Pantai Sowan

Pantai Sowan, Tuban

Bogoran, Bogorejo, Kec. Bancar, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62354, Indonesia, Tuban

20 Ulasan

Libur panjang sebentar lagi tiba sehingga Anda perlu mempersiapkan rencana-rencana liburan bersama sahabat atau keluarga. Jika Anda tidak ingin melakukan perjalanan terlalu panjang tapi tetap ingin menikmati keindahan alam Indonesia, Tuban adalah pilihan yang tepat. Ada berbagai pilihan tempat wisata untuk melepaskan penat serta menyegarkan kembali tubuh dan pikiran.

Salah satu pilihan objek wisata di kabupaten Tuban adalah Pantai Sowan. Pantai ini telah lama dikenal sebagai tempat tujuan wisata yang menyimpan keindahan alam. Dihiasi dengan pohon akasia yang rindang semakin membuat Pantai ini cocok dikunjungi bersama orang-orang tercinta. Anda dapat menikmati indahnya pemandangan lepas Pantai di bawah rindangnya pepohonan.

Harga Tiket di Pantai Sowan

Sebelum mengunjungi Pantai ini, ada baiknya Anda mencari informasi mengenai harga tiket masuk atau retribusi yang perlu Anda bayar. Perlu diketahui bahwa Pantai ini dikelola oleh 3 instansi yang berbeda. Hal ini membuat harga tiket masuk Pantai Sowan relatif lebih mahal yaitu sekitar Rp 5000 hingga Rp 15.000. Harga ini sudah termasuk parkir. Harga mungkin lebih mahal ketika memasuki libur panjang.

Rute Menuju ke Lokasi Pantai Sowan

Rute menuju Pantai Sowan cenderung mudah karena lokasinya yang memungkinkan akses bagi kendaraan umum. Jadi, Anda tidak perlu khawatir apabila tidak memiliki kendaraan pribadi tetapi ingin mengunjungi Pantai ini. Jika Anda membawa kendaraan pribadi dan berada di terminal Tuban, ikuti jalur pantura Tuban menuju Semarang. Pantai ini berjarak sekitar 40 Km dari pusat kota Tuban.

Namun, apabila Anda ingin menaiki transportasi umum, Anda harus menaiki bus AKAP yang biasanya bertuliskan Surabaya-Tuban. Beberapa perusahaan bus yang bisa Anda pilih adalah Sinar Mandiri dan Widji. Ketika menaiki bus, Anda hanya perlu menyampaikan kepada kondektur bahwa tujuan Anda adalah Pantai Sowan.

Selain bus, moda transportasi umum yang tersedia adalah colt atau len. Untuk menggunakan kendaraan ini, Anda harus berada di wilayah kota Tuban. Dengan len, rute yang digunakan akan membawa Anda melewati kecamatan Jenu, hutan Jenu, kemudian menuju Desa Glondong di mana terdapat pelabuhan PT. Semen Gresik. Setelah melewati Desa Glondong, rute selanjutnya adalah menuju Kecamatan Tambak Boyo dan Kecamatan Bancar.

Ketika sudah berada di Kecamatan Bancar, tandanya Anda sudah berada sangat dekat dengan Pantai Sowan, tepatnya di sebelah barat. Pintu masuk yang terdapat di pinggir jalan pantura membuat Pantai ini sangat mudah untuk ditemukan. Namun jika Anda merasa perlu untuk bertanya kepada penduduk sekitar, pastikan Anda menanyakan lokasi Tempat Penyimpanan Kayu alih-alih Pantai Sowan.

Jika Anda berasal dari daerah Rembang dan sekitarnya, Anda perlu menempuh rute lain. Ikuti jalur pantura menuju Surabaya. Pantai ini terletak sekitar 45 Km dari pusat kota Rembang. Rute yang harus Anda ambil dari Kota Rembang adalah arah Kecamatan Pati, kemudian menuju Sluke dan Pandangan. Rute selanjutnya adalah Kragan dan Sarang. Anda akan sampai di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Ketika sudah memasuki Desa Sukolilo menuju Bulu, Anda sudah dekat dengan Pantai Sowan. Perhatikan jalur sepanjang jalan tersebut sehingga Anda tidak melewatkan papan petunjuk Pantai Sowan.

Objek Wisata di Pantai Sowan

Tujuan Anda mengunjungi tempat wisata adalah untuk merasakan sensasi dari tempat baru. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan di Pantai Sowan:

1. Menikmati Keindahan Alam

Seperti yang kita ketahui, Pantai adalah tempat yang tepat untuk melepaskan penat. Mendengarkan debur ombak serta melihat indahnya area bibir Pantai yang rindang oleh pohon akasia akan membawa kedamaian tersendiri untuk Anda. Tidak heran banyak pengunjung Pantai Sowan yang memilih untuk duduk di bawah pohon dan menikmati keindahan alam sekitar.

2. Area Bermain

Pantai Sowan dilengkapi dengan area bermain yang aman untuk anak-anak. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir dengan keselamatan anak Anda karena mereka tidak bermain di bibir pantai. Tentu saja fasilitas ini membuat Pantai Sowan sangat cocok untuk dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga. Namun, Anda perlu membayar biaya tambahan untuk bisa merasakan fasilitas permainan ini.

3. Area Hewan Langka

Tidak hanya menyuguhkan keindahan pantai, Pantai Sowan juga menyediakan area khusus untuk hewan. Beberapa hewan yang bisa Anda temukan di objek wisata ini adalah kera, ular phiton dan burung kaka tua. Tentunya Anda tidak ingin melewatkan momen untuk berfoto dengan hewan tersebut, bukan?

4. Berenang di Pantai Sowan

Mengunjungi Pantai tanpa berenang seperti sayur tanpa garam. Anda diperbolehkan untuk berenang di Pantai Sowan, hanya saja Anda harus memperhatikan peraturan yang berlaku. Perhatikan area yang boleh digunakan dan batas-batasnya.

5. Warung Makan Seafood

Setelah lelah berenang dan bermain di pantai, menikmati lezatnya hidangan seafood sungguh membuat wisata Anda menjadi sempurna. Pantai Sowan menyediakan warung-warung makan yang menyuguhkan berbagai makanan hasil laut.

Beberapa hal menyenangkan di atas dapat Anda lakukan jika Anda mengunjungi Pantai Sowan. Jadi, jangan lewatkan kesenangan tersebut dan rencanakan perjalanan Anda menuju Pantai di Tuban ini.

20 Ulasan untuk Pantai Sowan, Tuban

  1. Bagus tmpat ny adem.. pantai pasir ny luas jd bisa main lari2an.. banyak batu2 besar buat duduk nyantai.. harga tiketny juga trjangkau..

  2. Tempat wisata yang wajib dikunjungi, cuma mau kasih saran, tolong fasilitasnya diperbaiki lebih baik lagi. Contohnya penambahan toilet, tempat sampah dan tempat duduk.

  3. Sebener e bagus tempat e tapi sayang bnyk banget sampah yg ada di pantai. Tolong dong buat ngadai kerja bakti buat munguti sampah2 . Dan buat pengunjung tolong jngn buang sampah sebarangan.

  4. Tempat wisata yang sangat cocok sekali untuk refreshing tiket masuknya juga terjangkau, banyak pepohonan jadi jangan takut kepanasan, terdapat banyak fasilitasnya toilet, mushola, flying fox, flying bike, dll. Tapi sayangnya banyak sampah yg tercecer

  5. Garis pantai yang panjang, dipadukan dengan teduh hutan yang dikelola oleh Perhutani. Dan bebeapa spot foto baru ditambahkan oleh pengelola.. Tetap jaga kebersihan dan keselamatan selama anda berwisata.

  6. Pantainya indah utk di pandang. Anda bisa berjalan-jalan dgn seluruh keluarga mengelilingi area pantai sambil melihat pemandangan laut yg jernih,,dgn nelayan kecil masyarakat setempat.. Anda juga bisa menikmati wahana flying fox dan flying bike,,serasa bersepeda di udara,,yg bisa memacu andrenalin anda. Bagi yg phobia tempat ketinggian,,tdk di sarankan mencoba wahana ini,,drpd terjadi sesuatu yg tdk anda inginkan.. HTM Rp 10.000,- saat thn 2018.. Tempat ini milik negara,,milik Perhutani TUBAN.

  7. tempatnya ademmmmm banget kalo kesini usahain pake jaket yah anginnya kenceng banget soalnya kalo ga mau masuk angin usahakan pake jaket….

  8. setiap pengunjung diwajibkan untuk membeli tiket sebesar Rp 3.000/orang. Di kawasan wisata Sowan kita tidak hanya bisa menikmati panorama alam pantai, tetapi juga pesona hijaunya hutan yang tampak asri. Aneka tanaman yang terdapat di hutan ini antara lain waru, randu, jati, klampis, akasia, mahoni, dan lain-lain. Sedangkan beberapa fauna yang dapat dijumpai di pantai ini antara lain burung kutilang, burung perkutut, burung cendet, burung jalak, burung prenjak, biawak, musang, dan sebagainya.

  9. Tempatnya sejuk karena banyak pohon yg rindang serta hembusan angin dari laut. Namun sayangya pentainya masih kurang terkelola dengan lebih baik lagi, karena masih banyak sampahnya. Serta jalan masuknya juga masih geronjalan. Semoga kedepan bisa lebih baik lagi.

  10. Saya pernah ke sini sebelumnya 2008, tidak ada perubahan berarti memang selain adanya Wahana-wahana. Adanya pundukan tanah di tepi pantai menjadikan kurang indah.

