Pantai Ciputih

Pantai Ciputih, Pandeglang, Banten

Ujung Kulon National Park, Kertamukti, Banten, Kabupaten Pandeglang, Banten 42283, Indonesia, Pandeglang, Banten

19 Ulasan

Jawa Barat bukan hanya daerah yang memiliki sejuta kawasan sejarah saja, namun di provinsi ini juga memiliki banyak destinasi wisata salah satunya pantai. Berbagai pantai yang ditawarkan di Jawa Barat memiliki keindahan dan kelebihan masing-masing, seperti di Ujung Kulon Banten, yang memiliki Pantai Ciputih yang menjadi destinasi wisata favorit wisatawan. Silahkan simak ulasan pantai yang indah ini.

Pantai Ciputih

Pantai ini terletak di Desa Ujung Kulon, Sumur, Pandeglang, Banten dan dianggap sebagai pantai yang memiliki keunikan tersendiri yaitu keheningannya. Berbeda dengan pantai lainnya yang terletak di Banten lainnya seperti Pantai Sawarna, Pantai Tanjung Lesung, maupun Pantai Anyer.

Pantai Ciputih Banten

Pantai Ciputih ini kurang banyak dikunjungi oleh para wisatawan, jadi masih begitu asri dan bersih. Untuk menuju ke pantai ini diperlukan perjalanan darat yang memakan waktu kurang lebih 4 hingga 6 jam dari pusat kota Jakarta.

Harga Tiket Masuk Pantai Ciputih

Bagi Anda yang memiliki hobi travelling dan ingin mengunjungi kawasan Pantai Ciputih ini, Anda bisa bersenang hati karena untuk mengakses kawasan ini tidak dikenakan biaya tiket masuk sepeserpun. Selain pantai ini masih belum banyak yang mengetahui, pantai ini juga belum terlalu diperhatikan oleh pihak pemerintah setempat.

Keadaan ini menyebabkan belum adanya pemanfaatan sektor wisata setempat untuk meningkatkan perekonomian warganya. Jika Anda ingin camping bersama teman-teman, Anda dapat membawa tenda dan mendirikannya di area pantai untuk menghemat biaya.

Akses dan Rute Pantai Ciputih

Bagi Anda traveller baru yang ingin mengunjungi Pantai Ciputih ini, harus ekstra berhati-hati dan mempersiapkan kendaraan pribadi Anda seprima mungkin. Walaupun pantai ini digadang-gadang sebagai surganya pantai di Banten yang belum banyak terjamah, namun akses jalan menuju kawasan ini masih susah karena harus melewati jalanan yang rusak parah.

Beberapa jalur menuju ke lokasi harus melewati jalanan yang masih dipenuhi batu-batu kerikil. Jadi sebaiknya sebelum Anda memutuskan untuk membawa kendaraan, Anda harus melakukan pengecekan secara maksimal terlebih dahulu stamina dan kondisi kendaraan Anda.

Apabila Anda ingin berwisata dan berlibur ke pantai ini, Anda dapat menempuh perjalanan darat melalui rute dari Jakarta-Serang-Pandeglang-Panimbang-Sumur-hingga sampai ke Pantai Ciputih. Area pantai ini memang sangat jauh dari kawasan perkotaan, jadi masih belum banyak wisatawan yang menyambangi kawasan wisata ini.

Namun Anda jangan khawatir, jika Anda kesulitan untuk mencari alamat pantai ini, Anda bisa bertanya dengan warga sekitar karena penduduknya sangat ramah. Jadi jika Anda tersesat jangan khawatir, karena penduduk setempat akan mengarahkan Anda ke lokasi tujuan.

Objek Wisata Pantai Ciputih

Pantai Ciputih adalah tempat wisata air yang wajib dikunjungi oleh Anda yang hobi ber-travelling, karena pantai ini memiliki keindahan alam yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya. Pantai yang terletak di Ujung Kulon ini jarang sekali dijamah oleh wisatawan, dikarenakan lokasi kawasan yang tidak strategis dan belum banyak yang mengekspose kawasan ini di sosial media.

Jadi pantai ini masih sangat terjaga keasriannya. Sesuai dengan namanya yang ada unsur “putih”, pantai ini juga masih sangat bersih dari tangan jahil pengunjung. Jika Anda berkunjung ke kawasan ini, berikut beberapa fasilitas dan kelebihan yang dapat Anda nikmati :

1. Pasir pantai yang lembut dan air yang jernih

Objek Wisata Pantai Ciputih

Sesuai dengan namanya yang memiliki unsur ‘putih’ di dalamnya, pantai ini memiliki air laut yang sangat jernih. Jadi jangan heran jika Anda ketika menuju bibir pantai melihat komponen laut yang sangat terlihat dengan mata telanjang. Selain itu, pasir pantai di kawasan ini sangat lembut jadi Anda tidak perlu khawatir apabila menginjak bebatuan maupun kerikil.

2. Spot tepat untuk snorkeling

Bagi Anda yang hobi diving, tentu pantai ini adalah destinasi wisata yang sangat tepat karena di Pantai Ciputih ini Anda bisa snorkeling sepuasnya melihat keindahan dasar laut. Namun sayangnya, di dalam area pantai ini belum ada persewaan alat untuk diving, jadi Anda harus mempersiapkan sendiri dengan membawa dari rumah.

3. Dapat menyeberang menuju Pulau Mangir

Bagi Anda yang menyukai tantangan dan sesuatu yang baru, Anda wajib mengunjungi pantai ini. Karena disini lah Anda bisa menyeberang ke pulau yang tidak berpenghuni yaitu Pulau Mangir. Anda juga bisa snorkeling di kawasan pulau tersebut untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

4. Penginapan

Penginapan Pantai Ciputih

Jika Anda tidak ingin repot dengan membawa tenda sendiri dari rumah dan mendirikannya di tepian pantai, Anda cukup menyewa penginapan di area Pantai Ciputih ini.

Di sekitar pantai ini terdapat penginapan yang bertajuk Ciputih Beach Resort yang dapat digunakan untuk bermalam. Tarif yang dikenakan pun beragam, dari Rp 300.000,- hingga jutaan rupiah setiap malamnya.

5. Fasilitas pendukung di area pantai

Fasilitas Pantai Ciputih

Sebagai pantai yang masih belum banyak dijamah oleh wisatawan, Pantai Ciputih adalah pantai yang cukup memiliki fasilitas yang lengkap seperti area parkir yang luas, toilet, maupun musholla. Tentunya fasilitas tersebut akan memudahkan anda untuk melakukan aktifitas pendukung.

Di balik kelebihan dan keindahan yang ditawarkan di Pantai Ciputih ini, sayangnya masih belum ada tempat makan yang menyajikan berbagai olahan laut padahal kuliner adalah salah satu faktor untuk menarik wisatawan. Namun untuk ukuran pantai ‘perawan’ atau pantai dengan pemandangan yang masih alami, Pantai ini cukup bisa menjadi destinasi wisata yang layak dan patut untuk dikunjungi.

Jadi bagi Anda yang ingin merasakan sensasi liburan yang sebenarnya, Anda wajib untuk mengunjungi Pantai Ciputih. Hal ini dikarenakan Anda tidak perlu merogoh kocek banyak untuk menikmati keragaman dan pemandangan indah anugerah dari Tuhan ini. Selamat berlibur dan menentukan tempat liburan Anda yang tepat!

19 Ulasan untuk Pantai Ciputih, Pandeglang, Banten

  1. Suasana tenang dan nyaman, dgn view pantai pasir putih namun sayang akses menuju tempatnya sangat buruk jalan berbatu rawan slip ban

  2. Perjalanan yg luar biasa .. Setelah sampai sini semuanya terbayar . . Kekayaan alam yg melimpah .. Banten luar biasa .😊

  3. Walaupun masih terkesan masih perawan dan alami karena belum banyak tersentuh oleh tangan manusia, Kawasatan wisata Pantai Ciputih tetap memiliki penginapan yang bisa Anda tempati selama berlibur di pantai nan indah ini. Salah satunya adalah Ciputih Beach Resort yang memiliki fasilitas mewah dengan harga yang cukup terjangkau.

