Pantai Pangi

Alamat: Tumpakkepuh, Bakung, Krajan, Tumpakkepuh, Bakung, Blitar, Jawa Timur 66163, Indonesia

(4.8/5) Baca ulasan

Blitar yang berada di Jawa Timur merupakan salah satu kota bersejarah tempat peristirahatan Ir. Soekarno yang merupakan presiden pertama Indonesia. Selain sebagai kota yang bersejarah, ternyata kota tersebut juga memiliki berbagai tempat wisata yang spektakuler, seperti Pantai Pangi dan Pantai Peh Pulo. Namun, kali ini akan lebih mengutamakan untuk membahas Pantai Pangi. Pembahasan meliputi harga tiket, rute untuk dapat menuju ke lokasi, dan objek wisata apa saja yang dapat dinikmati di sana. Pantai – pantai tersebut sudah sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat walaupun tergolong ke dalam pantai baru. Kedua pantai tersebut mempunyai ciri khas masing – masing. Penasaran apa saja ciri khas tersebut, Anda bisa simak sebagai berikut.

Harga Tiket Masuk Pantai Pangi

Bagi Anda yang berminat untuk pergi ke kawasan wisata Pantai Pangi jarak yang harus ditempuh dari Blitar untuk dapat mencapai pantai ini adalah sejauh 40 km dalam waktu tempuh skeitar 1 jam jika menggunakan kendaraan motor. Sesampainya di sana pengunjung akan diharuskan untuk membayar sebesar Rp. 8.000 setiap orang. Sedangkan tiket untuk naik perahu adalah Rp. 5.000 per orang atau Rp. 30.000 per perahu. Sedangkan bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan motor dikenakan biaya Rp. 3.000 per motor dan biaya parkir beroda 4 sebesar Rp. 5.000. Harga tersebut merupakan harga terbaru yang berlaku di tahun ini.

Rute Menuju Lokasi Pantai Pangi

Jika Anda berminat untuk datang ke pantai ini, maka Anda dapat mencarinya di Google Maps dengan alamat Pantai Pangi, Dusun Krajan, Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Jika ingin datang menuju ke Pantai Pangi, pengunjung dapat menggunakan jalur yang menuju ke Pantai Tambak Rejo dari kota Blitar. Pada perempatan Kawi, hanya perlu untuk mengarahkan kendaraan ke bagian selatan. Setelah perempatan tersebut, pengunjung hanya diharuskan mengikuti lika – liku dari jalan raya tersebut. Jika sudah sampai di Kecamatan Kademangan, maka arahkan kendaraan menuju ke selatan dengan melalui Jalan Trisula. Ikuti jalan Trisula terus sampai bertemu dengan perempatan Kantor Desa Tumpakkepuh. Selanjutnya belok kanan dan pengunjung akan dapat melihat pintu masuk dari Pantai Pangi. Dari pintu masuk tersebut, Anda bisa berjalan kaki kurang lebih 100 meter. Selama perjalan kaki, pengunjung akan dapat menikmati hijaunya perkebunan dan juga jalan setapak melewati sungai.

Obyek Wisata di Pantai Pangi

Jika Anda sedang memiliki banyak waktu luang atau sedang libur panjang, Anda bisa saja mencoba berkunjung di pantai Pangi. Tempat ini sangat direkomendasikan sebagai tempat wisata.

1. Pemandangan Alam yang Unik

Pada pantai ini terdapat batu yang mengapit pada bagian kanan dan kirinya. Batu karang tersebut membuat pantai tersebut menjadi lebih aman dari terjangan ombak dari Samudra Hindia. Bagi Anda yang sedang membutuhkan waktu untuk menenangkan diri dari hingar bingar ramainya perkotaan, tempat ini sangatlah cocok. Di sana, Anda akan dapat mendengarkan suara deburan ombak dan angin yang menerjang pasir di bibir pantai. Selain dari suara deburan ombak, Anda juga dapat menyaksikan butiran – butiran pasir putih yang membentang sepanjang pantai. Hal tersebut menambahkan kesan yang semakin menyegarkan mata dan pikiran. Tak hanya itu para pengunjung juga akan dapat melihat jajaran hutan pinus yang tumbuh di dekat bibir pantai tersebut. Bagi Anda yang senang berburu foto – foto yang menakjubkan, ini merupakan salah satu tempat yang cocok. Kombinasi dari warna hijau jajaran pohon pinus yang berpadu dengan putihnya pasir dan birunya laut akan menambahkan eksotisme dari foto yang didapatkan. Selayaknya pantai pada umumnya, pada siang hari suhu akan terasa panas karena teriknya sinar matahari. Namun, tenang saja, para pengunjung akan dapat dengan mudah menemukan tempat untuk berteduh tepat di bawah jajaran pohon pinus.

2. Berenang di Air Laut Pantai Pangi

Walaupun demikian, bukan berarti para pengunjung yang sedang berenang atau bermain air di pantai tersebut bisa tidak waspada. Pantai in imasih tergolong dalam pantai yang baaru dibuka, sehingga pengunjung yang ada masih cenderung sedikit jumlahnya. Walhasil pantai ini masih terlihat bersih dan enak untuk dipandang.

3. Telaga

Objek yang ada di tempat wisata ini tidak hanya laut dan pantai saja, melainkan pengunjung juga akan dapat menikmati pemandangan dari muara sungai dengan bentuk seperti telaga yang memiliki air payau. Telaga tersebut terletak di batu karang sebelah kiri yang mengapit Pantai Pangi. Tenang saja, para pengunjung tidak hanya dapat menyaksikan telaga tersebut, tetapi juga dapat berendam dan juga berenang di sana. Telaga tersebut memiliki ukuran yang terbilang lumayan luas. Airnya lebih tenang dibandingkan dengan air yang berada di bibir pantai dan juga jernih. Di sekeliling telaga tersebut di tanami dengan pohon-pohon bakau yang batangnya tinggi menjulang dan akarnyanya menghujam ke air menembus tanah. Eksotisme pohon-pohon bakau tersebut membuat telaga tersebut menjadi semakin mempesona.

8 Ulasan dari Pengunjung Pantai Pangi

  1. 40 km arah selatan Kota Blitar pantai yang indah ini berada. PANGI adalah salah satu pantai di pesisir laut selatan jawa, tepatnya berada di Desa Tumpakkepuh – Kecamatan Bakung – Kabupaten Blitar. Jarak yang cukup jauh dari kota, dengan jalan yang sedikit berkelok membuat perjalanan menuju pantai ini bisa dibilang penuh perjuangan. Belum lagi ditambah dengan kondisi jalan yang tidak terlalu mulus meskipun sebenarnya sudah sangat bagus jika dibanding pertama kali saya datang ke pantai ini (lebih dari 20 tahun yang lalu) hehehe…. Jika dulu saya harus rela berjalan kaki selama 2 jam dari goa mbultuk dengan melewati jalan setapak, sekarang saya sudah bisa langsung berada di bibir pantai setelah membuka pintu mobil. Meskipun untuk jenis mobil citycar tidak dianjurkan untuk parkir di dekat bibir pantai dikarenakan terjalnya jalur, namun pengelola sudah menyiapkan lahan parkir di lokasi yang tidak jauh. Jadi bagi pengguna citycar tidak perlu khawatir jika ingin menikmati indahnya pantai ini. Tinggal jalan 200 – 300 meter saja anda sudah berada di bibir pantai. Kalau untuk para bikers, tidak ada masalah untuk bisa sampai di bibir pantai. Hanya cukup pastikan saja kondisi motor dan stamina fisik yang prima.. Besarnya “perjuangan” menuju lokasi akan langsung terbayarkan setelah sampai di pantai ini. Karena indahnya pantai ini membuat pengunjungnya selalu betah untuk menikmati nya. Deburan ombak yang tidak pernah berhenti dan angin berhembus lembut, akan sangat mudah membius dan menghipnotis pengunjung hingga hanya bisa terdiam menikmatinya. Setelah puas, pengunjung bisa bermain2 air di muara yang cukup luas dan relatif lebih aman untuk berbasah-basahan.. Lokasi pantai juga sudah dilengkapi dengan warung-warung makan, tempat ibadah (mushola) dan toilet. Mie instant goreng ataupun kuah di pasangkan dengan es degan (kelapa muda) akan menjadi kombinasi yang sempurna sebagai penutup ritual menikmati lokasi ini. SELAMAT EXPLORE… 👍🏼👍🏼8

    14 April 2018, 11:41 WIB

  2. Cantik.kata pertama yang tepat untuk menggambarkan tempat ini.Jalanannya cukup terjal dan tidak mulus.untuk bisa sampai di pantainya harus menyebrangi sebuah sungai kecil yang mengharuskan kita melepas alas kaki jika tidak ingin basah(jelas aja basah,khn lewat aer😂😂😂😂🤦🤦🤦).Tiket masuknya 8 ribu per orang.Jika datang agak sorean bisa jadi ndak bayar karena tidak ada petugasnya (mungkin jam kerjanya hanya sampai siang karena pas balik dari pantai sekitar jam 4 atau jam 5 an sudab tidak ada petugas).Cocok untuk melepas penat dan merefresh pikiran setelah lelah bekerja.Ke depannya berharap jalanannya segera diperbaiki agar lebih memudahkan bagi para wisatawan untuk lebih cepat sampai di pantainya.Happy Holiday😉😉😉😘😘

    17 April 2018, 05:55 WIB

  3. pantai ini indah,,bs dijangakau mobil n ramah bt wisata keluarga. samping pantai jg ada sungai yg jernih dr sumber goa mbultuk. bnyk penjual yg hrganya terjangkau n tercantum harganya. tmpat bilasan n toilet jg ada. tmpt parkir jg tdk jauh. cocok bt camping jg…bs pesen n disediakan wrga sekitar.

    18 Juni 2018, 17:36 WIB

  4. Pantainya sangat indah, kalau mau liburan mending disini aja. Pemandangannya enak dan dijamin engga ngebosenin kok. Apalagi sama temen temen dateng kesini dan bareng barreng main air. Seru banget dah pokoknya. Recommended beach 🌊 . Pengen deh kapan kapan kesini lagi

    27 Juni 2018, 03:30 WIB

  5. Rekomended bgt tempat indah masih alami ada sungai air tawarnya .. Pokoknya mantab👍🏻👍🏻👍🏻 . Akses mobil bisa masuk smpai pantai👍🏻 walaupun lmyan berliku2 tp gk rugi kok sama keindahan pantai n sungainya😎😎😎

    28 Juni 2018, 02:35 WIB

  6. Pantai Pangi.. Tempat yang asyik untuk berlibur bersama teman, pasangan ataupun keluarga besar. Di Pantai ini, terbilang sudah lengkap fasilitasnya. Pantainya pun terbilang masih bersih (tentunya jika anda berlibur ke pantai ini, mohon dengan sangat untuk menjaga kebersihan pantai yaaaa). . Jika anda singgah di pantai Pangi ini, saya sarankan untuk mengambil waktu sore hari, karena pada sore hari, pantai ini mulai surut dan terlihat lah bebatuan karang yang indah.. . Selain itu, banyak pepohonan rindang yang cocok jika kita duduk santai dibawahnya dengan beralaskan tikar ditambah dengan Camilan + ikan asap yang dijual disana.. Hmmmmmmm yummy.. Makan ikan yang Uenak + pemandangan yang indaaah… . Banyak pedagang pedagang ikan segar (yang udah diasap), juga banyak penjual bakso keliling, es degan dan masih banyak lagi. . Oiyaaaa.. Akses menuju pantai ini sebenarnya mudah, namuuuun, sekitar +- 4km sebelum pantai, jalannya sedikit rusak dan banyak bebatuan. Pastikan anda menggunakan kendaraan yang “fit” ya, supaya selamat sampai tujuan Hehe.. . Satu lagi nih, untuk para “perokok” mohon jangan membuang putung rokok di pinggir jalan ya, atau kalau mau dibuang, pastikan rokok ya udah dalam keadaan mati, karna kemarin waktu saya kesana, ada api yang berasal dari putung rokok yang merambat ke pinggiran jalan, untung aja saya dan teman teman bawa air mineral, jadi bisa langsung dibikin mati apinyaaa… Ya walaupun api nya kecil, tp kan bahaya juga.. Pokoknya tetep jaga lingkungan yaaaaa 🙂 Itung itung kita belajar menyelamatkan bumi yay… . Pokoknya, pantai ini termasuk paket lengkap untuk berlibur, walaupun ngk ada penjual oleh oleh khas dr pantai ini (seperti baju, dll) namun, suasana dan keindahan pantai ini tidak akan pernah bisa beranjak dari pikiran anda. . Selamat berlibuuuuur 🙂

    20 Juli 2018, 04:14 WIB

  7. Pantainya bagus, masih bersih, lumayan sepi, nyaman di buat camping, tapi kamar mandi sama musholla nya blm ada lampu.. kalo mau sholat maghrib, isya sama shubuh aga susah sih..

    29 September 2018, 23:33 WIB

  8. pantai ini tersembunyi di balik bukit. saat kita mau kesini pasti kita melewati bukit2 yg jalanya agak terjal jalanya masih banyak yg geronjal geronjal. saat kita sudah di parkiran kita harus berjalan kaki kira2 200m an untuk sampai di pantai. setelah sampai di pantai semua bakal terbayarkan susahnya kita mau sampai kesini pantainya bagus banget di pingir2 pantai banyak pohon2 yg teduh jadi bisa gelar tikar disana. gak perlu lagi khuwatir lapar atau haus disana banyak yang jual makanan atau minuman. disana juga banyak banget toilet jadi gausah bingung kalau badan kalian lengket2 habis main air jadi tinggal mandi. pantai ini tidak cocok buat mandi dipantai karena ombaknya yg agak besar jadi main2 saja di pingir. oh iya jangan lupa buang sampah pada tempatnya

    9 Oktober 2018, 22:08 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Pangi

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *