Pantai Ora

Alamat: Jl. Kabupaten, Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Indonesia

(4.8/5) Baca ulasan

Keindahan Pantai Ora yang ada di Kepulauan Maluku memang sudah tersiar hingga ke seluruh dunia. Eksotisme pemandangannya bahkan disandingkan dengan world paradise seperti Maladewa dan Bora-Bora. Sehingga tidak mengherankan apabila Pantai Ora kemudian menjadi salah satu destinasi utama tujuan para wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia.

Daya tarik Pantai Ora bukan hanya terletak pada keindahan pantai atau pun keanekaragaman biota laut yang membuat para divers meneteskan air liur. Tapi juga fenomena resort terapung yang menjadikannya sebagai salah satu objek wisata idaman. Bayangkan saja berlibur dan menginap di atas resort dengan background lautan biru berkilau sejauh mata memandang.

Harga Tiket Masuk Pantai Ora

Berbeda dengan tempat wisata lainnya yang mengharuskan pengunjung untuk membayar saat masuk. Menjejakkan kaki di Pulau Ora ini GRATIS! Hanya saja, sebaiknya Anda juga berlapang dada ketika menghabiskan banyak uang untuk transportasi. Kalau datang dari Jakarta, maka bisa menguras dompet sekitar minimum Rp 5.000.000 hanya untuk tiket kesana kemari.

Biaya tersebut belum termasuk akomodasi apabila Anda ingin menginap di Pantai Ora. Kalau memiliki budget berlebih maka bisa mencoba Ora Beach Resort yang sangat terkenal (Booking sejak jauh hari karena jumlah kamar terbatas). Tapi kalau ingin hemat, maka bisa menginap di rumah penduduk lokal yang ada di sekitar Pantai Ora.

Rute Menuju Pantai Ora

Pantai Ora memiliki lokasi cukup strategis, karena diapit oleh Desa Saleman dan Desa Sawai. Yang mana keduanya terkenal dengan sebutan sebagai Negeri atau desa adat. Pantai ini terletak di Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah. Dan merupakan salah satu destinasi yang WAJIB dikunjungi ketika Anda berlibur ke kawasan Kepulauan Maluku, kalau tidak dijamin menyesal.

Apabila Anda datang dari luar kota, misalnya Jakarta maka harus menyediakan budget cukup besar karena mahalnya biaya pesawat. Sedangkan rute yang dapat dijadikan pedoman adalah sebagai berikut :

  • Mengambil penerbangan, misalnya Jakarta – Ambon
  • Dari Ambon, menuju ke Pelabuhan Hunara yang ada di Tuleho kemudian naik ferry ke Amahai, Pulau Seram. Ferry ini memiliki kapasitas penumpang sebanyak 350 orang. Sedangkan jadwal keberangkatan hanya 2 kali sehari (Senin – Sabtu), dan 1 kali (Minggu). Jadi pastikan bahwa Anda sudah memastikan dengan benar.
  • Tiba di Amahai maka Anda diharuskan menyewa kendaraan, karena tidak ada transportasi publik ke pelabuhan Desa Saleman. Waktu tempuhnya sekitar 2.5 jam dengan pemandangan indah bebukitan sepanjang perjalanan.
  • Tiba di Pelabuhan Desa Saleman, maka Anda bisa menyewa perahu kecil bermesin untuk mengantar ke Pulau Ora. Waktu tempuhnya hanya 15 menit saja.

Objek Wisata di Pantai Ora

1. Honeymoon

Bingung merencanakan ingin berbulan madu dimana? Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, karena Anda bisa menemukan surga tersembunyi di negeri sendiri. Menghabiskan honeymoon di Pantai Ora tentunya menjadi dambaan setiap orang, untuk menambah nuansa romantis, maka bisa menginap di Ora Beach Resort. Meskipun harganya sangat mahal, namun worth it.

