Pantai Lembupurwo

Alamat:

(/5) Baca ulasan

Anda ingin berwisata ke pantai? Namun ingin yang lebih dari sekedar bermain air dan berfoto di batu karang? Nah, Anda perlu mampir ke pantai yang berada di Kabupaten Kebumen satu ini. Kabupaten kebumen memang memiliki banyak pesona pantai yang tak kalah rupawannya dibandingkan dengan beberapa pantai terkenal yang terdapat di Jogjakarta maupun Bali.

Salah satu pantai di Kabupaten Kebumen yang cukup unik dan berbeda dibandingkan pantai –pantai lain di Kabupaten Kebumen adalah pantai Lembupurwo. Kenapa? Bila pantai pada umumnya hanya terdapat hamparan pasir dan karang, pantai Lembupurwo juga memiliki laguna pasir yang unik dan jarang dimiliki oleh pantai –pantai di wilayah Kabupaten Kebumen.

Harga Tiket Masuk di Pantai Lembupurwo

Sebagai salah satu lokasi wisata yang unik dan beda dibandingkan dengan lokasi wisata yang lain, pantai Lembupurwo memiliki harga tiket masuk yang sangat murah dan terjangkau, baik untuk kalangan keluarga maupun pelajar. Kenapa? Karena bila Anda ingin mampir ke lokasi wisata pantai Lembupurwo, Anda hanya cukup membayar uang parkir kendaraan Anda saja.

Tarif yang dipatok untuk biaya parkir di lokasi parkir wisata pantai Lembupurwo ini adalah sebesar Rp 2.000,00 saja. Cukup murah dan terjangkau bukan? Hanya dengan membayar sejumlah dua ribu rupiah Anda bisa menikmati wisata pantai nan unik dan tidak biasa, serta kendaraan Anda akan dijaga oleh kakek tukang parkir yang cukup ramah terhadap wisatawan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Lembupurwo

Pantai Lembupurwo terletak di Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit, Kabupaten kebumen, Jawa Tengah. Anda bisa mengunjungi pantai Lembupurwo dari arah Jogjakarta dengan melajukan kendaraan Anda menuju arah barat. Hingga pertigaan temon dan Anda bisa mengambil arah jalan deandeles hingga sampai di wilayah Mirit. Selanjutnya belok ke kiri, yakni ke arah pantai.

Bila jarak tempuh total dari jogjakarta menuju Pantai Lembupurwo adalah sekitar 75 kilometer, maka berbeda bila Anda berangkat dari arah Purwokerto. Ikuti jalur wilayah Gombong, lalu masuk ke wilayah karanganyar hingga ke pertigaan Petanahan. Belok ke kanan sampai ujung jalan dan ambil ke arah ambal hingga sampai di desa Mirit, terakhir ambil jalur menuju pantai.

Obyek Wisata di Pantai Lembupurwo

Sebagai sebuah objek wisata yang memasang tarif masuk berupa tarif parkir saja, pantai Lembupurwo tergolong sebagai pantai dengan fasilitas yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas ini dikelola secara swadaya langsung oleh para warga sekitar, seperti kamar mandi umum, area parkir dan beberapa wahana permainan sederhana untuk anak –anak.

Pantai Lembupurwo merupakan salah satu pantai yang telah banyak dikenal oleh masyarakat Kabupaten Kebumen dengan adanya beberapa fasilitas unik yang belum dapat Anda temukan di pantai –pantai lain di wilayah Kebumen. Berikut beberapa objek maupun kegiatan wisata yang dapat Anda nikmati di pantai Lembupurwo.

1. Asiknya bermain Sandboarding

Pantai Lembupurwo memiliki hamparan pasir yang cukup luas, yakni sekitar 3 kilometer. Berbeda dengan beberapa pantai di Kabupaten Kebumen yang banyak didominasi oleh batu karang, pantai Lembupurwo cenderung didominasi oleh pasir hitam pekat. Oleh karena itu deburan ombak pantai Lembupurwo juga cukup besar menerjang bibir pantai.

Luas wilayah pasir pantai yang cukup besar membuat pantai Lembupurwo memiliki gumuk pasir yang cukup luas dan menjulang tinggi, yakni sekitar 7 meter. Pasir yang dimiliki pantai Lembupurwo pun cukup halus dan kemiringan gumuk yang sedang serta tidak terlalu curam. Hal ini sangat cocok untuk digunakan untuk lokasi permainan sandboarding.

Permainan sandboarding memang sedang menjadi trend di kalangan anak muda. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba permainan sandboarding di pantai Lembupurwo ini, baik Anda yang telah master dalam permainan sandboarding maupun sedang dalam permulaan atau akan belajar. Lokasinya juga cukup aman dari hantaman ombak besar maupun batu karang yang tajam.

Jadi, bagi Anda yang ingin mencoba sensasi baru menikmati keindahan pantai dengan cara sandboarding, Anda bisa berkunjung dan mulai berlatih bermain sandboarding di pantai Lembupurwo ini. Jangan lupa untuk membawa sandboard sendiri yah. Karena lokasi ini masih belum banyak menyediakan fasilitas sekelas sandboarding profesional.

2. Pesona Laguna Pantai Lembupurwo

Sebelum Anda memasuki wilayah pantai Lembupurwo, Anda akan disuguhkan pemandangan yang elok nan asri. Untuk mencapai bibir pantai, Anda harus melewati jembatan bambu yang membentang dan membelah rimbunan hutan bakau buatan yang ditanam sejak tahun 2010. Hutan bakau ini membentak disepanjang Laguna Pantai Lembupurwo.

Laguna Lembupurwo ini sendiri merupakan telaga yang terletak didekat pantai Lembupurwo dan lokasinya menuju bibir pantai dipisahkan oleh gumuk pasir yang hitam pekat. Untuk menikmati pesona laguna ini, Anda bisa menyewa perahu nelayan setempat, sehingga Anda dapat merasakan sensasi laguna yang asri dan sejuk yang rimbun akan hutan bakau.

Selain itu saat Anda menjelajahi laguna, Anda juga akan melalui hutan cemara yang merupakan wilayah hasil konservasi KKN UGM tahun 2007/2008. Wilayah konservasi ini dimaksudkan agar keasrian dan tingkat keragaman hayati mulai dari tumbuhan dan hewan, terutama ikan di wilayah pantai dan laguna pantai Lembupurwo tetap terjaga.

3. Asiknya Mancing Ikan di Laguna

Laguna yang ada di pantai Lembupurwo merupakan surganya para penghobi mancing ikan di laut. Laguna ini merupakan muara dari sungai Wawar, sehingga banyak memiliki ikan air tawar maupun air laut. Hanya dengan menyewa perahu dari nelayan setempat, ataupun mencari lokasi memancing di tepi Laguna disekitar pohon bakau.

Selain karena lokasi laguna yang berada di muara sungai, lokasi konservasi bakau juga menjadikan laguna sebagai tempat yang paling sesuai untuk ikan bila ingin berkembang biak. Oleh karena itu, lokasi ini juga dijadikan sebagai tempat para nelayan untuk menangkap ikan. Jadi akan sangat tidak sulit bagi Anda untuk mendapatkan ikan saat memancing di laguna pantai Lembupurwo.

4. Menikmati Sunset dan Sunrise di Pantai Lembupurwo

Seperti yang hampir semua pesona pantai menawarkan wisata menikmati sunset ataupun sunrise. Namun hanya sedikit yang menawarkan keduanya dalam satu tempat. Pantai Lembupurwo adalah salah satu dari beberapa pantai yang menawarkan pemandangan saat matahari terbenam dan saat matahari terbit. Tak heran bila pantai ini cukup ramai dikunjungi baik pagi hari maupun sore hari.

5. Indahnya Prewedding di Pantai Lembupurwo

Trend berfoto sebelum melangsungkan acara pernikahan atau disebut juga sebagai foto prewedding saat ini memang sedang umum dilakukan oleh para muda mudi yang akan saling mengikat janji suci. Pelaksanaan foto prawedding biasanya dilakukan di tempat –tempat yang unik dan memiliki pesona yang indah.

Beberapa lokasi pantai Lembupurwo menjadi salah satu pilihan yang banyak digunakan oleh para muda mudi. Selain pesona alamya yang masih asri dan rimbun. Berbagai pertimbangan seperti hobi pasangan yang sama di dunia sandboard maupun tema pantai lainnya yang cukup kasual dan tidak berlebihan, karena sudah banyak dilengkapi keindahan alam.

6. Menikmati Lezatnya Sate Ambal

Bila Anda mampir ke Pantai Lembupurwo, maka tak lengkap bagi Anda bila tidak mencicipi Sate Ambal. Yakni sate khas wilayah ambal. Kenikmatan suasana pantai yang asri dengan ditemani beberapa tusuk sate ambal yang menggiurkan akan membuat Anda terus ketagihan untuk datang dan mampir kembali menikmati suasananya.

Selain sate ambal, Es Kuwut juga menjadi salah satu makanan khas yang tidak boleh untuk diabaikan, terutama bila Anda ingin mampir ke pantai Lembupurwo. Gurihnya sate Ambal dan segarnya Es Kuwut akan memanjakan lidah anda dan membuat suasana liburan anda menjadi lebih berkesan dan menyenangkan

7. Lokasi Konservasi Penyu Hijau Nasional

Sebagi salah satu pantai yang cukup memiliki ombak ganas namun tetap asri, pantai Lembupurwo menjadi salah satu rekomendasi lokasi konservasi penyu. Sepanjang garis pantai pantai Lembupurwo merupakan lokasi favorit para penyu untuk bertelur, sehingga tempat ini dijadikan sebagai sebuah lokasi Konservasi penyu yang cukup terkenal.

Cukup menyenangkan bukan? Selain wisata sportif, pemandangan yang memiliki pesona tinggi, lokasi wisata pantai Lembupurwo ini juga menjadi pantai dengan berbagai pusat pengetahuan tentang cara hidup dan berkembang biak bagi penyu, terutama bagi penyu –penyu langka. Jadi tunggu apa lagi? Segera rencanakan liburan anda menuju pantai Lembupurwo sekarang!!

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Lembupurwo

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *