Pantai Papuma

Pantai Papuma, Jember, Jawa Timur

Desa Lojejer, Kec. Wuluhan, Jember, Jawa Timur

22 Ulasan

Pantai menjadi salah satu destinasi wisata alam yang tidak pernah membosankan. Hamparan Lautan biru sejauh mata memandang membuat siapa saja yang mengunjungi Pantai seakan-akan mampu melepas bebas beban terbawa pasang surut air Pantai. Suara deburan ombak memberikan energi tersendiri yang mampu mengembalikan semangat. Itulah mengapa Pantai menjadi Primadona wisata alam yang diminati.

Gugusan kepulauan di Indonesia terdiri dari Pantai-Pantai yang memiliki ke unikkan tersendiri. Salah satu Pantai yang menjadi objek wisata karena tidak hanya menyuguhkan keindahan namun juga ke unikkan tersendiri yaitu Pantai Papuma Jember. Pantai Papuma tepatnya berada di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pantai ini masih serangkai dengan kawasan Pantai selatan.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk yang pantai Papuma bisa dikatakan sangat terjangkau yakni Rp. 7000-, untuk hari biasa dan Rp. 10.000-, untuk hari minggu dan hari libur lainnya. Karena harga tiket yang sangat terjangkau tersebut, maka sangat direkomendasikan bagi yang ingin berwisata membawa rombongan atau keluarga besar. Sedangkan tarif parkir hanya Rp. 1000-, untuk roda dua, Rp. 6000-, untuk roda 4.

Rute Menuju Lokasi

Untuk bisa mencapai lokasi Pantai Papuma sebenarnya cukup mudah karena transportasi dan infrastruktur berupa jalan yang disediakan menuju Pantai Papuma bisa di akses menggunakan kendaraan pribadi dan kendaraan umum. Jika dari stasiun utama Jember, Pantai Papuma hanya berjarak 45 km dengan waktu tempuh kira-kira sekitar 1.5 jam saja jika menggunakan kendaraan pribadi.

Kemudian menuju arah terminal Ambulu kemudian mengambil jalan utama menuju Pantai Papuma. Disarankan sebaiknya menggunakan kendaraan umum seperti bus pariwisata yang disediakan oleh layanan Wisata, Rental Mobil, atau menggunakan kendaraan umum lainnya karena jalur yang dilewati menuju Pantai Papuma ini bisa terbilang rawan berupa tanjakan dan jurang terjal  kemiringan 45 derajat.

Hal Menarik

1. Lokasi Pantai yang Sangat Aman dan Nyaman

Meski harus melewati jalan terjal dan berliku untuk bisa menikmati pesona Pantai Papuma, namun kondisi Pantai bisa dikatakan sangat aman dan nyaman. Letak Pantai yang dikelilingi bebukitan dan berada agak sedikit cekung membuat panti Papuma cukup aman bagi para pengunjung. Terlebih lagi yang membawa keluarga terutama anak-anak.

2. Cafe, Resort and Restaurant

Lokasinya yang berada lumayan jauh dari pusat kota Jember tidak menjadikan Pantai Papuma  tidak memiliki segala fasilitas selayaknya tempat wisata berkelas. Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Papuma bisa menikmati pesona Pantai sembari menikmati santapan di restaurant dan cafe terdekat. Karena wisatawan asing juga cukup banyak maka, disediakan pula Resort, Hotel, atau penginapan lainnya

3. Camping

Pantai Papuma terkenal dengan pasir putihnya yang halus serta suhu udara di Pantai tersebut yang cukup hangat di malam hari dan cukup sejuk di siang hari. hal tersebut menjadikan Pantai Papuma cukup nyaman bila dijadikan sebagai tempat Camping teman atau keluarga. Selain itu, sekeliling Pantai juga cukup aman karena sudah banyaknya berdiri penginapan yang di lengkapi penjaga.

4. Objek berfoto

Pantai papuma terdiri dari pasir putih, air yang jernih, serta susunan bebatuan di tepi Pantai yang seolah-olah sedang menyambut para tamu. Selain itu di tengah-tengah Pantai ada pula Batu Karang dari Bukit yang diri akibat Erosi Air Laut zaman dahulu. Dari bibir Pantai, batu karang yang diri tersebut menyerupai sebuah candi yang bediri di tengah laut. Itulah mengapa Pantai Papuma bisa di katakan instagramable.

5. Aman untuk Berenang

Karena lokasi Pantai yang menjorok ke daratan, Pantai Papuma cukup aman jika para pengunjung ingin berenang. Tidak seperti Pantai laut selatan kebanyakan yang cukup berbahaya dengan ombak yang menerjang. Air Pantai papuma sangat bersih dan tenang. Selain itu, jika dilihat dari atas bukit, Pantai Papuma akan terlihat bagaikan batu zamrud berwarna hijau disebabkan warna alga  laut.