2. Snorkeling dan Diving

Pulau Ora juga sangat terkenal akan keindahan alam bawah lautanya. Beragam biota laut yang bisa membuat mata tercengang ada disini. Dan menariknya lagi, wisatawan tidak perlu snorkeling terlalu dalam untuk bisa menemukan fenomena eksotis ini. Karena pada kedalaman 2 meter saja maka Anda sudah bisa menyaksikan terumbu karang dan ikan.

3. Hunting Kuliner

Kalau datang ke Pantai Ora, jangan lupa pula untuk hunting kuliner khas tradisional penduduk disini. Umumnya makanan pokok masyarakat Maluku adalah sagu yang dimakan dengan ikan kering. Biar terasa lebih lengkap, Anda juga bisa langsung melihat proses membuat sagu sehingga acara hunting kuliner jadi lebih mengesankan.

4. Menjelajah Goa

Salah satu kegiatan petualangan yang dapat dilakukan di Pantai Ora adalah menjelah goa. Bagi pencinta aktivitas outdoor, tentunya hal ini akan sangat menyenangkan. Untuk lebih safety, sebaiknya membawa guide lokal.

5. Hunting Foto

Pantai Ora merupakan surga bagi para photografer yang senang berburu keindahan alam. Hamparan pasir putih yang indah, laut biru dengan resort tradisional berdiri di atasnya, ditambah lagi dengan adanya background berupa tebih terjal dan pegunungan hijau yang menawan. Pasti Anda tidak akan bisa berhenti berdecak kagum.

6. Wisata Budaya

Bagi para budayawan atau peminat segala hal berbau tradisional yang datang ke Pantai Ora, tidak lengkap rasanya jika belum menjelajahi beragam budaya disini. Sebagai info singkat, bahwa Kepulauan Seram dihuni oleh penduduk suku Alifuru, yang mungkin pernah Anda baca di buku sejarah SD. Dan juga suku primitif lain seperti Hoaulu dan sebagainya.

7. Camping

Aktivitas camping di area Pantai Ora banyak dilakukan oleh para backpacker, yang bukan hanya ingin menghemat budget tapi juga merasakan sensasi berbeda. Anda bisa mendirikan tenda dan bermalam di kawasan pinggiran pantai yang dekat dengan tebing. Tentunya sangat seru sekali menghabiskan malam dengan ditemani nyanyian ombak.

Bagi yang memiliki impian berkunjung ke Pantai Ora, sebenarnya tidak perlu merasa takut dengan tarif yang mahal. Untuk menghemat pengeluaran, maka Anda bisa sharing cost dengan teman backpacker lainnya.

13 Ulasan dari Pengunjung Pantai Ora

  1. Mendarat di bandar udara Pattimura, saya menggunakan jasa taksi menuju pelabuhan Tulehu. Kemudian melabuh di pelabuhan Amahai, dilanjut dengan menggunakan mobil rental, saya menuju ke pantai Ora. Saya memilih rute ini karena memang ada pekerjaan yang mengharuskan saya berhenti sebentar di SMPN 5 SATAP TNS. Sampai di Saleman, sebuah perkampungan kecil, teman saya menawar jasa perahu mesin untuk mengantarkan kami ke pantai Ora. Sewa perahu mesin mengantar ke pantai Ora, Air Belanda, dan Tebing Batu yang kami tumpangi seharga Rp 700.000,-. Harga yang tidak mahal dibandingkan dengan kepuasan menikmati pantai yang masih bersih dan menjaga ekosistem lingkungan. Bertujuh saya, 5 teman saya, ditambah supir yang mengantarkan kami, menaiki perahu ke pantai Ora. Sampai di pantai Ora, keaslian alam dan panorama laut biru berbatas dengan tebing menghijau menghiasi landscape pantai Ora. Sepanjang menaiki perahu mesin, saya dan teman-teman mengabadikan perjalanan kami. Sampai di pantai Ora, lengang terasa karena kami ke Pantai Ora di hari kerja, sehingga hanya ada beberapa petugas yang menjaga pantai dan petugas hotel. Hotel juga tersedia dalam 2 pilihan, diatas laut atau hotel yang berada di daratan lingkungan pantai Ora. Puas berfoto ria dipantai Ora, kami diberitahu oleh nelayan yang perahunya kami sewa bahwa ada biaya untuk berfoto ria di pantai Ora. Biayanya sebesar Rp 25.000,- per orang. Sedikit kecewa karena tidak ada informasi yang kami dapat ketika kami tiba di pantai Ora. Meski demikian hal tersebut tidak menyurutkan kepuasan dan kekaguman saya terhadap pantai Ora.

    9 Desember 2017, 07:45 WIB

  2. Nice place. Terumbu karangnya bagus banget. Tapi adanya cuman di sisi tempat stay tamu hotel dan di tempat sandar perahu. Sayang banget. Karna aku cuman singgah sebentar alias gak nginep, untuk sekali masuk dikasih tarif 25rb per orang. Untuk akses ke ora bisa dari pelabuhan saleman atau pelabuhan saka. Aku ke ora naik perahu dr pelabuhan saleman. Untuk wisata ke ora aja aku sama kluarga di kasih tarif 300rb, kalo untuk kliling ke sekitar harganya 700rb sepuas kita sampe balik jam brapapun. Untuk wisatawan yg gak nginep, kt sbenarnya dilarang ke daerah tempat penginapan, tp disana justru yang bagus. Kita dibolehin ke main2 ke daerah yg deket musolah umum sama dkt tmpt tinggal karyawan sana. Agak kecewa sih karna pantainya gak sebagus yang di penginapan. Tapi pemandangannya okeh banget. Kalo mau main di pantai jangan khawatir karna airnya dangkal.

    18 Januari 2018, 21:29 WIB

  3. Laut yg bersih dgn terumbu karang yg indah.. Yg jelas Mantap 👍👍👍

    6 Juni 2018, 17:54 WIB

  4. pulau ora mantap

    21 Juni 2018, 20:24 WIB

  5. Harga untuk berenang dan berfoto di pantai 25.000 (Agustus 2018). Airnya jernih, pantainya bersih, pengunjungnya juga gak banyak, jadi pas banget buat melepas penat dari hiruk piruk kota.

    2 Agustus 2018, 22:36 WIB

  6. Pemandangan indah, hotel mahal terutama makanan sangat sederhana tp mahal . Makan malam rp 120.000. Makan pagi rp 70.000. Snack rp 60.000

    5 September 2018, 05:13 WIB

  7. Pantai yang indah yang ada di pulau seram maluku..bisa menginap di kamar atas air seperti di maldives

    20 September 2018, 20:50 WIB

  8. Dari ambon saya memilih menggumakan transporatasi ferry cukup murah hanya 165/prg dan untuk mobil 165rb. Masih ada 5 jam lagi untuk sampai ke ora. Dan kami memutuskan untuk menginap di air belanda , homestaynya 300rb atau bisa juga camping

    31 Desember 2018, 17:07 WIB

  9. Tidak bisa berkomentar banyak .. CANTIK !

    27 Februari 2019, 06:36 WIB

  10. Indonesia indah(panta ora)

    27 Maret 2019, 21:26 WIB

  11. Pantai paling indah di pulau maluku! Dapat menggunakan 2 akses dari wahai atau ambon. Jika melalui wahai nanti menuju desa sawai dan menggunakan perahu +-15 menit. Jika dari ambon nanti melalui desa saleman dan menggunakan perahu +-20menit. Spot foto sangat banyak dari tebing, pantai ora, air belanda dan juga ada pulau kelapa.

    27 Mei 2019, 20:34 WIB

  12. Indah sekali pantainya, suasana tebing dan suasana alam maluku

    6 Juli 2019, 18:45 WIB

  13. Luar biasa 😅

    14 Juli 2019, 22:04 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Ora

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *