Pantai Sowan

Libur panjang sebentar lagi tiba sehingga Anda perlu mempersiapkan rencana-rencana liburan bersama sahabat atau keluarga. Jika Anda tidak ingin melakukan perjalanan terlalu panjang tapi tetap ingin menikmati keindahan alam Indonesia, Tuban adalah pilihan yang tepat. Ada berbagai pilihan tempat wisata untuk melepaskan penat serta menyegarkan kembali tubuh dan pikiran.

Salah satu pilihan objek wisata di kabupaten Tuban adalah Pantai Sowan. Pantai ini telah lama dikenal sebagai tempat tujuan wisata yang menyimpan keindahan alam. Dihiasi dengan pohon akasia yang rindang semakin membuat Pantai ini cocok dikunjungi bersama orang-orang tercinta. Anda dapat menikmati indahnya pemandangan lepas Pantai di bawah rindangnya pepohonan.

Harga Tiket di Pantai Sowan

Sebelum mengunjungi Pantai ini, ada baiknya Anda mencari informasi mengenai harga tiket masuk atau retribusi yang perlu Anda bayar. Perlu diketahui bahwa Pantai ini dikelola oleh 3 instansi yang berbeda. Hal ini membuat harga tiket masuk Pantai Sowan relatif lebih mahal yaitu sekitar Rp 5000 hingga Rp 15.000. Harga ini sudah termasuk parkir. Harga mungkin lebih mahal ketika memasuki libur panjang.

Rute Menuju ke Lokasi Pantai Sowan

Rute menuju Pantai Sowan cenderung mudah karena lokasinya yang memungkinkan akses bagi kendaraan umum. Jadi, Anda tidak perlu khawatir apabila tidak memiliki kendaraan pribadi tetapi ingin mengunjungi Pantai ini. Jika Anda membawa kendaraan pribadi dan berada di terminal Tuban, ikuti jalur pantura Tuban menuju Semarang. Pantai ini berjarak sekitar 40 Km dari pusat kota Tuban.

Namun, apabila Anda ingin menaiki transportasi umum, Anda harus menaiki bus AKAP yang biasanya bertuliskan Surabaya-Tuban. Beberapa perusahaan bus yang bisa Anda pilih adalah Sinar Mandiri dan Widji. Ketika menaiki bus, Anda hanya perlu menyampaikan kepada kondektur bahwa tujuan Anda adalah Pantai Sowan.

Selain bus, moda transportasi umum yang tersedia adalah colt atau len. Untuk menggunakan kendaraan ini, Anda harus berada di wilayah kota Tuban. Dengan len, rute yang digunakan akan membawa Anda melewati kecamatan Jenu, hutan Jenu, kemudian menuju Desa Glondong di mana terdapat pelabuhan PT. Semen Gresik. Setelah melewati Desa Glondong, rute selanjutnya adalah menuju Kecamatan Tambak Boyo dan Kecamatan Bancar.

Ketika sudah berada di Kecamatan Bancar, tandanya Anda sudah berada sangat dekat dengan Pantai Sowan, tepatnya di sebelah barat. Pintu masuk yang terdapat di pinggir jalan pantura membuat Pantai ini sangat mudah untuk ditemukan. Namun jika Anda merasa perlu untuk bertanya kepada penduduk sekitar, pastikan Anda menanyakan lokasi Tempat Penyimpanan Kayu alih-alih Pantai Sowan.

Jika Anda berasal dari daerah Rembang dan sekitarnya, Anda perlu menempuh rute lain. Ikuti jalur pantura menuju Surabaya. Pantai ini terletak sekitar 45 Km dari pusat kota Rembang. Rute yang harus Anda ambil dari Kota Rembang adalah arah Kecamatan Pati, kemudian menuju Sluke dan Pandangan. Rute selanjutnya adalah Kragan dan Sarang. Anda akan sampai di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Ketika sudah memasuki Desa Sukolilo menuju Bulu, Anda sudah dekat dengan Pantai Sowan. Perhatikan jalur sepanjang jalan tersebut sehingga Anda tidak melewatkan papan petunjuk Pantai Sowan.

Objek Wisata di Pantai Sowan

Tujuan Anda mengunjungi tempat wisata adalah untuk merasakan sensasi dari tempat baru. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan di Pantai Sowan:

1. Menikmati Keindahan Alam

Seperti yang kita ketahui, Pantai adalah tempat yang tepat untuk melepaskan penat. Mendengarkan debur ombak serta melihat indahnya area bibir Pantai yang rindang oleh pohon akasia akan membawa kedamaian tersendiri untuk Anda. Tidak heran banyak pengunjung Pantai Sowan yang memilih untuk duduk di bawah pohon dan menikmati keindahan alam sekitar.

2. Area Bermain

Pantai Sowan dilengkapi dengan area bermain yang aman untuk anak-anak. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir dengan keselamatan anak Anda karena mereka tidak bermain di bibir pantai. Tentu saja fasilitas ini membuat Pantai Sowan sangat cocok untuk dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga. Namun, Anda perlu membayar biaya tambahan untuk bisa merasakan fasilitas permainan ini.

3. Area Hewan Langka

Tidak hanya menyuguhkan keindahan pantai, Pantai Sowan juga menyediakan area khusus untuk hewan. Beberapa hewan yang bisa Anda temukan di objek wisata ini adalah kera, ular phiton dan burung kaka tua. Tentunya Anda tidak ingin melewatkan momen untuk berfoto dengan hewan tersebut, bukan?

4. Berenang di Pantai Sowan

Mengunjungi Pantai tanpa berenang seperti sayur tanpa garam. Anda diperbolehkan untuk berenang di Pantai Sowan, hanya saja Anda harus memperhatikan peraturan yang berlaku. Perhatikan area yang boleh digunakan dan batas-batasnya.

5. Warung Makan Seafood

Setelah lelah berenang dan bermain di pantai, menikmati lezatnya hidangan seafood sungguh membuat wisata Anda menjadi sempurna. Pantai Sowan menyediakan warung-warung makan yang menyuguhkan berbagai makanan hasil laut.

Beberapa hal menyenangkan di atas dapat Anda lakukan jika Anda mengunjungi Pantai Sowan. Jadi, jangan lewatkan kesenangan tersebut dan rencanakan perjalanan Anda menuju Pantai di Tuban ini.

Ulasan Pengunjung

  • ariz Hutajulu
    dalam minggu terakhir
    Bagus tmpat ny adem.. pantai pasir ny luas jd bisa main lari2an.. banyak batu2 besar buat duduk nyantai.. harga tiketny juga trjangkau..
  • JцLiай Йiскi
    sebulan yang lalu
    Pantai wisata perbukitan yang penuh pesona, pantai sowan ini adalah destinasi wisata pantai yang unik yang dimiliki kabupaten tuban. Beda dengan wisata pesisir pantai lain di tuban yang rata2 pantainya datar, kalo di sowan ini pantainya berbatu dan dipadukan dengan perbukitan yang indah sekali,. Sangat indah menikmati pantai yang biru diatas perbukitan nan elok. Membangkitkan kenangan indah lalu yang semakin bergejolak. 😀 😀 Saat ini perbaikan dan pengembangan pantai sowan ini lagi ditingkatkan untuk menarik wisatawan biar semakin sering berkunjung kesini dengan menambah beberapa spot berselfi ria yang sekarang lagi tren dan digandrungi anak muda jaman now. Selamat menikmati indahnya pantai sowan ini ya guys. 😀 😀
  • Luthfiyan Syah
    3 minggu yang lalu
    Pantai yang sangat indah sekali dengan berbagai spot foto yang asyik. Cocok untuk berkumpul dengan teman, keluarga, sahabat dan tentunya tempat yang sangat asyik untuk refreshing. Terletak di pinggiran pantura kota tuban yang masuk kawasan ini dikenai biaya yang cukup murah. Sehingga kita bisa menikmati spot spot wisata didalamnya.. ada pantai karang, pantai pasir putih dan masih banyak lagi...
  • Dinda Ba'isyah
    sebulan yang lalu
    Indah. Pantai yang masih alami dengan bisa kita nikmati diatas tebing beratap pepohonan yang rindang. Kalo kesini ajak orang asli daerah pantai sowan agar tiket masuknya gratis, atau hanya perlu membayar Rp. 8000 / orang. Tapi sebanding dengan pemandangan yang didapatkan. Bisa seharian disini, bermain, makan dan piknik bersama keluarga atau teman-teman. Recommended. Ingat, tolong buang sampah pada tempatnya. Keindahan terbentuk karena kebersihan.
  • Pingwinsaurus
    sebulan yang lalu
    Cocok untuk piknik bareng temen, pacar maupun keluarga. Adem banget ditambah suara debur ombak, syahdu rek! Sayangnya ada sebagian pengunjung yg tidak menjaga kebersihan.