Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu

Ciliang, Karangbenda, Parigi, Pangandaran, Jawa Barat 46393, Indonesia

20 Ulasan

Musim liburan tiba tentunya Anda sudah punya rencana untuk liburan bukan? Salah satu destinasi yang jadi favorit bagi banyak orang adalah wisata pantai.

Sebagai negara kepulauan tentunya ada banyak sekali pantai yang bisa dikunjungi. Hanya saja keberadaan pantai di Indonesia kadang masih banyak yang belum diketahui keberadaannya.

Jika Anda ingin berlibur di kawasan Jawa Barat terutama sekitar Pangandaran maka tidak ada salahnya untuk datang ke objek wisata Pantai Batu Hiu. Pantai ada di sebelah selatan Pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Pantai Batu Hiu Pangandaran Ciamis

Ada banyak orang yang beranggap jika pantai ini adalah Tanah Lot nya kawasan Jawa Barat. Pasalnya bentuk tampilan alam yang disajikan hampir mirip.

Semakin penasaran bukan?

Belum lagi dengan namanya yakni Batu Hiu. Langsung saja yuk intip pembahasan yang ada di bawah ini!

Pantai Batu Hiu Pangandaran

Pantai yang mirip dengan Tanah Lot ini berada di kawasan Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat. Lebih tepatnya ada pada jarak kira-kira 14 kilometer dari kawasan Pantai Pangandaran yang ada di sebelah selatan.

Karena jarak yang cukup dekat ini tak jarang banyak yang mengenal Pantai Batu Hiu sebagai salah satu pantai di Pangandaran Jawa Barat.

Bukan hanya itu saja objek wisata ini juga menjadi salah satu kawasan wisata yang cukup populer di Ciamis.

Hampir setiap hari ada pengunjung yang berdatangan silih berganti. Belum lagi jika tiba akhir pekan dan liburan panjang akan semakin banyak pengunjung yang datang.

Bagi Anda yang saat ini ingin merasakan suasana lebih sepi, tidak ada salahnya untuk berkunjung dengan teman maupun kerabat dekat di saat hari kerja. Karena jumlah pengunjung tidak terlalu banyak.

Tenang saja untuk masalah fasilitas Anda tidak perlu merasa khawatir karena akan ada beberapa fasilitas yang akan menunjang kenyamanan Anda selama liburan.

Harga Tiket Masuk Pantai Batu Hiu

Sedikit berbeda dengan kawasan pantai pada umumnya, objek wisata Pantai Batu Hiu justru menetapkan harga tiket yang berbeda-beda. Kisaran harga didasarkan dengan jenis transportasi yang digunakan oleh para pengunjung. Berikut beberapa rincian harga tiket masuknya:

  • Pejalan kaki : Rp 3.300 per orang
  • Sepeda motor : Rp 7.000 per unit
  • Mobil Jeep atau Sedan : Rp 19.500 per unit
  • Mobil Carry : Rp 36.000 per unit
  • L300 : Rp 51.500 per unit
  • Bus keci l: Rp 68.000 per unit
  • Bus ¾ atau Bus sedang :  Rp 106.000 per unit
  • Bus Besar : Rp 172.000 per unit.

Harga yang tertera di atas ada kemungkinan besar masih dapat berubah sewaktu-waktu. Hanya saja untuk harga tersebut mungkin masih terasa cukup murah atau terjangkau untuk tiket masuk kawasan wisata pantai.

Rute Menuju Lokasi Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu Pangandaran 1

Ada banyak cara yang bisa digunakan agar sampai ke kawasan Wisata Pantai Batu Hiu. Hal ini tentunya akan bergantung dengan jenis akomodasi transportasi yang akan Anda pilih.

Apakah nantinya Anda akan menggunakan transportasi umum seperti halnya dengan Bus, atau justru menggunakan kendaraan pribadi.

Akomodasi Transportasi Umum

Apabila Anda memutuskan untuk menggunakan akomodasi dari transportasi umum. Langkah pertama yang bisa digunakan adalah dengan menaiki bus. Anda bisa naik di terminal kota dengan bus tujuan Pantai Pangandaran.

Berbeda lagi jika Anda memulai perjalanan wisata dari kawasan Tasik, maka sebaiknya ambil bus dengan tujuan sama. Jika sudah berhenti di sekitaran kawasan Pantai Pangandaran.

Kemudian Anda bisa lanjutkan dengan perjalanan menuju wisata tujuan yakni Batu Hiu dengan menggunakan angkutan jurusan Cijulang. Lalu setelah sampai Anda bisa naik ojek untuk ke tujuan.

Dengan Kendaraan Pribadi

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi maka dari kawasan pantai Pangandaran, ambil ke arah Jalan Baru Bulak Laut kira-kira akan menempuh jarak 16 kilometer. Jika sudah teruskan perjalanan hingga Jalan Merdeka atau juga bisa di Jalan Raya Cijulang.

Lihat papan petunjuk yang menunjukkan arah Pantai Batu Hiu. Petunjuk arah ini nantinya akan mengharuskan Anda berbelok ke arah kiri.

Selanjutnya Anda hanya perlu masuk saja  lebih 1 kilometer lalu Anda sudah sampai di pos retribusi Batu Hiu.

Obyek Wisata Pantai Batu Hiu

Selama di pantai ini, Anda dapat melakukan banyak aktivitas untuk mengisi liburan Anda. Berikut beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan.

1. Menikmati Keindahan Pantai

Wisata Pantai Batu Hiu Pangandaran

Keindahan pantai Batu Hiu terkenal dengan sebutan Tanah Lot-nya Jawa Barat. Kalau Tanah Lot asli berada di pulau Dewata, Ciamis punya pantai Batu Hiu.

Hal ini dikarenakan adanya pulau yang menjorok ke bibir pantai. Apalagi terdapat saung atau gazebo di atasnya. Maka pemandangan pantai Batu Hiu yang dilihat dari atas akan terlihat sangat indha dan mempesona.

Pemandangan ini sangat mirip dengan yang ada di Tanah Lot Bali. Deburan ombak ke bibir pantai membuat suasana tambah nyaman.

2. Melihat Sunset

Sunset Di Pantai Batu Hiu

Pemandangan yang indah di pantai Batu Hiu, membuat penampakan sunrise dan sunset terlihat lebih indah. Anda dapat menikmati sunset yang membuat langit terlihat kuning dipadukan dengan warna jingga yang memiliki suasan indah dan mempesona.

Apalagi saat itu Anda melihat dari kejauhan dengan masih terlihat-nya gugusan karang pantai Batu Hiu yang menjorok terlihat dekat dengan tenggelam-nya matahari di ufuk barat.

3. Spot Foto Menarik

Photo Pantai Batu Hiu

Tidak berhenti sampai di situ saja ya. Pantai Batu Hiu juga menawarkan banyak spot-spot foto yang menarik untuk para pengunjung yang suka mengabadikan momen dengan foto.

Meskipun memang tidak dirancang secara khusus untuk spot foto, hasil yang dihasilkan tetap tidak akan kalah cantik dengan spot yang ada di beberapa wisata lainnya.

Spot foto yang ada di kawasan Batu Hiu bisa Anda dapatkan di sekitaran kawasan pantai. Seperti halnya dengan area gerbang hiu, bagian pinggir pantai, sampai pada atas bukit-bukit kecil bisa.

Pada beberapa lokasi tersebut Anda bisa menemukan spot-spot foto yang romantis.

Fasilitas Pantai Batu Hiu

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya ada cukup banyak fasilitas yang akan menunjang kenyamanan Anda selama berada di sana. Di bawah ini ada beberapa penjelasan mengenai fasilitas tersebut:

1. Gerbang Gua Berlorong

Ketika Anda dan rombongan mulai memasuki obyek wisata Pantai Batu Hiu, maka akan disambut dengan gerbang gua. Gua ini memiliki bentuk berlorong dengan adanya bangunan mirip  mulut ikan hiu.

Gerbang berlorong seakan menggambarkan atau mendeskripsikan identitas dari Batu Hiu dan membenarkan adanya legenda yang beredar di masyarakat.

Bentuknya juga cukup nyata pasalnya dilengkapi gigi-gigi tajam mirip gigi dari Ikan Hiu. Masih ada banyak gua dan salah satu dipercaya banyak orang terhubung ke gua di Pantai Utara Cirebon.

2. Panorama yang Indah dan Sejuk

Selain terdapat gerbang hiu yang mana memberikan kesan tersendiri, di Pantai Batu Hiu Anda bisa menemukan panorama alam memukau.

Garis pantai yang memanjang lengkap dengan batu-batu karang menjorok sampai ke pinggir pantai, mampu memberikan sebuah pemandangan yang indah dan sulit untuk dilupakan.

Sekitaran kawasan pantai akan menjadikan setiap pengunjung merasa sejuk dan juga teduh. Ditambah lagi banyaknya pepohonan kelapa serta tanaman lainnya yang semakin menjadikan suasana semakin teduh. Sangat cocok untuk melepas penat aktivitas sehari-hari.

3. Fasilitas Lainnya

Meski memang belum bisa dikatakan cukup lengkap, namun beberapa fasilitas umum yang terdapat pada kawasan wisata pantai Batu Hiu bisa dibilang sudah cukup memberi kenyamanan.

Bukan hanya itu saja namun juga memberikan kemudahan para pengunjung. Beberapa fasilitas lainnya di antaranya adalah:

  • Area parkir
  • Gazebo
  • Warung penjual makanan dan minuman.

Demikian ulasan mengenai wisata pantai Batu Hiu Pangandaran Ciamis Jawa Barat. Jika Anda ingin berkunjung ke pantai yang mirip dengan kawasan pantai di Bali maka tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Pantai Batu Hiu.

Pasalnya bentuk sajian alam yang dihasilkan cukup mirip dengan Tanah Lot yang ada di Bali. Selain itu harga untuk tiket masuknya juga relatif terjangkau.

20 Ulasan untuk Pantai Batu Hiu, Pangandaran, Jawa Barat

  1. Diketinggian kita bisa lihat jajaran pantai selatan batu hiu (pangandaran) sepoi-sepoi angin semilir, sejuk sembari gelar tikar utk duduk2 dan bercengkrama dengan keluarga sambil santap makan siang atau bekal kita, catatan : dipantai ini tdk diperbolehkan berenang, tp klo mo gratis masuk ke kawasan ini putar ke arah pasar ikan memang lebih jauh tp jadi gratis..lumayankan

  2. Ada dua area pantai yaitu pantai timur dan barat (lihat foto ya). Fasilitasnya ada tempat parkir (arwa barat dan timur), mushola (super sempit), toilet, penginapan dekat pantai, pedagang oleh², tempat sampah, kesehatan. Tiket masuk per motor 14rb, uang keamanan pas d parkiran 5rb (mungkin krna pas lebaran)

  3. Wisata pantai yang memberikan keindahan tempat, terutama apabila anda berjalan lewat tangga ke atas karang. Anfa akan disajikan pemandangan laut lepas dan sangat indah. Kekurangan wisata pantai ini adalah para pengunjung dilarang berenang karena banyak karang didasarnya sehingga berbahaya. Tempatnya cocok untuk berfoto atau selfie dengan cuaca cerah terutamanya jika kita naik ke atas karang.

  4. Pemandangan atas bukit cukup bagus. Panorama alam yang indah. Banyak pepohonan, terutama pohon pandan pantai yang membikin tempat jadi sejuk. Cocok untuk spot view selfie ria.

  5. Tempat ini merupakan salah satu destinasi tujuan yang sangat indah menurut saya. Jika anda ingin merasakan ketenangan ditemani oleh suara merdu dari deburan ombak inilah tempat yang paling pas. Angin sepoi-sepoi menambah suasana menjadi lebih syahdu,, ehehheh… Untuk spot foto pun memurut saya sangatlah bagus apabila anda mendapatkan view yang tepat dan waktu yang pas.

  6. pantai yang cocok buat keluarga bisa makan bareng keluarga di bukit nan indah lesehan ada gazebonya………….mushola tersedia .bagus lah

  7. Wisata panatai yg sudah ada cukup lama… pemandangannya cukup menarik.. sayangnya ombak cukup besar jadi cukup berbahaya utk berenang disana…

  8. Plus: instagrammable spot cocok untuk selfie-weefie-dan prewed dengan puncak bukit dengan hamparan rumput hijau yang landai untuk didaki anak dan perempuan, angin pantai yang kuat diatas bukit yang segar bwat penderita asthma, gazeebo gratis dengan view pantai yg indah bgt cocok ntuk picnic n makan bareng keluarga cocok dikunjungi antara jam 7-10 dan 15-17, bwat anak ada wahana edukasi penangkaran penyu sisik dekat gerbang masuk ke bukit batu hiu. Minus: Banyak anjing liar dan pelacur, minim resto seafood, pantai bahaya untuk berenang

  9. Pemandangannya indah, ombaknya besar jd ngga bisa d pakai berenang. Sayang bagian atas ada beberapa pagar penghalang yg sudah hilang. Juga lbh baik d sediakan tempat sampah lebih banyak, soalnya banyak wisatawan yg buang sampah sembarangan, mungkin krn kurangnya tempat sampah yg di sediakan di lokasi pantai batu hiu. Overall suasananya relaxing…..kalau beruntung bisa lihat nelayan yg lagi nangkap ikann secara manual pakai tombak.

  10. Pantai batu hiu pangandaran. Dinamai batu hiu karena ada batu karang yg menyerupai sirip hiu. Bagus pemandangannya, walaupun lumayan capek juga naik ke atas bukitnya. Mungkin lebih ditata lagi pantainya ke depannya.

  11. Perlu ditingkatkan kebersihannya supaya ditambah tempat sampah besar agar tidak berceceran mengganggu suasana pemandangan pantai.

  12. Tempatnya bersih, cocok untuk tempat bersantai dan berjalan jalan di pagi hari atau sore hari. Banyak warung yang menjual makanan dan minuman, ada restoran juga, akses wc dan mushola juga ada, lalu akses ke beberapa pondokpun dekat. Tidak diperbolehkan untuk berenang

  13. Salah satu pantai di Pangandaran yang menyuguhkan pemandangan laut yang cukup indah. Konon disebut Pantai Batu Hiu karena ada batu di pantai yang menyerupai kepala ikan Hiu. Bagi yang suka menikmati pemandangan pantai namun tidak suka menyebur ke pantai, lokasi ini cocok untuk dikunjungi.

  14. 😊. + Pantainya bagus masih alami dengan paduan hamparan batu karang dan pasir disertai ombak deras serta tebing curam.. + Cocok untuk liburan dan menenangkan pikiran dari rutinitas, bisa juga untuk kegiatan memancing.. + Ada saung/bangunan khusus untuk duduk sejenak sambil memandang laut.. + Area ini dilarang untuk kegiatan berenang, karena ombaknya besar dan deras.. + Akses yg mudah dan jalan sebagian besar sudah bagus.. + Fasilitas cukup lengkap, ada mushola dan toilet umum yang disewakan/milik warga setempat.. + Warung makanan dan minuman serta souvernir tersedia.. + Signal kuat (Telkomsel, Indosat dan XL), jaringan yg lain saya blm coba.. + Tahap renovasi/pembangunan yang semakin memudahkan eksplorasi dan fasilitas semakin lengkap.. . ☹️. – Kurangnya perawatan dan kebersihan, mulai banyak sampah terutama plastik di area bibir pantai.. – Harga makanan relatif lebih mahal dari pasaran.. – Tidak ada lahan parkir khusus dan penitipan barang, Anda harus berhati-hati dengan kendaraan dan barang bawaan Anda.

  15. 😊
    + Pantainya bagus masih alami dengan paduan hamparan batu karang dan pasir disertai ombak deras serta tebing curam.
    + Cocok untuk liburan dan menenangkan pikiran dari rutinitas, bisa juga untuk kegiatan memancing.
    + Ada saung/bangunan khusus untuk duduk sejenak sambil memandang laut.
    + Area ini dilarang untuk kegiatan berenang, karena ombaknya besar dan deras.
    + Akses yg mudah dan jalan sebagian besar sudah bagus.
    + Fasilitas cukup lengkap, ada mushola dan toilet umum yang disewakan/milik warga setempat.
    + Warung makanan dan minuman serta souvernir tersedia.
    + Signal kuat (Telkomsel, Indosat dan XL), jaringan yg lain saya blm coba.
    + Tahap renovasi/pembangunan yang semakin memudahkan eksplorasi dan fasilitas semakin lengkap.

    ☹️
    – Kurangnya perawatan dan kebersihan, mulai banyak sampah terutama plastik di area bibir pantai.
    – Harga makanan relatif lebih mahal dari pasaran.
    – Tidak ada lahan parkir khusus dan penitipan barang, Anda harus berhati-hati dengan kendaraan dan barang bawaan Anda.

  16. Anginnya yg menyapa dan deburan ombak yg mnghantam karang serasa menyTu bgt pokoknya tmpatnya ini bgus spotnya ok rekomen deh

  17. Tempat yang bagus. Tetapi masih ada beberapa sampah. Kalau dirapikan dan ditata pasti akan menjadi tempat yanv bagus untuk wisatawan lokal maupun manca negara.. . Foto di bawah ini adalah pemandangan dari tempat di atas Pantai Batu Hiu.

  18. Saya katakan ini luarrr biasa! Pemandangan yg mantap tapi hati2 buat pengunjung yg santai2 di ladang rumput. Takutnya tertimpa pelahan daun pohon korma Australi yg pada menjulang keatas sbg peneduh kita santai2 santuy di pantai batu hiu, yg kata orang, ada batu dibibir pantai mirip hiu, yg mnrt saya itu ga da mirip2nya

  19. Lumayan. Bikin ngantuk karena sejuk. Tiket mobil pribadi 37.500 ditambah parkir lagi 5.000

  20. pantai yang indah mirip dengan tanah lot Bali.tempat yang nyaman indah dan akan membuat anda betah dan berlama-lama disini..

Tinggalkan Balasan