Pantai Bopong

Alamat: Area Pantai, Surorejan, Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54383, Indonesia

(3.9/5) Baca ulasan

Apa yang Anda pikirkan bila mendengar kata “Laguna”? Ya, Laguna merupakan suatu kolam atau sumber mata air yang terletak di dekat pantai dan tepi dari laguna tersebut masih merupakan tumpukan pasir yang membentuk perbukitan. Kabupaten Kebumen memiliki beberapa pantai mempesona dengan eksotika laguna yang cukup membuat mata tak ingin berpaling.

Pantai Bopong merupakan salah satu pantai di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai ini cukup berbeda dengan pantai –pantai lain yang dimiliki oleh Kabupaten Kebumen yang kebanyakan merupakan pantai karang dengan pasir berwarna hitam hingga keabu abuan. Pantai Bopong memiliki pesona pantai pasir putih dengan hamparan yang luas, serta ditambah dengan laguna cantik.

Harga Tiket Masuk di Pantai Bopong

Hampir sama dengan pantai –pantai lain yang terdapat di Kabupaten Kebumen, dimana pantai –pantai ini memiliki harga tiket masuk yang cukup terjangkau. Bahkan untuk masuk ke Pantai Bopong, Anda hanya perlu membayar tiket parkir sejumlah Rp 2.000,00 saja untuk kendaraan beroda dua dan Rp 5.000,00 untuk kendaraan beroda empat. Bagaimana? Cukup murah bukan?

Rute Menuju Lokasi Pantai Bopong

Pantai Bopong terletak di desa Surorejan, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen. Bila Anda berada di Kota Kebumen, maka Anda harus menempuh jarak 24 Kilometer ke arah barat daya, serta berjarak 20 Kilometer dari kota Gombong. Ada beberapa rute favorit yang sering digunakan oleh para pengunjung untuk mencapai pantai Bopong.

Bila Anda berangkat dari Kota Kebumen, maka Anda bisa memasuki jalan Ronggowarsito menuju jalan Raya Petahanan. Selanjutnya ikuti jalur jalan tersebut menuju kecamatan Klirong. Lanjut terus perjalanan Anda sampai di kecamatan Petahanan. Selanjutnya Anda akan menemui jalan Deandles di pertigaan desa Klegensari. Ambil jalur kanan dari jalan tersebut, lurus hingga pertigaan Munggu.

Dari pertigaan Munggu Anda lurus saja hingga Anda memasuki kecamatan Puring dan desa Surorejan. Nah cukup mudah bukan? Pantai Bopong terletak bersebelahan dengan pantai Lembupurwo yang berada di balik perbukitan karst. Pemandangan yang di tampilkan pun cukup unik, dengan berbatasan antara wilayah bukit karst yang tinggi dengan pantai Bopong yang landai.

Obyek Wisata di Pantai Bopong

1. Lokasi Perkembangbiakan Penyu

Sebagai salah satu pantai yang menghadap ke arah lautan bebas dengan luas hamparan pasir yang cukup lebar, Pantai Bopong memiliki daya tarik, yakni menjadi salah satu dari tiga pantai yang dijadikan sebagai lokasi dari penyu untuk bertelur dan berkembangbiak secara alami. Tak heran banyak kegiatan berupa pelepasan anakan penyu pada satu musim tertentu.

2. Menikmati Pesona Ombak Ganas Pantai Selatan

Pantai Bopong tergolong sebagai pantai yang cukup baru untuk di dijelajahi, meskipun pantai ini memiliki akses yang cukup mudah dan dekat dari pusat kota. Pantai Bopong yang tidak memiliki bebatuan karang, membuat ombak yang menerjang bibir pantai cenderung cukup ganas, sesuai dengan ciri khas ombak laut selatan.

3. Menikmati Laguna Pantai Bopong nan Eksotik

400 meter dari bibir pantai Bopong terdapat sebuah Laguna yang cukup unik dan memiliki pemandangan yang sangat indah. Laguna ini di hias dan di perbaiki semenarik mungkin oleh warga dan organisasi masyarakat setempat, sehingga dapat menjadi salah satu sumber penghasilan daerah. Banyak titik foto yang instagramable untuk Anda simpan dan upload di laman media sosial.

