Pantai Bandealit

Pantai Bandealit, Jember, Jawa Timur

Area Hutan, Andongrejo, Tempurejo, Jember, Jawa Timur

8 Ulasan

Mengunjungi Pantai sebagai salah satu Destinasi Wisata Alam bersama teman maupun keluarga merupakan kegiatan yang sangat mengasyikkan. Kondisi Pantai yang luas serta udara sejuk memang sangat sesuai jika ingin berlibur bersama rombongan. Apalagi jika Pantai tersebut bersih, indah dan memiliki daya tarik tersendiri mulai dari pasir yang unik, bentuk, biota laut, serta layanan yang tersedia.

Pantai Bandealit masuk ke dalam salah satu rekomendasi destinasi wisata alam berupa Pantai yang sangat cocok dijadikan sebagai tempat menghabiskan waktu bersama keluarga dan sahabat. Pantai yang berada di kabupaten Jemeber ini tepatnya terletak di Area Hutan, desa Andongrejo, kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pantai ini diminati oleh wisatawan Lokal maupun Luar Negeri.

Kawasan Pantai Bandealit masih termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri yang menjadi salah satu Taman Nasional Hutan Tropis di Dataran rendah Kabupaten Jember. Di samping menikmati keindahan  Pantai Bandealit, pengunjung juga bisa menikmati berbagai keindahanan Alam Hayati berupa Hutan Asri nan Hijau yang mengelilingi Pantai. Hutan tersebut pula yang menjadikan Pantai terasa sejuk.

Harga Tiket Masuk

Pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp. 5.000-, per orang. Harga  tiket masuk tersebut sangat cocok bagi yang ingin membawa rombongan keluarga. Selain itu, Pantai Bandealit beroperasi selama 24 jam dengan beberapa petugas penjaga yang merupakan pengelola Pantai ini. Jadi Pantai Bandealit cukup aman untuk dikunjungi karena adanya sistem penjagaan tersebut.

Rute Menuju Lokasi

Jika dari arah kota Jember, pengunjung akan melanjutkan perjalanan sepanjang 35 kilometer ke arah selatan menuju kecamatan Tempurejo kemudian melanjutkan kearah desa Andongrejo, hingga sampai pada taman nasional Meru Betiri. Pantai Bandealit persis berada di ujung taman nasional Meru Betiri sehingga untuk mencapai Pantai haruslah terlebih dahulu melewati taman nasional.

Begitu juga dengan wisatawan yang datang dari Surabaya. Setelah tiba di Jember, pengunjung hanya perlu mengikuti rute yang sudah dijelaskan sebelumnya. Akses menuju Pantai disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan pada agen travel yang tersedia di kota Jember bagi yang tidak membawa kendaraan pribadi atau di repotkan.  Tidak ada angkutan umum menuju Pantai Bandealit.

Hal Menarik

1. Kondisi Alam yang Sangat Alami

Karena Pantai Bandealit berada di kawasan hutan nasional yang dilindungi, Pantai ini juga tidak luput dari program perlindungan pemerintahan atas lingkungan dan alam. Pantai Bandealit terkenal sebagai Pantai yang asri tanpa campur tangan manusia yang mengubah atau merombak kondisi Pantai. Meski kawasan Pantai merupakan kawasan yang dilindungi, namun pengelola sangat memperhatikan kebersihan Pantai.

Adanya kawasan taman nasional Meru Betiri menjadikan kawasan Pantai Bandealit semakin asri dan alami. Sehingga para pengunjung dapat menikmati pesona hamparan Pantai sekaligus menikmati segarnya hembusan angin serta hijaunya hutan taman nasional Meru Betiri yang menyajikan berbagai keindahan seperti beragam jenis pohon serta makhluk hidup yang tinggal di dalamnya.

2. Air yang Bersih Serta Pasir yang Nyaman

Pengelola Pantai Bnadealit sangat menjaga kebersihan Pantai untuk menunjang kenyamanan para pengunjung. Selain airnya yang bersih, Pantai yang merupakan salah satu gugusan Pantai Selatan ini juga memiliki karakteristik Pantai yang berbeda yakni Pantai yang landai dan tidak terdapat banyak Batu Karang. Selain itu, pasirnya yang lembut sehingga sangat aman bagi pengunjung yang membawa anak.

3. Olahraga Air

Karena kondisi dan arakteristik Pantai yang aman tersebut, pengunjung bisa sepuasnya bermain air dan melakukan aktivitas di dalam air seperti diving, swimming, jet sky, speed boat, bermain kano dan lainnya. Ombak Pantai  ini juga cukup teratur serta letak bibir Pantai yang cenderung cekung sehingga sangat cocok dan aman untuk diving  dan berenang menikmati panorama bahawa laut Pantai Bandealit.

4. Tempat Pelepasan Penyu

Bagi yang beruntung, pengunjung bisa melihat secara langsung proses pelepasan penyu yang emnajdi kegiatan rutin di Pantai Bandealit. Pantai ini dijadikan lokasi pelepasan penyu yang di kembangbiakan terlebih dahulu di penangkkaran karena kondisi Pantai yang alami dan cukup aman bagi penyu yang  baru mulai beradatasi dengan alam bebas. Pengunjung juga bisa berpartisipasi dalam pelepasan penyu.

5. Kawasan hutan mangrove

Pengunjung bisa menjelajah hutan mangrove yang sengaja dilestarikan untuk menjaga Pantai agar tidak abrasi oleh air laut. Pengunjung bisa menjelajah hutan mengrove menggunakan kano. Tidak hanya pemandangan yang didapat para pengunjung, namun juga edukasi mengenai pentingnya menanam mangrove di sekitar Pantai untuk menjaga kelestarian ekosistem dan habitat makhluk hidup.

6. Kawasan Agrosiwata dan Perkebunan

Bandealit merupakan perusahaan yang menyediakan agrowisata dan perkebunan bagi pengunjung yang ingin secara langsung menyaksikan bagaimana tumbuhan di sekitar Pantai Bandealit ditanam dan dikembangbiakakan. Agrowisata ini juga menyediakan berbagai macam tamanan buah-buahan seperti rambutan, jeruk, sirsak, bahkan durian yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

8 Ulasan untuk Pantai Bandealit, Jember, Jawa Timur

  1. Pantainya indah, dikelilingi pepohonan dan gunung taman nasional meru betiri, semoga tetap alami dan tak terjamah tangan-tangan tak bertanggung jawab

  2. Pantai indah, pantai alami, pantai yang masih perawan. Deburan ombak yang melibas pasir pantai masih bisa dinikmati dalam kesunyian. Beberapa ekor kera dan babi hutan masih mudah dijumpai di seberang danau pinggir pantai. . . Bagi yang berniat ke lokasi, kuatkan mental dulu, karena infrastruktur yg rusak. Jalan menuju lokasi masih rusak parah, yang membuat lokasi ini jadi terisolasi. Disarankan untuk brtangkat pagi, agar pulangnya tidak sampai kesorean di jalan

  3. Tempt ini buat para backpakeer yg suka tantangan coz akses jln yg luar biasa sulit gaees cocok buat mncing dan champ jgak low .. tapi tetep hati2 yah coz ombk nya ganas banget..

  4. Bagus masih asri

  5. Pantainya indah dan bisa dibilang ini adalah pantai yang masih perawan. Akses yang sulit membuat pantai ini begitu alami karena masih jarang dijamah pengunjung yang tak bertanggung jawab.

  6. Jalan nya harap diperbaiki. Dari tempat post smpai tujuan jalannya batu semua. Pdhl tempat wisata. Harap di perbaiki

  7. Tempat ngecamp yg memerlukan tenaga ekstra unt menuju kesana….cma kurang terawat aja fasilitasnya

  8. Pantainya masih relatif bersih ya..sebenarnya kalau untuk wisata tempat ini kurang cocok..lebih masuk kalau untuk berpetualang tipis2,aksesnya berat..bagi pemula sebaiknya mengajak pemandu atau minimal yg pernah ke lokasi.nnNamanya tempat berpetualang ya..disana sebwnarnya ada kamar mandi dan wc..tapi sayang sekali di kunci..untuk teman2 yg mau ke pantai ini jangan nyampah ya..😀

Tinggalkan Balasan