Pantai Suwuk

Pantai Suwuk, Kebumen, Jawa Tengah

Area Pantai, Tambakmulyo, Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54383, Indonesia, Kebumen, Jawa Tengah

14 Ulasan

Pantai suwuk Kebumen memiliki daya pikat tersendiri untuk dikunjungi. Sepanjang barat Pantai ada deretan 3 bukit yang sangat indah, bukit tersebut menjulang kokoh dan Hijau bersemi. Keberadaan Pantai tersebut berbatasan langsung dengan samudera hindia. Pantai ini juga berbatasan langsung dengan Pantai karang bolong yang membentang dari utara sampai selatan pantai. Dari Pantai Suwuk ke Pantai Karang Bolong tersebut hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja.

Pantai ini hamparan pasirnya hitam, namun meskipun begitu hamparan pasir hitam tersebut malah menambah kesan eksotis dari Pantai tersebut. Ada pula pohon yang rimbun yang seolah berdiri memagari keindahan pantai. Ada pohon cemara udang, pohon pandan dan juga rerumputan yang tinggi-tinggi. Tanaman tersebut memberikan kesan yang sangat apik terhadap pantai.

Area pasir Pantai tersebut seringkali dijadikan sebagai sarana bermain Mobil Offroad bagi para pecintanya. Banyak anak muda yang berdatangan kesini, pada hari-hari biasa kebanyakan dari kebumen sendiri memang. Terlebih ketika sore hari, suasana Pantai menjadi semakin ramai dan asyik. Para pengunjung bisa pula bermain layang-layang di sini pada sore hari.

Di Pantai sendiri, tidak diperbolehkan untuk berenang. Sebab ombaknya terkenal ganas dan sangat tinggi dan besar. Bahkan konon ketinggian ombak melebihi ombak yang ada di parangtritis. Pantai ini juga terkenal dengan legendanya mengenai nyi roro kidul yang menguasai laut selatan. Namun secara ilmiah, ombak di Pantai ini besar sebab berbatasan langsung dengan samudera hindia.

Harga Tiket Masuk Pantai

Untuk harga tiket masuk pantainya sangat terjangkau sekali. Pengunjung cukup membayar tiket masuk seharga 4500 rupiah saja untuk dewasa dan 2500 rupiah untuk anak-anak di bawah usia 5 tahun. Pengunjung disarankan untuk datang pada hari kerja saja agar mendapatkan suasana yang sepi dan lebih asri. Karena bila datang pada hari libur maka akan sangat ramai sekali.

Harga tiket tersebut terbilang sangat murah sekali, karena hanya dengan sekali membayar saja sudah bisa menikmati berbagai macam fasilitas yang ada. Di dalam area Pantai memang tidak ada payung-payung yang akan memayungi Anda dari terik dan panas. Namun ada pepohonan yang mampu memayungi Anda dari terik dan panas.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Suwuk

Pantai Suwuk ini letaknya ada di dusun suwuk desa tambakmulyo yang letaknya ada di kecamatan Puring, Kebumen. Nama Pantai Suwuk sendiri diambil dari nama dusun suwuk itu sendiri. Jadi asal-usul nama Pantai bukan berasal dari sumber legenda yang aneh-aneh atau yang bermacam-macam. Melainkan karena memang letak Geografis Pantai ini sendiri.

Pantai Suwuk ada di selatan Kota Gombong, kira-kira jaraknya 22 kilometer dari kota gombong tersebut. Waktu tempuh yang dibutuhkan adalah sekitar 35 menit saja. Sementara itu bila dari pusat kota kebumen, maka jaraknya sekitar 50 kilometer. Bila ditempuh bisa memakan waktu kurang lebih 1,5 jam. Waktu yang lumayan lama tersebut akan terbayar begitu sudah sampai di pantai.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum untuk dapat sampai di Pantai ini. Bila menggunakan kedaraan umum maka start naiknya ada di Terminal Kebumen. Naik kendaraan pribadi atau umum sama saja, sebab keindahan Pantai tidak akan bekurang dengan apapun Anda naik untuk menuju kesana. Datang beramai-ramai bersama teman pasti akan lebih menyenangkan.

