Pantai Umbul Waru

Pantai Umbul Waru

Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, Jawa Timur 66163, Indonesia.

9 Ulasan

Kota Blitar terkenal karena merupakan kota lahir dan tempat makam Bung Karno yaitu bapak Proklamator Indonesia. Banyak yang berkunjung ke Blitar untuk berziarah ke makam beliau.

Namun selain itu Blitar juga memiliki berbagai tempat wisata yang menarik. Karena lokasinya yang berada di pesisir samudera Hindia, di Blitar memiliki banyak wisata pantai. Salah saru wisata pantainya yang indah yaitu pantai Umbul Waru.

Pantai dengan hamparan pasir putih yang indah membuat pantai ini selalau ramai dikunjungi oleh para wisatawan ketika hari libur.

Pantai Ubul Waru Di Blitar

Harga Tiket Masuk Pantai Umbul Waru

Untuk mengunjungi tempat wisata pantai Umbul Waru ini, Anda hanya membayar biaya masuk sebesar Rp 5000 per orang saja. Biaya yang sangat murah sekali.

Untuk biaya parkir Anda dikenakan biaya sebesar Rp 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5000 untu kendaraan roda empat.

Rute Menuju Lokasi Pantai Umbul Waru

Alamat pantai Umbul Waru berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Jarak lokasi pantai ini dari kota Blitar sekitar 37 KM. Jarak ini jika ditempuh menggunakan mobil membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit.

Untuk menuju lokasi pantai ini tergolong sangat mudah, karena sudah banyak papan informasi yang mengarahkan ke lokasi pantai ini. Apalagi lokasi pantai berdekatan dengan wisata Air Terjun Tirto Galuh.

Jadi Anda bisa mengarah ke lokasi wisata air terjun ini sampai melewati jembatannya. Anda lanjutkan sampai Anda menjumpai pertigaan. Kemudian ambil yang belok kiri sampai Anda menemukan pos kampling.

Dari lokasi ini anda belok kanan dan ikuti jalan utama sampai Anda menemukan pantai Umbul Waru. Jalan menuju pantai ini masih berbatu dan berada di kawasan kebun tebu.

Jika Anda ingin sampai ke bibir pantai maka harus menuruni tebing, nah barulah Anda sampai di pantai Umbul Waru Blitar ini.

Obyek Wisata di Pantai Umbul Waru

Selama Anda berada di pantai Umbul Waru ini, Anda dapat meniikmati berbagai obyek wisata menarik, diantaranya:

1. Menyusuri Pasir Putih di Pantai Umbul Waru

Pantai Umbul Waru Di Blitar

Hamparan pasir putih akan menyambut Anda ketika sampai di lokasi pantai Umbul Waru ini. Anda dapat melakukan aktifitas dengan menyusuri pasir putih sambil menikmati angin laut yang sepoi-sepoi.

Hamparan pasir putih ini menjadi pemandangan yang sangat epik untuk dinikmati. Suasana juga akan semakin indah dan menarik.

2. Menikmati Air Terjun

Wisata Pantai Umbul Waru

Selama berada di pantai Umbul waru ini, Anda dapat menikmati pemandangan air terjun yang airnya turun ke bibir pantai.

Air terjun itu di kenal dengan nama Air Terjun Tirto Galuh yang sudah menyatu dengan wisata pantai yang ada di sini.

3. Berkemah di Pantai Umbul Waru

Kawasan pantai sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk berkemah bersama rombongan. Masih banyak area yang masih rimbun dengan pepohonan yang sangat tepat untuk mendirikan tenda.

Dengan berkemah maka Anda dapat menikmati pemandangan malam pantai dihiasi dengan bintang-bintang di langit sambil menyalakan api unggun.

4. Berburu Spot Foto yang Instragamable

Di kawasan pantai banyak ditemukan spot-spot foto yang dapat digunakan sebagai background foto yang instragamable untuk menghiasi akun sosial media Anda.

Dengan berkunjung ke pantai Umbul Waru ini Anda dapat mengabadikan momen-momen yang indah dan mempesona.

Fasilitas di Pantai Umbul Waru Blitar

Pantai ini walaupun berada daerah yang lumayan jauh dari perkampungan, namun sudah ada beberapa fasilitas di sekitar pantai.

Fasilitas untuk pengunjung yang ada di pantai Umbul Waru diantaranya:

  • Area parkir yang lumayan luas
  • Tempat Bilas atau Toilet
  • Mushola
  • Gazebo atau Tempat duduk
  • Warung Makan
  • Area Berkemah

Fasilitas-fasilitas di atas sangat membantu para pengunjung ketika berwisata ke pantai ini.

Selain pantai Umbul Waru ini, Anda dapat mengunjungi pantai terdekat yaitu pantai Pangi di Blitar.

Demikian ulasan mengenai wisata pantai Umbul Waru di Blitar, Jawa Timur. Jika Anda sedang berada di Blitar jangan lupa untuk singgah ke pantai ini.

9 Ulasan untuk Pantai Umbul Waru, Blitar, Jawa Timur

  1. Pantai dengan air terjun memiliki daya tarik tersendiri.. Ternyata di Blitar juga ada lhoo selain Malang dan Pacitan.. Namanya Umbul Waru… . Untuk menuju Pantai Umbul Waru cukup sulit n bisa dibilang ekstrem.. Jalan makadam (bebatuan) dan cukup sempit memberi tantangan tersendiri.. Sampai2 saat saya bersama Istri ke sana ada satu jalan dimana saya berpapasan dengan penduduk sekitar akhirnya salah 1 dari kami harus mengalah untuk memberikan jalan.. Bisa dibayangkan kan… Jadi tidak disarankan membawa kendaraan matic (bisa dipastikan belt akan bermasalah) dan roda 4.. Dan pastikan kondisi kendaraan benar2 fit dan prima… . Pantai Umbul Waru secara administratif berada di desa Sidomulyo, Kec. Bakung, Kab. Blitar.. Pantai ini bisa dibilang cukup sempit dan tebing karang yang cukup curam bahkan kemarin ketika kami ke sana tidak bisa turun sampai ke bibir pantai mengingat turunan yang curam dan kurangnya alat yang memadai.. Selain itu air terjun pantai ini tidak bisa dinikmati apabila ombak sedang pasang karna ombak di pantai ini benar2 besar jika dibandingkan pantai lainnya di Blitar Selatan.. Saat ombak pasang jangan paksakan untuk melihat air terjun dari bawah karena BENAR2 BERBAHAYA.. Jadi disarankan ketika mau berkunjung ke pantai ini saat ombah sedang surut… . Apabila teman2 mau berkunjung di sini saya sarankan membawa bekal makanan dan minuman sendiri karna tidak ada warung, tidak ada mushola, tidak ada toilet bahkan cukup jauh dengan pemukiman penduduk.. Hanya ada lahan kosong untuk parkir kendaraan… . Demikian sedikit info dari saya.. Smoga bermanfaat bagi teman2 yg mau berkunjung ke sana..

  2. Masih jarang dikunjungi. Pantainya masih alami. Ombaknya tinggi. Treknya sulit. Tidak disarankan kendaraan roda 4. Bahkan buat sepeda motor di musim hijan juga kurang disarankan. Fasilitas masih sangat minim sekali. Tapi bagi yg suka tantangan cocok. Untuk anak” muda yg pingin sensasi lain saat berlibur juga cocok. Tapi kurang pas untuk liburan keluarga

  3. Di umbul waru bisa buat seru”an sama teman”, keluarga, bahkan sama pasangan karena pantainya masih asri…

  4. Kalau mau kesini diharapkan jangan sore” karena air keburu pasang πŸ˜€

  5. Pantai nya memang bagus dan belum banyak terjamah,namun Jalan menuju pantai ini lumayan susah dan memakan waktu banyak,jalan banyak yg berlubang,aspal tidak rata, dan jalan sebelum ke pantai melewati kebon tebu dan jalannya yg curam,sangat berbahaya menurut saya masih belum rekomend untuk liburan,sebelum jalannya di perbaiki ulang

  6. Sungguh perjalanan yg membahagiakan capek nya panas panas nya sampek nyasar??. Saya berdoa agar pemerintah mau membangunkan jalan buat mobilitas warga sana dan bisa menarik pengunjung dalam negeri maupun luar negeri πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

  7. Pantai Umbul Waru terletak di desa Sidomulyo Kec. Bakung Kab. Blitar. Tempat ini menawarkan pemandangan alam laut selatan. Terdapat spot airterjun dan juga pasir pantai. Namun perlu sedikit perjuangan untuk bisa sampai kesana. Jalur yang dilewati cukup sulit. Mulai dari pinggir jurang dan tanah bebatuan. Untuk turun ke pasir pantai juga harus merayap menuruni tebing yang curam. Disarankan untuk tidak menggunakan motor metic jika berkunjung kesana. Untuk mobil ?? Dipastikan tidak dapat sampai kelokasi.

  8. Tempat bagus, masih bersih, fasilitas masih sedikit, agak sulit ditempuh.

  9. Saya bersama suami dan ank, sudah kurleb 20 menit melewati perkebunan tebu, tp blm juga sampai,apa lagi tdk ada org yg bs ditanyai ditengah perjalanan serta kurangnya petunjuk arah, kami takut kalau salah jalan🀣, apa lagi kami pakai motor matic serta membawa ank yg masih 2,5 tahun, dan terpaksa kami menyerah kembali putar haluan πŸ˜‚. Saya berharap pemerintah memperbaiki akses jalan yang sangat kurang πŸ™, agar wisata yg sangt indah itu dpt dinikmati oleh semua org..

Tinggalkan Balasan