Pantai Lumpue

Pantai Lumpue

Desa Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan 91123, Indonesia.

14 Ulasan

Pantai adalah salah satu kekayaan alam yang dimiliki di Indonesia dengan segala keindahan pesonanya juga mempunyai keunikannya sendiri bagi setiap pantai. Indonesia sendiri yaitu sebuah negara kepulauan yang memiliki banyak pantai dan tersebar di seluruh penjuru negeri.

Dari Sabang sampai Merauke tersebar keindahan pesona pantai-pantai yang ada di nusantara negeri ini. Salah satunya adalah Pantai Lumpue ini yang berada di Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

Pantai Lumpue Pare-Pare

Pantai Lumpue Pare Pare

Pantai Lumpue tepatnya berada di Desa Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Pare-Pare, provinsi Sulawesi Selatan. Pantai Lumpue Pare-Pare ini adalah salah satu destinasi wisata yang selalu padat wisatawan khususnya masyarakat Pare-Pare.

Bahkan warga yang berasal dari luar daerah pun turut mengunjungi serta meramaikan obyek wisata pantai ini untuk sekadar berlibur maupun menenagkan pikiran dari jenuhnya pekerjaan.

Lumpue pare-pare ini menawarkan keindahan pesona alam yang masih alamiah juga elok, bahkan pantai satu ini menyimpan history pada masanya.

Pasalnya 50 tahun yang lalu pantai Lumpue selalu digunakan oleh para nelayan sekitar untuk menambah-nambah dalam mencari ikan setelah di laut lepas kurang banyak dapat.

Nah, kapal-kapal ini biasanya datang dan muncul saat hari mulai sore. Berkumpulnya para nelayan dengan kapalnya warga setempat sering menyebut sebagai “Pantai Kupu-Kupu”.

Selain sebagai singgahnya kapal para nelayan, Pantai Pare-Pare ini adalah pemandian sebelum adanya promosi tuk dijadikan obyek wisata.

Harga Tiket Masuk Pantai Lumpue

Untuk bisa masuk ke kawasan destinasi wisata Pantai Lumpue ini Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 3000 untuk dewasa serta untuk anak-anak Rp 2000 saja.

Pengelola dari pantai Lumpue ini juga tidak memberikan batasan pada jam buka dan tutupnya, dimana artinya Lumpue beach ini  dibuka selama 24 jam.

Rute Menuju Lokasi Pantai Lumpue

Alamat untuk menuju lokasi destinasi wisata pantai Lumpue ini berada di Desa Desa Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Pare-Pare, provinsi Sulawesi Selatan.

Agar Anda dapat sampai ke tujuan wisata Lumpue parepare ini, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 151 kilometer dari Kota Makassar.

Namun apabila Anda dari Kecamatan Lumpe hanya membutuhkan waktu 5 menit saja untuk sampai ke destinasi wisata pantai ini.

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi berupa roda empat ataupun motor. Adapun transportasi lainnya yang sudah disediakan seperti angkutan umum dan lain sebaginya.

Saat Anda diperjalanan akan disuguhkan pemandangan yang indah dan juga perkampungan yang masih asri juga alami.

Jalan yang dilalui menuju Pantai Lumpue terbilang cukup baik, meskipun terkadang masih ada jalan yang berpasir dan berbatu.

Setelah melewati perjalanan panjang dengan rasa capek juga lelah, saat tiba disana akan langsung terobati oleh keindahan pantai yang mempesona juga memanjakkan serta menyejukkan mata.

Obyek Wisata Pantai Lumpue

Selama di pantai Lumpue Anda dapat menikmati suasana serta obyek wisata yang disediakan dan menarik disana.

Berikut adalah beberapa obyek wisata pantai Lumpue Sulawesi Selatan yang bisa Anda coba.

1. Berenang di Pantai Lumpue

Pantai Lumpue ini terkenal bagi oleh masyarakat setempat akan keindahan yang dimiliki serta pasirnya yang coklat kehitam-hitaman.

Pesona jernihnya perairan juga ombak laut yang dimiliki oleh Pantai Lumpue ini membuat pengunjung betah berada di destinasi wisata bahari ini.

Ombaknya yang tidak begitu besar, sangat pas untuk menjeburkan diri serta merasakan segarnya air dari pantai Pare-Pare ini.

Anda pun dapat berenang di tepian pantai sambil menikmati deburan ombak serta angina sepoi-speoi yang datang dari arah pantai.

2. Bermain Pasir

Pantai Lumpue memiliki karakter pasir coklat tua dengan gradasi kehitam-hitaman dengan tekstur lembut sehingga pas untuk Anda melakukan aktivitas bermain pasir di pantai ini.

Anda bisa melakukan aktivitas seperti membuat benteng dari pasir, istana pasir ataupun menghiaskan nama di pasir yang kemudian di upload ke social media.

3. Menikmati Sunset

Fenomena sunset adalah saat matahari mulai tenggelam dengan pemandangan yang begitu mempesona serta gradasi warna yang menyejukkan mata.

