Pantai Ciputih

13x dibaca

Pantai Ciputih
Nama Pantai Ciputih
Lokasi
Ulasan (5 / 5)

Jawa Barat bukan hanya daerah yang memiliki sejuta kawasan sejarah saja, namun di provinsi ini juga memiliki banyak destinasi wisata salah satunya pantai. Berbagai pantai yang ditawarkan di Jawa Barat memiliki keindahan dan kelebihan masing-masing, seperti di Ujung Kulon Banten, yang memiliki Pantai Ciputih yang menjadi destinasi wisata favorit wisatawan.

Pantai ini terletak di Desa Ujung Kulon, Sumur, Pandeglang, Banten dan dianggap sebagai pantai yang memiliki keunikan tersendiri yaitu keheningannya. Berbeda dengan pantai lainnya yang terletak di Banten lainnya seperti Pantai Sawarna, Pantai Tanjung Lesung, maupun Pantai Anyer, Pantai Ciputih ini kurang banyak diekspose oleh wisatawan, jadi masih begitu asri dan bersih. Untuk menuju ke pantai ini diperlukan perjalanan darat yang memakan waktu kurang lebih 4 hingga 6 jam dari pusat kota Jakarta.

Harga Tiket Masuk

Bagi Anda yang memiliki hobi travelling dan ingin mengunjungi kawasan Pantai Ciputih ini, Anda bisa bersenang hati karena untuk mengakses kawasan ini tidak dikenakan biaya tiket masuk sepeserpun. Selain pantai ini masih belum banyak yang mengetahui, pantai ini juga belum terlalu diperhatikan oleh pihak pemerintah setempat, jadi belum memanfaatkan sector setempat untuk meningkatkan perekonomian warganya. JIka Anda ingin camping bersama teman-teman, dapat membawa tenda dan mendirikannya di area pantai untuk menghemat biaya.

Akses dan Rute

Bagi Anda traveller baru yang ingin mengunjungi Pantai Ciputih ini, harus ekstra berhati-hati dan mempersiapkan kendaraan pribadi Anda seprima mungkin. Walaupun pantai ini digadang-gadang sebagai surganya pantai di Banten yang belum banyak terjamah, namun akses jalan menuju kawasan ini masih susah karena harus melewati jalanan yang rusak parah. Beberapa jalur menuju ke lokasi harus melewati batu-batu kerikil, jadi sebaiknya sebelum Anda memutuskan untuk membawa kendaraan Anda, harus dilakukan pengecekan secara maksimal terlebih dahulu stamina kendaraan.

Apabila Anda ingin berwisata dan berlibur ke pantai ini, Anda dapat menempuh perjalanan darat melalui rute dari Jakarta-Serang-Pandeglang-Panimbang-Sumur-hingga sampai ke Pantai Ciputih. Area pantai ini memang sangat jauh dari kawasan perkotaan, jadi masih belum banyak wisatawan yang menyambangi kawasan wisata ini. Namun Anda jangan khawatir, jika Anda kesulitan untuk mencari alamat pantai ini, Anda bisa bertanya dengan warga sekitar karena penduduknya sangat ramah. Jadi jika Anda tersesat jangan khawatir, karena penduduk setempat akan mengarahkan Anda ke lokasi tujuan.

Objek Wisata

Pantai Ciputih adalah tempat wisata air yang wajib dikunjungi oleh Anda yang hobi bertravelling, karena pantai ini memiliki keindahan alam yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya. Pantai yang terletak di Ujung Kulon ini jarang sekali dijamah oleh wisatawan, dikarenakan lokasi kawasan yang tidak strategis dan belum banyak yang mengekspose kawasan ini di sosial media, jadi pantai ini masih sangat terjaga keasriannya. Sesuai dengan namanya yang ada unsur “putih”, pantai ini juga masih sangat bersih dari tangan jahil pengunjung. Jika Anda berkunjung ke kawasan ini, berikut beberapa fasilitas dan kelebihan yang dapat Anda nikmati :

1. Pasir pantai yang lembut dan air yang jernih

Objek Wisata Pantai Ciputih

Sesuai dengan namanya yang memiliki unsur ‘putih’ di dalamnya, pantai ini memiliki air laut yang sangat jernih, jadi jangan heran jika Anda ketika menuju bibir pantai melihat komponen laut yang sangat terlihat dengan mata telanjang. Selain itu, pasir pantai di kawasan ini sangat lembut jadi Anda tidak perlu khawatir apabila menginjak bebatuan maupun kerikil.

2. Spot tepat untuk snorkeling

Bagi Anda yang hobi diving, tentu pantai ini adalah destinasi wisata yang sangat tepat karena di Pantai Ciputih ini Anda bisa snorkeling sepuasnya melihat keindahan dasar laut. Namun sayangnya, di dalam area pantai ini belum ada persewaan alat untuk diving, jadi Anda harus mempersiapkan sendiri dengan membawa dari rumah.

3. Dapat menyeberang menuju Pulau Mangir

Bagi Anda yang menyukai tantangan dan sesuatu yang baru, Anda wajib mengunjungi pantai ini karena disini lah Anda bisa menyeberanga ke pulau yang tidak berpenghuni yaitu Pulau Mangir. Anda juga bisa snorkeling di kawasan pulau tersebut untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

4. Penginapan

Penginapan Pantai Ciputih

Jika Anda tidak ingin repot dengan membawa tenda sendiri dari rumah dan mendirikannya di tepian pantai, Anda cukup menyewa penginapan di area Pantai Ciputih ini yang bertajuk Ciputih Beach Resort yang dapat digunakan untuk bermalam. Tarif yang dikenakan pun beragam, dari Rp 300.000,- hingga jutaan rupiah setiap malamnya.

5. Fasilitas pendukung di area pantai

Fasilitas Pantai Ciputih

Sebagai pantai yang masih belum banyak dijamah oleh wisatawan, Pantai Ciputih adalah pantai yang cukup memiliki fasilitas yang lengkap seperti area parkir yang luas, toilet, maupun musholla. Tentunya fasilitas tersebut akan memudahkan anda untuk melakukan aktifitas pendukung.

Di balik kelebihan dan keindahan yang ditawarkan di Pantai Ciputih ini, sayangnya masih belum ada tempat makan yang menyajikan berbagai olahan laut padahal kuliner adalah salah satu faktor untuk menarik wisatawan. Namun untuk ukuran pantai ‘perawan’.

Pantai ini cukup bisa menjadi destinasi wisata yang layak dan patut untuk dikunjungi. Jadi bagi Anda yang ingin merasakan sensasi liburan yang sebenarnya, Anda wajib untuk mengunjungi Pantai Ciputih karena Anda tidak perlu merogoh kocek banyak untuk menikmati keragaman dan view indah dari Tuhan YME ini. Selamat berlibur dan menentukan tempat liburan Anda yang tepat!


Manarul Hakim Hai, saya Manarul. Saya suka melihat dan menikmati keindahan alam, salah satunya yaitu pantai. Melalui Pantainesia.com saya ingin berbagi mengenai pantai menarik yang ada di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *