Pantai Boom

Alamat: Tuban, Kecamatan Tuban, Kutorejo, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62311, Indonesia

(3.4/5) Baca ulasan

Pernahkah Anda mendengar nama Pantai Boom Tuban? Namanya yang cukup unik mungkin belum terlalu familiar di telinga Anda. Namun, Pantai ini telah dikenal lama dikenal oleh masyarakat sekitar Tuban dan Jawa Timur. Ternyata, pantai ini juga menyimpan sejarah panjang. Jika Anda berkunjung ke sana, Anda akan menemukan Prasasti yang berada di area pintu masuk.

Prasasti ini menceritakan tentang sejarah panjang Pantai Boom yang ternyata pernah memiliki peran penting sebagai jalur perdagangan. Pantai ini difungsikan sebagai jalur pelayaran dan pelabuhan pada masa kerajaan Majapahit, Singasari dan Airlangga. Pantai ini juga menjadi saksi awal perkembangan Islam di Jawa Timur. Kini, tempat bersejarah tersebut telah diubah menjadi tempat wisata yang menyenangkan.

Harga Tiket Masuk di Pantai Boom

Seperti Pantai lain yang terdapat di kabupaten Tuban, harga tiket masuk Pantai Boom sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar sekitar Rp 2.500 per orang untuk menikmati keindahan Pantai. Harga ini terbilang sangat murah jika dibandingkan dengan berbagai pesona dan fasilitas yang bisa Anda dapatkan.

Di dalam area wisata Pantai, terdapat berbagai fasilitas seperti air mancur, taman, mushola dan toilet. Anda juga dapat bersantai di gazebo-gazebo yang telah disediakan oleh pengelola. Menyenangkan, bukan?

Rute Menuju ke Lokasi Pantai Boom

Tidak seperti objek wisata Pantai lain yang terdapat di pesisir, Pantai Boom terletak di pusat kota sehingga Anda tidak perlu bersusah payah untuk menemukan lokasinya. Pantai ini berada tepat di sebelah Utara Alun-Alun Tuban.

Dari alun-alun tersebut Anda akan melihat gerbang pos polisi. Berjarak sekitar 100 m dari pos, Anda bisa menemukan Pantai Boom ini. Layaknya pelabuhan, tempat wisata ini juga berbentuk menjorok sehingga menyerupai tanjung buatan. Tanjung ini memiliki panjang sekitar 1 kilometer.

Objek Wisata di Pantai Boom

Apa yang ingin Anda lakukan jika mengunjungi Pantai Boom? Sebelum memutuskan, Anda perlu mengetahui beberapa hal yang bisa dilakukan di Pantai ini:

1. Belajar Sejarah

Sebagaimana yang telah disebutkan, Pantai Boom memiliki sejarah yang panjang sejak kerajaan Airlangga. Digunakan sebagai pelabuhan dan jalur perdagangan, tentunya banyak peninggalan sejarah yang bisa Anda temukan di tempat ini. Tidak hanya sekedar berlibur, Anda juga dapat mempelajari tentang sejarah kerajaan-kerajaan di Jawa Timur serta perkembangan agama Islam di sana.

Beberapa bukti sejarah yang bisa Anda temukan di Pantai Boom adalah sumur peninggalan Belanda. Ada penduduk yang mengatakan bahwa sumur ini merupakan peninggalan wali. Sumur yang cukup dalam ini konon memiliki air yang tidak asin meskipun letaknya di tepi laut.

2. Bersantai di Gazebo

Kegiatan yang paling banyak dilakukan di Pantai Boom adalah bersantai di Gazebo. Terdapat beberapa lokasi Gazebo nyaman yang dapat Anda temukan di sekitar Pantai yang rindang ini. Anda dapat menghabiskan waktu dengan sekedar bersantai dan menikmati pemandangan Pantai. Anda juga dapat menikmati bekal makanan serta bercengkerama dengan orang-orang tercinta.

3. Menyewa Perahu

Jika Anda ingin menikmati sensasi yang berbeda, tersedia persewaan perahu nelayan. Dengan membayar sejumlah uang, Anda dapat menyewa perahu nelayan dan berkeliling sekitar Pantai Boom. Nelayan yang mengendalikan perahu biasanya akan bercerita mengenai sejarah Pantai ini di masa lampau. Jadi, Anda bisa mengetahui sejarah Pantai Boom langsung dari penduduk sekitar.

4. Memancing

Anda punya banyak waktu untuk dihabiskan di Pantai ini? Maka kegiatan yang sesuai untuk Anda adalah Memancing. Banyak penduduk lokal serta Wisatawan yang terlihat membaca joran serta pancing dan dengan setia menanti umpan mereka untuk dimakan oleh ikan-ikan kecil. Anda tertarik untuk melakukan hal yang sama? Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan ikan secara gratis.

5. Menikmati Sunset

Pantai Boom juga terkenal sebagai spot yang sempurna untuk menikmati momen matahari terbenam. Tak heran banyak pasangan anak muda maupun pecinta fotografi yang ingin menikmati sekaligus mengabadikan momen yang indah ini. Sambil bersantai di Gazebo, keindahan matahari terbenam akan terlihat sangat jelas tanpa penghalang.

6. Berjalan-jalan

Bagi pecinta olahraga, Pantai Boom juga merupakan tempat yang menyenangkan untuk jogging atau sekedar berjalan-jalan. Apabila Anda mengunjungi Pantai ini, Anda bisa berjalan-jalan menikmati semilir angin. Tak perlu khawatir dengan sengatan matahari karena terdapat pepohonan yang sangat rindang sehingga Anda terlindung dari sinar matahari yang terik.

Bagaimana menurut Anda? Ada begitu banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di Pantai tengah kota ini. Mulai dari sekedar bersantai hingga menguji keberuntungan dengan memancing, Anda bisa menikmati Pantai Boom sesuai keinginan. Jadi, jangan lupa untuk menuliskan nama Pantai Boom dalam daftar tempat wisata tujuan Anda dan rasakan sensasi berlibur di Pantai tengah kota yang bersejarah.

5 Ulasan dari Pengunjung Pantai Boom

  1. Habis ziarah ke makam sunan bonang mampir dulu ke pantai boom. Tempat.x ga jauh dri makam sunan bonang bisa ditempuh dgn jalan kaki

    17 Oktober 2017, 19:36 WIB

  2. Tempat wisata keluarga di kota tuban,. Tempat bersih dan indah dilengkapi dengan mainan anak2 dan istimewanya lagi bisa mancing guyss….

    27 Desember 2017, 05:39 WIB

  3. Kesini waktu malam hari. Penerangan sangat kurang jadi remang-remang. Kebersihan juga kurang terjaga.

    9 Februari 2018, 20:40 WIB

  4. Bagus, sayang banget banyak sampah. N parkirnya kurang teratur. Tukang parkirnya juga kurang menjaga keteraturan disana.

    17 April 2018, 03:49 WIB

  5. Parkir ke sunan bonang

    5 Mei 2018, 17:48 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Boom

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *