Pantai Moro

Pantai Moro

Desa Gempolsewu, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51354, Indonesia.

17 Ulasan

Saat bosan dan penat akan aktivitas keseharian, kebanyakan orang pasti berpikir untuk pergi berlibur. Selain bisa untuk menyegarkan pikiran, liburan juga banyak membawa banyak manfaat bagi kesehatan.

Ada banyak tempat yang bisa dijadikan referensi pergi berlibur, dan yang saat ini banyak disukai wisatawan dalah wisata alam. Destinasi wisata alam yang bisa jadi pilihan untuk Anda berlibur diantaranya adalah pegunungan, pantai, taman, air terjun dan lain sebagainya.

Dan wisata pantai merupakan salah satu destinasi favorit yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Salah satunya adalah Pantai Moro yang ada di Kendal, Jawa Tengah.

Pantai Moro Kendal

Pantai Moro Weleri Kendal

Pantai Moro sendiri merupakan sebuah wisata pantai yang ada di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Pantai Woro berada di Kecamatan Rowosari namun sebagian masyarakat beranggapan kalau Pantai ini berada dalam wilayah Kecamatan Weleri.

Pantai Moro sendiri masih satu arah dengan Pantai Cahaya Sikucing atau Pantai Sendang Sikucing.

Pantai ini masih tergolong asing di telinga sebagian wisatawan karena Pantai Moro memang dikenal sebagai pantai yang masih baru.dan juga belum dipromosikan oleh pemerintah setempat.

Namun bagi warga Kendal dan juga Batang terutama warga Worosari, Pantai Moro sangatlah populer. Apalagi bagi kaum muda disana, hal ini dikarenakan banyaknya anak muda yang berkunjung di pantai Moro.

Pantai ini agak berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Kabupaten Kendal, yakni ada ciri khusus yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.Daya tarik tersebut adalah adanya mercusuar di kawasan pantai ini yang menjadikan pantai ini terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan.

Pantai Moro sendiri  sebenarnya bukanlah tempat wisata. Namun dikarenakan banyak warga sekitar terutama anak muda yang berfoto diatas mercusuar yang kemudian di upload di media sosial membuat Pantai ini menjadi ramai dikunjungi wisatawan.

Banyak wisatawan yang datang ke Pantai di kendal ini hanya sekedar merasakan sensasi berada di atas mercusuar yang menjulang tinggi ke langit. Dimana mereka sekaligus mengambil foto sebagai kenang-kenangan yang kemudian di upload di media sosial.

Harga Tiket Masuk Pantai Moro

Wisata Pantai Moro

Karena Pantai Moro ini memang bukan tempat wisata pada awalnya maka tidak ditetapkan tiket masuk ketika Anda berkunjung ke pantai ini. Namun Anda dikenakan biaya retribusi parkir sebesar Rp 2000 saja.

Namun informasi mengenai harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu menyesuaikan pengelola pantai atau pemerintah daerah setempat.

Pantai juga terbuka selama 24 jam, yang berarti Anda dapat mengunjungi Pantai ini kapanpun Anda mau, menyesuaikan waktu luang Anda.

Rute Menuju Menuju Pantai Moro

Pantai Moro berada di Desa Gubuksari, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal Provinsi Jawa Tengah. Untuk bisa sampai ke pantai ini sangatlah mudah, karena rute menuju kesini sama seperti ke arah Pantai Sendang Kucing dan juga Pantai Cahaya.

Bagi Anda yang berada di wilayah Weleri Kendal, Batang, pasti telah mengetahui  rute menuju Pantai Moro ini. Namun bagi Anda yang datang sari arah luar kota pasti sedikit kesulitan untuk bisa menuju ke tempat ini.

Untuk dapat sampai ke Pantai Moro yang pertama kali Anda lakukan adalah lewat ke Jalan Pantura dan menuju ke arah Taman Kota Weleri. Setelah sampai di taman kota Anda harus mengambil arah utara atau arah ke Pantai Cahaya.

Ikuti saja jalan tersebut atau rute ke Pantai Cahaya, dan sesampainya di gerbang pasar Tawang ada pertigaan kecil dimana Anda ambil arah kebarat atau arah menuju ke TPI (Tempat Pelelangan Ikan).

Jikan Anda mengambil arah timur maka Anda akan menuju ke arah Pantai Cahaya. Setelah sampai di TPI  ambillah jalan menuju arah kanan atau ke arah laut. Ikuti saja jalan tersebut hingga sampai ke tujuan Pantai Moro.

Akses jalan menuju ke Pantai ini awalnya sangat bagus, namun setelah Anda melewati TPI Anda akan melewati persawahan dan tambak-tambak ikan dengan akses jalan yang cukup bergelombang.

Jadi pastikan kondisi kendaraan Anda dalam keadaan fit ketika berkunjung ke Pantai Moro ini karena jalannya memang tergolong susah.

Dan disarankan untuk tidak membawa mobil saat Anda saat berkunjung kesini karena selain jalannya yang susah, akses jalan juga tidak dapat dilalui oleh mobil. Baiknya Anda memakai kendaraan roda dua untuk dapat mengakses ke pantai ini.

Obyek Wisata Pantai Moro

Tidak ada fasilitas tersedia di pantai Moro hal ini dikarenakan pantai ini pada awalnya emang bukan sebagai tempat wisata.

Namun dikarenakan foto pengunjung yang berada di atas mercusuar yang viral menjadikan pantai ini banyak dikunjungi wisatawan.

Namun terdapat warung yang menjual makanan serta minuman namun itupun hanya satu saja dan untuk melayani para nelayan dan para pemancing yang sedang melakukan aktivitas di pantai tersebut.

1. Mercuar di Pantai Moro

Pantai Moro Kendal

Daya tarik dari Pantai Moro yang utama apalagi kalau bukan mercusuar yang telah menjadi ikon pantai tersebut. Pengunjung yang datang ke pantai ini pastinya bertujuan untuk naik ke atas mercusuar dan mengambil foto cantik saat berada di pantai ini.

Dari ketinggian mercusuar yang memiliki tinggi 40 meter tersebut, Anda bisa melihat biru-nya air laut serta hijua-nya ladang pertanian yang terbentang di depan mata, ditambah  luasnya tambak milik warga setempat.

Pemandangan yang terlihat diatas mercusuar memang begitu indah, namun tidak mudah untuk mencapai puncak mercusuar ini.

Keadaan mercusuar yang sudah tua dan juga tidak terpakai lagi serta tanpa adanya pengamanan dan juga tangga yang tak sampai bawah akan membuat siapapun kesulitan saat menuju ke puncak menara ini.

Mercusuar Di Pantai Moro

Selain itu Anda juga harus melompati pagar terlebih dahulu, kecuali jika Anda memang memiliki adrenalin di atas rata-rata. Untuk itu bagi Anda yang takut akan ketinggian yang juga tidak pandai dalam memanjat baiknya jangan naik ke atas mercusuar ini karena memang sangat berbahaya.

Meskipun menara mercusuar merupakan ikon dari Pantai Moro ini, namun kegiatan memanjat ke menara ini tidak untuk direkomendasikan.

Anda tidak harus naik ke atas menara ini, namun jika Anda berani dan ingin naik keatas maka harus ekstra hati-hati karena memang sangat berbahaya karena tanpa pengamanan.

2. Bermain Pasir dan Berenang

Berenang Di Pantai Moro Kendal

Aktivitas lainnya yang dapat Anda lakukan di Pantai ini adalah bermain pasir. Area wisata pantai ini memiliki hamparan pasir yang sangat luas.

Bukan hanya itu, Anda bahkan juga bisa bermain olah raga pantai seperti permainan bola voli, futsal atau permainan lainnya di pantai ini.

Selain bermain pasir, Anda juga dapat berenang di Pantai Moro ini dimana pantai ini berada disisi utara Pulau Jawa yang memiliki ombak yang cenderung  tidak besar.

Namun disarankan untuk tetap berhati-hati dan tidak menuju ke tengah laut saat berenang di pantai ini.

3. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Moro Kendal

Ketika Anda berkunjung ke pantai Moro ini, Anda dapat menunggu sampai waktu matahari terbenam. Pemandangan saat sunset ini sangat indah dan memukau.

Warna langit yang kuning keemasan dipadukan dengan warna jingga yang sangat indah akan membuat suasana semakin menakjubkan. Pemandangan ini dapat Anda gunakan sebagai background foto Anda.

4. Memancing

Pantai Moro Weleri

Memancing merupakan kegiatan yang sangat menarik yang ada di Pantai ini. Dimana pantai ini merupakan pertemuan antara lautan dan Sungai Koto.

Kondisi ini yang membuat banyak warga yang memancing diantara pertemuan air tawar dan air laut di pantai ini.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Moro yang terletak di Kabupaten Kendal Jawa tengah ini. Sebuah wisata pantai yang menarik yang sangat cocok dikunjungi untuk mengisi liburan Anda.

17 Ulasan untuk Pantai Moro, Kendal, Jawa Tengah

  1. Untuk terapi ketinggian……maklum saya takut Ketinggian,harus di dampingi Teman….

  2. Tempatnya dari atas emang indah tapi sarana prasarana dan keamanan sangatlah minim. Berikut saya lampirkan beberapa foto mengenai objek di pantai moro

  3. Buruk sekali

  4. Dari atas pemandangan nya sangat indah sekali

  5. Menaranya banyak coretan tangan tangan yang tak bertanggung jawab..

  6. Akses jalan susah dan jauh sekali dari jalan raya. Pasirnya hitam menara mercusuarnya rada ekatrime karna menurut saya bangunan tua. Cuma bayar parkir saja belum banyak pengunjung.

  7. Jauh jauh di datengin, jalan nya blusukan, eh sampai sana zonk.

  8. Salah satu tempat tersembunyi yang indah cuma akses, potensi untuk destinasi wisata dan kebersihan kurang di jaga, untuk mercusuarnya disarankan sangat hati2 mungkin suatu saat besinya bakal lapuk karena di gerus ombak terus

  9. Jalan cukup ekstrim

  10. Jalan cukup ekstrim

  11. ini pantai

  12. Bagus masih alami dan gratis

  13. Jalannya masyaAllah super banget aoalagi kalau abis ujan. Tp sampe sana bagus si lumayan

  14. View nya itu lho

  15. Spot mancing yg bagus

  16. Muara kali kuto, disini Menikmati suasana Sore dg perahu bareng Warga Pesisir Rowosari sungguh nikmat dan damai, ada Tower yg bisa kita naiki ke atas untuk melihat Pemandangan Pantai Moro lebih luas.

  17. Mancing

Tinggalkan Balasan