6. Diving

Pantai Papuma sangat cocok dijadikan sebagai lokasi diving. Terumbu karangnya yang beragam, air lautnya yang jernih, Pasir Putih, serta berbagai macam spesies makhluk yang hidup di dalam air turut serta melengkapi kesempurnaan keindahan dalam laut Pantai papuma. Airnya yang tenang juga mmebuat Pantai Papuma menjadi tempat favorite untuk aktivitas diving.

7. Wisata Perahu tradisional

Jika diperhatikan lebih teliti, di Pantai Papuma sebenarnya ada 7 Pulau Karang yang bisa di jangkau baik dengan cara menyusuri daratan yang langsung terhubung atau menggunakan transportasi air. Di sepanjang bibir Pantai Papuma, pengunjung akan menyaksikan berbagai corak perahu tradisional yang siap mengantarkan pengunjung untuk berlayar menuju pulau karang di tengah laut.

Perahu tersebut milik warga lokal dan disewakan kepada para pengunjung dengan kesepakatan tarif. Satu perahu bisa menampung puluhan orang dan disewa untuk perjalanan pulang pergi. Para pemilik perahu merupakan warga lokal yang berprofesi sebagai seorang nelayan ulung sehingga tidak perlu khawatir meski menggunakan perahu tradisional.

22 Ulasan untuk Pantai Papuma, Jember, Jawa Timur

  1. Kata “Papuma” berasal dari akronim Pasir Putih Malikan. Sesuai dengan namanya Pantai Tanjung Papuma adalah sebuah penjorokan daratan ke laut dengan pantai pasir putih. Tidak hanya pasir putih yang terdapat di Papuma, batu-batu hijau, hitam, dan putih beraneka bentuk terhampar di sisi barat Papuma yaitu Pantai Malikan. Inilah perbedaan Papuma dengan pantai- pantai di sekitarnya. Di timur Papuma ada Pantai Watu Ulo dan Pantai Payangan yang berpasir hitam. Perbedaan ini mampu mendatangkan pengunjung lebih banyak ke Papuma dari pada Watu Ulo dan Payangan.. Berwisata ke pantai merupakan hal yang sangat menyenangkan. Lingkungan yang tenang, semilir angin, dan debur ombak selalu mengiringi tiap kegembiraan yang dihadirkannya. Kegembiraan itu akan semakin lengkap jika di sana terdapat aneka ragam flora fauna. Kicau burung, celoteh monyet, warna-warni serangga melengkapi suburnya tetumbuhan khas pantai. Tanjung Papuma adalah salah satu tujuan wisata di Kabupaten Jember yang mampu menyuguhkan keindahan tersebut.

  2. Tiket/org: 15rb. Kendaraan: roda 2(2rb), roda 4, dst.(5rb). Berlokasi di balik gunung/bukit sehingga akses jalan cukup terjal dan curam. Bagi pengendara motor terutama mobil yang belum mahir tidak disarankan mengemudi disini. . . Keadaan pantai sangat indah, relatif bersih, pasir pantai berwarna putih, banyak pohon rindang di sekeliling pantai. Pemandangan ke arah laut disuguhi perahu-perahu nelayan yang cantik & bukit-bukit kecil. . . Ombak pada siang hari tergolong friendly, kalo berani renang silahkan saja. Ada yang diving juga disini tapi saya pribadi tidak menemukan lokasi persewaan alat2 diving.. . Minus 1 bintang karena aspal jalan banyak yang berlubang. Mudah-mudahan segera ada perhatian dari pemerintah setempat.

  3. Jarak tempuh dari kota jember lumayan jauh, namun ketika melihat panorama pantai rasanya enggan pulang. Namun satu hal yang tak boleh diabaikan di tempat ini, pantai ini menghadap laut selatan, yang ombaknya terkenal cukup ganas, jadi ada baiknya tidak usah mandi di laut. Lebih baik jalan santai di sepanjang pantai yang areanya cukup membuat berkeringat.

  4. Pantai papuma merupakan salah satu icon dari kabupaten jember yang berada ujung selatan kabupaten jember. Biaya harga masuk /orang 20k. Fasilitas terdapat sebuah masjid dan beberapa penginapan. Bisa camping di pantai ini dan banyak tempat makan yang bisa anda pilih untuj makan aneka ikan bakar dan lain nya.

  5. Pantai pasir putih terbagus di Jember. Space pantai yang luas dengan batu² di tengah pantai yg bener² bikin pantai ini jadi instagramable buat kalian yg suka berswafoto atau bikin video. Rugi kalau kesini ga main basah-basahan, jadi bawa baju ganti ya. dan lagi kalau kalian ke sini lewat pantai watu ulo dulu jadi bayar tiket pantai watu ulo, waktu itu saya 5000, terus masuk papuma ini yg mahal, sekitar 20-50ribu tergantung kendaraan yg kita bawa dan jumlah orang. Sangat mahal bagi saya yg sering mengunjungi pantai, ini yg paling mahal yg saya tau

  6. Pantainya bagus…dan ikan bakarnya mantaf…tp sayang tdk trsedia tong2 sampah jd bnyak sampah2 sisa makanan yg beserakan, penginapan ada tp kurang bersih krna kolong2 tempat tdk dibersihkan …bnyak sampah,sungguh… sngat disayangkan🤔

  7. Pantai yang bagus dan indah, ombaknya cukup besar jadi diharapkan selalu berhati-hati saat berada di pantai ini. Akses menuju pantai masih cukup sulit karena harus melewati tebing-tebing yang menanjak. Kekurangannya adalah di daerah sekitar pantai masih ada sampah-sampah yang berserakan karena banyak pengunjung yang membuang sampahnya sembarangan.

  8. Pantai Papuma Jember merupakan salah satu wisata pantai yang dimiliki Jawa Timur. Nama Papuma sendiri sebenarnya adalah sebuah singkatan dari “Pasir Putih Malikan”. Dan singkatan tersebut lah yang hingga kini lebih familiar di telinga wisatawan.. . Sebagaimana yang kita tahu bahwa Indonesia merupakan satu satunya negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia, sebuah anugerah yang cukup membanggakan. Kini, destinasi wisata pantai unggulan tidak hanya bisa di dapatkan di pulau dewata saja, melainkan hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki pantai yang cantik dan layak untuk di kunjungi, salah satunya pantai Papuma yang terletak di Jawa Timur ini.

  9. Bagus banget pantainyaa, enak nih di jadikan tempat wisata kelas. aku kesini bareng temen satu kelas kuliah fakultas keperawatan unej kelas A2017 airnya looo keliatan biru, degradasi. Ada masjidnya kok, tenang kalau mau sholat. Kalau mau pipis tenang jugaa ada km nya. Minusnya banyak monkey, atiati ya kalian kalau bawa makanan dan tas keresek 🤗

  10. Pantai Papuma memiliki pemandangan yang sangat indah. Perpaduan antara pasir putih serta batu karang yang menyebar di tepi pantai. Salah satu ciri khas dari Pantai Papuma adalah memiliki karang besar yang menjulang di pantai. Ukurannya yang besar membuat karang-karang ini menyerupai sebuah pulau. karang ini juga memiliki nama masing-masing. Di sini Anda bisa merasakan sensasi terpaan ombak dari atas karang.. jika bermain air di pantai harap berhati” karna ombak ny yg tergolong besar..

  11. Pasir putih dan pemandangan yang indah sejauh mata memandang adalah ciri khas dari pantai ini. Untuk mencapai pantai indah ini harus melewati bukit yang terjal, namun semua itu terbayar ketika melihat pantai ini. Jangan lupa untuk menyaksikan matahari terbenam dari puncak Siti Unggul di pantai ini, kamu akan menyaksikan ujung senja terbaik di pantai ini. Sangat pengalaman yang luar biasa bisa mengunjungi pantai ini.

  12. Viewnya bagus. But hati” sama barang bawa.an jangan sampai tuh di rebutin sama monyet” yang ada di sana😁

  13. Jln menuju ke pantai papuma bergelombang, beraspal tp rusak parah. Htmnya relatif 25k

  14. Pantai Papuma menawarkan berbagai aktivitas liburan. Mulai dari bersantai di pantai, naik perahu, hingga ke puncak bukit menikmati pemandangan yang menawan.. . Pantai Papuma, salah satu pantai terindah di Pulau Jawa terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Papuma merupakan akronim dari Pasir Putih Malikan, sebab pantai ini memiliki dua sisi yang saling berdampingan.. . Kedua sisi tersebut menebar pesona yang sama indahnya. Satu sisi hamparan pasir putih lembut yang melenakan, sisi lain hamparan bebatuan besar yang membentuk pulau. Pantai Papuma menjorok ke laut sehingga penduduk setempat juga menamainya Pantai Tanjung Papuma.. . Letaknya tidak jauh dari Jember, hanya sekitar 45 menit bila ditempuh dengan kendaraan bermotor. Di Jember sendiri masih kurang transportasi umum sehingga untuk mencapai pantai, saya harus menggunakan kendaraan sewaan.. . Pantai Papuma pada hari biasa nampak sepi pengunjung sehingga saya bisa dengan bebas menikmati keindahannya. Dari mulut gerbang masuk menuju pantai cukup dekat, berjalan kaki saja hanya 5-10 menit. Deretan jongko-jongko warung makanan menghiasi kiri kanan jalan yang mulus. Berbagai tawaran kuliner tersaji, tentu saja didominasi makanan khas pantai seperti seafood.

  15. Hamparan pantai yg indah dengan gugusan batu karang yg membuat kita penasaran untuk mendekat. Ombak besar laut selatan menambah keindahan sekaligus menjadi larangan untuk berenang di pantai ini. Disini juga terdapat penginapan bagi yg datang dari luar kota sekaligus menikmati pemandangan laut lepas dimalam hari.. Kalau lapar banyak sekali warung kuliner dengan aneka pilihan menu.

  16. Pantainya indah bersih dekat dengan pantai watu ulo tpi harus hati” tanjakan terakhir sangat tinggi

  17. Pantai dengan keindahan laut & alam yg mempesona serta ada batu yg menyerupai kepala ular makanya di sebut watu ulo/batu ular dengan bnyk perahu nelayan,pasir putih yg membentang di sepanjang pesisir.. Indah pokoknya,,,. Wajib di kunjungi jika ke Jember,,,. Tapi harus waspada karena berada di laut selatan yg terkenal ombaknya yg besar.

  18. Papuma ini keren bngt. Disana sy nginep dn mendirikan tenda di pinggir pantai. Kalo mlm emang gelap bngt g ada penerangan. Ada beberapa warung yg pemiliknya tidur d warung, jd g sendirian bngt. Ada mushola tp g terawat. ada penginapannya jg sih. pas subuh iconik batu karang yg d tengah pantai itu tertutup kabut, jelas bngt soalnya pas kesana lg terang bulan. seolah olah batu karangnya hilang. Pagi hari terasa sejuk. tenda sy pas sekali mengarah bibir pantai menghadap timur. jd bisa liat sunrish dr yg warna oranye malu” sampi kuning terik panas menyengat. Pemandangn pagi yg menakjubkan. semikir angin dan ombak yg membelai perahu” nelayan. tempat yg cocok untuk beetadabur alam. masyaallah…keren bngt tempatnya. kalo sore kita jg bisa lihat sunset di sebelah barat, g jauh, bisa ditempuh dg berjalan kaki.

  19. pantai cukup bersih… di pinggiran ada tuh buat nyantai berteduh di bawah pohon sama keluarga…memanjakan mata banget dah ..

  20. Salah satu pantai terindah di kabupaten Jember. Dengan pasir putih nya dan perairan laut yg biru. Terdapat juga banyak warung makan, penginapan dan lahan parkir yg lumayan luas.
    Kalo mau mandi, disarankan di area yg banyak perahu. Jangan di area yg banyak bebatuan. Karena di sana ombak nya jauh lebih besar dan berbahaya.

  21. Merupakan pantai berpasir putih satu satunya di wilayah Kabupaten Jember, yang mana Wilayah ini masuk pengelolaan wilayah kecamatan Wuluhan (bukan Ambulu). Maka jangan heran kalo masuk lewat Pantai Watu Ulo disuruh bayar 2x karna beda pengelolaan (Pantai Watu Ulo masuk kecamatan Ambulu). Untuk akses masuk ke pantai Papuma, Anda harus lewat jalan aspal (yang rusak) di bawah gunung untuk menghindari karcis 2x dr Pantai Watu Ulo. Lalu Setelah melewati Karcis Anda harus naik gunung yang sekarang jalannya udah bagus lah gak bolong-bolong lagi.
    Disini pantainya ada 2, yang sebelah timur itu namanya Pantai Pasir Putih, dan yang disebelah selatan barat namanya Pantai Malikan (kan dinamai PaPuMa (Pasir Putih & Malikan).
    Untuk tarif masuk memang merupakan yang termahal drpada pantai2 di Kab. Jember, maklum karna cuma satu2nya di Jember. Sekarang juga udah diperbaiki semua dan spot foto juga semakin banyak.

  22. Pantai selatan di kabupaten jember. Jarak dengan kota kurang lebih satu jam perjalanan. Jalannya beraspal tapi sudah banyak yang rusak. Tiket masuk sekitar 20rb per orang + harus nambah bayar untuk kendaraan bermotor. Makanan disini lumayan terjangkau. Biasanya makan ikan bakar berdua cuma habis sekitar 80.000. Fasilitas pantai mumpuni, ada homestay, toilet, tapi pantai ini dilarang dipakai untuk mandi ya, karna pantai selatan ombaknya ngga santuy

Tinggalkan Balasan