Pantai Ngebum

Pantai Ngebum

Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51372, Indonesia.

12 Ulasan

Banyak hal yang dilakukan orang untuk melepas penat karena beragam aktivitas di keseharian-nya. Salah satunya adalah berlibur, selain bisa menyegarkan kembali pikiran, liburan bahkan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Maka dari itu penting untuk menyempatkan diri untuk berlibur setidaknya sebulan sekali dan tidak perlu mengunjungi tempat yang jauh untuk pergi berlibur. Salah satu tempat berwisata yang saat ini digemari traveller saat ini adalah wisata pantai.

Dan berikut adalah ulasan salah satu pantai yang terdapat di Kendal yang bisa menjadi destinasi Anda untuk berlibur di akhir pekan nanti. Pantai itu adalah Pantai Ngebum. Silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Pantai Ngebum Kendal

Pantai Ngebum Kendal

Pantai Ngebum terletak di pesisir pantai utara yang masuk wilayah Kabupaten Kendal, tepatnya di Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Pantai ini berbatasan dengan Laut Jawa utara Kota Semarang. Pantai ini diberi nama mirip dengan Pantai Ngebum atau disebut juga Ngebom yang ada di Pekalongan Jawa Tengah.

Dan tidak dijelaskan juga kenapa memiliki kemiripan nama, namun hal ini juga berlaku dengan Curug Lawe yang terletak di kebun teh Medini Kendal yang sama dengan Curuug Lawe Kalisidi Kecamatan Gunung pati.

Namun masyarakat ada juga yang menyebut Pantai Ngebum dengan sebutan Pantai Mororejo. Karena pantai ini merupakan pantai yang menjadi kawasan sekaligus tempat mata pencaharian warga Desa Mororejo.

Kawasan wisata Pantai Ngebum merupakan kawasan wisata yang dapat Anda kunjungi karena memiliki keindahan alam yang mempesona. Ditambah warga lokal yang juga ramah kepada pengunjung yang datang.

Pantai Ngebum Kendal ini juga merupakan kawasan wisata yang ramai dikunjungi pada saat hari-hari biasa atau saat hari libur. Pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur untuk Anda dan keluarga maupun teman terdekat.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngebum

Harga tiket masuk dari pengelola di Pantai Ngebum ini tergolong sangat terjangkau. Anda hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp 3000 saja dimana Anda bisa menikmati semua keindahan alam yang ada di kawasan wisata Pantai Ngebum ini.

Untuk biaya parkir kendaraan maka Anda harus mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp 2000 saja. Pengelola juga tidak menetapkan jam batasan berkunjung di Pantai Ngebum ini, yang berarti Anda bisa berkunjung kapan saja selama 24 jam.

Rute Menuju Lokasi Pantai Ngebum

Pantai Ngebum Kabupaten Kendal

Ada beberapa rute untuk dapat sampai ke Pantai Ngebum ini, dimana Anda dapat mengendarai mobil atau motor untuk bisa sampai ke kawasan wisata ini.

Sebenarnya jalur utama menuju ke Pantai Ngebum ini merupakan jalur mobil truk yang membawa muatan kayu. Kayu-kayu ini di bawa ke Pabrik Kayu Lapis Indonesia dan juga Pabrik Rimba Partikel Indonesia yang berada di dekat Desa Mororejo.

Jarak Pantai Ngebum dari Kecamatan Kaliwungu adalah 6 kilometer yang bisa dilalui dengan waktu tempuh sekitar 15 menit perjalanan ke arah utara melewati Jalan Laut menuju Pantai Ngebum.

Di sepanjang perjalanan Anda dapat mengendarai kendaraan sambil menikmati  pemandangan tambak ikan dan juga tanaman bakau yang berada disisi kiri jalan.

Sedang di sebelah kanan jalan, Anda bisa menikmati pemandangan pegunungan dan juga persawahan yang membentang luas.

Apabila Anda memulai perjalanan dari Kota Semarang, Anda akan membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk bisa sampai di pantai ini. Anda harus melewati beberapa titik yaitu dari Tugu Anda ke arah Mangkang yang dilanjutkan ke Kaliwungu kemudian arah Jalan Laut.

Dari arah Jalan Laut lanjutkan menuju ke Pabrik Kayu Lapis Indonesia yang ada di Desa Mororejo yang kemudian Anda akan sampai di Pantai Ngebum.

Atau Anda dapat mengambil rute lain melewati Mangkang menuju jalur lingkar Kendal dimana setelah 3 kilometer kemudian Anda akan menemukan tanda plang atau petunjuk arah Pantai Ngebum (Mororejo).

Tanda tersebut berada di sebelah kiri sebelum jalan naik. Silahkan belok ke kiri ke arah jalan kecil hingga sampai di Desa Mororejo yang kemudian menuju ke Pantai Ngebum.

Akses jalan menuju Pantai Ngebum sendiri sudah terbilang lumayan baik, hanya ada beberapa titik jalan yang sedang menunggu perbaikan.