Nah di pantai Lumpue ini memberikan pemandangan sunset yang begitu indah dan takjub saat orang melihatnya. Momen-momen ini wajib Anda abadikan lewat kamera Hp ataupun digital dan kemudian dimasukkan ke social media.

4. Bersantai

Pantai Lumpue Pare-Pare merupakan tempat yang nyaman juga masih asri nan alamiah. Pada area pinggir pantai banyak sekali ditumbuhi pohon-pohon yang menjulang tingga serta rindang.

Suasana ini membuat nyaman untuk tempat bersantai sembari melepaskan penat dari aktivitas sehari-hari dengan meikmati pemandangan keindahan dari Pantai Lumpue ini.

Bahkan sering kali pantai ini dikunjungi oleh wisatawan lokala hingga luar daerah. Para pegunjung ini datang hanya untuk sekadar menikmati pemadangan maupun berjemur sambil ditemani deburan ombak dan angina sepoi-sepoi yang berhembus dari arah laut.

5. Hunting Foto

Aktivitas yang satu ini rasanya saying untuk dilewati apabila bekunjung ke destinasi wisaya yang sangat instagramble. Banyak sekali spot-spot menarik yang bisa jadikan latar belakang dengan panorama mempesona serta indah dari Pantai satu ini.

Dengan perairan jernih serta perpaduan warna hijau juga biru yang sangat pas sebagai backround sempurna saat berada di pantai.

Pantai Lumpue yang berlokasi di Kota Pare-Pare provinsi Sulawesi Selatan ini mempunyai potensi yang sangat menjanjikan sebagai wisata bahari.

Pesona dari pantai lumpue yang masih asri nan alamiah juga jerninya air laut hal ini menjadi daya tarik bagi para pegunjung.

Selama di Sulawesi, Anda juga dapat mengunjungi wisata pantai lainnya seperti Pantai Losari dan Pantai Akkarena.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Lumpue di Sulawesi Selatan yang memiliki pemandangan menakjubkan dan memanjakkan mata.

Semoga menambah pengetahuan bagi Anda yang sekarang lagi mencari refrensi untuk tempat berlibur di akhir pekan nanti.

14 Ulasan untuk Pantai Lumpue, Pare-Pare, Sulawesi Selatan

  1. Pantai yang kurang mendapatkan perawatan dari pemerintah setempat, dapat dilihat dari banyaknya sampah yang brserakan di pantai ini. Kurangnya tempat sampah yang tersedia d tempat ini. Wc juga msih sangat kurang. . Fasilitas istirahat untuk pengunjung masih perlu ditingkatkan. Namun dibalik beberapa kekurangnnya pantai ini bgus untuk melihat matahari terbenam.

  2. Pantai ini sangat strategis tempatnya. Sayangnya pantainya kotor sampah rumah tangga berserakkan dimana mana . Terbawa dr sungai….. Pemerintah kota mohon diperhatikan kebersihanya ditempat seperti pasar, pemukiman biar sampahnya tdk hanyut kelaut

  3. Banyak sampah plastik/botol plastik berserakan.. sayang sekali.. Kalau dikumpulin bakalan lumayan dijual kembali ke pengepul plastik 😀..

  4. Pernah ke tempat ini tahun 2011, tempatnya keren dan bersih, pasirnya agak unik. Cuman klo liat foto2 sekarang tempatnya sudah tidak sebersih dulu, mungkin kurang perhatian dari dinas pemerintah terkait, dan warga sekitar.

  5. Tempat yang indah, angin bertiup dengan lembut, sayangnya kebersihannya masih perlu ditingkatkan. ini tugas masyarakat dan pengunjung untuk menjaga tempat ini

  6. Tempat santai ditepian pantai parepare, salah satu destilasi wisata pantai diparepare, hanya perlu pembenahan terutama parkir kendaraan yang masih perlu ditata dengan baik..

  7. Temlatnya bagus untuk rekreasi gapain jauh” keluar kota jawa kalau kita punya tpat sendiri

  8. Pergilah di pagi hari.. suasananya mantab airnya bersih meski di bibir pantainya banyak sampah yg mengering..

  9. Sya suka dan tmpat piknik yg cukup menarik.. tpi kebersihan kurang terjaga

  10. Pantai lumpue sangat indah sekali di.Pantai ni banyak sekali jajanan .mau makan apa ada semua ,siipp

  11. Sangat kotor, sampah berserakan dimana-mana, seperti tidak terawat. Padahal punya potensi wisata unggulan di Parepare. Harus jadi perhatian pemerintah dan masyarakat sekitar

  12. Tempatnya sngat tepat untuk bersantai pagi siang sore.. Tdk jau dri pusat kota.. Cuman pantainya agak sedikit kotor banyak sampah spertinya pemerinta harus memerhatikanya dengan lebih

  13. Tempat ini kurang bersih. Sampah ada dimana mana dan orangtua juga bab di pinggir laut. Itu sangat kurang enak dipandang dan batunya yang begitu licin

  14. Banyak sampah.. bayar masuk 2000 per orang parkir 2000.. mandi di di kamar mandi 2000

Tinggalkan Balasan