Pantai Muara Kencan

Pantai Muara Kencan

Desa Pidodo Kulon, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51351, Indonesia.

15 Ulasan

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan, hal ini terbukti  dari banyaknya pulau yang dimiliki Indonesia dari Sabang hingga Merauke yang jumlahnya mencapai ribuan. Hal inilah yang juga menyebabkan Indonesia memiliki banyak pantai yang dikenal keindahannya.

Pantai di Indonesia memang menjadi salah satu sektor wisata yang paling potensial, bahkan beberapa pantai yang ada di Indonesia telah mendunia. Sebut saja Pantai Bali yang keindahan pantainya sudah terkenal di seluruh dunia.

Bicara soal pantai pastinya banyak aktivitas menyenangkan yang bisa lakukan seperti bermain pasir, berenang dan lain sebagainya. Selain itu pergi ke pantai juga dapat menyehatkan kesehatan mental dan fisik kita.

Salah satu pantai yang memiliki keindahan yang indah adalah Pantai Muara Kencan yang ada di Kota Kendal, Jawa Tengah.

Pantai Muara Kencan Kendal

Pantai Muara Kencana

Pantai Muara Kencan adalah salah satu kawasan wisata pantai yang terdapat di Desa Pidodo Kulon, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Pantai Muara Kencan ini memang tidak sepopuler pantai-pantai lainnya yang ada di Kendal seperti Pantai Moro atau Pantai Ngebum. Namun keindahan pantai ini tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya di Kota Kendal.

Tidak populer-nya Pantai Muara Kencan disebabkan oleh kurangnya promosi dari pihak pemerintah setempat atau dari pihak pengelola pantai.

Namun pantai ini masih sering dikunjungi khususnya oleh para kaum muda-mudi. Pantai Muara Kencan ini menawarkan keindahan yang mempesona yang membentang dari ujung barat hingga ujung timur.

Pantai Muara Kencan ini dulunya pernah sangat populer, yaitu ketika pas awal dibuka. namun seiring berjalannya waktu Pantai Muara Kencan jadi kurang diminati karena kurangnya perawatan yang menyebabkan orang enggan kesana.

Menurut petugas pantai yang berjaga di Pantai Muara Kencan, pantai ini memang tidak bisa diprediksi kapan ramai atau sepi-nya.

Terkadang di hari libur, pantai terlihat sepi dan hanya beberapa orang saja yang mengunjungi pantai ini. Namun di di hari aktif Pantai Muara Kencan justru malah terlihat ramai.

Namun meski demikian Anda jangan sampai melewatkan Pantai Muara kencan ketika berkunjung ke Kabupaten Kendal.

Harga Tiket Masuk Pantai Muara Kencan

Anda dapat menikmati semua keindahan serta fasilitas yang ada di Pantai Muara Kencan dengan membayar tiket sebesar Rp 10.000 saja.

Pengelola juga tidak menetapkan waktu berkunjung yang mengartikan bahwa pantai ini dibuka selama 24 jam, jadi Anda bisa datang kapan saja.

Rute Menuju Lokasi Pantai Muara Kencan

Wisata Pantai Muara Kencan

Untuk bisa sampai ke pantai ini dimana rute cukup jauh dan lumayan membingungkan apabila Anda belum pernah kesana.

Sangat minim petunjuk arah, namun Anda tak perlu khawatir karena Anda dapat bertanya kepada warga sekitar apabila Anda bingung di tengah perjalanan.

Anda yang dari luar Cepiring maka Anda bisa berkendara saja melewati Jalan Pantura. Pertama yang harus Anda temukan adalah Pasar Cepiring atau Pabrik Gula Cepiring. Kemudian Anda harus ke barat sekitar 300 meter dari Pasar Cepiring.

Kemudian ada jalan  ke arah utara atau jalan menuju Desa Korowelang, ikuti saja jalan tersebut hingga sampai di Pasar Pidodo. Sampai di Pasar Pidodo ini Anda sudah dekat dengan Pantai Muara Kencan.

Dari sana ikuti saja jalan hingga ke ujung dimana Anda akan menemukan Pantai Muara Kencan. Jika Anda masih bingung maka Anda dapat bertanya kepada warga setempat yang ada di Pantai Muara Kencan.

Obyek Wisata Pantai Muara Kencan

Selama di pantai ini, anda dapat menikmati berbagai obyek wisata dan melakukan beberapa aktivitas. Aktivitas-aktivitas itu diantaranya:

1. Melihat Pemandangan Pantai

Pantai Muara Kencan Cepiring

Selama di sini, Anda dapat menikmati keindahan pantai. Pantai di daerah Pantura ini memiliki pasir yang berwarna hitam. Namun begitu Anda tetap dapat berenang dan bermain pasir di sekitar pantai.

Apalagi jika Anda mengajak anak-anak, sangat tepat kalau diajak bermain pasir di pantai ini.

2. Berenang dan Bermain Pasir

Wisata Pantai Muara Kencan Kendal

Selain itu ada banyak hal-hal yang dapat Anda lakukan di Pantai Muara Kencan ini. Misalnya Anda dapat melakukan kegiatan berenang atau hanya sekedar bermain pasir.

Ombak di Pantai Muara Kencan ini tidak begitu besar sehingga sehingga pantai ini cukup aman digunakan untuk berenang. Namun jangan berenang terlalu jauh, disarankan untuk berenang di sekitar bibir pantai demi keamanan.

3. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Muara Kencan

Jika Anda ingin melihat pemandangan yang indah di pantai ini, Anda dapat menunggu saat-saat matahari mau tenggelam. Pemandangan waktu sunset di pantai Muara Kencan ini memang sangat indah.

Warna langit yang kuning keemasan dipadukan dengan warna biru dan jingga, membuat pemandangan saat itu sangat menakjubkan. Memen ini dapat Anda jadikan background dari foto Anda yang nantinya akan terlihat siluet yang sangat indah.

4. Pemandangan Pohon Pinus

Obyej Wisata Pantai Muara Kencan

Di sekitar area pantai terdapat pohon-pohon pinus yang menambah keindahan dari pantai Muara Kencan ini. angin sepoi-sepoi dari laut membuat daun-daun pohon pinus bergoyang-goyang dan menambah keindahan suasana pantai.

5. Bermain di Sekitar Pantai

Pantai Muara Kencan Kendal

Selama berkunjung di pantai Muara Kencan ini, Anda dapat bermain di beberapa wahana permainan yang ada di sekitar pantai.

Anda dapat bermain ayunan, jungkat-jungkit atau sekedar berlari-larian bersama anak-anak Anda.

Fasilitas di Pantai Muara Kencan

Pantai Muara Kencan sebenarnya memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Fasilitas-fasilitas itu diantaranya:

  • Area Parkir
  • Mushola
  • Kamar Mandi bilas
  • Toilet
  • Penginapan
  • Taman Bermain

Area parkir-nya juga cukup luas  untuk Anda tanpa khawatir bingung akan tempat parkir kendaraan.

Disarankan untuk membawa bekal saat berkunjung ke pantai ini seperti makanan kecil dan juga minuman karena susah ditemukan penjual makanan dan minuman di sekitar pantai.

Di Pantai Muara Kencan juga menyediakan banyak pondok yang nyaman yang dapat Anda gunakan untuk bersantai bersama dengan keluarga atau sahabat.

Suasana ini juga didukung dengan banyaknya pohon disekitar pantai yang semakin membuat pantai terasa sejuk dan juga nyaman.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Muara Kencan Kendal, Jawa Tengah ini. Jika Anda berkunjung ke kota santri ini, jangan lupa untuk singgah di pantai-pantai yang ada di daerah ini.

15 Ulasan untuk Pantai Muara Kencan, Kendal, Jawa Tengah

  1. Jalan menuju lokasi mantap!!! Ngerusak ban mobil gengs, tp gatau kalo skrg udh dibenerin. Pantainya agak sepi kayak private beach, tapi kotor. Btw pasirnya coklat. Jangan ekspektasi tinggi thdp pantai ini.

  2. Waktu jaman aku kecil pantainya bersih banyak pengunjung tapi sekarang,udah tiket masuknya mahal,kotor dan tidak terawat terus gak nyaman karena tempatnya digunain buat mesum😢 mohon dikelola lagi dgn baik supaya bisa menjadi salah satu wisata yang bisa dikunjungi banyak orang seperti dulu😇

  3. alami.. tapi masih sepi, cocok buat yg pacaran

  4. Aku pk rono a

  5. Seperti pantai pada umumnya. Banyak pohon cemaranya disini. Ketika saya mengunjungi pantai ini, pantainya sedang surut jadi menarik. Bisa bermain-mai di tengah pantainya. Sayangnya, pantai ini jauh dari pusat kota. Akses jalan menuju pantai pun buruk. Pantai ini juga kotor dan tidak terawat. Padahal harga tiket yang di bayar terhitung mahal menurut saya. Harusnya uang tersebut bisa di gunakan untuk memperbaiki dan merawat infrastruktur di pantai ini. Keselurahan, yaa lumayan menarik pantai ini setidaknya untuk melepas penat sejenak.

  6. Perlu di urus lagi biar rame…ga sepi..malah jadi tmpet mesum kan…hadeh…

  7. Pas kesitu sepi banget…malah buat orang mesum..

  8. Kencana akan menjadi wisata pantai kelas dunia, . “Kencana private island”

  9. Pengelolaan kurang dimaksimalkan oleh pengelola, akses jalan juga kurang memadai karena kendaraan roda empat sulit untuk masuk, para pengunjung juga sepertinya kurang tertib perilakunya (pasangan mesum) padahal pemandangannya sangat bagus

  10. Jalan menuju lokasi byk lubang 😭 sarana dilokasi kurang terawat, butuh sentuhan seniman dan arsitektur agar ramai kembali. Bawalah bekal jika berkunjung dipantai ini krn minim sekali warung.

  11. Pantai lumayan bersih.
    Cocok untuk keluarga karena ombak gak begitu besar. Ada tempat bermain.
    Tiket masuk terjangkau

  12. Aksesnya tlg d bagusin lg…krg terawat pdhl ini pantai bagusss bngt…

  13. Pantai yang tidak terawat, masuk saja mahal dikenakan biaya Rp 10 ribu tapi tidak ada perawatan pantai, lalu itu uangnya digunakan buat apa. Sepanjang pantai sampah semua, banyak semak2 juga, sepanjang gazebo dipakai untuk perbuatan mesum dan zina para pemuda pemudi tak bermoral. Mohon kepada dinas terkait lakukan sidak

  14. Tdk terawat..rumputnya tinggi2,banyak sampah jg

  15. Saya kesana sore hari, sedikit lagi mau sunset. Dapat panorama sunsetnya, indah sekali. tapi banyak orang pacaran. Jalan mau kesana lewat hutan manggrove gitu, banyak anak kepiting di tepi pantai. Agak jauh dari jalan raya, tapi masih bisa dilalui mobil.
    Oia menurut penduduk sekitar disini langganan banjir saat air laut pasang. Pilih2 waktu aja kalau mau kesana jangan pas bulan purnama yaa

Tinggalkan Balasan