Namun ini adalah hal yang tak perlu dikhawatirkan karena sepanjang perjalanan Anda akan melihat panorama seperti tambak, hutan bakau dan juga Pabrik Rimba Partikel Indonesia dan Pabrik Kayu Lapis Indonesia disisi jalan.

Setelah melewati Jalan Laut, Anda akan masuk ke Desa Mororejo dimana terdapat kawasan Pantai Wiasata Ngebum .

Onyek Wisata Pantai Ngebum

Hampir semua pantai yang ada di Kota Kendal ini memiliki warna pasir yang gelap serta kecoklatan termasuk di Pantai Ngebum ini. Walaupun warna pasir-nya gelap namun bisa dibilang cukup bersih dibanding pantai lainnya yang ada di Kendal.

Banyak yang dapat Anda lakukan untuk mengisi liburan Anda di pantai ini. Aktivitas-aktivitas itu di antaranya:

1. Menikmati Pemandangan Pantai

Pantai Ngebum Kaliwungu

Anda dapat melakukan banyak aktivitas di Pantai Ngebum ini diantaranya berjalan-jalan sambil menikmati keindahan pantai dari ujung barat ke ujung timur sambil menghirup udara segar Pantai Ngebum.

Jika Anda ingin bersantai, Anda tinggal duduk bersantai di kursi warna-warni sambil melihat deburan air laut atau sekedar mengawasi anak-anak yang sedang bermain di tepi pantai.

Kegiatan ber swa foto juga bisa Anda lakukan dengan latar belakang pemandangan laut lepas atau spot cantik lainnya di Pantai Ngebum ini.

2. Berenang

Pantai Ngebum Kota Kendal

Pantai yang terbentang luas dari timur berbatasan dengan pabrik Kayu Lapis dimana disebelah barat terlihat dermaga Kendal yang menakjubkan.  Karena Pantai ini tidak terlalu landai seperti pantai yang ada di selatan jawa, maka Anda akan lebih leluasa berenang.

Namun di anjurkan untuk tidak terlalu ke tengah saat Anda berenang. Dan jika Anda tidak terlalu pandai berenang atau membawa anak-anak maka Anda bisa menyewa pelampung atau ban yang banyak disewakan di tepian pantai.

Anda-pun dapat memilih ukuran ban atau pelampung yang disewakan dari yang besar atau yang kecil. Dan nikmati bermain air dan juga pasir saat berada di pantai ini.

3. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Ngebum Kendal

Selama di pantai ini, jika Anda mau menunggu sampai saat matahari tenggelam di ufuk barat, maka Anda kan melihat pemandangan sunset yang indah. Warna langit yang kuning keemasan dipadukan dengan warna jingga membentuk pemandangan yang sangat memukau.

Anda akan sangat menikmati pemandangan ini. Apalagi ketika Anda jadikan background foto Anda, maka akan terlihat foto siluet Anda yang sangat indah.

Fasilitas di Pantai Ngebum

Kebersihan yang ada di pantai ini bukan merupakan tanggung jawab petugas saja, namun juga seluruh pengunjung pantai yang berwisata ke kawasan wisata ini. Disediakan tempat sampah di sekitaran pantai demi menjaga pantai ini agar selalu bersih.

Selain itu  juga banyak disediakan fasilitas pendukung untuk kenyamanan wisatawan saat berkunjung di pantai ini. Fasilitas-fasilitas itu diantaranya:

1. Area Parkir

Tersedia lahan parkir yang luas sehingga Anda tidak perlu bingung untuk mencari tempat parkir saat berwisata ke pantai ini.

2. Kamar Mandi dan Toilet

Kamar mandi dan juga toilet juga telah tersedia di kawasan wisata ini. Jadi bagi Anda yang bermain pasir, berenang atau bermain air, dapat membilas dan mandi di kamar mandi yang ada.

3. Mushola

Di lokasi pantai ini juga terdapat peribadatan umat muslim yaitu mushola. Anda tidak perlu khawatir beribadah tepat waktu saat berkunjung ke Pantai Ngebum ini.

4. Persewaan Ban untuk Berenang

Di pantai ini sudah ada penyewaan ban yang digunakan untuk bermain air atau berenang di pantai khususnya untuk anak-anak agar lebih aman. Namun begitu untuk orang tua tetap memperhatikan anak-anaknya yang sedang berenang di pantai.

4. Warung Makan

Jangan khawatir jika Anda akan merasa lapar karena di obyek wisata Pantai Ngebum ini banyak tersedia warung-warung penjual makanan dan juga minuman untuk para wisatawan.

Kabupaten Kendal memiliki beberapa wisata pantai yang indah seperti Pantai Moro, Pantai Muara Kencan dan pantai Ngebum ini. Jadi jika Anda berkunjung ke kota ini Anda dapat singgah ke beberapa wisata lainnya.

Demikian seputar ulasan tentang wisata Pantai Ngebum yang ada di Kendal, Jawa Tengah ini. Apabila Anda menginginkan destinasi wisata dengan budget yang tidak terlalu mahal maka Pantai ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

12 Ulasan untuk Pantai Ngebum, Kendal, Jawa Tengah

  1. Pantainya lumayanlah buat main air atau berenang, fasilitas sudah mulai lengkap, bahkan banyak tersedia tempat untuk membersihkan diri sehabis bermain di pantai, area parkir juga baik, banyak persewaan tikar ataupun gazebo2 mini disepanjang pantai dg sewa yg relatif murah, akses masuk ke pantai dari jalan raya Pantura mudah tinggal lurus saja tanpa belok2 sampai ke pantai, hanya jalannya sedikit bergelombang alias rusak ringan. Tiket masuknya juga murah cukup 3000/orang, parkir mobil biasanya cuma 5000 karena pas main kesaba masih aroma lebaran naik jadi 10.000 😆 jam buka dr pagi sampai jam 19.00 WIB. Untuk kebersihan masih perlu ditingkatkan, banyak sampah disana sini 😥

  2. Pantainya bersih, untuk tempat bilas banyak sekali Rp 3.000/ orang mandi… Banyak yg menyewakan karpet untuk alas santai.. Ada Jasa sewa motor trail, motor ATV, pelampung, kapal .. Ada yg jual pakaian, lumayan buat yg lupa bawa pakaian ganti.. Catatan : untuk yg menyewakan kapal harap ada lahan sendiri untuk parkir kapal. Bukan parkir di pinggir pantai yg lagi banyak orang main .

  3. Asik ketika sore kesini. Ada tempat duduk untuk disediakan bayar 5_10ribu sepuasnya. Tempat bilas/mandi juga banyak. Termasuk penjual minuman dan makanan. Akses menuju pantai mudah

  4. Tidak pernah bosan berkunjung disini. Suara ombak yang menenangkan ditambah angin yang semilir menyejukkan. Untuk kalian yang suka main air pantai bisa juga main disini. Bisa menyewa ban juga agar lebih menyenangkan. Lelah bermain, kalian bisa mengisi perut dengan bermacam-macam jajanan yang dijajakan pedagang dipinggir pantai. Bisa dinikmati diatas kursi pantai atau menyewa tikar, kalau mau hemat bawa tikar sendiri dari rumah ya hehe. Untuk kalian yang berkunjung tetap membuang sampah pada tempatnya ya, biar pantainya tetap bersih dan enak dipandang.

  5. Murah sih. Sayangnya tempatnya kotor banyak kambing ayam dan sampah. Dan makanan pun cenderung dimasak Mahal sama penjual. Sebenernya disini destinasi wisata lokalan yang bisa dibuat list kesini… But.. lumayan sih banyak parkiran dan orang jualan. Tempat duduk pun harus sewa. Dan jalan menuju kesana pun rusak parah. Tapi jalan kearah pulang cukup bagus sih. Semoga kedepan nya bisa baik lagi. Fasilitas diperbaiki. Dan terutama KEBERSIHAN nya

  6. Yg bikin gak nyaman itu penyewa tempat duduknya. Nyentuh tempat duduk langsung didatengin bro, suruh bayar. Habis itu pindah tempat sebelah, didatengin lg beda orang, katanya yg punya sudah beda. Habis itu kesempatan lain, gue kesana lg baea tiker sendiri.. diusir bro.. katanya dekat tempat duduknya dia. Saran nih buat pengelolanya, harusnya tempat duduk tidak diurusi orang perorangan gitu. Bukan masalah bayarnya, tp kenyamanannya. Dah gitu aja,,,

  7. Per orang tiket masuk Rp 5.000,- biaya parkir motor Rp 3.000,- duduk di kursi pinggir pantai Rp 10- 15. pantai pasir hitam. Semoga kebersihannya diperhatikan

  8. Jalan akses masuk dari jalan raya sekarang dah muluuuuss..
    Tp harga gazebo sama parkir mobil naik…

  9. Pantai Ngebum emang oye,
    Pantai pasir hitam, ombaknya gk gede gk kecil, enak buat main di pantai
    Tiket masuk 15k per org, parkir 3k, sewa kursi 10k, bilas 3k, main sepuasnyaaaaa
    Ada yg jual baju juga, jd kalo lupa bawa pakaian buat renang, bisa beli di lokasi
    Ada sewa ban , kalo pengen ke pakai ban buat renang

  10. parkir mahal tempat kotor sampah dimana mana bau…semoga bisa lebih baik

  11. Tempatnya bagus, tp tolong untuk petugas atau relawan sering2 patroli terhadap pengunjung yang membuang sampah sembarangan

  12. salah satu pantai yang dijadikan destinasi wisata oleh banyak orang. wajar kalau akhirnya kondisi pantai menjadi sedikit kumuh dan terlihat penuh sesak, terutama pas hari minggu.

    Saran saja, kalau ke sini jangan pas hari minggu. Kalaupun iya, berangkatlah pagi-pagi biar kebagian tempat.

Tinggalkan Balasan