Lokasi titik –titik berfoto paling banyak terdapat di wilayah Laguna Pantai Bopong. Untuk berfoto di lokasi foto ini Anda tidak akan dipungut biaya sama sekali, jadi semuanya gratis. Cukup menyenangkan bukan? Jangan lupa sebelum berwisata ke pantai Bopong, siapkan kamera dan smartphone Anda untuk mengabadikan setiap momen Anda di pantai bopong.

4. Berwisata Pantai Sekaligus Wisata Kuliner

Di dekat lokasi wisata pantai Bopong dapat dengan mudah Anda akan menemukan beberapa warung yang menjual makanan khas Kabupaten Kebumen, yakni Tempe Mendoan, Nasi Penggel dan Pecel. Sensasi menikmati pemandangan pantai dengan ditemani oleh makanan khas kebumen satu ini bisa menjadikan wisata liburan Anda menjadi wisata kuliner yang tak terlupakan.

5. Asyiknya Bermain Air di Laguna

Nah, bila ombak pantai Bopong sangat berbahaya untuk dijadikan tempat bermain, maka Anda bisa menikmati permainan air di Laguna Pantai Bopong. Laguna yang tidak terlalu dalam dan jauh dari ombak samudra, akan membuat Anda dan keluarga tetap berada pada zona aman saat bermain air. Permainan air ini juga bisa dilakukan dengan membangun istana pasir.

6. Menikmati Mie Ayam Kekinian “Mie Ayam Oye”

Bila Anda telah lelah bermain air dan pasir di sekitar laguna, Anda bisa mampir ke kantin yang telah disediakan oleh masyarakat sekitar. Ada yang cukup dikenal adalah Mie Ayam Oye. Mie Ayam memang sudah dianggap sebagai salah satu makanan merakyat yang dimiliki oleh warga Kabupaten Kebumen.harganya yang murah dan mengenyangkan membuatnya menjadi salah satu pilihan.

7. Tenangnya Menikmati Suasana Matahari Terbenam di Pantai Bopong

Lokasi pantai Bopong yang terletak di bagian barat daya kota Kebumen, membuat pantai ini memiliki pemandangan yang eksotik saat matahari tenggelam. Sensasi perubahan warna lautan bebas yang berubah menghitam, dibarengi dengan perpaduan warna langit dan matahari yang memerah akan membuat Anda terkagum –kagum atas karunia Tuhan semesta alam.

Apakah Anda sudah merencanakan agenda liburan Anda ke Pantai Bopong? Ayo, segera jadwalkan liburan Anda dan nikmati sensasi berfoto ria di pagi hari, wisata kuliner di siang hari dan menikmati suasana sunset di sore hari. Dengan biaya wisata yang murah Anda sudah bisa berwisata seharian penuh bersama keluarga Anda.

13 Ulasan dari Pengunjung Pantai Bopong

  1. Pantai Bopong terletak tidak jauh dari Pantai Petanahan.. Masih relative baru dalam pengelolaan.. Hanya di kelola oleh masyarakat setempat.. Terutama oleh Karang Tarunanya.. Jajanan relative murah misal pecel hanya Rp.6000 per porsi.. Cukup rindang dg pohon Pinus,parkir tersebar sebelum pintu masuk sampai yg dekat sekali dg bibir pantai.. Ada kolam renang sederhana dan mushola cukup besar.

    20 Juni 2018, 00:59 WIB

  2. Pantai Bopong menjelma menjadi salah satu destinasi wisata yang mulai membaik dan ramai, terutama saat weekend. Keindahan pantainya tidak diragukan, arus gelombang yang tidak tinggi membuat banyak pengunjung yang menyukainya. Kunjungilah

    5 Juli 2018, 06:00 WIB

  3. Menemukan pantai yang sejuk di Kebumen, namanya pantai Bopong. 10 menit aja dari Puring Kebumen. Sayang jalan kurang diperhatikan oleh pemkab setempat, jadi terkesan kurang maksimal dalam mengelola tempat ini. Padahal pantainya lumayan bagus. Anak anak bisa berkuda di pinggir pantai atau sekedar main pasir. Ada kolam renang yg dikelola penduduk , masuk seharga 10rb sudah termasuk mandi. Karena gak boleh mandi di pantai. Berenang di arena renang ini cukup mengobati rasa ingin main air. Dengan dipayungi pohon cemara … . . Harus ke pantai Bopong kalo singgah ke kota Kebumen 😍

    19 Juli 2018, 02:28 WIB

  4. Pantai yg cukup bagus dg ombak besar dan rimbunan pohon. Ada musholla, toilet, dan warung yang menjajakan aneka menu yg cukup merakyat.. Ada space yang cukup luas, misalnya untuk membuat acara gathering keluarga besar atau acara kantor.. Harga makanan tidak terlalu mahal.. Hanya saja akses jalan menuju ke pantai bopong masih agak jelek/rusak.

    28 Juli 2018, 00:32 WIB

  5. Lumayan tenang..lumayan bersih mungkin karna blm banyak yg kesini..tpi pas sy dteng ksini lg ada orkes dangdut jdi untuk biaya masuk lebih mahal skitar 30k/orang padahal g nonton juga cuma menikmati pantainya saja..

    19 Agustus 2018, 00:36 WIB

  6. Datang kesini pas ombak laut masih tinggi, juga masih suasana agustusan jadi sepi banget. Tapi view nya ga mengecewakan. Sayangnya kalau cari sunset disini ga dapet view nya. Kalau mau dapet sunset nya paling ke jalan raya nya. Disitu viewnya keren abis

    19 Agustus 2018, 04:32 WIB

  7. Udah nyaman sekarang sdh ditanami pohon cemara laut disisi pantai kesebelah timur ada pantai LAGUNA

    21 September 2018, 03:46 WIB

  8. Tempat main aku ktika SD. Dan sekarang abdi ingin slibon lagi. Hehe. Sate mrutuk

    22 September 2018, 19:29 WIB

  9. Jalan masuk bergelombang, banyak lubang dan kerikil. Pantainya sendiri kurang lebih mirip dengan pantai selatan lain. Ada sewa/naik kuda poni untuk anak2. Banyak kios kelapa muda atau makanan ringan (misal sosis bakar).

    24 Desember 2018, 14:50 WIB

  10. Tempatnya menarik, idah di pandang. Jika sunset akan terlihat pemandangan yang indah. Kekurangan masih banyak sampah berserakan.

    29 Desember 2018, 19:54 WIB

  11. Pantai surorejan atau pantai bopong merupakan destinasi wisata dikebumen, dengan hamparan pantai yang panjang dan cukup terik kalau siang hari, banyak tambak masyarakat dan pedagang khas pantai. Paling favorit pecel sama rempeyek titik😁😁😁. Ada juga pemandangan Laguna Pantai Bopong. Berhubung TS berkunjung di weekdays maka tidak dikenai retribusi masuk maupun parkir. Akses jalan cukup baik, penunjuk jalan cukup terlihat. Kebersihan ya lumayan Karena bukan hari wisata. Tak lupa kamar mandi, tempat bilas dan kolam air tawar juga tersedia.

    4 Januari 2019, 05:48 WIB

  12. Pantainya lumayan bagus cukup bersih kecuali dibeberapa sudut pantai, aksesnya gak terlalu jauh dari jalan lingkar selatan dan lumayan ramai kalo pas sore hari dan weekend tp gak seramai suwuk dan menganti areanya lumayan luas cocok buat jogging, but awesome beach, waves, and society

    27 Januari 2019, 00:52 WIB

  13. Tempantnya asik ..apalagi buat pacaran. ..rasanya laguna milik sendiri.

    1 Februari 2019, 02:40 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Bopong

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *