Pantai Slamaran

Pantai Slamaran

Krapyak Lor, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51149, Indonesia

10 Ulasan

Liburan sebenarnya adalah pilihan yang baik apalagi jika Anda sudah lelah bekerja selama satu tahun penuh. Ditambah adanya pandemi ini membuat mental kita semakin ter-breakdown. Akan sangat menyenangkan apabila Anda bisa berlibur pasca pandemi ini reda.

Kira-kira tempat wisata seperti apa yang ingin Anda kunjungi? Gunung? Pantai? Mall? Pastilah banyak orang yang ingin mengunjungi pantai sebagai salah satu destinasi wisata mereka.

Salah satu pantai yang dapat menjadi pilihan adalah Pantai Slamaran Pekalongan. Pantai ini dapat dijadikan destinasi untuk menenangkan pikiran yang nyaman.

Pantai Slamaran Pekalongan

Pantai Slamaran Pekalongan

Seperti yang kita ketahui Kota Pekalongan memiliki beberapa pantai. Salah satunya adalah Pantai Slamaran yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Pekalongan.

Pantai yang terletak di kecamatan Krapyak lor, Pekalongan Utara, kabupaten Pekalongan ini merupakan salah satu pantai yang tidak memiliki pasir. Namun, daya pikat pantai ini tidak kalah dengan pantai-pantai lain.

Berbeda dengan pantai yang ada di Pekalongan lainnya seperti pantai Pasir Kencana, pantai Wonokerto dan pantai-pantai di Pekalongan. Walau begitu pantai ini tiap hari selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat Pekalonagn.

Salah satu yang paling sering Anda akan temui di pantai ini adalah orang memancing. Apabila Anda ingin mengisi waktu luang ngobrol sambil mancing maka tempat ini adalah tempat yang  cocok bagi Anda dan teman-teman.

Apalagi ketika sore hari tiba sinar sunset ditambah seru-nya memancing bersama kawan akan menjadi sebuah cerita yang menarik.

Harga Tiket Masuk Pantai Slamaran

Harga tiket masuk ke pantai ini tidaklah mahal Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5500 untuk bisa menikmati indahnya Pantai Slamaran. sambil minum es teh atau es degan tidak ada tempat yang lebih nikmat dibandingkan di pinggir pantai.

Harga Rp 5500 itu tergolong murah coba bandingkan dengan harga martabak? Jauh berbeda serta lebih memuaskan.

Dengan harga tiket yang murah itu, Anda punya kesempatan untuk bisa membeli martabak manis sambil menikmati indahnya sunset di pantai ini.

Harga tiket masuk yang mahal hanya akan membuat Anda merasa kecewa atau menyesal setelah berkunjung. Tapi, itu tidak akan terjadi di Pantai Slamaran.

Rute Menuju Lokasi Pantai Slamaran

Akses menuju kesana pun tidak sulit. Jarak dari jalur Pantura juga tidak jauh. itu merupakan sesuatu yang spesial karena jalur Pantura merupakan jalur yang mudah diakses oleh semua orang.

Jadi dengan kata lain Pantai Slamaran ini merupakan  pantai yang mudah akses jalannya dan patut dikunjungi.

Anda juga tidak perlu kebingungan dalam mencari rute ke sana, sebab Google map serta waze telah memasukkan Pantai Slamaran ini kedalam salah satu objek wisata yang dapat diakses melalui 2 aplikasi ini.

Jadi Anda tidak perlu turun dari kendaraan kemudian bertanya kanan kiri, sebab dari ponsel Anda sudah tersedia rute tercepat menuju kesana.

Objek Wisata Pantai Slamaran

Selama di pantai ini, Anda dapat melakukan banyak aktivitas menarik untuk mengisi liburan Anda.

1. Spot Foto

Wisata Pantai Slamaran

Sebenarnya objek wisata yang tersedia di pantai ini tidak cukup banyak. Selain tidak memiliki hamparan pasir yang luas Pantai ini juga tidak dilengkapi dengan spot foto buatan (bentuk love atau bentuk norak lainnya).

Bisa dibilang mata ini justru lebih cocok untuk berfoto-foto karena minim hal-hal semacam itu.

Suasana yang asli spot foto yang asli berhias ombak nyatanya memang lebih cantik untuk ber-selfie ria.

Ada juga beberapa pasangan yang memilih untuk melakukan foto prewedding di pantai ini, karena mereka dapat dengan mudah membuat set-up.

2. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Slamaran

Jika Anda sudah sampai di pantai ini barulah Anda berkomentar soal sunset yang terlihat. Di mana lagi tempat yang lebih nyaman dibandingkan melihat sunset sambil ngopi dan ngobrol dengan teman-teman.

Pantai Slamaran selalu memberikan pemandangan yang cantik ketika penghujung hari tiba.

Ketika sunset hadir di pantai ini, keindahan Pantai Slamaran akan bertambah. Ketika sunset di tiba merupakan waktu yang sangat tepat untuk berfoto. Sebab cantiknya sunset adalah  aset bagi sebuah pantai.

3. Memancing

Memancing Di Pantai Slamaran

Di pantai ini sudah tidak asing lagi bagi para pemancing di Pekalongan. Masyarakat Pekalongan sering berkunjung kep pantai Slamaran ini hanya untuk memancing.

Karena pinggiran pantai yang disusun dari batu-batuan, membuat para pemancing lebih nyaman saat memancing di bibir pantai ini. Mereka tidak perlu basah-basahan untuk masuk ke air laut.

Fasilitas Pantai Slamaran

Di pantai ini juga sudah banyak terdapat fasilitas yang disediakan untuk kenyamanan pengunjung. Fasilitas-fasilitas itu diantaranya adalah:

1. Tempat Makan

Ketika Anda menuju ke pantai ini tentu yang pertama Anda lihat adalah tempat makan. Tetapi ini merupakan tempat makan yang berbeda.

Seperti pantai ini tidak ada pasir yang menghampar hanya ada tembok penahan ombak, makanya pantai ini sangat cocok untuk bersantai dan mengobrol bersama teman-teman.

Tempat makan di sekitar bibir pantai akan memberikan Anda nuansa nongkrong di pantai yang asyik. Walaupun tidak harus mandi dan berbasah-basahan, sebuah obrolan intim mengenai masa depan atau nostalgia 10 tahun kebelakang akan tetap memberi kesan.

2. Tempat Duduk

Apabila Anda tengah bersedih, maka tempat ini adalah tempat yang cocok sebab ada tempat duduk yang langsung menghadap ke pantai.

Selain sifatnya sinematik, tempat duduk yang ada di pantai ini juga menyajikan nuansa sepoi-sepoi angin dan juga keindahan dengan alam.

Tidak cuma menjadi tempat istirahat, tempat duduk ini akan mendekatkan Anda kepada rekan-rekan yang diajak liburan bersama. Seolah-olah pantai tanpa pasir itu percuma, padahal akan lebih percuma sebuah liburan tanpa cerita.

3. Toilet

Ketika berada di pantai ini Anda tidak perlu bingung mencari toilet. Ketika panggilan dari dalam diri itu sudah datang, Anda tak perlu kebingungan ataupun berjalan terlalu jauh sebab toilet sudah tersedia di pantai ini sebagai salah satu fasilitasnya.

Selain toiletnya bersih, Anda juga tidak akan dipatok harga terlalu tinggi seperti di pantai-pantai lain.

Terkadang sebuah objek wisata selalu memberikan harga terlalu tinggi untuk sekedar buang air kecil. Harga per pemakaian hanya sebesar Rp 2000 yang mana dapat terbilang sangat murah.

4. Mushola

Jika toilet itu menggambarkan panggilan dari dalam diri maka mushola menggambarkan panggilan dari Tuhan. jika sudah saatnya shalat juga Anda tidak perlu pergi kemana-mana sebab di sekitaran Pantai juga sudah tersedia mushola yang bisa dipakai.

Tentu saja di mana-mana namanya mushola itu gratis. Sebab mushola merupakan fasilitas dari sebuah objek wisata yang tak boleh hilang dengan alasan apapun. Tempat yang bersih juga akan menambah  kekhusyukan dalam berdoa.

5. Area Parkir

Salah satu yang membuat pantai ini ramai dikunjungi adalah area parkir yang mudah serta luas. Tentu saja area parkir itu merupakan nilai plus yang tidak boleh Anda lupakan. Anda bisa bayangkan ketika suatu tempat wisata tidak memiliki area parkir yang cukup.

Bisa-bisa Anda parkir di pantai lainnya untuk menuju ke Pantai tersebut. Tapi di Pantai Slamaran area parkir luas dan juga aman. Anda juga bisa parkir di dekat bibir pantai sambil menikmati indahnya pantai dari dalam mobil Anda.

Meskipun Pantai Slamaran tidak memiliki pasir, tetap saja pantai ini menjadi salah satu objek wisata yang patut dikunjungi oleh Anda. Dalam sebuah liburan tentu Anda tidak hanya menginginkan mandi di pantai saja tapi juga berbincang mengenai banyak hal bersama rekan-rekan Anda.

Pantai ini juga sangat cocok sebagai tempat mencari inspirasi atau sekedar berpuisi. Sebab pantai yang tidak terlalu ramai ditambah suasana yang asri itu akan bisa menjadi salah satu sajak dalam puisi Anda.

Kalau dibilang cocok untuk liburan bersama keluarga tidak terlalu cocok, tetapi jika Anda ingin private time maka tidak ada pantai lebih cocok dibandingkan Pantai Slamaran.

Yang pasti pantai ini akan cocok bagi Anda yang tengah mencari inspirasi atau ingin sekedar nongkrong dan bercerita dengan teman-teman. Selain itu pantai ini juga cocok untuk menjadi tempat memancing ikan sebab di pantai ini juga banyak orang memancing.

10 Ulasan untuk Pantai Slamaran, Pekalongan, Jawa Tengah

  1. Tak seindah dulu sih, tapi untuk ngopi2 lumayanlah tempatnya.. pagi sore ramai terus.. kalo malam rame orang mancing

  2. Meskipun dekat dri kota, tapi pantainya kotor, kurang terawat, sepi, dan kadang2 ada pemuda2 dg penampilan yg menakutkan. Not recomended… Cari pantai lainnya ajah.

  3. Pantai yang tidak punya bibir pantai. Tidak direkomendasikan. Tidak bisa berenang di laut..

  4. Disana ada 2 tempat yang 1 gratis dan yg 1 bayar. Tempat menarik untuk refreshing bersama keluarga.

  5. tempat yang sangat cocok untuk sekedar nongkrong dan tempatnya tidak jauh dari kota

  6. Salah satu pantai yang letaknya paling dekat dengan pusat kota Pekalongan. Pertamakali kesini ga berekspektasi yang terlalu tinggi sih, soalnya nanya ke beberapa sopir taksol tentang keadaan pantai ini mostly jawaban mereka hampir sama yaitu ‘pantainya ga terlalu bagus mba’. Well yeah, pas sudah sampe sini dan melihat keadaan pantai nya, bisa di mengerti kenapa sopir taksol mengatakan demikian, kalo di bandingkan dengan pantai selatan ya masih bagusan pantai selatan. Lupakan bayangan kalian tentang bermain pasir pantai dan mengejar ombak. Menurut saya pribadi, daripada pantai tempat ini lebih mirip semacam apa ya? Bendungan kali ya. Di pinggiran pantai ada semacam pembatas/ tembok(?) Seperti yang biasa di pinggiran dam, kemudian ada tumpukan batu karang barulah air laut. Yap langsung air laut, tanpa pasir pantai, mungkin ini karena pantainya mengalami abrasi (CMIIWW). Pas kesini kebetulan menjelang Maghrib jadi ombaknya agak tinggi, angin kencang tapi banyak banget yg mancing di bibir pantai, terbaeq lah emang wkwk. Karena keterbatasan waktu, jd ga bisa mengeksplor tempat ini lebih banyak, sungguh sayang padahal saya pecinta pantai, laut, dan air. Oh iya, kalian bisa kesini by taksol, biaya masuknya ga terlalu mahal kok, sekitar 2500-3000an aja.
    Lain kali, kalo di ajak lagi, mau kesini lg. Explore hal yg belum bisa di explore pas pertamakali kesini. Oh iya, sepertinya pantai ini kurang terlalu dapat banyak perhatian pemerintah 🙁 idk, mungkin saya yg kurang tahu

  7. Tidak sejernih di pantai selatan memang, tapi buat menghilangkan rasa stres pantai ini lumayan. Tempat ini bercerita juga tentang dewi Lanjar penguasa laut Utara Jawa.
    Ada dua pintu masuk, pintu pariwisata dan pintu warga. Enakan yang pintu warga, fasilitas malah lebih lengkap. Cuman bayar parkir seiklasnya pula. Tanya2 warga sekitar saja untuk jalurnya. Saya dr kebumen, tahun baru 2020 menjadi kali ke dua saya mengunjungi pantai ini.

  8. Belum rapi dan tidak ada fasilitas rekreasi yang mendukung. Pantainya berupa karang dan tidak bisa untuk berenang.

  9. Masih terbilang nyaman untuk kegiatan piknik bersama keluarga. Tapi difoto yg saya ambil itu disekitar setelah jembatan agak pelosok

  10. Air lautnya sudah tercemar, dan sekarang sudah semakin pasang. Berbeda saat beberapa tahun yang lalu masih cukup jauh dari batu-batuan dan jalan.

Tinggalkan Balasan