  4. Layak untuk dikunjungi lagi..berharap jalanannya udah dibeton semua sampai le ujung kulon

  5. Pantainya bagus ,kurang terjamah sama orang,dikarenakan jalannya masih rusak jdi orang jarang yg kesini,tolong pemerintah ikut ambil adil dalam mengelola tempat wisata ini

  6. Tempat yg terpencil jauh dari keramaian dengan keindahan pantai dan pasir putihnya, hanya kurang mulus akses menuju lokasi

  7. Tempat yg cukup menarik utk di kunjungi, harga lodge relative terjangkau, walaupun akses menuju lokasi cukup menantang (rusak Berat) tapi cukup terobati setelah sampai di lokasi….. Pelayanan kamar sangat terbatas, disarankan membawa Alat masak sederhana Dan makanan sendiri agar lebih nyaman….walaupun banyak keterbatasan Ciputih resort tetap masih TOP utk tempat istirahat….

  8. Tempat yg nyaman untuk berlibur maupun menyendiri. Pas di pinggir pantai yang indah, kolam renang besar, makanannya juga enak. Tidur di kamar yang nyaman disertai angin pantai dan deru ombak. Dari sini bisa sewa perahu boat untuk berwisata ke pulau disekitarnya. Akses jalan menuju kesini memang masih kurang bagus.

  9. Resort ini masih satu group dengan hotel seruni puncak bogor dan seruni bali…arsitek kental nuansa bali nya.. Depan bungalow langsung ke bibir pantai.. Resort dengan pantai pribadi yang bagus dan masih asri banyak pohon rindang depan bungalow nya.. Tp sayang akses jalan ke sana nya butuh pengorbanan banget rusak parah setelah mendekati resort nya.

  10. resort nya enak nyaman cuma banyak anjing aja hehe

  11. jalan nya lumayan ancur .. kalau yg mau ke ciputih pake maps harus teliti . karna bisa di arahin ke jalan yg ancur .. karna maps mencari jalan terdekat . lewat jalan raya tanjung lesung jalan nya udah bagus . tapi belus semua nya rata .. resort nya nyaman bersih .

  12. Bagus….view lngsung ke laut, pantai luas dan panjang….sayang jalannya ancuuurrrr

  13. Utk sementara tempat ini ditutup krn terkena badai tsunami

  14. Kalo ada penilaian bintang minus akan saya beri seminus-minusnya. Keamanan di Ciputih resort ujung kulon ini sangatlah minus. Saat akan terjadi musibah tsunami, pihak hotel sama sekali tidak memberitahukan kepada para wisatawan, sehingga 3 dari 6 anggota keluarga saya, meninggal terkena tsunami tgl 22 december 2018. Yg selamat pun mendapatkan luka yg sangat parah. Dan msh di rawat di RS saat ini. Sedangkan karyawan hotel maupun penduduk sekitar sudah pada mengungsi semuanya. Sehingga korban tsunami hanyalah para wisatawan… 👾👾👾

  15. Semoga cepat berbenah lagi dari dampak SUNAMI….

  16. Tempat yang enak untuk liburan bersama keluarga ataupun bersama teman

  17. Pantai bersih banget…kamar besar, bersih dan baru renov(pasca tsunami)…murah pula…jalan menuju resort juga sdh bagus…PUPR benar2 bekerja untuk memperbaiki jalan2 pasca tsunami. Cocok banget untuk menghindari keramaian

  18. Pantai bersih, pasilitas penginapan bagus plus ada kolam renang untuk anak anak maupun dewasa

  19. view langsung pinggir laut, tapi sayang banyak anjingnya.. main kesana harus bawa persiapan bekel krn jauh dari warung.. menginap kesini transit krn ingin melanjutkan perjalanan ke pulau peucang

Tinggalkan Balasan