Objek Wisata yang Ada

1. Pantai Karang Bolong

Pantai yang satu ini letaknya hanya 5 menit saja dari Pantai Suwuk. Anda bahkan bisa menuju kesana dengan cara jalan kaki. Setelah puas menikmati kesejukan Pantai Suwuk, selanjutnya Anda bisa menuju Pantai Karang Bolong saja untuk sekedar berfoto dengan latar bebatuan karang yang sangat indah. Tidak jauh berbeda dengan Pantai di sebelahnya, Pantai Karang Bolong ini untuk memasukinya juga dipatok harga yang sangat terjangkau.

2. Muara Sungai Telomoyo

Sungai ini letaknya ada di sebelah barat Pantai, Sungai tersebut menjadi tempat favorit untuk memancing di atas Perahu. Perahu yang akan digunakan memancing sudah disediakan oleh pengelola sebagai sarana untuk membuat betah dan nyaman para pengunjung. Tempat wisata ini sangat murni dikelola sebagai Objek Wisata edukasi oleh pengelola. Di Sungai tersebut tida diperbolehkan berenang.

3. Pesawat Boeing 737

Ada sebuah pesawat yang dapat dijadikan sebagai objek berfoto di Pantai ini. Entah keberadaan pesawat itu untuk apa, yang jelas Pesawat tersebut menambah daya tarik untuk berkunjung ke pantai.

4. Wisata Jembangan

Dengan datang ke Jembangan, Anda bisa melihat Telaga yang Hijau dan Indah.

5. Sungai Ulo

Anda bisa memandangi keindahan sungai ulo bila berada di atas bukit yang ada di Pantai Suwuk. Keindahannya sangat apik dengan panorama yang menarik. Anda yakin tidak ingin mengunjungi Pantai ini?

14 Ulasan untuk Pantai Suwuk, Kebumen, Jawa Tengah

  1. Kondisi jalan masuk beraspal namun tdk keseluruhan ada lokasi yg berlubang hati hati bila menggunakan kendaraan bermotor rawan jatuh, pantai asri dan teduh namun jangan mandi atau berenang kondisi ombak sangat tinggi bahaya jika berenang. Kalo pagi udara sejuk dan berkabut. Tiket masuk untuk mobil Rp. 5000, sedang orang dihitung 4000,- saya berkunjung saat bulan puasa sehingga banyak warung yg masih tutup. Sip rekomended

  2. Tempatnya bagus banget…cuman jalannya yang harus diperbaiki, tiket masuknya masih terbilang murah dan jajanannya masih terjangkau. Pokonya seru banget kalau main kesini…sedikit saran kalau mau main kesini mending pagi pagi biar ombaknya belum terlalu besar

  3. Di pantai ini anda bisa sekaligus menuju pantai karangbolong hanya dengan menggunakan perahu dengan harga 10rb saja. Nuasa pantainya yang cukup bagus dengan beberapa wahana seperti kolam renang, berkuda, penyewaan atv dan warung makanan

  4. Lokasi wisata cukup murah. HTM Rp. 10.000. Juga memiliki kuliner yang khas, ada tempe mendoan, pecel, lotek, kelapa muda, nasi mogana. Fasilitas mck cukup memadai. Keamanan juga cukup baik. Waspada jangan berenang di pantai, karena ombak sewaktu-waktu bisa tinggi.

  5. View nya kece banget, tiket masuk murah, jajanan murah, tapi sayang banget penyewaan tikar/tempat duduk mahal nya minta ampun, ga masuk akal.. Seharusnya harga jgn terlalu mahal, karna disana ke atm jauh.. Dan lebih baik lagi kalo di sisain sedikit tempat buat org yg pengen bawa tiker sendiri.

  6. keren mantap. bisa muter muter naik perahu dari karang bolong ke pantai suwuk. pemandanganya juga bagus pedagangnya lumayan gak terlalu mahal karna harganya yg cukup pas dikantong remaja

  7. Bagus tempatnya berdekatan dengan hua karangbolong. Dan pedagang lumayan tertata dengan rapi. Hanya saja sampah perlu di tingkatkan lagi kebersihannya. Tp alamnya bagus banget. Ada batu2an jga pemecah ombak.

  8. Pemandanganya Indah perpaduan wisata laut,gua,sungai Dan pgunungan mnjdkan pantai suwuk yg brdktn dg pantai krngbolong mnjdi lokasi wisata yg ideal until orang tua,anak2 Maupun dewasa. Lokasi Parkir luas,warung2 sudh trtata rapi,cm lokasi kolam renang yg msh kurang trtata&kurang brsih Dan tempt smpah yg minim, Dan pengolahan smpah yg msh kurang dkelola dg baik

  9. Pemandangannya bagus. Dua pantai yang terpisah oleh aliran sungai. Sisi selatan ada perbukitan yang indah. Fasilitas umum yang memadai berupa masjid, kamar mandi, kolam pemandian anak-anak, tempat parkir yang luas, perahu wisata, mini zoo dan aneka warung makan dengan harga terjangkau.

  10. Di Pantai ini dilarang untuk mandi di pantai karena ombak tinggi, angin sangat kencang dan pantai curam. Disediakan payung2 untuk berteduh dengan biaya sewa rp. 25 ribu per jam atau rp. 40 ribu sepuasnya. Untuk yang ingin berenang terdapat kolam renang mini yang dapat di sewa. Ada kamar mandi untuk bilas. Ada juga kuda dan apv yg dapat di sewa untuk berkeliling pantai

  11. Kalo Anda ke pantai Suwuk krn tertarik foto online wahana air berupa kolam renang utk anak dan tampilan pesawat, maka lupakanlah. Karena kedua wahana tersebut sudah kolaps.
    Saya pun ‘tertipu’ foto2 itu. Datang dg perjalanan 4 jam, krn pengin bermain pantai yg bisa lanjut dg waterboom. Pasti menyenangkan utk anak kami yg masih SD.
    Ternyata oo ternyata…
    Baiklah, nikmati saja. Keliling dg becak motor melihat sekitar pantai yg bersambungan. Atau,
    Anda bisa naik perahu di hilir sungai, menyusur sungai, lalu berbalik menuju pantai sebelah: karangbolong. Indah juga. Cukup untuk mengganti bayang pesawar, hehe. Apalagi beayanya murah, tdk ‘ngepruk’. Ini lelebihan lain, bhw di obyek wisata ini secara umum harga2 biasa saja.
    Selamat bermain dan berperahu…

  12. Terletak sekitar 26 km dari pusat kota Gombong, tidak begitu jauh dari pantai karang bolong.
    Akses jalan menuju kesana cukup bagus dan bisa dilewati 2 mobil jika berpapasan.
    Saat kesana sekitar jam 6 pagi ternyata sudah cukup banyak pengunjung, dan ombak saat itu cukup tinggi, sayangnya tumpukan sampah disana sini sangat mengganggu pemandangan.
    Untuk tarif masuk per orang 5 ribu dan biaya parkir mobil 5 ribu.
    Disini juga ada kolam renang, banyak jajanan kuliner.

  13. beautiful beach with pasir hitam, lokasinya mudah dijangkau dari jalan deandels, pantai lumayan sepi, parkir motor murah meriah.

  14. salah satu icon wisata di daerah selatan kebumen yang cukup populer.
    tempatnya bersih indah namun tetap hati2 dengan ombak yang besar

Tinggalkan Balasan