Pantai Palatar Agung

Pantai Palatar Agung

Pamotan, Kec. Kalipucang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Indonesia

22 Ulasan

Kabupaten Pangandaran sudah lama dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata unggulan di Provinsi Jawa Barat. Selain memiliki deretan pantai yang indah, pesona alam lainnya adalah wisata sungai, gua dan hutan mulai dikembangkan.

Wilayah Pangandaran yang masih terhubung langsung dengan samudera Hindia ini, memiliki banyak pantai dengan pemandangan yang menakjubkan. Salah satu potensi wisata alam yang masih perawan di Kabupaten Pangandaran  adalah Pantai Palatar Agung.

Pantai Palatar Agung Ciamis

Pantai Palatar Agung Ciamis

Pantai Palatar Agung berada di Dusun Ciawitali, Desa Pamotan, Kabupaten Pangandaran. Pantai ini berjarak sekitar 13 KM dengan waktu tempuh sekitar 26 Menit dari Kecamatan Kalipucang menuju ke Pelabuhan Penyeberangan Majingklak.

Jika dari Tugu Emplak berjarak sekitar 8,3 KM dengan waktu tempuh sekitar 19 Menit.

Harga Tiket Masuk Pantai Palatar Agung

Ketika memasuki kawasan wisata pantai pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk. Harga tiket masuknya cukup murah dan berlaku sama setiap hari. Tidak ada perbedaan tiket antara anak dan dewasa.

  1. Harga tiket masuk Pantai Palatar Agung adalah Rp 5000.
  2. Tarif naik perahu pulang-pergi ke Pulau Nusakambangan sangat terjangkau yaitu Rp 20.000 per orang. Anda bebas menjelajah pantai pasir putih yang indah dan alam yang masih asri di pulau tersebut.
  3. Bagi yang ingin mencari penginapan, di sekitar Pantai Palatar Agung juga tersedia. Umumnya, biaya sewa sekitar Rp 100.000 per malam. Pilihan lain adalah mendirikan tenda dengan membayar tarif untuk sewa area camping. 

Rute Menuju Pantai Palatar Agung

Rute pantai Palatar Agung, ada beberapa alternatif jalan yang bisa Anda pakai:

  1. Rute yang ditempuh melalui Jl. Raya Banjar ke arah timur laut menuju Raya Pangandaran. Di bundaran, terus lurus ke arah Jl. Raya Banjar-Pangandaran hingga menuju Jl. Palatar Agung.
  2. Dari Rest Area Emplak, Anda dapat berbelok menuju Pantai Karapyak. Pantai karapyak tersebut terletak disebelah barat Pantai Palatar Agung.Pantai ini terletak di Kecamatan Kalipucang.
  3. Jika Anda lebih memilih melewati Kalipucang maka dari simpang Kalipucang, Anda dapat memilih menuju ke Pelabuhan Majingklak. Dari sini, Anda menaiki perahu dan melewati sisi Pulau Nusakambangan.

Hal Menarik di Pantai Palatar Agung

Tidak hanya menyuguhkan panorama dan pengalaman seru. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di pantai Palatar Agung ini.

1. Menikmati Pemandangan Pantai

Pantai Palatar Agung Pangandaran

Di pantai ini Anda dapat menikmati indahnya pemandangan yang sangat mempesona. Ditambah dengan deburan ombak yang menghantam batu-batu karang membuat suasana semakin tenang dan nyaman.

hembusan angin laut dari samudera Hindia akan menyegarkan pikiran dan badan di saat liburan. Ombak yang terbentuk kadang tenang kadang lumayan tinggi mengikuti besarnya angin yang berhembus dari laut.

Anda akan merasa nyaman dengan duduk-duduk di pinggiran pantai. Apalagi ketika sore hari dimana sinar matahari sudah tidak menyengat kulit.

2. Suring di Pantai

Surfing Di Pantai Palatar Agung

Anda juga dapat melakukan surfing di pantai Palatar Agung ini. Dengan ombak yang tidak terlalu besar, namun masih tetap bisa menggerakkan surfing board akan menambah kegiatan liburan Anda.

Karena pantai ini terhubung langsung dengan samudera Hindia, di harapkan tetap waspada dan hati-hati ketika surfing atau berenang. Karena pada bulan-bulan tertentu ombak di pantai ini cukup besar.

Obyek Wisata di Pantai Palatar Agung

di Pantai ini juga menawarkan lokasi strategis yang berdekatan dengan tempat wisata lain. Berikut rekomendasinya:

1. Pantai Karapyak

Pantai Karapyak Ciamis

Destinasi wisata Pantai Karapyak Pasir Putih berlokasi di Bagolo, Kec. Kalipucang, Pangandaran, Jawa Barat.

Pantai Karapyak bisa anda kunjungi dengan mudah, karena akses jalan yang sudah baik dengan plang penunjuk arah yang akan memudahkan perjalanan liburan Anda.

Obyek wisata alam Pantai Karapyak Pasir Putih berjarak kurang lebih 85 km ketika anda berkunjung dari pusat kota Ciamis Jawa Barat. Anda bisa mengunjungi Pantai Karapyak Pangandaran dengan menempuh waktu sekitar 2 jam perjalanan wisata.

2. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas Pangandaran

Objek wisata pantai Batu Karas ini merupakan perpaduan nuansa alam antara objek wisata Pangandaran dan Batu Hiu.

Pantai ini memiliki suasana alam yang tenang, gelombang laut yang bersahabat dengan pantainya yang landai membuat pengunjung kerasan tinggal di kawasan ini.

Terletak di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang dengan jarak ± 34 km dari Pangandaran. Pantainya yang landai dengan air laut tenang nan biru menanti Anda untuk segera berenang menikmati airnya yang segar.

Anda bisa nikmati suasana tenang dengan angin sepoi-sepoi menikmati hidangan di rumah makan yang tersedia.

 Pandangan lepas ke ujung cakrawala memberi Anda ketenangan dan kenangan berlibur yang menyenangkan. Kegiatan wisata yang dapat dilakukan selain berenang antara lain: berperahu di bengawan, berkemah dan berselancar.

Ada pondok wisata yang dilengkapi dengan arena bermain dan rumah ibadah. Pondok wisata ini dikelola langsung oleh Diparda Kabupaten Ciamis.

Fasilitas lainnya yang tersedia antara lain: Hotel, Camping Ground, Kios Cinderamata, sewaan papan selancar dan ban renang.

3. Pantai Bulaksetra

Pantai Bulaksetra Pangandaran

Pangandaran masih memiliki tempat yang tidak kalah asyiknya untuk dijadikan lokasi bermain selancar (surfing) yaitu Pantai Bulak Setra atau lebih terkenal dengan julukan Pantai Cileutik. Belakangan ini Pantai Bulak Setra sering dijadikan tempat bermain selancar oleh para surfer lokal.

Ombak yang timbul lantaran adanya breakwater (pemecah gelombang) menjadi sensasi khusus untuk para surfer lokal, terutama peselancar Pangandaran. Bulak Setra lebih terkenal sebagai objek wisata edukasi, terutama edukasi lingkungan.

Tempat wisata ini sudah diresmikan sebagai kawasan wisata sejak 7 mei 2014. Kawasan ini terdiri atas teluk pinggir pantai yang ditumbuhi dengan hutan bakau (mangrove) di sekitarnya dan monumen besar dengan tulisan “Bulak Setra”.

4. Pantai Nusakambangan

Pantai Nusakambangan Pangandaran

Pantai Pulau Nusakambangan adalah sebuah pulau di Jawa Tengah yang lebih dikenal sebagai tempat terletak-nya beberapa Lembaga Pemasyarakatan (LP) dengan keamanan tinggi di Indonesia.

Nusakambangan yang identik dengan para narapidana kelas kakap memiliki beribu keindahan yang tersimpan di pulau ini. Terhampar lautan biru dan luas, dikelilingi juga batu-batu karang yang menampakkan keindahan sekaligus kekokohannya.

Terdapat pula hutan di mana di dalamnya terdapat goa alami dan banyak sekali bungker-bungker peninggalan Belanda yang dikenal dengan Benteng Karang Bolong yang menjadi primadona pengunjung pantai ini.

Benteng seluas 12.000 meter persegi ini memiliki banyak ruang serta dilengkapi meriam. Lokasi yang bersebelahan dengan pantai dan memiliki terumbu yang berongga, sehingga disebut Benteng Karang Bolong.

5. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran Ciamis

Pantai Pangandaran merupakan wisata tepi laut yang berada di daerah Ciamis tepatnya di Desa Pananjung. Pantai ini pernah dinobatkan oleh Asia Rooms sebagai pantai terbaik di provinsi Jawa Barat.

Pantai Pangandaran pun diajukan menjadi Unesco Global Geopark untuk menjadikannya wisata berkelas dunia. Pantainya landai dengan hamparan pasir putih dan air yang jernih.

arak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan untuk berenang dengan aman. Destinasi wisata ini memungkinkan wisatawan untuk menikmati terbit dan tenggelam-nya matahari dari tempat yang sama.

6. Pantai Karang Nini

Pantai Karang Nini Pangandaran

Pantai Karang Nini merupakan salah satu dari sekian banyak destinasi wisata di Pangandaran yang recomended untuk Anda kunjungi. Banyak sekali pantai cantik yang akan mendamaikan jiwa dan pikiran Anda ketika berkunjung ke Pangandaran Jawa Barat.

Selain Pantai Pangandaran yang menjadi maskot wisata pantai di Kabupaten Pangandaran Jawa Barat. Ada Pantai Karang Nini yang tak kalah indahnya dengan sajian pantai khas Pangandaran yang mempesona.

Menghabiskan waktu libur dengan mengunjungi obyek wisata pantai memang menjadi aktivitas wisata yang recomended.

Manjakan jiwa dan pikiran dengan keindahan dan pesona wisata yang ditawarkan dari obyek wisata Pantai Karang Nini Jawa Barat. Rasa penat, bosan dan jenuh akan segar kembali dengan menikmati keseruan berlibur di Pantai Karang Nini bersama orang-orang tercinta.

Banyak spot wisata recomended yang bisa Anda nikmati ketika berlibur. Jangan sampai obyek wisata Pantai Karang Nini terlewati dari daftar kunjungan Anda di Pangandaran Jawa Barat. Banyak keindahan wisata Pantai Karang Nini yang bisa Anda jadikan referensi berlibur bersama orang-orang tercinta.

7. Cagar Alam Pangandaran

Cagar Alam Pangandaran

Cagar Alam Pangandaran terletak di semenanjung dan menjadi Batas Pantai Timur Pangandaran dan Pantai Barat Pangandaran. Di lokasi tersebut yang berupa Taman Nasional, terdapat berbagai macam flora dan fauna yang hidup bebas, mandiri & dilindungi.

Fauna yang hidup di Kawasan Konservasi Taman Wisata Alam ini banyak sekali jenisnya mulai dari monyet, lutung, landak, kijang, kelelawar dan lainnya. Kebanyakan adalah kiriman atau bukan fauna asli dari Cagar Alam. Adapun Flora yang hidup disini amat dijaga kelestarian-nya.

Kawasan ini sangat cocok untuk anda pecinta wisata edukatif dan historis, beberapa objek yang ada seperti goa-goa Alam dan Buatan, Situs Batu Kalde (Purbakala), Spot flora dan fauna dan lainnya.

Dengan berjalan-jalan di kawasan ini dengan waktu tempuh yang akan anda lalui sekitar 90 Menit dan berjalan kaki.

Fasilitas di Pantai Palatar Agung 

Jarak dekat dengan Pulau Nusakambangan menjadi keuntungan tersendiri bagi wisatawan. Jika ingin berkeliling di area Pantai Palatar Agung hingga area Pulau Nusakambangan dapat memanfaatkan ojek perahu yang ada.

Di Pantai Palatar Agung juga tersedia warung-warung kecil untuk sekadar membeli minuman ringan dan melepaskan dahaga.

Demikian penjelasan di atas cukup menarik kan, Anda pasti ingin pergi ke Pantai Palatar Agung.

Anda seharusnya tidak perlu merasa ragu untuk pergi kesana. Fasilitas cukup lengkap, harganya bersahabat dan dekat ke objek wisata lainnya. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

22 Ulasan untuk Pantai Palatar Agung, Ciamis, Jawa Barat

  1. Tempatnya masih sangat asri

  2. Oke lumayan bagus buat nyantaii

  3. Good Beach

  4. Boncoss

  5. Pantai nya masih sepi dgn pemandangan sekitarnya keren

  6. Bagus masih alami

  7. Recommended by . jari rent car bandung indobesia . +6281321808292

  8. Keren banget gan, saya suka tempat ini.

  9. Tempat penyebrangan wisatawan yang mau melihat keindahan pulau nusakambangan atau sekedar mau mancing dari darat ataupun ojek perahu…

  10. TPI tidak berfungsi dengan baik, hasil tangkapan ikan langsung dikasihkan ke pemodal…

  11. Jalan masih belom begitu bagus..sarana umum kurang

  12. Sangat cocok untuk keluarga, terlebih yg hoby mancing bnyak spot spot yg menggoda

  13. Sangat cocok untuk keluarga, terlebih yg hoby mancing bnyak spot spot yg menggoda

  14. Sepertinya bagus buat mancing

  15. Spot buat mancing mania

  16. Tempat nya untuk para hobbi mancing

  17. Senang sekali

  18. Spot mancing ikan muara yang bagus di muara sungai Citanduy. Untuk mencapai lokasi bisa menggunakan motor atau mobil. Ada tempat parkir, warung kopi/nasi, toilet umum, musholla, bahkan ada fasilitas untuk menginap sederhana dgn tarif Rp 100K/malam. Untuk mencapai spot tertentu bisa menyewa perahu dgn tarif Rp20K/orang PP.

  19. Tempat memancing

  20. Pantai yang belum tertata, masih perlu penataan yang lebih sinergi sehingga akan menampilkan pantai yg standar wisata…

  21. Tempat yang indah

Tinggalkan Balasan