  11. Tempatnya lumayan jauh sih, tapi jangan nyesel deh, pantainya sangat cocok buat prewed dll. Biaya masuk juga murah 10.000 kalo weekend. Bisa puas potonya tanpa ada background manusia” wkakakak

  12. Tiket masuk per orang 10rb, klo boncengan jd 20 + parkirb2rb, jd 1 mtor bncengan 22rb. Lumayan mahal. Pantai di daerahku udah plg cm 3-5rb. Pemandangan bagus. Sepi. Cocok buat muda mudi. Klo bw anak2 krg cocok. Wahana krg

  13. Pantai sowan daerah bulu bancar, salah satu pantai yang bagus. Masih asri, dan benar-benar alami. (Hampir dikatakan 90%bersih)

  14. Pantainya asri, ada spot foto yg baguuss.. Banyak pohon dan ada gubuk kecil jadi cocok buat santai biar nggak panas

  15. Tempat nya nyaman bersih cocok untuk piknik, diarea pantai karang masih banyak sampah, kendaraan bisa masuk area wisata

  16. akses jalan baik dan menuju pantainya juga ngga rumit, tapi mohon dengan sangat untuk pengelolaan pantainya agar ditingkatkan!! karna pantai sangat kotor, sampah2 juga berserahkan. bahkan pas saya turun ke pantainya ada bekas pampers bayi gitu saya sempet syokk kok sampe ada sampah ginian. dan untuk tiket masuk gak cukup worth it sih bagi saya, karna biasanya kalo kita masuk wisata itu pasti dikasih kek karcis tiket masuk gitu loh dan ini enggakk!! padahal tiket masuk 10k dan ada biaya parkir juga 2k, tapi sayangnya juga gada petugas parkir disana jadi bener2 markir kendaraan dimana2. mohon untuk diperhatikan kembali pengelolahannya.. terima kasih.

  17. Pantai Sowan sbg destinasi wisata pantai di daerah Tuban yg tepat untuk dikunjungi dgn area yg luas cukup luas dan asri untuk melepas lelah setelah berkendara dan atau bersuka ria dgn keluarga. Saat ini masih dlm proses berbenah, menambah fasilitas dan melengkapi sarana yg kurang dan meningkatkan kebersihan disekitar pantai. Akses masuk ke pantai sangat mudah karena dilewati jalur kendaraan umum, untuk kendaraan pribadi bisa parkir di dekat pantai. Pengunjung lumayan ramai saat hari libur, namun cenderung sepi pada hari2 biasa. Views dan spot foto banyak dan beragam yg bisa dieksplor dan eksotis. Selamat berkunjung.

  18. Salah satu pantai yang sangat saya rekomendasikan bagi para pecinta fotografi dan alam. Selain dapat view pemandangan pantai disini juga mendapat view pepohonan yang begitu banyak yang sangat cocok untuk para pecinta fotografi. Selain tempatnya luas tapi juga banyak spot yang menarik untuk ditelusuri. Saat tahun baru kemarin area ini tutup pukul 17:30. Disini juga dilengkapi mushollah, toilet, dan bagi yang suka berenang tidak perlu khawatir karena ada toilet diarea pinggir pantai. Dari pintu masuk perjalanannya tidak terlalu jauh, disini ada beberapa spot yang bisa dipilih pengunjung. Apalagi saat sunset pemandangannya sangat indah.

  19. Pantai yang eksotis, saat musim kemarau kek di savana Afrika, gk nyesel datang jauh-jauh kesini. Saat pagi hari terlihat lebih menawan. Fasilitas lebih lengkap dengan adanya area bermain, outbond, tempat berswaphoto, beberapa warung, toilet dll. . Tempatnya sangat luas karena kombinasi hutan dan pantai jadi siapkan stamina yg kuat bisa bisa menjelajah seluruh area. Jangan lupa buanglah sampah pd tempatnya.

  20. Jika anda ingin berliburan ke pantai mungkin tempat ini yang tepat untuk anda dan anda akan menemukan pemandangan yang indah di saat pagi dan sore hari dengan hadirnya sang Surya di kala pagi hari akan menampakkan diri dari ufuk timur dengan panorama laut yg mempesona begitu pula pada sore harinya sang Surya akan mulai tenggelam warna merah merona akan menghiasi lepasnya pandangan kita dengan di iringi hembusan angin spoy” serta gemerciknya suara ombak yg akan menggelitik telinga anda, tidak hanya laut yg membuat Anda betah di sini tempat ini juga di kelilingi tumbuhan Klampis serta pohon trembesi jika ingin bersantai bersama keluarga sambil menikmati panoramanya laut fasilitas tersedia juga penginapan jika ada yg mau menginap di sini, ada yg hobby outbond tersedia juga di sini untuk area tempat ini cukup luas jika ingin menjelajah tempat ini siapkan stamina extra pokoknya ga akan kecewa gaes penasaran datang aja😊

Tinggalkan Balasan