Pantai Setokok

Alamat: Unnamed Road,, Pulau Setokok, Bulang, Kota Batam, Kepulauan Riau 29475, Indonesia

(4.4/5) Baca ulasan

Liburan panjang memang selalu dijadikan salah satu agenda yang paling dinantikan oleh setiap orang yang ingin berkunjunjung ke salah satu temat wisata yang menarik. Bila di lihat dari sekian banyak list tujuan wisata yang telah diagendakan, wisata pantai tetap menjadi salah satu destinasi wisata alam yang tak pernah dilewatkan.

Salah satunya adalah Pantai Setokok yang lokasinya tak begitu jauh dari pusat kota Batam. Lebih tepatnya terletak di Pulau Rempang, kelurahan Setokok, Kecamatan Bulang, Kota Batam, Kepulauan Riau. Anda hanya melewati jembatan tiga Balerang, dan kurang lebihnya sekitar 2 km Anda bisa menemui Pantai Setokok.

Harga Tiket Masuk di Pantai Setokok

Mengenai harga tiket masuk ke Pantai Setokok, sebenarnya cukup terjangkau. Anda hanya perlu membayar uang sebesar Rp 5.000 saja sekali masuk untuk satu orang wisatawan. Namun, bila Anda membawa kendaraan pribadi, biasanya akan ada tambahan biaya parkir yang harus Anda bayar. Besarannya tergantung pada tiap pengelola pantai, kisaran biayanya sekitar Rp 1.000 –  Rp 5.000.

Gimana cukup murah sekali bukan? Kemudian setelah Anda membayarnya, Anda sudah bisa menikmati pesona dari Pantai Setokok sepuasnya. Belum lagi jam kunjungnya yang tidak ada batasnya. Di pantai Setokok tidak ada ikatan waktu tertentu bagoi para pengunjung. Oleh karena itu pastinya Anda bakal betah berlama – lama untuk menikmati pemandangan alam disini.

Rute Menuju Lokasi Pantai Setokok

Bagi Anda yang ingin mengagendakan liburan panjang ke pantai ini, pastinya untuk awalnya bingung ya mengenai rute menuju Pantai Setokok. Berbicara mengenai rute Anda bisa mengambil dari arah Simpang Barelang di Tembesi. Dari arah ini Anda hanya akan menempuh jarak sekitar 16 km dan bisa menghabiskan waktu kurang lebihnya 25 sampai dengan 30 menit saja.

Kemudian, arahkan kendaraan Anda untuk tetap lurus ke arah Balerang sampai melewati jembatan Barelang 1, 2, dan 3. Di jembatan 3 Barelang ini selain pandangan Anda hanya berfokus pada arah depan, sekali – kali juga lihat pada sebelah kanan Anda. Hal ini karena tidak jauh dari arah jembatan 3, Anda akan melihat petunjuk arah pada sebelah kanannya untuk menuju Pantai Setokok ini.

Selanjutnya, bila Anda sudah sampai pada simpang ini ambillah belok kanan dan ikuti terus jalannya sekitar 3 km. Namun, Anda jangan kaget bila sebelum sampai ke Pantai Setokok, pada sebelah kanan jalan juga ada pantai lainnya, yaitu Pantai Alam Sehat. Intinya, kalau Anda ingin ke Pantai Setokok tetap saja berpedoman pada jalanannya yang beraspal atau juga bisa menggunakan Google Maps.

Obyek Wisata di Pantai Setokok

Selain Pantai Sekilak yang mempunyai ciri khasnya yang unik dimana terdapat batuan terjal yang menghiasi daerah tepi pantainya. Pantai Sekilak juga memiliki beberapa keunikan tersendiri yang membuat para wisatawan tertarik untuk berkunjung ke pantai ini. Bahkan, tak juga sedikit pula terdapat pengunjung yang berasal dari luar area Pulau Batam.

Nah, bagi Anda yang merasa penasaran sekali mengenai gambaran nyata dari Pantai Sekilak. Simak saja ulasan detailnya berikut ini mengenai objek wisata di Pantai Sekilak, biar nanti Anda tak menyesal untuk berkunjung ke pantai ini.

1. Keindahan Pasir Putihnya

Pantai yang berada di kawasan Pulau Batam, memang selalu dihiasi dengan pasir pantainya yang berwarna putih. Pantai Setokok ini salah satunya yang mana memang terkenal akan pesona dari pasir putihnya. Pantai ini mempunyai hamparan pasir yang luas dengan tekstur pasirnya yang cukup lembut. Sehingga cukup aman bila Anda ingin bermain dengan pasirnya.

Selain itu, hamparan pasir putih di Pantai Setokok ini akan terlihat lebih mempesona bila pada waktu air laut sedang surut. Nah, pada saat inilah, Anda bisa bermain ataupun mengabadikannya pada kamera Anda di hamparan pasir putih yang indah.

2. Panorama Alam Bahari

Kemudian selain Anda dapat menikmati suguhan apik akan pasir putihnya. Di tempat ini, Anda juga bisa menyaksikan panorama alam bahari yang memanjakkan pandangan Anda. Dengan pesona pasir putih yang luas dan juga lautan biru yang membentang luas serta keindahan akan pulau kecil yang tampak kehijauan, membuat Pantai Setokok ini memiliki panaroma yang indah.

3. Perbukitan yang Menghijau

Selain dikenal akan panaroma alam baharinya yang terkesan menenangkan sekali bila dipandang oleh mata. Pada sepanjang perjalanan menuju pantai ini Anda juga akan dibuat terpesona lagi dengan pemandangan perbukitan yang menghijau. Dimana penuh dengan berbagai jenis tanaman, baik itu tanaman yang tumbuh liar ataupun tanaman perkebunan.

Selain itu, ciri khas jalanan menuju pantai ini adalah jalanan yang berkelok – kelok, yang mana membuat sensasi perjalanan Anda terasa lebih menyenangkan sembari menikmati pemandangan alam perbukitannya yang menghijau.

4. Sunset yang Indah

Kawasan daerah pesisir memang identik memiliki keindahan akan matahari tenggelam yang mempesona. Walaupun terdengar sepele, tetapi alam tak pernah berbohong akan keindahannya mengenai pesona matahari tenggelam yang menjadi penanda waktu siang berganti malam. Pastinya moment ini merupakan moment yang paling berkesan untuk dilihat.

5. Pantainya Tenang

Keindahan lain yang ditampilkan dari pantai ini adalah kondisi pantainya yang cukup tenang. Sehingga membuat ombak disekitar pantai ini tidak begitu besar ketika sedang pada waktu surut.

Bagi Anda yang ingin membawa anak – anak untuk bermain disekitar sini, sebenarnya aman – aman saja ya. Namun, tetap saja harus tetap dengan pengawasan orang dewasa. Hal ini agar meminimalisir sesuatu yang tidak menyenangkan. Anda pasti tak mau kan liburan berharga Anda menjadi terganggu?

6. Fasilitas Cukup Lengkap

Berbicara mengenai fasilitas di Pantai Setokok ini sebenarnya telah tersedia untuk para wisatawan pantai ini. Diantaranya beberapa penampakan gazebo yang berjejer rapi pada kawasan pinggir pantainya. Anda cukup hanya membayar biaya sewa kurang lebihnya sekita Rp 30.000 saja.

Setelah itu Anda tinggal duduk santai deh sembari beristirahat dan menikmati keindahan Pantai Setokok. Bila Anda membawa keluarga besar Anda, tenang saja di gazebo ini dapat menampung sekitar 7 sampai 8 orang.

Fasilitas yang lain yang bisa para pengunjung nikmati adalah terdapat tempat penyewaan wahana air seperti banana boat, kano dan juga ban untuk berenang di kawasan pantai. Akan tetapi, jumlah wahana air yang disewakan tersebut masihlah terbatas. Selain itu terdapat juga ayunan yang dapat digunakan untuk bermain anak-anak bahkan bisa juga oleh orang dewasa.

Tak hanya itu saja, fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung adalah pantai ini telah dilengkapi fasilitas kamar mandi, mushola, dan warung makan. Sehingga, Anda tak perlu bingung ketika berkunjung ke pantai ini. Karena Anda bisa menggunakan fasilitas yang disediakan tersebut.

7. Cocok untuk Hunting Foto

Mungkin bagi setiap wisatawan yang berwisata ke sini menjadikan hunting foto sebagai salah satu momen penting yang harus terealisasikan. Di pantai Setokok ini juga terdapat tempat bagus yang dapat digunakan untuk berfoto ria. Anda dapat memulainya dari berfoto pada tepian pantai, atau sedikit ke arah tengah.

Anda juga bisa berfoto pada ayunan yang berada di pinggir laut ketika air laut sedang surut. Selain itu Anda juga bisa berfoto di gundukan pasir putih pada pantai ini disaat matahari tenggelam. Wah, pasti hasil jepretan Anda akan terlihat bagus ya.

Sekian informasi mengenai Pantai Setokok di pulau Batam ini. Semoga bisa menambah destinasi wisata Anda.

8 Ulasan dari Pengunjung Pantai Setokok

  1. Terletak di jembatan 3.. Kondisi pantai terlalu sepi.. Yang paling menonjol ada gundukan pasir putih 20 meter dari bibir pantai.. Bagus untuk spot foto kalau airnya tidak pasang.. Biaya masuk 10 ribu per orang sudah termasuk mobil.. Di pinggir pantai ada pondok untuk leha2, cuma kata penjual es krim, kalau ketauan Ibu penjaga, bisa kena charge 50ribu. Kamar mandi kena charge 2000.. So far so good untuk leyeh2.

    6 Februari 2018, 06:03 WIB

  2. Pantai nya bagussss, ada ayunan nya. Untuk tiket masuk itu 10/orang. Terus kalo mau nyewa tempat duduk itu 30-75 sesuai ukuran dan tempat. Bisa foto kayak di lombok deh karena bisa foto di ayunan. Pantai nya juga ga terlalu dalam jadi enak. Ada beberapa yang jualan makanan juga. Tempat mandi pun lumayan banyak, jadi worthed deh buat kalian yang mau ke pantai dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh. Karena di jembatan 4 barelang.

    20 Februari 2018, 21:08 WIB

  3. Lokasi di dekat jembatan 4 tidak jauh dari kota. Lokasi pantai bagus untuk bermain anak karena air dangkal dan pasir putih. Petugas rajin membersihkan pantai dari sampah. Tempat istirahat disediakan dengan harga murah

    28 Februari 2018, 15:25 WIB

  4. Buat main sama keluarga sngat cocok karena lokasinya tidak terlalu jauh dan tmpt bagus.

    13 Juli 2018, 23:09 WIB

  5. Pantai Setokok dapat dijangkau setelah kita melewati jembatan III Barelang. Pantai yang terletak di pulau Setokok, kecamatan Bulang ini memiliki pasir yang putih bersih. Permukaannya yang tidak rata membuatnya bergunduk-gunduk, dan akan menjadi pulau di tengah laut jika permukaan air laut naik. Saat kami ke sana, ada beberapa wisatawan macanegara yang sedang berjemur. Sehingga selain pantainya yang memang cantik dan menenangkan, lokasinya memang sangat nyaman untuk menikmati hangatnya sinar matahari.. . Namun yang perlu dicatat, untuk menuju ke sana kondisi kendaraan harus benar-benar optimal. Karena kita akan melewati perbukitan yang jauh dari perkampungan penduduk. Ya, untuk ke pulau Setokok memang jaraknya agak jauh dari gapura masuk yang berada di jalan trans Barelang. Jalannya berliku-liku, serta banyak tikungan yang terjal. Tetapi kondisi jalannya sendiri sudah sangat bagus, sehingga tak perlu khawatir karena jalannya tak ada yang berlubang.. . Setibanya di sana, pemandangan yang terhampar seperti membayar lunas perjalanan kita. Terlebih disaat sore hari jika cuaca terang, matahari yang tenggelam di ufuk Barat mampu menghadirkan siluet senja yang menakjubkan. Desiran ombaknya menggelitik pendengaran kita untuk merindukan menjejakkan kaki ke sana kembali.. . Fasilitas yang disediakan di pantai ini sudah sangat bagus. Terdapat banyak gazebo kecil yang disediakan jika ingin menikmati liburan secara privat. Gazebo besar juga tersedia jika ingin menggelar acara di sana. Bahkan toilet serta kantin sudah mulai banyak dibangun demi memberi kenyamanan dan kebutuhan bagi para pengunjung. Harga tiket masuk sangat terjangkau, hanya Rp. 10.000,00/orang. Dan itu sudah termasuk parkir yang sangat luas.

    6 Agustus 2018, 01:53 WIB

  6. Pantai yg sangat indah dg pasir putih nya…

    16 Agustus 2018, 03:25 WIB

  7. Lumayan lah pantainya, lumayan bersih, murah juga, bisa keliling naik kano 😆

    4 September 2018, 19:39 WIB

  8. Sungguh luar biasa pantai yang sangat indah, cocok buat refresing keluarga

    29 September 2018, 04:40 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Setokok

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *