Pantai Mampie

Pantai Mampie

Desa Galeso, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat 91352, Indonesia.

17 Ulasan

Ada banyak sekali pantai dengan keindahan serta keunikan-nya masing-masing yang mampu memberikan relaksasi untuk Anda dalam menikmati liburan.

Bahkan kelengkapan sarana dan prasarana tempat wisata merupakan faktor pendukung utama untuk kenyamanan dalam berwisata.

Pantai Mampie yang berada di Sulawesi Barat ini adalah contoh salah satunya. Bukan hanya memiliki pemandangan alam yang memukau saja yang disajikan, namun juga menyuguhkan juga kelengkapan sarana dan prasarana.

Pantai Mampie

Pantai Mampie

Pantai Mampie berada tepatnya di Desa Galeso, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Pantai ini merupakan salah satu obyek pariwisata yang selalu dipenuhi oleh wisatawan khususnya warga Polewali.

Bahkan warga yang berasal dari luar daerah seperti Majene, Pinrang serta Mamuju turut meramaikan tempat wisata ini untuk berlibur bersama keluarga mereka.

Pantai Mampie menawarkan pesona alam yang masih asri dan juga indah, dimana letak pantai ini tepat menghadap ke Selat Makassar  sehingga cocok sebagai obyek wisata yang harus dikunjungi saat libur panjang.

Bahkan ketika Anda memasuki kawasan pantai ini, Anda akan disambut dengan deretan pohon kelapa yang  membentang sepanjang 3 kilometer di sepanjang bibir pantainya.

Harga Tiket Masuk Pantai Mampie

Untuk dapat memasuki kawasan wisata ini serta menikmati semua keindahan dan fasilitas yang ada di Pantai Mampie ini Anda hanya perlu membayar biaya tiket sebesar Rp 3000 saja.

Harga tiket ini bisa saja mengalami kenaikan sewaktu-waktu namun untuk saat ini harga tiket tersebut sangat terjangkau dengan keindahan alam yang ditawarkan.

Pengelola Pantai Mampie juga tidak membatasi pembatasan jam buka atau tutup, yang artinya pantai ini dibuka selama 24 jam.

Rute Menuju Lokasi Pantai Mampie

Pantai Mampie Polewali Mandar

Untuk bisa ke Pantai Mampie, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 9 kilometer dari jalan raya Trans Sulawesi. Perjalanan ini melalui Trumpling yang dapat dilalui dengan kendaraan roda dua atau roda empat sekitar kurang lebih 20 menit perjalanan.

Sepanjang perjalanan Anda akan melihat pemandangan yang menakjubkan. Hamparan sawah yang dimiliki warga sekitar akan menghibur Anda sepanjang perjalanan.

Selain itu Anda akan melihat tambak milik warga yang digunakan untuk membudidayakan ikan dan juga udang

Tidak berhenti sampai disitu saja, bahkan hutan mangrove turut hadir dalam perjalanan Anda.Hutan mangrove ini bahkan kaya akan habitat yang hidup didalamnya, diantaranya pecuk ular, burung pelican, bangau putih dan bangau hitam.

Dan jika Anda beruntung, tentunya Anda akan dapat menjumpai binatang yang terbilang satwa langka ini. Meskipun perjalanan panjang yang harus Anda tempuh, Anda tidak akan bosan dengan pemandangan yang disajikan sepanjang perjalanan.

Obyek Wisata Pantai Mampie

Selama di pantai ini, Anda juga dapat menikmati berbagai obyek wisata menarik dan melakukan berbagai aktivitas untuk mengisi liburan Anda.

1. Menikmati Pemandangan Pantai

Pantai Mampie Galeso

Selama liburan di pantai Mampie ini, Anda dapat menikmati keindahan pantai yang bersih dan alami. Angin sepoi-sepoi dan deburan ombak akan membuat suasana lebih nyaman.

Anda dapat juga menyusuri pantai tanpa alas kaki, untuk lebih merasakan hamparan pasir yang terdapat di pantai ini. Pantai Mampie sangat bersih, jadi Anda akan nyaman ketika berjalan di bibir pantai.

2. Berenang dan Bermain Pasir

Wisata Pantai Mampie

Ketika berkunjung ke pantai ini, Anda dapat berenang di pantai dengan leluasa. Bibir pantai yang landai dan luas sangat cocok untuk berendam dalam air untuk mengisi liburan Anda.

Dengan luasnya hamparan pasir di Pantai Mampie ini belum lengkap rasanya jika tidak bermain pasir pasir disini, Anda bahkan dapat bermain olahraga pantai seperti bermain voli pantai atau sepakbola pantai di pantai ini.

3. Melihat Sunset

Sunset Di Pantai Mampie

Waktu terbaik untuk menikmati panorama di pantai ini adalah pagi dan sore hari. Anda akan berkesempatan melihat keindahan matahari tenggelam yang memang sangat dinantikan oleh para wisatawan saat berkunjung ke sebuah pantai.

Pemandangan ketika sunset sangat memukau. Warna langit yang kuning keemasan dipadukan dengan warna jingga membuat suasana sangat indah. Anda dapat menjadikan momen ini sebagai background photo Anda.

4. Keunikan Pantai Mampie dan Habitatnya

Kawasan Pantai Mampie mempunyai potensi sebagai perwakilan tipe ekosistem payau yang mana memiliki satwa endemik dan juga mempunyai beragam burung migran dan burung air.

Di lokasi ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat mengumpulkan nener (bibit chanos-chanos) dan pernah ditemukan jenis Chelonia Mydas. Sedang di sebelah timur pantai dimanfaatkan oleh masyarakat untuk budidaya rumput laut.

5. Naik Banana Boat

Banana Boat Di Pantai Mampie

Pantai bukan melulu soal pemandangan alam saja, namun Anda juga bisa menikmati beberapa wahana yang membuat liburan Anda semakin seru. Salah satunya adalah mencoba wahana yang cukup memacu adrenalin yaitu banana boat.

Di Mampie Anda bisa bermain banana boat bersama dengan rombongan Anda, yang tentu saja butuh nyali yang cukup besar untuk memainkan wahana ini.

Tapi jangan khawatir Anda akan memakai pelampung selama Anda melaju di atas air, jadi keselamatan Anda akan tetap terjamin.

6. FlyingFox

Wahana menantang lainnya adalah flying fox, dimana Anda akan naik beberapa meter untuk selanjutnya meluncur dari ketinggian.

Tentu saja wahana ini juga butuh nyali yang besar namun sangat menyenangkan karena Anda akan bisa menikmati pemandangan bahari dari ketinggian.

7. Naik Perahu

Pantai Mampie Wonomulyo

Berkeliling lebih jauh dengan menjelajah diatas laut, mengapung diatas perahu sambil menikmati keindahan alam Pantai Mampie.

Semilir-nya angin laut serta hangatnya udara Pantai Mampie akan membuat Anda semakin betah untuk berlama-lama di pantai ini.

8. Kuliner

Terdapat banyak warung yang menjajakan beragam makanan dan juga minuman untuk para wisatawan.

Anda juga dapat memesan ikan segar atau udang yang bisa dimasak, mengingat kawasan pantai ini dekat dengan area tambak yang menghasilkan beraneka ragam ikan.

Fasilitas di Pantai Mampie

Satu keunggulan yang tidak dimiliki oleh beberapa tempat wisata di Kabupaten Polewali Mandar adalah Pantai Mampie telah dikelola oleh pihak swasta. Hal ini membuat wisata pantai ini sudah terawat dan terjaga kebersihan-nya.

Pihak pengelola juga mengikut sertakan warga sekitar pantai untuk bekerja mengurus pantai ini. Oleh karena itu wajar jika Anda menemukan Pantai Mampie lebih bersih ketimbang pantai lainnya yang ada di daerah Polewali.

Pasir di sepanjang Pantai Mampie dibersihkan setiap harinya oleh pihak pengelola sehingga menimbulkan kesan lebih nyaman dan indah dipandang mata. Hingga saat ini tampaknya belum ada yang bisa mengalahkan obyek wisata Pantai Mampie di Polewali Mandar dari segi pengelolaan.

Berbagai fasilitas telah disediakan oleh pihak pengelola. Mulai dari fasilitas pendukung seperti gazebo dan fasilitas lainnya hingga layanan utama wisata air seperti perahu bebek dan juga banana boat.

Karena hal ini cukup jarang ditemukan di daerah Poliwali Mandar, dan kemungkinan tidak ditemukan secara umum di daerah Sulawesi Barat.

Puluhan gazebo sengaja dibangun untuk agar menjadi salah satu fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Jika ingin bersantai di gazebo ini maka Anda harus membayar sebesar Rp 15.000. Satu gazebo berukuran sedang dengan kapasitas 5 hingga 10 orang.

Tersedia juga fasilitas pendukung seperti kamar mandi, toilet hingga tempat ibadah telah tersedia di tempat ini.

Anda juga dapat melakukan kegiatan seperti gathering maupun acara perusahaan, karena fasilitas yang ditawar Pantai Mampie ini memang sungguh lengkap.

Pastikan Anda mengunjungi Pantai Mampie agar dapat menikmati segala fasilitasnya beserta keindahan pantainya. Jangan lupa ajak saudara dan juga teman-teman Anda agar liburan Anda semakin berkesan dan menyenangkan.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Mampie di Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Jika Anda berkunjung ke Sulawesi Barat, jangan lupa singgah ke pantai ini atau ke pantai lainnya seperti Pantai Lombang-Lombang atau Pantai Manakarra.

17 Ulasan untuk Pantai Mampie, Polewali Mandar, Sulawesi Barat

  1. Mantap sejuk bisa berenang tapi sekarang sudah kena abrasi tolong ditanam kan pohon bakau agar ga abrasi

  2. pantainya lumayan buat nyantai bersama keluarga pokoknya kesana deh nikmatin air lautnya

  3. Sayangnya tdk seindah dulu tempatnya, mungkin krna ada penumpukan batu

  4. Tempat yang seru

  5. Cocok untuk liburan kekuarga. Ada Banana Boat nya juga.. Harga murah meriah.

  6. Suka sekali

  7. Sarana belum bagus

  8. tempat wisata pantai daerah galeso. tempatnya bagus dan sekarang sedang konstruksi karena abrasi.

  9. Pantainya indah dan sebagai persinggahan penyu untuk bertelur dan beranak pinak. Semoga tetap bersih selalu.

  10. Sangat cocok bagi anda yang suka berwisata bahari, pantainya bersih dan nyaman. Tiket masuknya cukup murah hanya 5 RB saja

  11. Cocok untuk liburan bersama keluarga, jalan nya aspal tetapi agak lemayan jauh dari jalan poros

  12. Pantai bagus. Fasilitas tempat parkir, tempat berisitirahat ada. Hanya saja tdk ada warung makan dan musholla. Perlu ditingkatkan kebersihan dari sampah2.

  13. Tempatku menemukan sesuatu perihal masa depanku Dan masa depannya😂😂😂

  14. Sayang banyak sampah d pantai ini

  15. Pernah tinggal di mampie

  16. Akses jalan

  17. Bersih indah nyaman

Tinggalkan Balasan