Pantai Sekilak

Alamat: Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia

(4.3/5) Baca ulasan

Pernahkah Anda mendengar PantaiSekilak? Dimana merupakan salah satu destinasi wisata nomer satu di Batam. Pantai sekilak ini letaknya tepat berada pada daerah pinggiran Pulau Batam dan berdekatan dengan daerah Tanjung Mbeban, Riau.

Pantai satu ini tentunya sangat direkomendasikan sekali untuk menjadi bagian dari destinasi wisatawan domestic maupun asing. Hal ini karena pantai ini mempunyai luas yang cukup besar yakni 30 hektar. Selain itu juga view yang ditampilkan masih terlihat alami dan indah sekali dipandang mata.

Harga Tiket Masuk di Pantai Sekilak

Bagi Anda yang tertarik menjadikan PantaiSekilak menjadi salah satu tujuan destinasi utama Anda selama liburan. Tenang saja untuk berlibur di Pantai Sekilak ini tidaklah membutuhkan biaya mahal. Anda cukup hanya membayar biaya Rp 9.000 saja per orang dan ditambah biaya parkir sebesar Rp 1.000,00. Biaya parkir hanya berlaku bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi ketempat itu.

Akan tetapi, ketika hari – hari tertentu seperti liburan panjang atau peringatan hari tertentu harga tiket masuk ke Pantai Sekilak bisa naik juga loh. Tapi, baik naik atau tidaknya harga tiket masuk tetap tidak menyurutkan minat para pengunjung untuk tetap berwisata ketempat ini.

Selain itu, pantai ini bisa dinikmati keindahannya mulai pukul 09.00 WIB sampaidengan pukul 19.00 WIB atau mengacu pada waktu aktif penduduk di sekitar pantai tersebut. Tentunya dengan waktu buka yang relative panjang itu membuat Anda puas menikmati keindahan alamnyakan?

Rute Menuju Lokasi Pantai Sekilak

Biasanya para wisatawan asing atau domestic yang pertama kali tiba di Pulau Batam merasa kebingungan untuk menuju lokasi Pantai Sekilak ini. Akan tetapi, kalem aja ada solusinya kok. Anda bisa berpatokan pada tempat – tempat tertentu di Pulau Batam.

Seperti dari Bandara Hang Nadim yang hanya membutuhkan waktu tempuh 5 km dan juga 8 km bila mengambil rute dari Pelabuhan Laut Batam Center. Selain itu, bila lokasi Anda dari Pelabuhan Laut Telaga Punggur, Anda hanya menempuh jarak 5 km. Namun, jika Anda masih merasa bingung Anda bisa juga berpedoman pada Google Maps atau bertanya secara langsung kepada penduduk.

Obyek Wisata di Pantai Sekilak

Pantai Sekilak tentunya mempunyai keunikan – keunikan tersendiri yang mana tidak dimiliki oleh pantai yang lainnya di sekitar Pulau Batam. Tentu saja, dari keunikan tersebut menjadikan daya tarik tersendiri bagi parawisatawan asing maupun domestik yang ingin menikmati keindahannya secara langsung.

BagiAnda yang penasaran mengapa para wisatawan memilih untuk melancong ke Pantai Sekilak ini. Langsung saja simak informasi detailnya berikut ini mengenai objek wisata di pantai tersebut.

1. Nuansa Alami

Biasanya di sekitar pantai yang sering di datangi oleh pengunjung akan disulap menjadi tempat tinggal yang megah dan juga tempat hiburan yang lain yang mana berguna untuk menarik para wisatawan agar bersedia mampir ketempat yang telah dibangun tersebut.

Akan tetapi, dengan kehadiran tempat tinggal di area sekitar pantai malah akan memberikan kesan bahwa suasana pantai tersebut sudah tidak alami lagi. Karena telah tertutup dengan bangunan – bangunan modern tersebut. Namun, tentunya ini tidak berlaku untuk Pantai Sekilak di Batam.

Ini karena nuansa alam yang ditampilkan masih terlihat alami dengan pemandangan tebing – tebing bukit yang rindang oleh pepohonan hijau. Belum lagi pemandangan lautan yang terlihat membiru bila Anda menyaksikan langsung dari puncak bebatuan di sekitar pantai tersebut. Pokoknya tidak menyesal deh ketika berkunjung ketempat ini.

2. Sunset

Bagi Anda yang sering menjadikan sunset sebagai objek utama untuk mengisi kamera Anda. Pastinya, jangan lupa juga untuk mengabadikan moment sunset di Pantai Sekilak ini. Karena, bila Anda mengambil posisi angle yang tepat, sunset di pantai tersebut akan terlihat keren.

