. Really hate these kinda people. Ada kedai yg SELALU memutar musik joget dengan suara yang sangat keras, annoying krn ini pantai, bukan tempat disko. Tempat bilas dan toilet umum terbatas. Ada banyak sisa bangunan yg sudah dihancurkan tapi tidak dibuang/dibersihkan mengganggu keindahan pantai Liang. Variasi makanan dan minuman yg dijual terbatas dan yg adapun rasanya so so. Motor seharusnya tidak boleh masuk area pantai sebelah jalan aspal karena anak2 banyak berseliweran di sekitar sini.

    24 Februari 2019, 02:43 WIB

  11. Hampir setiap acara, family gathering, atau mengantar tamu selama tugas di kota Ambon, Pantai Liang adalah pantai yang tak pernah bosan untuk di datangi, pasirnya yang tak seputih pasir Ngaburlot sih tapi agak kuning dan warna hijau tosca air nya jernih dan rimbunnya pepohonan di sekitar bibir pantai membuat pantai ini asik untuk di datangi untuk piknik bersama keluarga. Ada gazebo sederhana berderet dengan deretan penjual makanan kecil ( snack, gorengan dan mi instant ) mereka juga membersihkan bagian masing masing ada penyewaan terpal jika mau melantai di bawah pasir bersama keluarga, kalau bawa rombongan bisa mengambil area paling kanan di perbatasan dinding pelabuhan Ferry dimana disana cukup luas untuk pertemuan besar dan tanpa gangguan orang lalu lalang, area parkir yang luas, dengan rimbunnya pepohonan memenuhi kawasan pantai ini, penjaja gorengan jga kerap mendatangi pengunjung, ada fasilitas ruang ganti dan kamar mandi yang berbayar Rp 2000 perak / orang sekali pakai, yang bisa kalian gunakan, ada musholla untuk solat dan juga ada beberapa perosotan buat anak anak bermain. Tiket masuk 1 mobil 4 orang sekitar 20 ribu + uang parkir mobil Rp 5,000. Pantai ini pernah meraih predikat Pantai terbaik di Indonesia tahun 1990.

    10 Maret 2019, 07:07 WIB

  12. Kesini pas hujan dan musim hujan, ditengah waktu yg disempet2in buat kesini. Pasti bagus banget kalo cerah. Tapi emang si pasirnya bersiiiiih dan bening. Indonesia timur memang tiada tandingan

    3 April 2019, 01:57 WIB

  13. Pantai Liang ,Terdapat di Negeri Liang ,kec salahutu ,kab maluku tengah ,prov Maluku
    Pantai yang selalu manjakan wisatawan dengan keindahan bawah lautnya,bagus buat yg suka menyelam,air yang jernih dan tak lupa hamparan pasir putih yang begitu menarik perhatian karena anak-anak atau pun orang dewasa yang kerap sekali membuat istana pasir akan kegirangan .
    Kalau weekend selalu ramai akan pengunjung dari berbagai kalangan .buat yg suka selfi nggak usah ragu lagi karena udah banyak yg lakukan pemotretan preweeding di pantai liang bahkan sampai tahap Resepsi pernikahan di sana .terdapat Rumah adat ,tempat ibadah dan beberapa fasilitas lainnya.
    Disana juga banyak pepohonan ,soal makanan banyak sekali penjual dengan aneka makanan dimulai dari Mie instan,bakso,soto,Dan yg tak pernah ketinggalan Rujak .soal minuman tersedia minuman seperti Es Kelapa muda dll .
    Disini juga terdapat penyewaan banana boat,perahu sampai peralatan renang .
    Soal harga tiket masuk dan makanan selalu terjangkau murah .
    Jadi pantai Liang ini recomended banget buat teman-teman sekalian .

    #SalamAnakNegeri
    #EksposPariwisataPantaiLiang
    #localwisdom

    29 April 2019, 09:43 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Liang

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *