Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran

Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Indonesia

20 Ulasan

Pantai Pangandaran sudah tidak asing lagi di telinga. Pantai Pangandaran sudah terkenal di kalangan wisatawan domestik hingga asing.

Mungkin diantara Anda ada yang belum pernah mengunjungi atau masih berencana pergi ke Pantai Pangandaran. Agar semakin yakin berikut ulasan mengenai Pantai Pangandaran.

Pantai Pangandaran Ciamis

Pantai Pangandaran Ciamis

Pantai Pangandaran merupakan sebuah objek wisata andalan Kabupaten Pangandaran yang terletak di sebelah tenggara Jawa Barat. Tepatnya di Desa Pangandaran dan Pananjung, sekitar 222 km dari selatan Bandung.

Pantai ini memiliki pasir berwarna putih dan air laut yang cukup jernih. Lalu semilir angin pantai menambah kehangatan suasana di pantai ini.

Pantai Pangandaran memiliki bentangan pantai yang cukup luas. Kawasannya terbagi menjadi dua bagian yakni Pantai Pangandaran Barat yang bernama lain pantai Pananjung, dan Pantai Pangandaran Timur.

Keduanya dipisahkan oleh sebuah teluk. Kedua Pantai Pangandaran ini memiliki karakteristik berbeda.

Pantai Pangandaran bagian barat kawasan yang lebih landai serta cocok sebagai tempat wisata keluarga. Dibanding Pantai Pangandaran di bagian timur.

Pantai Pangandaran Barat memiliki gelombang air yang lebih tenang sehingga cocok sebagai tempat berenang, saat sore hari tiba Anda bisa menikmati indahnya fenomena ketika matahari tenggelam.

Sementara di bagian timur, akan lebih banyak tambak ikan. Di sini juga banyak tempat makan dengan menu khas ikan bakar. Lalu di pagi hari, dari sini Anda dapat menyaksikan detik-detik munculnya matahari atau sunrise.

Harga Tiket Masuk Pantai Pangandaran

Ketika memasuki kawasan wisata pantai, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk. Harga tiket masuknya cukup murah dan berlaku sama setiap hari. Tidak ada perbedaan tiket antara anak dan dewasa.

Berikut daftar harga tiket masuk pantai Pangandaran:

  1. Harga Tiket masuk : Rp. 6.000 – Rp. 310.000
  2. Tiket Pejalan Kaki Rp 6000
  3. Sepeda Motor Rp 14.000
  4. Mobil Jeep atau Sedan Rp 37.500
  5. Mini Bus Kecil Rp 65.000
  6. Mini Bus Besar Rp 92.500
  7. Bus Kecil Rp 126.000
  8. Bus Sedang Rp 188.000
  9. Bus Besar Rp 310.000

Rute Menuju Lokasi Pantai Pangandaran

Rute pantai Pangandaran dari Bandung, ada beberapa alternatif jalan yang bisa Anda gunakan:

  1. Jalur utama via Bandung – Tasikmalaya – Banjar – Pangandaran. Jalur ini mudah buat di ikuti, banyak petunjuk jalan.
  2. Jalur alternatif Bandung – Tasikmalaya – Pantai Cipatujah – Pangandaran.
  3. Rute Selatan Jawa Barat. Rute ini agak jauh, tapi cukup seru apalagi bagi Anda yang suka touring. Jalurnya yakni dari Bandung ke arah Pangalengan, lalu ke Cisewu kemudian ke Rancabuana. Lanjut ke Pameungpeuk, Cipatujah, hingga Pangandaran. Meskipun agak jauh tapi rute ini agak sepi dan jalanan juga sudah cukup bagus.

Hal Menarik di Pantai Pangandaran

Berikut beberapa obyek wisata di Pantai Pangandaran.

1. Berenang di Pantai Berpasir Putih

Berenang Di Pantai Pangandaran

Pangandaran merupakan bagian dari pantai selatan Pulau Jawa yang terkenal mempunyai ombak besar. Namun pantainya landai dengan rentang waktu antara pasang-surut air laut-nya yang relatif lama.

Hal ini memungkinkan wisatawan untuk berenang di tepian dangkal yang berombak tenang. Wisatawan juga banyak yang bermain di pasir pantai karena suasananya yang sejuk.

2. Pemandangan Bawah Laut

Pemandangan Bawah Laut Pantai Pangandaran

Panorama bawah laut yang indah juga merupakan salah satu daya tarik wisata Pantai Pangandaran. Pemandangan bawah laut-nya lengkap dengan terumbu karang serta aneka ragam ikan warna warni.

Ketika menyaksikan alam bawah air tersebut, wisatawan dapat pergi ke Pantai Pasir Putih. Lokasi ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya. Sebagai alternatif menuju ke sana, wisatawan dapat berjalan melalui cagar alam atau menggunakan perahu.

Keanekaragaman biota di taman laut dapat dijelajahi dengan menyelam atau snorkeling maupun menggunakan perahu pesiar. Wisatawan dapat juga menikmati keindahan pasir putih dan segarnya keasrian hutan cagar alam.

3. Melihat Sunset dan Sunrise

Sunset Pantai Pangandaran

Pesona Pantai Pangandaran yang selalu diburu wisatawan adalah momen sunrise dan sunset. Istimewanya, kedua momen tersebut dapat dinikmati dari satu tempat. Di sini, wisatawan dapat menyaksikan sekaligus mengagumi indahnya matahari terbit dan terbenam.

Jika wisatawan datang pagi hari, maka akan mendapatkan kesempatan melihat pemandangan matahari terbit di timur. Sedangkan pada bagian barat pantai di sore hari akan terlihat indahnya matahari terbenam.

4. Surfing di Pantai

Surfing Di Pantai Pangandaran

Anda juga dapat melakukan aktivitas surfing di pantai Pangandaran ini, Karena pantai ini terhubung langsung dengan samudera Hindia, maka di musim-musim tertentu ombak-nya sangat besar.

Kondisi ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas surfing. Di sekitar pantai juga terdapat gerai yang menyewakan papan selancar dan alat-alat menyelam. Jadi Anda tidak perlu repot-repot membawa dari rumah.

Obyek Wisata di Pantai Pangandaran

Sebagai area yang terkenal di Pangandaran, pantai ini juga berdekatan dengan pantai-pantai lain yang ada di Pangandaran. Pantai-pantai ini juga sama terkenal-nya dengan pantai Pangandaran.

Pantai-pantai itu diantaranya adalah:

1. Pantai Karang Nini

Pantai Karang Nini Pangandaran

Pantai Karang Nini merupakan salah satu dari sekian banyak destinasi wisata di Pangandaran yang recomended untuk Anda kunjungi. Banyak sekali pantai cantik yang akan mendamaikan jiwa dan pikiran Anda ketika berkunjung ke Pangandaran Jawa Barat.

Selain Pantai Pangandaran yang menjadi maskot wisata pantai di Kabupaten Pangandaran Jawa Barat. Ada Pantai Karang Nini yang tak kalah indahnya dengan sajian pantai khas Pangandaran yang mempesona.

Menghabiskan waktu libur dengan mengunjungi obyek wisata pantai memang menjadi aktivitas wisata yang recomended.

Manjakan jiwa dan pikiran dengan keindahan dan pesona wisata yang ditawarkan dari obyek wisata Pantai Karang Nini Jawa Barat. Rasa penat, bosan dan jenuh akan terefresh dengan menikmati keseruan berlibur di Pantai Karang Nini bersama orang-orang tercinta.

Banyak spot wisata recomended yang bisa Anda nikmati ketika berlibur. Jangan sampai obyek wisata Pantai Karang Nini lewat dari daftar kunjungan Anda di Pangandaran Jawa Barat. Berikut beberapa informasi wisata Pantai Karang Nini yang bisa Anda jadikan referensi berlibur bersama orang-orang tercinta.

2. Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu Pangandaran

Di Indonesia ada banyak sekali obyek wisata pantai yang bisa Anda kunjungi. Dari Sabang sampai Merauke, bentangan pantai nan indah dan memanjakan mata dengan mudah Anda temui.

Yang tak luput dari catatan tentunya pantai Batu Hiu di Pangandaran, Jawa Barat. Pantai yang terkenal dengan julukan Tanah Lot Jawa Barat ini, adalah salah satu pantai yang bisa dijadikan peraduan setelah menjalani kesibukan sehari-hari.

3. Sungai Citumang

Sungai Citumang Pangandaran

Bisa dikatakan Citumang menjadi destinasi wisata yang asyik untuk dikunjungi saat ke Pangandaran, terutama bagi yang tertarik dengan wisata air dan konsep petualangan yang memacu adrenalin.

Citumang sendiri merupakan sebuah aliran sungai yang membelah hutan dengan debit aliran air yang cukup deras, tapi masih aman untuk bermain di dalamnya. Tidak salah jika kemudian ada wisata body rafting di lokasi ini. Terlepas dari itu, panorama yang disuguhkan juga luar biasa keren.

Fasilitas di Pantai Pangandaran

Fasilitas penunjang objek wisata Pantai Pangandaran tergolong lengkap. Seperti tersedianya area parkir yang cukup luas, penjaga pantai, pemandu wisata dan pusat informasi.

Selain itu, terdapat pelayanan pos, telekomunikasi dan money changer, kafe, dan berbagai penginapan.

Penyewaan sepeda santai atau kendaraan bermotor roda empat dapat ditemukan di sepanjang kawasannya. Delman atau dokar wisata dan perahu wisata juga digunakan untuk menikmati panorama pantai dengan nyaman.

Nah itu tadi beberapa hal yang membuat Anda yakin pergi ke Pantai Pangandaran Anda seharusnya tidak perlu merasa ragu untuk pergi ke Pantai Pangandaran.

Harga bersahabat, fasilitas lengkap, dan terdapat banyak obyek wisata yang akan memanjakan Anda. Semoga bermanfaat dan Selamat Berlibur.

20 Ulasan untuk Pantai Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat

  1. Waah… Kesini lg… Pantai nya bersih dr pedagang kaki lima yg jualan di pasir pantai,,,, jd bs liat langsung ke laut, sementara pedagang baju nya dialihkan ke tempat yg sdh ditentukan… Bagus…

  2. Ada 2 kapal. 1 masih tegak, 1 lagi sudah miring. Katanya peninggalan bu susi.. Bersebelahan dgn jalan raya.. Banyak perahu n pedagang.. Banyak sampah.. Ada sewaan motor trail dan alat selancar.. Pasir gelap, bukan pasir putih, sehingga bibir pantai terkesan kotor.. Pantai terhitung cukup datar. Pandangan sangat luas, bisa melihat matahari terbenam jika tdk mendung

  3. Indah lumayan bersih klo bisa lbih ditata lagi

  4. Saran saya klo liburan kesini jangan pas libur panjang. Ramai nya melebihi mall

  5. Pantainya asri dan juga memesona. Tidak kalah kok sama pantai Kuta yang ada di Bali. Dan hotel-hotelnya pun ga kalah bersaing sama yang ada di Bali. Hanya saja masih ketinggalan sama Bali. Soalnya kalau Bali itu sudah sering dikunjungi para wisatawan mancanegara. Pangandaran pun banyak para wisatawan mancanegaranya, cuman masih belum sebanyak di Bali. Emangnya harus ya diperdebatkan tentang wisatawan mancanegara? Ya iya lah kan untuk cuci mata *Eh

  6. Pantai keren untuk kunjungan akhir pekan, saat lebaran pantai ini penuh terus… Jalan jadi macet.

  7. Pantainya bagus saya tidak bosan pergi kesana, seru nyebrang ke pasir putih. Pemandangan indah dan menarik. Meskipun perjalanan jauh tapi dengan pemandangan yang seperti itu memanjakan mata membuat nyaman dan betah berlama lama disana. Seperti tidak ingin pulang. Penginapan disana juga banyak tersedia dari yang murah Sampai yang mahal. Untuk saran saja jika ingin berlibur pada musim liburan seperti lebaran atau tahun baru pesan penginapan jauh jauh hari, karena jika dadakan memesan di tempat biasanya lebih mahal dan susah mencarinya karna pasti penuh. Itu saja yang mau saya bagi dari cerita saya sendiri, dan saya tidak akan terlalu panjang lebar menceritakannya takut kalian bosan membacanya malah anda menjadi kesan karena tulisan saya. Semoga tulisan saya bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih jika kalian sudah membaca tulisan saya ini kurang lebihnya mohon maaf wassalam… Salam sejahtera semua nya penduduk yang ada di bumi semoga selalu dilindungi oleh Allah Tuhan yang Maha Esa segala galanya.

  8. Lebih ditingkatkan kebersihannya dengan lebih banyak tong sampah, agar pejalan kaki lebih mudah membuang sampah pada tempatnya, dan membuang mantan pada korban selanjutnya. 😂

  9. Tempatnya wahh.. it’s very good. Pokoknya mantep dah..

  10. Aku suka banget maen ke pangandaran .. Pasir nya putih .. Air jernih dan ngga terlalu asin. Bikin betah buat berenang.. Tempat penginapanya juga lengkap. Jadi bisa menyesuaikan dengan budget kita.

  11. saya suka tempat ini.. dengan ombak yang tidak terlalu besar. pantai ini aman untuk bermain di pinggir pantai. fasilitasnya cukup lengkap. dan ada tempat penyewaan kendaraan seperti atv.. sunset ditempat ini juga indah

  12. Mulai rapih….tingkat kan lagi kebersihan dan kenyamanan nya

  13. Salah satu pantai terfavourite di Jawa Barat – Indonesia,. apalagi setiap menjelang tahun baru atau malam tahun baru dan libur cuti hari raya idul fitri, semua orang yang tinggal di Jawa Barat khususnya, ketika akan OTW ke pantai, pasti yang menjadi rekomendasi pantai untuk dikunjungi adalah PANTAI PANGANDARAN.

  14. Pemandangan alamnya indah pasti ya masya allah. Sayangnya masih liat ada yang buang sampah sembarangan. Terus agak risih sama kendaraan atv yang masuk ke deket pantai gitu, soalnya banyak anak kecil jadi khawatir aja. Mungkin kalau ada area khusus bisa lebih aman gitu ya. Ada kuda tunggang juga. Ada yang sewain papan seluncuran. Dan yang pasti enaknya ada yang jual kelapa pinggir pantai. Jangan lupa foto sama abang-abang foto gitu ya, bagi-bagi rezeki juga. Dan bisa d antar ke penginapan hasil fotonya.

  15. Salah satu icon wisata di jawa barat yang sudah kesohor akan keindahan pantai dan alamnya. Terletak diujung priangan timur, wisata pantai pangandaran memang cocok buat anda yg ingin refreshing dan bersantai bersama teman, sahabat, rekan kerja, keluarga dan pasangan anda.. Terdapat pasir pantai yang halus yg bisa buat km tulis sesuatu…ombaknya yg cukup besar dan ada juga wisata naik kuda dipinggir pantai….pokoknya gokil dan superrrrrrr best gaesss🏝️🏝️🏝️🏖️🏖️😍😍😍😍😍

  16. Suka banget sama pantai… Sayang cuma sebentar. Nanti pasti kesana lagi

  17. Tempat yg selalu bikin kangen,dengan suasana dan keramahan penduduknya,fasilitasnya lengkap

  18. Tempat yang selalu dirindukan. Sangat indah untuk menikmati sunset :”)

  19. Sunset yang cantik, fasilitas bertambah, tukang dagang banyak, tepi pantai indah.

  20. kebetulan bawa tenda sendiri. pasir pantainya ga putih, tapi cukup bersih. kalau mau yg pasirnya putih ke cagar alam. tukang jualan sudah ga terlalu banyak, hanya di pinggir. tapi terkadang juga ada yang keliling kalau pas ga ada satpol pp. yg buat salut, di sini harganya normal, kalau ga mau dibilang murah. biasanya tempat wisata harganya mahal atau di atas normal, di sini harga standar. penduduk sekitar juga ramah. juga bisa sewa perahu di sini untuk ke pantai yang pasirnya putih. tanya saja, bisa ditawar juga.

Tinggalkan Balasan