Pantai Ayah

Alamat: Logending, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473, Indonesia

(4/5) Baca ulasan

Pantai adalah salah satu tempat wisata favorit yang banyak dituju oleh banyak orang. Keindahan Pantai membuat orang yang memandangnya menjadi damai dan tentram. Selain menyajikan pemandangan yang damai dan indah, Pantai menjadi tempat yang sangat nyaman untuk ikunjugi sebab deburan ombak dan angin sepoi-sepoinya sangat menyejukkan.

Pantai ayah kebumen adalah salah satu Pantai yang dapat Anda kunjungi apabila berada di Kebumen. Selama ini pariwisata di Kebumen memang belum terlalu terdongkrak. Namun bukan berarti Kebumen sendiri tidak memiliki daya tarik wisata. Ada beberapa Pantai dan juga tempat menarik lainnya yang dapat dikunjungi selagi berada di Kebumen.

Pantai Ayah sendiri memiliki nama lain sebagai Pantai logending, selain Pantai adapula hutan logending yang berada bersisian dengan Pantai ayah. Keduanya dapat dikunjungi secara bergantian ketika Anda sudah berada di kawasan Pantai ayah. Pantai tersebut memiliki pasir yang sangat putih dan juga air yang sangat bening. Sangat menawan sekali dan membuat Anda selalu ingin kembali.

Harga Tiket Masuk Pantai Ayah

Harga masuk ke kawasan Pantai ini sangat murah sekali, yakni sebesar 2000 rupiah untuk anak-anak dan 4000 rupiah saja untuk orang dewasa. Namun harga tersebut belum termasuk dengan biaya parkir dan lain sebagainya. Bahkan untuk menjajal objek wisata yang lainnya juga dikenakan biaya tersendiri. Namun bila hanya ingin menikmati panorama Pantai saja, tidak perlu tambahan biaya lagi.

Ada berbagai macam fasilitas yang akan Anda dapatkan di Pantai tersebut, misalnya saja spot untuk berkemah atau hiking. Biasanya organisasi ataupun komunitas banyak yang menggunakan Pantai ini sebagai tempat untuk melangsungkan kegiatan masa keakraban. Secara keseluruhan Pantai ini adalah Pantai yang sesuai dan pas untuk liburan keluarga.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Ayah

Pantai ini letaknya berada di desa ayah, kecamatan ayah. Itulah mengapa sebabnya Pantai yang semula bernama Pantai logending ini memiliki nama lain sebagai Pantai ayah, bukan sebab cerita atau legenda yang bermacam-macam. Namun karena memang Pantai ini terletak di wilayah yang memiliki nama ayah.

Letaknya berada sekitar 53 km dari pusat kota kebumen. Untuk menuju kesana Anda bisa mengendarai kendaraan pribadi seperti sepeda motor, mobil dan lain sebaginya atau kendaraan umum yang lain. Perjalanan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam saja. Santai sebab perjalanan tersebut tidak akan terasa, pemandangan alam yang indah sepanjang jalan akan membuat Anda lupa akan jaraknya.

Anda bisa juga merunut jalan menuju gua jatijajar, letak Pantai in sekitar 8 kilometer saja dari gua tersebut. Letaknya berada di selatan, Anda tinggal menuju ke selatan dan akan mendapati Pantai ini. Namun sebelumnya harus melewati jalan yang curam terlebih dahulu, tidak hanya curam namun juga berkelok-kelok sebab berada di perbukitan.

Objek Wisata yang Ada di Pantai Ayah

1. Hutan logending

Hutan logending yang berada bersisian dengan Pantai ayah ini memiliki suhu yang lumayan dingin, sekitar 23 derajat celcius. Hutan ini sangat cocok untuk berwisata setelah puas menikmati Pantai yang ada. Harga masuk ke kawasan hutan murah saja, hanya dengan membayar sejumlah ribuan saja maka Anda sudah memiliki akses penuh untuk menjelajah hutan. Anda bisa menikmati panorama hutan sambil berfoto ria dengan spot-spot foto yang ada.

2. Sungai bodo

Anda bisa pula mengelilingi sungai bodo dengan menaiki perahu nelayan yang banyak disewakan. Ada yang bentuknya rakit, ada yang bentuknya rakit dan ada pula kapal yang menggunakan mesin. Sungai bodo sendiri lebarnya lumayan lebar dan memiliki panjang yang lumayan panjang.

3. Jembatan merah

Jembatan merah ini sebenarnya ada di Pantai menganti. Namun letak Pantai menganti sendiri berdekatan dengan Pantai ayah, jadi jembatan ini merupakan lokasi wisata yang juga sayang untuk dilewatkan. Anda bisa datang kesini dan mengambil foto terbaik Anda. Namun bila keadaan ramai, Anda harus mengantri terlebih dahulu.

4. Goa jatijajar

Goa yang ini adalah goa yang sangat terkenal. Dalam sejarahnya, Syekh Maulana berlindung di goa ini dan menunggu temannya datang. Goa Jatijajar memiliki panorama yang sangat indah, seperti kebanyakan goa yang lainnya, goa ini dipenuhi dengan genangan air. Ada kelelawar yang bergelantungan namun jangan khawatir karena mereka tidak akan menyerang manusia.

5. Sunset yang indah

Yang tidak boleh sekali dilewatkan dari Pantai ini adalah matahari tenggelamnya yang sangat apik. Anda akan melihat langit yang berwarna jingga dan perlahan-lahan menjadi gelap setelah matahari tersebut benar-benar tenggelam. Pantai lepas membuat pemandangan tersebut sangat jelas dan indah. Tak heran jika banyak sekali orang yang berkunjung hanya demi menunggu sunset tiba.

12 Ulasan dari Pengunjung Pantai Ayah

  1. Pantai Ayah, salah satu dari sekian banyak destinasi wisata di wilayah Kabupaten Kebumen. Memiliki pemandangan menarik dan lokasi yang tepat untuk menikmati keindahan alam. Bagi wisatawan yang ingin berkeliling disekitar pantai, dapat menggunakan perahu yang disewakan oleh warga sekitar, maupun dengan berjalan menyusuri jembatan panjang yang menghubungkan antara Pantai Ayah dengan Pantai Logending.

    15 Mei 2018, 17:27 WIB

  2. Pasirnya bersih, pengunjungnya tdk berjubel walaupun weekend/liburan. Bagus utk tempat main air anak2

    20 Juni 2018, 02:44 WIB

  3. Pantai nya nyaman enak buat rekreasi. Lumayan bersih disini juga ada restoran sea food yang memuaskan

    20 Juni 2018, 04:06 WIB

  4. Tempat berlibur yg paling nyaman..dgn pemandangan alam yg sangat indah..dengan ber bagai mainan buat anak2..dan menelusuri hulu sungai dgn kapal penumpang.

    21 Juni 2018, 03:55 WIB

  5. Pantainya memprihatinkan, kebersihan kurang dijaga oleh pengelola. Lebih baik ditingkatkan kesadaran lingkungannya apalagi terkait Kuda yang kotorannya sembarangan

    22 Juni 2018, 18:52 WIB

  6. Pantai yang indah, hutan mangrove masih alami, wisata perahu dengan harga murah. Cukup 10 ribu rupiah bisa mengelilingi hutan mangrove dengan perahu sampai puas.

    23 Juni 2018, 02:28 WIB

  7. Sayang kurang terjaga kebersihannya tolong di jaga sama” ya. Sebenrnya pantai nya Bagus lho

    26 Juni 2018, 00:56 WIB

  8. Tempat bagus bagi anda dan keluarga atau teman untuk berlibur dan menghabiskan waktu luang anda.. Disini buka tiap hari dari senin sampai minggu . Secara umum buka mulai jam 06.00 – 18.00, namun jika anda masih betah sampai malam pin tidak masalah atau mau bikin tenda disini juga boleh ( asal konfirmasi dengan penjaga setempat ). . Jika ingin mencari view sunset pantai ini sangat cocok dan klop . Indah sekali sunset nya ( jika anda beruntung).. Harga tiket untuk kendaraan roda 4 atau lebih Rp 15.000 sudah dengan parkir. Kalo pakai roda 2 saya biasanya gratis ( kalo lagi apes paling kena oknum-oknum saja).

    29 Juni 2018, 06:32 WIB

  9. Lumayan si, karena mungkin lagi surut pas itu.. Jdi nda masuk k laut nya, trs airnya juga nda terllu jernih

    2 Juli 2018, 21:27 WIB

  10. Pantainya landai bisa buat main, ada tebing karang, dan wisata plus nya bisa ke hutan mangrove naik perahu menyusuri sungai. Tiket murah. Sayangnya kotor aja banyak sampah mungkin krn kesana pas musim lebaran.

    3 Juli 2018, 05:05 WIB

  11. Tempat yg nyaman untuk liburan keluarga anda,tersedia berbagai macam fasilitas untuk kenyamanan anda berwisata,dari mulai berkuda,perahu,kolam renang,rumah makan dan masih banyak yg lainya.. Pantai logending juga terlindung dari ombak bebas dari samudra hindia,karena ada penahan ombak yg memberikan rasa aman,jika anak anda bermain ombak.. Sementara untuk resto seafood,banyak sekali resto yg menyediakan seafood segar,dengan menu andalan bawal hitam dan bawal putih,jangan khawatirkan soal harga,karena harganya terjangkau dg rasa yg istimewa.

    5 Juli 2018, 20:53 WIB

  12. Sudah sering ke pantai logending. Sengaja berkunjung atau hanya mampir waktu lewat disana. Salah satu tempat wisata kabupaten kebumen yg tak pernah membosankan.

    5 Juli 2018, 23:48 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Ayah

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *