Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas

Jl. Pantai Indah Jl. Sanghiangkalang, Batukaras, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat 46394, Indonesia

6 Ulasan

Salah satu objek wisata yang menjadi tujuan bagi banyak wisatawan domestik atau mancanegara adalah pantai. Bukan hanya menyajikan keindahan alam saja, para pengunjung juga bisa bermain air ketika berada di pantai.

Ada cukup banyak pantai yang bisa dikunjungi di Indonesia, termasuk juga dengan Pulau Jawa. Selain pantai utara Jawa, ada sederet Pantai Selatan Jawa yang mana sangat sayang jika Anda lewatkan begitu saja.

Mungkin Anda sudah punya rencana untuk liburan ke beberapa pantai yang ada di kawasan Jawa?

Jika iya maka tidak ada salahnya masukan kawasan Jawa Barat. Ada beberapa pantai yang bisa dikunjungi salah satunya di Kawasan Pangandaran yakni Pantai Batu Karas.

Indahnya Pantai Batu Karas

Kawasan wisata Batu Karas bahkan juga sudah populer bagi kalangan peselancar, nasional atau internasional. Jadi tidak heran lagi apabila pantai lebih lebih banyak dikunjungi oleh turis asing.

Jumlah pengunjung asing juga lebih banyak jika dibandingkan pengunjung yang ada di Pangandaran. Alasan tersendiri mengapa banyak yang memilih pantai ini adalah karena lingkungannya yang sepi sehingga tidak bising jika dijadikan destinasi wisata.

Berwisata tenang dan sepi dari pada hiruk pikuk akan memberikan kesan tersendiri. Berikut beberapa ulasan lengkap mengenai kawasan wisata Batu Karas.

Pantai Batu Karas Pangandaran

Pantai yang dijuluki surga untuk bermain surfing ini ada di kawasan Pangandaran Jawa Barat. Lebih tepatnya ada di Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran provinsi Jawa Barat. Anda pun bisa mengecek-nya di Google Map.

Pantai Batu Karas adalah kawasan wisata yang jadi perpaduan antara dari dua pantai yang ada di sekitarnya. Dua pantai tersebut adalah Pantai Pangandaran dan Pantai Batu Hiu. Bagaimana tidak ketiga pantai ini berada d satu garis pantai.

Pada dasarnya, memang Laut Selatan memiliki cukup banyak pantai yang mana bisa dijadikan tempat wisata. Hanya saja setiap pantai mempunyai ciri khas masing-masing.

Pantai Batu Karas sendiri dikenal sebagai pantai  yang mempunyai ombak tenang dan panjang. Jadi sangat cocok jika dijadikan area selancar.

Oleh sebab itu, jika Anda adalah seseorang yang memiliki hobi berselancar silahkan mencoba menguji adrenalin atau tantangan dari ombak yang ada di kawasan Batu Karas ini.

Pasalnya ombak Batu Karas memiliki tingkatan berbeda bagi Anda yang hendak mencoba berselancar.

Harga Tiket Masuk Pantai Batu Karas

Masalah tiket Anda tidak perlu merasa panik atau khawatir pasalnya harga tiket yang ditawarkan tergolong cukup murah.

Harga tiket tersebut pada kisaran Rp 1500 sampai Rp 80.500. Harga yang di banderol tersebut berlaku bagi pejalan kaki untuk per satu orang sampai dengan kendaraan bus besar.

Namun untuk mengantisipasi perubahan pada tarif tiket Anda jauh lebih baik jika Anda membawa uang lebih. Anda tidak perlu cemas untuk waktu kedatangan sebab Pantai Batu Karas buka 24 jam.

Dengan begitu sebagai pengunjung Anda dapat sesuka hati datang di jam berapapun juga sesuai dengan keinginan Anda.

Pantai yang satu ini akan  sangat cocok bagi wisatawan dari luar kota atau daerah. Pasalnya tidak perlu merasa takut lagi jika pantai akan tutup di jam tertentu.

Rute Menuju Lokasi Pantai Batu Karas

Rute perjalanan menuju pantai satu ini mungkin akan cukup mudah, terutama jika Anda hobi travelling. Apapun armada transportasi yang akan digunakan tetap akan mudah diakses. Namun memang jauh lebih mudah jika Anda memakai kendaraan pribadi.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi  maka rute perjalanan akan dimulai dengan perjalanan dari Pangandaran. Jika sudah Anda bisa langsung menuju ke kawasan atau daerah Cijulang.

Di sini Anda bisa mengikuti petunjuk jalan. Agar semakin mudah Anda pun bisa memanfaatkan fitur GPS untuk bisa sampai di Pantai Batu Karas.

Meskipun demikian jauh lebih akurat apabila bertanya juga pada masyarakat sekitar. Selain bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi, para pengunjung juga dapat menggunakan kendaraan umum.

Sama halnya dengan langkah awal tadi perjalanan dimulai dari kawasan Terminal Pangandaran lalu mengambil mini bus menuju Cijulang. Setelah itu Anda bisa naik ojek.

Obyek Wisata Pantai Batu Karas

Selama di pantai ini Anda dapat melakukan banyak aktivitas untuk mengisi liburan Anda. Silahkan simak aktivitas apa saja yang dapat Anda lakukan di pantai Batu Karas ini.

1. Menikmati Keindahan Pantai

Pantai Batu Karas Pangandaran

Selama di pantai ini, Anda dapat menikmati keindahan pantai yang membuat nyaman. Hembusan angin laut yang sepoi-sepoi , membuat hati lebih terasa nyaman.

Hamparan pasir yang luas menambah indahnya suasana pantai ini. Dari kejauhan luasnya laut yang nyambung dengan samudera Hindia. Pemandangan ini sangat indah dan mempesona.

2. Naik Banana Boat

Naik Banana Boat Di Pantai Batu Karas

Di pantai ini Anda dapat naik banana boat bersama-sama dengan teman, pasangan atau keluarga. Nikmati sensasi naik banana boat yang cukup membuat tegang.

Wahana ini memang disediakan oleh pihak pengembang pantai Batu Karas untuk para pengunjung. Jadi Anda dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk mengisi liburan Anda bersama teman atau keluarga.

3. Surfing

Surfing Di Pantai Batu Karas

Di pantai ini Anda dapat melakukan selancar atau surfing. Hal ini karena di bulan-bulan tertentu ombak yang datang ke bibir pantai lumayan besar.

Keadaan ini dimanfaatkan untuk para peselancar memainkan board surfing-nya meliak-liuk mengikuti gerakan ombak menuju bibir pantai.

Spot selancar dengan nama Legok Pari akan sangat cocok bagi para pemula atau beginner. Karena ombak yang ada pada spot selancar ini tidak terlalu tinggi. Spot selancar Karang bisa Anda nikmati pada saat air laut sedang pasang.

Sedangkan untuk spot Bulak Pendak mempunyai tingkatan paling sulit karena jarak jauh dan akan mengharuskan Anda untuk menyewa perahu.Bukan hanya itu saja ombak-nya juga panjang serta tinggi.

4. Berkemah di Pantai

Berkemah Di Pantai Batu Karas

Dikarenakan jam buka dari Pantai Batu Karas yang fleksibel yakni buka 24 jam, maka Anda dan para pengunjung lain tidak perlu khawatir lagi.

Pasalnya di pantai ini Anda bisa bermalam. Sekitaran kawasan Batu Karas tersedia penginapan hotel.

Namun Anda juga dapat memilih camping ground jika memang hendak bermalam di kawasan Dengan dibukanya 24 jam maka Anda dapat tenang tinggal lebih lama.

Jika orang yang suka adventure camping ground maka hal ini akan jadi opsi yang cukup baik.

5. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Batu Karas

Salah satu pemandangan yang indah ketika berkunjung ke pantai adalah saat-saat menikmati matahari tenggelam di ufuk barat. Kondisi sunset ini snagat-sangat di tunggu oleh para pengunjung pantai.

Karena pantai ini di buka 24 jam, maka ketika waktunya sunset, masih bayak pengunjung yang masih berada di pinggir pantai. Bahkan ada yang mendirikan tenda untuk menginap di pantai ini.

Itulah beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan bersama rekan atau keluarga Anda ketika berkunjung ke pantai Batu Karas Pangandaran ini.

Fasilitas Pantai Batu Karas

Pantai ini sudah banyak dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas untuk menyenangkan para pengunjung pantai. Fasilitas-fasilitas itu diantaranya:

1. Tempat Makan

Tempat wisata rasanya memang akan serasa kurang sempurna apabila tidak menyediakan berbagai macam kuliner dan tempat makan.

Nah di kawasan wisata Pantai Batu Karas ini ada sejumlah warung makan serta restoran dimana yang mana menjual aneka jenis makan laut. Selain makanan laut ada juga makanan khas dari Indonesia ya.

2. Toko Aksesoris dan Oleh-Oleh

Di sekitar kawasan pantai bisa Anda temukan jajaran toko. Toko tersebut menjual aneka macam kaos serta pakaian renang. Bukan hanya itu saja namun juga ada  toko souvenir yang menjual aneka macam kerajinan.

Misalnya saja seperti kerajinan dengan bahan dasar kerang, pasir serta kerajinan lainnya yang dibuat dari bahan dari lautan. Masalah harga Anda tidak perlu merasa khawatir sebab harga biasanya masih bisa ditawar.

Namun ada juga toko yang menjual dengan harga pas. Hal ini akan sangat cocok jika Anda tidak pandai menawar barang.

3. Fasilitas Lainnya

Jika Anda memang sudah memutuskan untuk berlibur ke Pantai Batu karas maka tidak perlu merasa khawatir lagi dengan fasilitas yang disediakan.

Selain beberapa fasilitas yang telah disebutkan tadi ada beberapa fasilitas lain yang cukup lengkap dan memadai.

Fasilitas tersebut di antaranya ada di bawah ini:

  • Tempat ibadah
  • Kamar mandi
  • Tempat makan yang berjejeran.

Bagaimana sudah tidak sabar untuk berkunjung ke surganya para peselancar di Jawa Barat? Jika iya maka masukan kawasan wisata Pantai Batu Karas dalam list liburan Anda.

Selain memiliki tiket masuk yang relatif murah jam bukanya juga 24 jam jadi akan sangat fleksibel dengan jadwal Anda dan para pengunjung.

Demikian ulasan mengenai wisata pantai Batu Karas Pandanaran Ciamis Jawa Barat. Jangan lewatkan untuk berkunjung ke pantai ini jika Anda sedang berada di Pangandaran.

6 Ulasan untuk Pantai Batu Karas, Pangandaran, Jawa Barat

  1. The right place to relax…. Begitulah sebutan dari saya untuk pantai ini. Suasana yang tidak begitu ramai, banyak pepohonan di bibir pantai, jarak antara penginapan yg dekat dengan pantai, tempat makan & warung – warung menjadikan kita akan malsa kemana mana kalau sudah di pantai ini. Tarif penginapan & tempat makan di pantai ini boleh dibilang terjangkau.

  2. penduduk setempat mengartikan batu karas ialah batu keras, karena di sepanjang pinggir pantai terdapar karang-karang keras yang menghiasi paintai tersebut. tiket masuk ke lokasi batu karas sangatlah murah. untuk pejalan kaki Rp. 2.000; untuk seopeda motor Rp. 6.250; untuk mobil Rp. 14.700; sedangkan untuk bus Rp. 53.200-Rp.171.00. ;pantai batu karas ini terdapat beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati untuk liburan Anda diantaranya area berenang, banana boat, penginapan, hingga cinderamata khas pantai batu karas.

  3. Sisi pantai Batukaras yang paling saya suka karena jarang orang dan cukup bersih sehingga bisa menikmati moment. Di sini juga bisa mendirikan tenda dan membuat barbecue. Tersedia warung-warung yang menjual makanan maupun ikan segar. Untuk toilet umum memang agaj susah untuk memperolehnya. Tempat parkir bisa di pinggir pantai.

  4. Pantai nya masih alami…bagus…pas kesana pas nelayan menjaring udang rebon…perlu dikelola lebih bagus lagi biar banyak yg datang ke batukaras 🤗🤩

  5. Pantai ini indah alamnya cukup asri, ombaknya cukup besar namun bisa buat berenang dan bermain permainan air lainnya,

  6. Great place to go ! Berharap tempat pemandian umum nya bersih dan lebih layak.

Tinggalkan Balasan