Misalnya saja bila Anda mengabadikannya dari atas bebatuan terjal yang posisinya lumayan tinggi dari bibir pantai. Pastinya,Anda akan dapat melihat pemandangan sunset yang menakjubkan, dimana seperti matahari perlahan – lahan masuk kedalam perut bumi.

Mungkin Anda membutuhkan sedikit perjuanganya untuk mencapai salah satu puncak bebatuan tersebut. Akan tetapi, hasil yang Anda dapatkan akan sepadan dengan perjuangan Anda.

3. Pepohonan yang Menghijau

Selain pemandangan matahari tenggelam yang eksotik, Anda juga akan dimanjakan dengan hamparan hijau yang membentang luas yakni pepohonan yang menghijau. Hal ini membuat suasana liburan Anda akan terasa adem. Karena bila Anda seharian merasa kepanasan, Anda bisa menghalaunya dengan berteduh di pepohonan sekita Pantai Sekilak.

4. Nyiur yang Melambai

Siapa bilang hanya pepohonan saja yang tumbuh disekitar Pantai Sekilak. Bahkan, pohon nyiur disini pun tumbuh dengan suburnya. Ini dibuktikan dengan pemandangan nyiur yang berjejer rapi dan melambai – lambai di tepi pantai seakan ingin menyambut kedatangan para wisatawan yang berkunjung kepantai ini.

5. Pasir Putih

Walaupun di sekitar Pantai Sekilak identik dengan bebatuan besar. Namun, ada daerah tertentu yang hanya dilapisi oleh hamparan pasir putih. Jadi Anda tidak akan merasa bosan ketika menikmati pemandangan disekitar Pantai Sekilak tersebut.

6. Bebatuan di Bibir Pantai

Memang Pantai Sekilak seakan terlihat penuh dengan bebatuan besar di bagian pinggir pantaiya. Akan tetapi, bebatuan tersebut malah membuat pantai ini memiliki ciri khasnya sendiri bila dibandingkan dengan pantai lain disekitar batam. Walaupun bebatuan terlihat besar dan terjal, tetap saja tidak menyurutkan minat para pengunjung untuk berfoto di tempat tersebut.

7. Penangkaran Penyu

Selain keindahan akan alamnya yang mempesona, di sekitar Pantai Sekilak juga terdapat salah satu tempat yang menjadi daya tarik pengunjung yakni penangkaran penyu. Penangkaran ini bertujuan untuk sebagai tempat tumbuh dan berkembang biak bagi para penyu yang mana merupakan salah satu hewan yang dilindungi oleh negara.

Selain itu juga berguna untuk melindunginya dari kepunahan. Bahkan, bila Anda beruntung Anda akan menyaksikan secara langsung ketika penangkaran tersebut melepas ribuan penyu yang sudah siap hidup di lautan lepas. Tentunya, Anda harus memilih saat yang tepat untuk mengabadikan moment satu ini.

8. Air yang Membiru

Tentunya pantai identik dengan pemandangan airnya yang membiru ya bila dilihat dari jarak dekat maupun jauh sekalipun dan ini berlaku juga pada Pantai Sekilak. Di sekitar pantai tersebut akan terlihat pemandangan air yang membiru dan membentang luas seakan tidak ada batasnya. Intinya sejauh mata memandang hanya akan terlihat warna biru yang eksotik.

9. Hutan Bakau

Bukan hanya tentang warna airnya yang membiru, Pantai Sekilak ini juga menawarkan panorama indah lainnya loh yaitu hutan bakau yang tumbuh disekitar pinggir pantai. Dedaunan hijau yang lebat menjadikan tempat ini terlihat rindang sekali. Bahkan Anda juga dapat menyaksikan suasana pelabuhan tradisional di hutan bakau tersebut.

10. Pemandangan Alam Bawah Laut

Anda mempunyai banyak pilihan untuk menikmati keindahan Pantai Sekilak di Pulau Batam ini. Namun, jangan lupakan juga dengan pesona dari pemandangan alam bawah lautnya yang juga tak kalah kerennya. Ini terlihat dari pemandangan batu karang yang bisa Anda lihat dengan mata telanjang karena kondisi air di sekitar Pantai Sekilak memang benar–benar jernih.

Bagi Anda yang memiliki hobby diving, pastinya tidak seru kalau tidak mencoba menyelam disini. Pemandangan ini pastinya dapat Anda nikmati sekaligus juga diabadikan sebagai kenangan yang tak terlupakan ketika berkunjung di pantai ini.

Sejuta keindahnan yang ditawarkan oleh Pantai Sekliak, maka tunggu apalagi untuk mengunjungi pantai ini dengan sanak saudara, kerabat, pacar dan teman terdekat Anda.Tidak akan menyesal karena pantai ini penuh dengan keindahan alam yang membuatmu tidak ingin pulang.

18 Ulasan dari Pengunjung Pantai Sekilak

  1. Pantai yg bagus untuk melihat sunset atau bulan purnama. Pantainya bersih dan tidak ada biaya masuknya.

    4 Juni 2018, 15:26 WIB

  2. Tempatnya bagus, teduh, hijau dan aman utk bermain air

    23 Juni 2018, 10:44 WIB

  3. saya ingin ke sana

    25 Juni 2018, 21:42 WIB

  4. Pantainya masih asli, masuknya gratis kalau saya😁, masih banyak biota laut yang mondar mandir, cocok banget untuk wisata edukasi untuk anak tentang hewan laut, sunsetnya juga bagussss, tiap menit dilewati pesawat yang bari take off, recomendded kalo saya mah…sekilak yg banyak orang dikira udah g ada ni pantai…

    31 Juli 2018, 18:16 WIB

  5. Pantai sakilak tidak ter urus. Tapi banyak pendatang hanya melihat saja. Setelah itu putar balik.

    5 Agustus 2018, 05:45 WIB

  6. Tempat ini sudah lama tutup. . Tapi masih bisa masuk lewat batu besar… Tempat ini sepi pengunjung…. Mungkin karena tempat ini sudah memakan korban. 2anak kecil pernah tenggelam di pantai ini dan juga pernah d temukan mayat tki ilegal d sini….. Klo mau ke sini mikir2 dulu….

    17 Agustus 2018, 20:17 WIB

  7. Tempat ini sudah lama tutup. . Tapi masih bisa masuk lewat batu besar… Tempat ini sepi pengunjung…. Mungkin karena tempat ini sudah memakan korban. 2anak kecil pernah tenggelam di pantai ini dan juga pernah d temukan mayat tki ilegal d sini….. Klo mau ke sini mikir2 dulu….

    17 Agustus 2018, 20:17 WIB

  8. salah satu tujuan wisata wisatawan lokal, tapi saat ini sepertinya tutup sementara, semoga jaya lagi sekilak!

    21 September 2018, 00:51 WIB

  9. Duh sayang banget ini udah lama dibiarin, ga dikelola kayak dulu yang ada banyak wahananya.

    16 November 2018, 00:42 WIB

  10. tetep bagus walau udah ga dirawat,gratis..pantai Sekilak berada di kawasan Nogsa,ujung dekat bandara Hang Nadiem,Batam.dengan menggunakan kendaraan roda dua dapat di tempuh lebih kurang 15 menit saja.jalanan lancar dan mulus,bagi yg mau ke Batam..jangan lewatkan lokasi ini meski tak terawat tapi pemandangan ke laut lepas dan bebatuan pinggir lautnya ga akan mengurangi kekaguman akan ciptaan Allah..

    25 November 2018, 18:05 WIB

  11. tetep bagus walau udah ga dirawat,gratis..pantai Sekilak berada di kawasan Nogsa,ujung dekat bandara Hang Nadiem,Batam.dengan menggunakan kendaraan roda dua dapat di tempuh lebih kurang 15 menit saja.jalanan lancar dan mulus,bagi yg mau ke Batam..jangan lewatkan lokasi ini meski tak terawat tapi pemandangan ke laut lepas dan bebatuan pinggir lautnya ga akan mengurangi kekaguman akan ciptaan Allah..

    25 November 2018, 18:05 WIB

  12. Karena pantainya bagus,bersih dan banyak saranaolah raga air dan di lengkapi dengan penjaga pantai.trus misalkan ada yg mau mengadakan kegiatan keluarga juga ada fasilitasnya.

    20 Desember 2018, 14:18 WIB

  13. Sekilak adalah tempat yg indah, tetapi sekarang lagi mati suri..

    7 Januari 2019, 05:03 WIB

  14. Bersih n nyaman. Cm org fasilitas

    11 Januari 2019, 04:14 WIB

  15. Insyaallah besok latihan gabungan karatenya di pantai ini.. mudah2an tak nyasar2 jln kesananya..

    6 April 2019, 08:57 WIB

  16. Airnya bening banget spot fotonya bagus anak jabi boleh la kesini

    11 April 2019, 06:13 WIB

  17. Lumayan lah pantainya…. Airnya jernih sayang blm ada kamar mandi

    22 April 2019, 22:49 WIB

  18. Sudah tak sebagus dulu sekarang sudah joroj

    7 Mei 2019, 08:01 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Sekilak

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *