Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung

Alamat: Pantai Tj. Lesung, Banten, Indonesia

(3.9/5) Baca ulasan

Indonesia memiliki beragam destinasi wisata yang tidak akan pernah habis untuk dikunjungi. Apabila Anda adalah seorang wisatawan yang gemar travelling, tentu berburu tempat wisata menjadi suatu keharusan. Namun terkadang beberapa orang mempertimbangkan antara destinasi wisata tersebut dengan jarak tempuhnya.

Misalnya saja di Jakarta, sebagai kota metropolitan, banyak orang yang menganggap bahwa tidak ada tempat wisata yang menarik di area Ibu Kota ini. Padahal ada sebuah destinasi wisata pantai yang bisa ditempuh dalam beberapa waktu jam saja dari Jakarta yaitu Pantai Tanjung Lesung.

Pantai ini terletak berdekatan dengan daerah Ujung Kulon, Banten, dan termasuk ke dalam kawasan yang dilindungi yaitu Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung. Jadi bagi Anda yang ingin berwisata ke pantai di Banten ini harus menempuh jarak 180 km dari pusat kota Jakarta dan dapat ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 4 jam lebih 30 menit. Tenang saja, arus perjalanan untuk menuju kawasan ini sangat lancar dan tidak macet.

Harga Tiket Masuk di Pantai Tanjung Lesung

Untuk dapat mengakses pesisir pantai di daerah Banten ini, Anda tidak perlu merogoh kocek yang mahal karena setiap orang hanya dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 25.000,- di hari biasa, dan Rp 40.000,- setiap orang di akhir pekan. Selain itu Anda dikenakan tarif untuk parkir kendaraan sebesar Rp 5.000,-. Cukup terjangkau bukan, biaya yang dibutuhkan untuk menikmati pantai yang luas dan indah ini? Apabila Anda ketika berkunjung ke pantai ini membawa balita, Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Tanjung Lesung

Walaupun namanya tidak seterkenal Pantai Anyer atau pun Pantai Carita, namun Pantai Tanjung Lesung tidak kalah menawan bagi para wisatawan. Pantai ini biasanya akan jauh lebih sepi ketika hari Minggu daripada hari Sabtu, oleh karena itu sebaiknya Anda mempersiapkan hari yang tepat sebelum memutuskan untuk berkunjung kesana.

Jalanan yang menuju ke titik lokasi sangat lancar karena melewati tol, jadi jangan takut terjebak macet berkepanjangan karena dari Jakarta menuju Serang melewati tol sehingga perjalanan Anda akan lebih cepat. Namun sebaiknya  Anda harus mengisi BBM penuh terlebih dahulu jika Anda berasal dari luar Banten. Anda juga bisa memilih beberapa rute yang bisa dipilih, sesuai dengan daerah dimana Anda berada. Berikut rute yang bisa digunakan untuk mendukung perjalanan Anda :

1. Melalui Serang

Serang-Pandeglang-Labuan-Panimbang-Tanjung-Lesung

Rute ini lebih memakan waktu yang singkat dibanding Anda harus melewati Pantai Pesisir Utara melalui Anyer dan Carita. Melalui rute ini, Anda cukup menempuh jarak sejauh 174,7 km jika dari Tangerang.

2. Melalui Jakarta

Jakarta-Tol Jakarta Merak-ambil tol Serang Timur-Serang-Pandeglang-Labuan-Pantai Tanjung Lesung

3. Melalui Jakarta pilihan kedua

Jakarta-Tol Jakarta Merak-keluar melalui tol Cilegon-jalur Pantai Anyer dan Carita-Labuan-Pantai Tanjung Lesung

Objek Wisata di Pantai Tanjung Lesung

Bagi beberapa orang yang sudah mengunjungi beberapa pantai di Banten seperti Pantai Carita maupun Pantai Anyer, sebaiknya jangan lewatkan pantai yang terletak di kawasan Banteng, Banten, ini karena disana akan memberikan view pantai dan keasrian alamnya yang tidak kalah dengan destinasi pantai lainnya. Bukan hanya disajikan dengan keindahan pantai dan udaranya yang segar, di Pantai Tanjung Lesung banyak hal lainnya yang dapat Anda nikmati yaitu sebagai berikut :

1. Bersantai di bibir pantai

Pantai Tanjung Lesung Banteng

Jika Anda adalah wisatawan yang enggan untuk explore ke sekitar area pantai, Anda cukup mendirikan tenda atau pun membawa payung pantai sendiri serta menggelar tikar untuk bersantai. Dengan berlindung di bawah pepohonan yang sangat rindang dan menyatu dengan desiran angin pantai serta ombak, tentu waktu berlibur Anda akan terasa menyenangkan. Namun jika Anda ingin berenang dan mengabadikan momen di area pantai, Anda bisa bermain air di tepian pantai dan menikmati warna pantai yang kebiruan.

2. Menikmati Sunrise dan Sunset

Bukan hanya bisa menikmati pantai dan desiran ombaknya, tempat ini digadang-gadang menjadi destinasi wisata yang tepat bagi Anda yang ingin menyaksikan matahari terbit dan matahari terbenam di balik anak Krakatau. Biasanya beberapa wisatawan yang hendak berburu momen matahari terbit, mereka sembari berolahraga di sekitar area pantai seperti jogging.

 

3. Menikmati wahana di pantai

Jika snorkeling belum memuaskan hasrat kegemaran Anda, disana terdapat beberapa pilihan wahana yang dapat Anda sewa. Beberapa wahana dapat dikategorikan sebagai wahana permainan biasa hingga yang memacu adrenalin. Beberapa wahana yang dimaksud antara lain :

  1. Banana boat
  2. Perahu kanoe
  3. Jet ski
  4. Voli pantai

4. Menikmati keindahan pantai dari dermaga

Dermaga di Pantai Tanjung Lesung adalah tempat yang paling banyak diburu oleh wisatawan yang sebagian besar masih anak-anak muda. Selain untuk menikmati keindahan pantai dari arah dermaga, tempat ini juga bisa digunakan untuk memancing ikan. Namun bagi Anda yang memiliki hobi memancing dan ingin memancing di pantai ini sebaiknya membawa alat pancing sendiri dari rumah karena di tempat ini tidak ada persewaan alat pancing.

5. Snorkeling

Snorkeling Pantai Tanjung Lesung

Bagi Anda yang memiliki hobi menyaksikan biota laut, Pantai Tanjung Lesung tentu menjadi pantai yang tepat untuk menyalurkan hobi Anda. Dengan diving, Anda bisa menyaksikan keindahan bawah laut karena pantai ini adalah lokasi yang menjadi kawasan konservasi terumbu karang. Tidak perlu jauh-jauh untuk diving ke Bali bukan?

6. Menyaksikan Pertunjukan Seni

Jika Anda beruntung, saat hari kedatangan Anda di pantai ini biasanya aka nada pertunjukan seni seperti debus hingga tari-tarian. Pertunjukan-pertunjukan ini seringkali dilakukan ketika malam hari, jadi bagi Anda yang ingin bermalam di kawasan pantai ini dengan mendirikan tenda bersama teman-teman bisa menyaksikan pertunjukan ini.

Selain keenam aktivitas untuk mengeksplore kawasan pantai, Anda juga bisa menuju jembatan Tanjung Lesung. Disana biasanya dimanfaatkan para wisatawan untuk berfoto bersama karena sangat instagramable. Walaupun namanya kurang familiar di telinga para traveller, pantai ini sudah sangat lengkap dengan fasilitas dan wahana yang ditawarkan. Jadi bagi Anda tunggu apalagi, silakan berkunjung ke Banten tepatnya di Pantai Tanjung Lesung sebagai destinasi liburan Anda.

11 Ulasan dari Pengunjung Pantai Tanjung Lesung

  1. SUASANA YG PENAT HARI DEMI HARI BERADA DI TEMPAT KERJA.. DENGAN KELUARGA JARANG BERTEMU.. BERANGKAT…MEREKA MASIH TIDUR. PULANG MEREKA SUDAH TIDUR.. DISINILAH…KAMI SEKELUARGA BERKUMPUL.*TEPATNYA DI TANJUNG LESUNG BEACH HOTEL*. BERSAMA DENGAN SUASANA PENUH CERIA… MENIKMATI CIPTA’AN-NYA YG MASYA ALLAH SANGAT INDAH SEKALI ALAM YG INDAH…PANTAI.LAUT.BINTANG DAN BULAN…BEGITU PULA DISA’AT TERBITNYA SANG MENTARI.DAN DIKALA MATAHARI TENGGELAM…DIGANTI DENGAN SINAR BINTANG YG BERKEDIP.DAN REMBULAN YG BULAT BAGAIKAN BOLA EMAS.. MASYA ALLAH…BEGITU KECILNYA KITA….. *TANJUNG BEACH HOTEL*. TEMPAT WISATA YG SANGAT MEMUASKAN…AREANYA ASRI.VILLA DAN COTAGENYA CUKUP BERSIH DAN RAPIH…MAKAN YG MEMUASKAN LENGKAP TERSEDIA.. PERPADUAN KARYA YG DIOLAH OLEH MANAGEMANT TANJUNG BEACH HOTEL.YG MENGGABUNGKAN DENGAN INDAHNYA CIPTA’AN *ALLAH AZZA WAJALLA…YG MASYA ALLAH MENAKJUBKAN*. ALHAMDZULILLAH. ALHAMDZULILLAH. ALHAMDZULILLAH

    1 April 2018, 05:54 WIB

  2. SUASANA YG PENAT HARI DEMI HARI BERADA DI TEMPAT KERJA.. DENGAN KELUARGA JARANG BERTEMU.. BERANGKAT…MEREKA MASIH TIDUR. PULANG MEREKA SUDAH TIDUR.. DISINILAH…KAMI SEKELUARGA BERKUMPUL.*TEPATNYA DI TANJUNG LESUNG BEACH HOTEL*. BERSAMA DENGAN SUASANA PENUH CERIA… MENIKMATI CIPTA’AN-NYA YG MASYA ALLAH SANGAT INDAH SEKALI ALAM YG INDAH…PANTAI.LAUT.BINTANG DAN BULAN…BEGITU PULA DISA’AT TERBITNYA SANG MENTARI.DAN DIKALA MATAHARI TENGGELAM…DIGANTI DENGAN SINAR BINTANG YG BERKEDIP.DAN REMBULAN YG BULAT BAGAIKAN BOLA EMAS.. MASYA ALLAH…BEGITU KECILNYA KITA….. *TANJUNG BEACH HOTEL*. TEMPAT WISATA YG SANGAT MEMUASKAN…AREANYA ASRI.VILLA DAN COTAGENYA CUKUP BERSIH DAN RAPIH…MAKAN YG MEMUASKAN LENGKAP TERSEDIA.. PERPADUAN KARYA YG DIOLAH OLEH MANAGEMANT TANJUNG BEACH HOTEL.YG MENGGABUNGKAN DENGAN INDAHNYA CIPTA’AN *ALLAH AZZA WAJALLA…YG MASYA ALLAH MENAKJUBKAN*. ALHAMDZULILLAH. ALHAMDZULILLAH. ALHAMDZULILLAH

    1 April 2018, 05:54 WIB

  3. Perjalanan jauh dari Jakarta melewati perbukitan dan kelokan Krakatu sangat mengasikkan, disarankan berangkat subuh atau pagi untuk mengihindari kemacetan akibat pasar tumpah dan jam sekolah, kami dan tim menginap 2 malam 3 hari di cottage dekat resto, suasana alam sangat romantis dan alami, pemandangan pantainya ajiib, kolam renangnya sangat bersahabat dengan anak-anak, play groundya luas, masakan restonya mantap, sop iga buntutnya patut dicoba, bisa main di pantai beach clupnya, gratis bagi yang nginap di sana, sayang, kendaraan tidak bisa dekat dengan cottage … ok banget

    11 Juni 2018, 22:49 WIB

  4. Tiket mahal. 60 ribu/orang. Fasilitas super buruk. Kamar mandi kotor gak terurus, banyak kran mati. Air mandi langka. Nyesel gw kesini.

    17 Juni 2018, 00:18 WIB

  5. Pantai yang sangat indah dan bersih. Dari sini Gunung Krakatau terlihat jelas. Bahkan jika kita ingin berkunjung ke sana juga bisa. Belum terlalu banyak pengunjung mungkin karena jalan ke arah objek masih kurang bagus. Objek wisata belum banyak polesan, masih alami. Ada wahana air seperti banana boat. Tempat mencari oleh-oleh atau cendera mata sangat jarang.

    17 Juni 2018, 08:07 WIB

  6. Tempatnya sangat berbeda dengan gambar pada foto-foto yang beredar. Garis pantai sangat sedikit. Harga tiketnya mahal yaitu 60rb saat hari libur. Fasilitas juga kurang. Toilet kotor dan air kran kecil. Ga sebanding sama tiket yg mereka jual. Kalau mau yg sesuai gambar. Kita harus menginap di resort, villa, atau hotel yg ada di sebelah pantai untuk umum itu. Biaya menginapnya sangat mahal bagi saya pribadi. Kita ga boleh ke garis pentai belakang resort itu. Padahal dia segaris dengan pantai umum yg bayar 60rb itu. Padahal yg bagusnya ya disana. Ada peringatan kalau garis pantai yg indah ciptaan Allah itu hanya boleh dinikmati sama penghuni resort disana. Kalau kita nekat terus akan ditegur petugas keamanan dan disuruh balik ke garis pantai umum yg sangat tidak sesuai ekspektasi. Pihak swasta sudah sangat memiliki pengaruh besar disana. Saran saya, bagi kalian yg mau kesana dengan budget pas pasan harap berpikir 2 kali untuk mau kesana. Jangan harap bisa melihat pantai yg sesuai gambar yg beredar di internet dengan pantai yg jernih dan garis pantai yg luas. Karena itu hanya untuk mereka para wisatawan asing dan orang-orang kaya yg menginap di resort itu. Daripada menyesal sudah jauh-jauh ke ujung banten tapi yg didapat tidak sesuai ekspektasi. Ini hanya ulasan dan saran saya yg sudah pernah kesana dan mendapatkan pengalaman yang tidak menyenangkan. Lebih baik kalian ke pantai lain di garis pantai tersebut seperti pantai carita atau anyer. Meskipun airnya sedikit kotor tapi garis pantau yg ditawarkan panjang dan masih bisa dinikmati pemandangannya dengab laut lepas. Kalau disini yg kita lihat hanya segitiga2 mengambang seperti tambak ikan. Jadi view tidak lepas ke laut. Terima kasih

    17 Juni 2018, 22:20 WIB

  7. Pemandangan nya sungguh indah, dengan ombak yang tidak besar, ramai dikunjungi cocok untuk destinasi wisata

    26 Juni 2018, 06:30 WIB

  8. The best beach in Banten. Clean water, white sand, low tide. Visit it, then you’ll enjoy it.. . Tempatnya sdh semakin bagus skrg, walaupun harga tiket naik. Parkir luas, toilet, Musala, dan resto. Jadi, tempat ini cocok untuk keluarga, dan bisa untuk difabel dengan kursi roda. Tempatnya nyamandan teduh, karena banyak pohon kelpa dan pohon besar lainnya, serta rumput yang hijau. . . Banyak olahraga air yang bisa dicoba, mulai dari kayaking, banana boat, dan beberapa spot bisa untuk bermain surfing.Banyak. . Selain villa, tersedia juga tempat camping, harganya lebih terjangkau. Ada dermaga yang bisa dipakai untuk spot foto, melihat ikan dan karang laut lebih jelas lagi, dan untuk lebih luas lagi melihat pemandangan alam. . . Lokasinya dekat dengan tempat pelelangan ikan, jadi bisa beli ikan yang segar2, minimarket, dan pasar.

    9 Agustus 2018, 15:57 WIB

  9. Ga bisa dikata. . Tempat eksotis, wonderful, bagus, Edun. . Ada dua pantai, . 1. Pantai gratis/ekonomis, hanya mungkin biaya parkir. Pantai Bodur namanya. . Kurang terawat, panas. Ya gitu2 aja. . 2. Satu lagi pantai yg dikelola oleh swasta, Ada villa. Lupa nama pantainya hehehe. . Menyediakan juga penginapan di tenda, sewa tenda. . Sangat terawat, banyak bule. Makanan Mahal tapi. . Penginapan alternatif selain di villa, Ada di bawah (jalan turun) ke arah pantai carita. . Harga permalam lumayan Mahal, ber AC. . Mending kalau punya sodara, lebih baik lagi tuh

    16 September 2018, 19:51 WIB

  10. Setelah taun lalu suxes mengadakan acara festival tanjung lesung dngan tema bebegig atau orang2n sawah.kali ini tanjung lesung kembali mengadakan festival dengan tema layangan atau layang2.dan saya sebagai warga yg berada di sekitar daerah tanjung lesung, sangat merasa senang dangan ada ny acara2 seperti ini tiap taun ny.tentu ny ini akan menambah daya tarik wisatawan baik lokal maupun dari luar kota.dan tentu ny bukan hnya pantai ny saja yg ingin di kenal, karna di sekitar tanjung lesung juga bnyak kerajinan has daerah situ, seperti batik, ukiran dan masih banyak yg lain ny.dan tentu ny ini bisa menambah perekonomian warga sekitar jika para wisatawan banyak yg datang ke tanjung lesung……

    29 September 2018, 22:23 WIB

  11. Pantai Tanjung Lesung. Indonesia yang menempati urutan ke 2 dalam 10 besar negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia tentu dianugerahi dengan berbagai destinasi wisata pantai yang hampir merata disemua daerah. Dan salah satu destinasi yang lagi trend dikalangan para traveler adalah Pantai Tanjung Lesung. Dari namanya, pantai Tanjung Lesung ini terdengar sedikit aneh. Namun perlu anda tahu, penamaan pantai ini terkait dengan dataran pantainya yang agak menjorok ke laut yang terlihat mirip lesung (Alat Penumbuk Padi Tradisional). Pantai yang terletak di sebelah barat Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten ini mempunyai keunikan dan keindahan alam tersendiri. Pasir putih di sepanjang pantainya sangat padu-padan dengan air lautnya yang terlihat jernih. . Panyai tanjung lesung mempunyai luas sekitar 1500 Hektar dengan lokasi yang cukup jauh dan tersembunyi membuat pantai ini punya julukan surga yang tersembunyi. Pantai Tanjung Lesung ini tidak kalah dengan wisata-wisata pantai di daerah lain seperti Bali ataupun Lombok yang terlebih dahulu dikenal. Bahkan pada tahun 2015 pantai Tanjung Lesung ini diresmikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Provinsi Banten oleh Presiden Joko Widodo. Tentu ini menjadi suatu kebanggan bagi penduduk setempat yang mempunyai tempat wisata setara Bali dan Lombok yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan penduduk setempat.. Harga Tiket Masuk Rp. 40.000,-. Harga Tiket Parkir Rp. 5.000,-

    8 Oktober 2018, 19:33 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Tanjung Lesung

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *