Pantai karangbolong

Alamat: Karangbolong, Buayan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54474, Indonesia

(3.7/5) Baca ulasan

Kebumen memang terkenal dengan wisata pantai yang memiliki banyak karang di sepanjang garis pantainya, hal ini dikarenakan wilayah selatan kabupaten Kebumen cenderung memiliki dataran berupa bukit –bukit kapur dan karst. Banyak diantara pantai tersebut terbentuk dan memiliki corak yang unik, dikarenakan deburan ombak yang mengikis bebatuan dan perbukitan kapur di sekitar pantai.

Karang –karang berlubang di tepi pantai tersebut menjadi salah satu destinasi yang diunggulkan di Kabupaten Kebumen. Bentuk –bentuk karang yang unik dan sangat fotogenik membuat pantai dengan karang –karang berlubang tersebut dijadikan wisata pantai terbaik yang diberi nama Pantai Karangbolong. Berikut akan dijelaskan lebih lanjut tentang Pantai Karangbolong.

Harga Tiket Masuk di Pantai Karangbolong

Pantai Karangbolong memiliki tarif tiket masuk yang hampir sama dengan beberapa lokasi wisata pantai yang lain. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk memasuki kawasan wisata Pantai Karangbolongyakni sebesar Rp 5.000,00 per orang. Namun harga tiket masuk tersebut merupakan harga personal orang yang masuk ke lokasi wisata, dan belum termasuk harga tiket parkir kendaraan.

Cukup murah bukan? Nah akan lebih murah lagi apabila Anda datang bersama dengan rombongan yang menggunakan bus. Untuk bus besar dengan kapasitas 60 orang wisatawan hanya di tarik tarif sebesar Rp 250.000,00 per bus, dan semua penumpang yang ada di dalam bus telah bebas menikmati  fasilitas di lokasi wisata Pantai Karangbolong. Namun harga tersebut belum termasuk tiket parkir kendaraan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Karangbolong

Tak seperti Pantai Surumanis dan Pantai Gebyuran yang masih cenderung baru dan belum dikenal orang, Pantai Karangbolong sudah cukup terkenal dan sudah cukup dikenal dikalangan masyarakat kabupaten Kebumen sebagai salah satu lokasi wisata pantai terbaik yang ada di Kabupaten Kebumen. Terutama harga tiket masuknya yang murah dan terjangkau untuk semua kalangan.

Pantai Karangbolong terletak tidak jauh dari Kota Kebumen, pantai ini tepatnya terletak 40 kilometer di sebelah Barat Daya Kota Kebumen. Untuk mencapai lokasi wisata Pantai Karangbolong, Anda bisa memilih diantara dua rute jalur transportasi. Kedua rute jalur ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor namun ada yang melewati jalur darat dan satunya melewati jalur laut.

Rute jalur pertama untuk mencapai lokasi wisata Pantai Karangbolong adalah melalui jalur darat. Perjalanan dimulai ketika Anda telah sampai di Kota Kebumen, selanjutnya Anda bisa mengambil rute perjalanan menuju Kota Gambong. Setelah sampai di kota Gambong, Anda harus melanjutkan untuk mengambil rute perjalanan menuju Pantai Karangbolong.

Rute kedua ini merupakan rute yang dilalui menggunakan jalur laut. Dimana saat Anda telah sampai di Kota Kebumen, Anda harus melanjutkan perjalanan menuju Petahanan, selanjutnya ikuti jalur perjalanan menuju lokasi wisata Pantai Suwuk. Setelah sampai di Pantai Suwuk, Anda selanjutnya dapat melanjutkan perjalanan melalui jalur air dengan menggunakan perahu.

Hal ini dikarenakan jarak Pantai Suwuk dengan Pantai Karangbolong yang cukup dekat, yakni hanya terpisah oleh sebuah muara sungai. Namun bila Anda tidak ingin bersusah payah menaiki perahu untuk sampai di Pantai Karangbolong, dari lokasi wisata Pantai Suwuk Anda bisa menempuh jalur memutar menuju Pantai Karangbolong dengan jalur darat sejauh 4,4 kilometer.

Obyek Wisata di Pantai Karangbolong

Meskipun bila dihitung cukup lumayan jarak antara Pantai Karangbolong dengan kota Kebumen, namun pantai ini merupakan rekomendasi terbaik dengan segala fasilitas dan keindahan alam yang ditawarkan. Banyak pula objek wisata yang dimiliki, dengan dukungan pemerintah setempat membuat Pantai Karangbolong amat terawat dan memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi objek wisata yang dapat Anda nikmati dan Anda coba di kawasan wisata Pantai Karangbolong berikut:

1. Pesona Pantai dengan Bukit Karang Berlubang

Pantai yang dikelilingi oleh batu karang –karang yang berlubang akibat abrasi air laut maupun angin tak hanya terdapat di Kabupaten Kebumen saja. Banyak pantai serupa yang terdapat di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Tanah Lot Bali, Pantai Papuma Jember, dan beberapa pantai –pantai yang berlatar pegunungan dan bukit kapur sehingga membentuk kumpulan bebatuan karang.

Pesona perbukitan karang –karang berlubang di wilayah pantai memang memiliki pesona tersendiri, bentuk karang yang unik dan ikonik membuat pantai dengan bukit –bukit karang ini sangat cocok dijadikan untuk lokasi berfoto ataupun hanya untuk sekedar mencuci mata saja. Anda juga bisa menikmati pemandangan pasir putih keabu –abuan yang dimiliki oleh Pantai Karangbolong.

2. Asyiknya Piknik Bersama Keluarga di Pinggir Pantai

Seperti halnya pantai pada umumnya yang memiliki banyak pepohonan palem yang tumbuh di pinggiran pantainya. Pantai Karangbolong memiliki banyak pohon kelapa yang tumbuh menjulang tinggi di pinggir pantai. Pohon –pohon kelapa ini membuat sebagian wilayah pantai terasa sejuk dan amat cocok digunakan untuk tempat bersantai dan melepaskan penat usai bermain di pinggir pantai.

Bagi Anda yang datang bersama keluarga atau dengan rombongan dapat menggelar tikar piknik Anda dan menikmati santapan piknik sambil mengamati keindahan pantai pasir putih dan karang –karang unik berlubang di Pantai Karangbolong. Nuansa yang sejuk dan menyenangkan akan membawa suasana piknik Anda terasa sangat seru dan juga mengasyikkan.

3. Keseruan Berenang dan Bermain Air Bersama

Selain menikmati pemandangan laut dan samudera bebas dan bermain pasir, Anda juga bisa bermain air dan juga berenang di Pantai Karangbolong. Meskipun Pantai Karangbolong memiliki pantai yang menghadap langsung ke pantai selatan yang terkenal dengan ombak pantainya yang besar dan ganas, namun Pantai Karangbolong tetap cukup aman untuk digunakan berenang dan bermain air.

Hal ini disebabkan oleh Pantai Karangbolong memiliki banyak batu karang, batu batuan karang ini membantu untuk memecah ombak besar yang bergerak menuju pinggir pantai. Sehingga ombak yang meluncur ke pinggir pantai sudah menjadi beberapa bagian gelombang kecil yang aman. Waktu yang paling aman untuk berenang dan bermain air di Pantai Karangbolong adalah saat air laut surut.

Waktu air laut surut, ombak yang menerjang pantai tidaklah terlalu besar, dan Anda bisa menelusuri karang –karang unik yang terendam air laut saat laut mengalami pasang. Namun tetap perlu Anda perhatikan saat berenang dan bermain air di Pantai Karangbolong, meskipun saat surut adalah waktu paling aman, namun akan lebih baik bila Anda tidak berenang ataupun bermain air terlalu ke tengah laut.

4. Menguji Adrenalin dengan Mendaki Bukit Karang

Bagi Andayang suka menantang adrenalin, Anda juga bisa melakukan tracking mendaki puncak karang. Untuk dapat mencapai puncak karang, Anda harus melewati beberapa anak tangga yang cukup sempit dan juga berkelok –kelok. Tentunya memang cukup menguras tenaga Anda untuk dapat mencapai puncak karang yang lokasinya cukup tinggi dan terjal.

Namun, apa yang Anda usahakan akan terbayar pasti, karena puncak karang memiliki pemandangan yang cukup eksotis. Penampakan laut selatan yang begitu luas dan biru, diselingi dengan pinggiran pantai dengan pasir putih, karang yang menjulang memecah ombak dan warna hijau dari perbukitan yang masih asri menambah pesona puncak karang di Pantai Karangbolong.

Selain itu pemandangan laut pantai selatan dengan latar belakang anak gunung krakatau akan membuat Anda terkagum kagum terhadap karunia yang diberikan oleh sang pencipta kepada negara kita, Indonesia.

5. Menyusuri Pantai Karangbolong dengan Perahu atau Banana Boat

Tak hanya spot wisata alam saja yang dapat dinikmati oleh para pengunjung di kawasan wisata Pantai Karangbolong. Namun Anda juga dapat menikmati wahana berupa perahu atau banana boat untuk menyusuri Pantai Karangbolong melalui tengah laut. Pesona Pantai Karangbolong pun dapat Anda nikmati dari tengah laut.

Sensasi menegangkan berperahu dan menantang ombak pantai selatan akan memacu adrenalin Anda menjadi lebih cepat. Biaya yang perlu Anda keluarkan untuk menikmati wahana ini pun tak terlalu mahal. Namun Anda harus tetap pintar –pintar dalam bernegosiasi untuk menyewa perahu tersebut. karena kebanyakan harga penyewaan didasarkan pada kesepakatan penyewa dan pemilik perahu.

6. Keseruan Mengunjungi Karangbolong atau Batu Karang Berlubang

Nah, bila Anda mengunjungi Pantai Karangbolong, maka tak akan lengkap tanpa Anda mengunjungi si karangbolong. Karangbolong merupakan kata –kata dalam bahasa jawa, apabila diartikan kedalam bahasa Indonesia, Karangbolong berarti batu karang yang berlubang. Seperti namanya, karangbolong merupakan ikon lokasi Pantai Karangbolong.

Karangbolong tersebut terletak di sebelah timur bagian Pantai Karangbolong, karangbolong ini berupa sebuah gua batu karang yang berada di tepi pantai dengan panjang 30 meter, lebar 30 meter dan tinggi 5 meter. Sebagai salah satu titik yang ikonik terhadap wisata Pantai Karangbolong, lokasi karangbolong ini menjadi salah satu spot foto favorit bagi para pengunjung.

7. Upacara Ritual “Unduh Sarang Walet”

Tak hanya wisata alam dan buatannya saja yang unik di Pantai Karangbolong ini, namun tradisi yang secara dilakukan di wilayah ini pun menjadi suguhan yang tak boleh terlewatkan oleh para pengunjung. Karena banyaknya gua yang terbentuk di wilayah Pantai Karangbolong. Lokasi ini menjadi tempat yang cocok bagi habitat yang bagus untuk ribuan burung walet.

Sarang –sarang burung walet yang terbentuk karena habitat burung walet ini menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan dari masyarakat sekitar. Nah setiap kali musim panen sarang burung walet, masyarakat setempat selalu mengadakan upacara ritual “Unduh Sarang walet” sehari sebelum dilakukannya panen sarang burung walet.

Upacara ini juga tidak terlepas dari mitos –mitos yang dikenal di Pantai Karangbolong ini. Selain itu ritual ini juga bertujuan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat terhadap segala kekayaan dan karunia yang diberikan oleh sang pencipta sehingga dapat menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat setempat. Oleh karena itu, Pantai Karangbolong sangat cocok bagi Anda yang ingin mengetahui tradisi setempat.

Dari ulasan Pantai Karangbolong diatas, bukankah pantai ini sangat menakjubkan? Berbagai fasilitas yang ditawarkan dan biaya menikmati fasilitas tersebut yang tidak terlalu mahal akan membuat Anda merasakan sensasi tak terlupakan dengan biaya yang hemat. Oleh karena itu, jangan lupa ajak keluarga dan sahabat –sahabat Anda untuk bersama berwisata menikmati pantai yang menakjubkan tersebut.

6 Ulasan dari Pengunjung Pantai karangbolong

  1. tempatnya terkenal , tapi sayangnya biasa saja di dalamnya. tidak ada sesuatu yang berkesan .. . karang bolongnya juga tidak terlalu epik dan cenderung biasa biasa saja. . . tetapi cukup menyenangkan bisa menikmati suasana pantai dengan suara gemuru ombak yang tidak bosan bosannya untuk di nikmati.

    19 Juli 2018, 09:22 WIB

  2. Tempat yg tepat untuk tujuan destinasi wisata d kebumen… tapi untuk perlu d ketahui untuk d mengerti adalah untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban d pantai ini… karena ombak selatan yg terlalu berbahaya dan beresiko bagi para pengunjungnya…

    22 Juli 2018, 06:29 WIB

  3. Untuk menuju tempat ini kalo dari arah banjarnegara melewati mandiraja.. Anda harus memastikan kendaraan anda benar-benar sehat. Karena akan melewati medan/jalan yang sangat berat untuk kendaraan sehari-hari. Selain tanjakan yang sangat terjal.. Kita akan menemukan jalan dengan tikungan yang harus di lewati dengan sangat hati”.. & akan terasa mudah saat kita sudah memasuki daerah gombong kota. Sayang jalan yg menuju pantai karang bolong lewat jln karang bolong.. Jalannya banyak berlubang & berdebu. kurang di perhatikan oleh pemerintah setempat. Untuk pantainya sendiri.. Termasuk kategori standar. Tidak terlalu jelek ataupun bagus. Tapi kalau untuk sekedar buat mainan air sama keluarga.. Lumayan 😁

    30 Juli 2018, 07:58 WIB

  4. Daerah Wisata yang berada di kecamatan Gombong bagian selatan kurang lebih jaraknya sekitar 8 Km dari Gombong Guanya cukup besar kira radius 50 meter yang konon cerita tembus ke pantai yang satu dan yang lainya.. Gua inilah termasuk inkam pendapatan daerah Kabupaten Kebumen yang amat besar disamping untuk daerah wisata juga merupakan sarang wallet yang kwalitas nomor 1 yang harganya sangat mahal..

    26 Agustus 2018, 21:48 WIB

  5. The beach blends with green hills so the scenery is very beautiful. There are still rare visitors so the scenery is still beautiful. There are spots for taking photos. The entry ticket is very cheap. the bathroom is plenty and clean.

    18 September 2018, 21:46 WIB

  6. Pantai nya sepi..tapi ya enaklah buat main2 air aja..tapi hati2.banyak pecahan kaca..kotor.

    28 September 2018, 10:37 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai karangbolong

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *