Pantai Payangan

Alamat: Sido Mulyo, Sumberrejo, Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68172, Indonesia

(4.2/5) Baca ulasan

Pantai payangan yang berada di kabupaten Jember jawa timur ini sudah cukup populer karena keunikkan Pantainya. Pengunjung yang datang beragam dari berbagai Daerah di Indonesia bahkan banyak juga pengunjung mancanegara yang datang untuk menikmati keindahan Pantai yang sangat romantis dengan bentuk menyerupai Simbol Kasih Sayang.

Pantai Payangan memang terkenal dengan sebutan Teluk Cinta, pasalnya Pantai ini terdiri dari Teluk yang membentuk sudut menyerupai sudut Simbol Cinta serta adanya gundukan Bukit Kecil kembar di bagian seberang sudut sehingga dari atas Bukit Pantai ini sangat mirip dengan lambang cinta. Pantai Payangan sangat cocok dikunjungi oleh pasangan yang ingin memadu kasih serta berbulan madu.

Pantai ini juga sering kali di jadikan sebagai objek pemotretan prawedding maupun pemoretan lainnya. Kesan romantis akan sangat melekat pada pasangan yang menjadikan Pantai Payangan sebagai lokasi pemotretan prawedding. Selain itu, gundukan bukit kembar yang berada di ujung Pantai di ibaratkan sepasang kekasih dan diharapkan akan terus berdampingan atas dasar cinta seperti dua bukit tersebut.

Harga Tiket Masuk Pantai Payangan

Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000-, per orang saja pengunjung sudah bisa menikmati beragam fasilitas berupa gazebo, tempat ibadah, tempat makan, parkiran yang aman serta bisa mengambil foto sepuasnya dari berbagai sudut. Menikmati keindahan  keindahan Pantai Payangan yang romantis dengan budget yang rendah sangat cocok bagi pengunjung yang membawa rombongan.

Rute Menuju Pantai Payangan

Lokasi Pantai Payangan  tepatnya berada di Sido Mulyo, desa Sumberrejo, Ambulu, kabupaten jember, jawa timur ini cukup mudah ditemui karena berdekatan dengan beberapa gugusan Pantai selatan yang cukup populer seperti Pantai Watu Ulo. Dari pusat kota Jember pengunjung akan menempuh jarak sekitar 32 kilometer untuk bisa sampai ke Pantai Payangan.

Pengunjung yang datang dari arah kota Jember cukup mengarahkan kendaraan menuju arah kecamatan Ambulu. Sampai di perempatan Ambulu, selanjutnya mengikuti jalur arah selatan. Arah ini akan menuntun pengunjung menuju Pantai Watu Ulo. Setiba di kawsan Pantai Watu Ulo, pengunjung cukup melanjutkan perjalanan sedikit saja. Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa.

Objek Wisata Pantai Payangan

1. Teluk Cinta

Objek wisata teluk cinta menjadi daya tarik utama Pantai Payangan. Tidak bisa di pungkiri lagi memang bentuknya yang menyerupai simbol kasih sayang tersebut membuat para pengunjung terus merindukan untuk bisa mengunjungi Pantai tersebut. Simbol cinta akan tampak bila pengunjung menyaksikan dari atas bukit. Pantai ini dijadikan lokasi favorit pasangan untuk berbulan madu dan pemotretan pre-wedding.

2. Pantai dengan Karateristik yang berbeda

Kawasan Pantai Payaangan sebenarnya terbagi menjadi 3 bagian Pantai dengan ke unikkan tersendiri. Bibir Pantai yang melengkung pada bagian utara memiliki Pasir Pantai berwarna Hitam, sedangkan pada bagian tengahnya terdiri dari bebatuan dengan bentuk yang cantik dan unik. Sementara lengkungan bagian selatan terdiri dari padang rumput yang seringkali dijadikan lokasi Camping.

3. Dikelilingi Perbukitan

Selain bisa mengunjungi Pantainya, pengunjung juga bisa menjelajah perbukitan yang mengelilingi Pantai Payangan. Bukit-bukit tersebut seolah sebagai pelindung Pantai. Dari ketinggian atas Bukit, pengunjung bisa menikmati secara keseluruhan kawasan Pantai Payanagn mulai dari teluk cinta, bebatuan, hingga gradasi warna pasir di sepanjang bibir Pantai yang menjadi ke unikkan Pantai Payanga tersebut.

4. Menikmati Sunset dan Sunrise

Pantai payangan menjadi salah satu Pantai yang menyediakan pemandangan mataari terbenam di sore hari. Kesan romantis yang didapatkan dari karakteristik Pantai berupa simbol kasih sayang tersebut semakin lengkap dengan adanya nuansa romantis menyaksikan matahari tenggelam dari atas bukit secara perlahan bersama dengan berubahnya langit menjadi menghitam.

Pada pagi harinya juga Pantai payangan tidak ingin ketinggalan menyajikan keindahan matahari terbit dari ufuk timur. Bagi pengunjung yang ingin menikmati Sunset maupun Sunrise, disarankan untuk Camping pada padang rumput di Pantai bagian selatan yang sudah disediakan. Ada banyak pengunjung yang memilih untuk Camping semata-mata ingin menyaksikan Sunset dan Sunrise tersebut.

5. Menikmati Gemerlap Bintang di Malam Hari

Pantai payangan tidak hanya memanjakan para pengunjung pada siang hari namun juga pada malam harinya. Pengunjung yang memilih untuk camping bisa menikmati hamparan bintang yang gemerlap. Ditambah lagi dengan udara malam pantai yang sejuk. Malam hari di Pantai Payangan cukup aman karena adanya penjaga, banyaknya pengunjung, dan aktivitas nelayan yang mencari  ikan di malam hari.

6. Lokasi Swafoto Sepuasnya

Bagi pengunjung yang menyukai fotografi, jangan lupa untuk menyediakan kamera yang memadai untuk mengambil berbagai gambar setiap sudut Pantai Payangan yang sangat mempesona. jangan sampai ketinggalan untuk mengabadikan Pantai yang sangat romantis dan unik yang ada di kabupaten Jember ini. Pengunjung juga bisa sepuasnya melakukan swafoto atau berselfie di kawasan Pantai Payangan.

6 Ulasan dari Pengunjung Pantai Payangan

  1. Pantai Payangan merupakan salah satu dari jajaran pantai yg ada di Ambulu Jember, bersebelahan dengan pantai Watu Ulo dan Teluk Love dan berdekatan dengan pantai Tanjung Papuma.. Pantai Payangan sedikit berbeda dari 3 pantai terdekat, disana terdapat bebatuan yang memukau dan bisa jd spot foto yg insagramable lo. Dan jangan kalian juga bisa camping disana untuk bisa menikmati suasana dan view sunrise dan sunset dengan maksimal. Jangan kawatir kelaparan dan kehausan di sepanjang pinggir pantai banyak warung berjajar menjual makanan dan minuman khas pesisir. Dan tidak perlu tiket masuk, untuk berwisata disana kalian tinggal bayar parkir kendaraan saja lho. Info ini per tanggal 07 Mei 2018

    20 Mei 2018, 21:30 WIB

  2. Pantai Payangan adalah pantai yg ada disebelah selaran kota Jember, dengan jarak mencapai 30 km, untuk mencapai kesana perlu kendaraan pribadi,untuk pribadi yg jenuh , butuh ketengan dan perlu inspirasi bisa menjadi destinasi apalagi dimalam hari..keren kita bisa melihat langit dan bintang bertaburan dan deru ombak serta angin dingi

    18 Juni 2018, 16:28 WIB

  3. Akses cukup sulit namun kita disuguhi pemandangan pertanian dan perkebunan yang menurut saya sangat indah… Ramai sekali pengunjung jika di hari libur,, ombak yang tinggi dan dingin membuat kita tertantang untuk berenang… Viewnya sangat indah,, apalagi jika kita mau mendaki puncak nya… Klo masalah lahan parkir, jangan khawatir… Di sini banyak sekali lahan parkir dan harganya pun bervariasi, sesuai dengan spot dan akses mudah menuju pantai…

    23 Juni 2018, 21:22 WIB

  4. Aksesnya mudah, parkirannya juga rapi dan sekarang fasilitasnya juga berkembang. Tapi sayang kenapa tiap tahun selalu ada korban yang meninggal di pantai payangan, tolong dong fasilitas keamanannya lebih di tingkatkan lagi, penjaga pantai pengawasannya lebih ketat dan selalu standbay dengan peralatannya.

    24 Juni 2018, 20:24 WIB

  5. pantai ini terlalu banyak bangunan2 yang gak jelas. terlalu berlebihan menurut saya lebih asri payangan jaman dlu. tetapi untuk pemandangan pantainya tetep bagus. cuma lebih asri dan lebih bagus dlu.

    25 Juni 2018, 05:06 WIB

  6. Amazing, saya merasa dapet suprise ketika mendaki ke tebing dan mendapat view yang tidak jelek, yang cukup untuk membayar rasa lelah. Jangan lewatkan view teluk love yang romantis dengan gulungan ombak yang aduhai

    28 Juni 2018, 16:07 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Payangan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *